91139569 struktur space frame

Upload: septi-sharah-soneta

Post on 14-Jan-2016

64 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

struktur

TRANSCRIPT

Struktur Space Frame Struktur Space Frame ialah konstruksi rangka ruang dengan suatu sistem sambungan antara batang / member satu sama lain yang menggunakan bola / ball joint sebagai sendi penyambungan dalam bentuk modul-modul segitigaSpace Frame adalah suatu rangka ruang yang terbuat dari bahan pipa besi hitam berikut conus, hexagon dan baut baja yang dihubungkan satu dengan lainnya dengan ball joint / bola sebagai mediatornya.Ball joint ini dapat terbuat dari baja padat atau stainless steel. Finishing untuk ball joint dan member yaitu dengan Elektrostatic powder coating, duco atau hotdip zincalume galvanizedElemen dasar pembentuk struktur rangka ini adalah:--Rangka batang bidang--Piramid dengan dasar segiempat membentuk oktahedron--Piramid dengan dasarsegitiga membentuk tetrahedron

Beberapa sistem selanjutnya dikembangkan model rangka ruang berdasarkan pengembangan sistem konstruksi sambungannya,antaralain:--Sistem Mero--Sistem space deek--Sistem Triodetic--Sistem Unistrut--Sistem Oktaplatte--Sistem Unibat--Sistem Nodus--Sistem NS SpaceTruss

Analisis AnalisisStrukturRangkaRuang

Beberapa faktor yang akan diuraikan berikut merupakan tinjauan desain pada struktur rangk ruang.Faktor--faktorituantaralain(1)Gaya gaya elemen struktur(2)Desain batang dan bentukBanyak sekali unit geometris yang dapat digunakan untuk membentuk unit berulang mulai dari tetrahedron sederhana sampai bentuk--bentuk polihedral lainRangka ruang tidak harus terdiri atasModul modul individual,tapi dapat pula terdiri atas bidang bidang yang dibentuk oleh batang menyilang dengan jarak seragam. Kelebihan dari struktur SpaceFrameStrukturspace framememiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

1. Salah satu keuntungan yang paling besar dari sebuah strukturspace frameadalah strukturnya yang ringan. Hal ini dikarenakan setiap materi didistribusikan secara spasial dengan sedemikian rupa sehingga mekanisme transfer beban bekerja menjadi beban-beban aksial. Akibatnya, semua bahan di setiap elemen yang dipasang dapat digunakan secara maksimum. Selain itu juga, strukturspace framesaat ini dibangun dengan bahan baja atau aluminium, dengan berat sendiri bahan yang relatif ringan. Hal ini menjadi dasar yang sangat penting dalam perencanaan atap bentang besar.

2. Batang-batangspace framebiasanya diproduksi secara massal di pabrik sehingga dapat memberikan keuntungan sistem industri konstruksi.Space framedapat diproduksi secara sederhana melalui prefabrikasi unit, sesuai dengan ukuran dan bentuk standar yang sering digunakan. Unit-unit tersebut dapat lebih mudah diangkut dan lebih cepat dirakit oleh tenaga kerja semi-terampil. sehingga struktur space frame dapat dibangun dengan biaya yang lebih rendah.

3. Sebuah strukturspace framememiliki kekakuan yang cukup meskipun memiliki struktur yang ringan. Hal ini disebabkan oleh adanya elemen tiga dimensi unsur-unsur penyusunnya yang bekerja secara penuh dalam menahan beban beban terpusat simetris. Strukturspace framejuga memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam tata letak dan posisi kolom.

4. Strukturspace framememiliki bentuk yang fleksibel. Para Arsitek punmengakui keindahan visual dan kesederhanaan yang mengesankan dari strukturspace frame.

Kekurangan Struktur Space Framea.MahalElemen-elemenya dipesan dari pabrik, sehingga mahal.b.Tenaga ahlinya masih sedikitStruktur Space Frame jarang digunakan, hanya pada bangunan-bangunan tertentu saja. Sehingga ahli dalam bidang ini masih sedikit.c.Tidak tahan apiStruktur yang digunakan berbahan dasar logam. Kita tahu bahwa logam tidak tahan panas, dapat leleh akibat panasSAMBUNGANSambungan sistem Konstruksi Baja Space Frame berupa baut, mur, ring, elektroda las harus memenuhil persyaratan sebagai berikut: Pengikat sambungan baja ke bukan baja harus terbuat dari baja karbon yang memenuhi persyaratan ASTM A370 Pengikat sambungan baja ke baja harus terbuat dari baja karbon yang memenuhi persyaratan ASTM A325 dan/atau ASTM A490. Pengikat sambungan logam yang berlainan (tidak sama) harus terbuat dari baja tahan korosi yang memenuhi persyaratan ASTM A276 type 321 atau tipe-tipe lainnya dari baja tahan korosi. Bahan-bahan las harus memenuhi persyaratan dariAmerican Welding Society AWS D1.069 Code for Welding in Building Construction, dan pengelasan harus dilaksanakan oleh tenaga ahli las yang memilikisertifikat 3G. Baut-baut angkur dan sekrup-sekrup atau mur-mur harus memenuhi persyaratan ASTM A36 atau A325. Baut dan mur yang tidak di-finishing harus memenuhi ASTM A307 dan berbentuk segi enam (hexagon bolt type). Baja berlapis seng harus memenuhi ASTM A123 dan lapisan seng untuk produksi uliran sekrup harus memenuhi ASTM A153.

BOLA Material baja spesifikasi JIS G4051 S45C atau AISI 1045 dengan tegangan leleh 380 N/mm2 Pembuatan lubang dilakukan dengan menggunakan mesin CNC sehingga dihasilkan akurasi dengan toleransi ukuran di bawah diameter 0,1mm dan tingkat akurasi sudut lubang 0,2 derajat. Diameter bola: 49 mm 307 mm, bervariasi sesuai dengan desain. Finishing: elektro-galvanis tebal lapisan zinc 25 micron (DIN 50961) dan catPIPA Material baja JIS G3444 STK400 dengan tegangan leleh 235 N/mm2atau BS1387 dengan tegangan leleh 195 N/mm2 Diameter pipa: 1,25 12 Panjang sesuai dengan desain. Finishing: sand blasting dan catKONEKTOR Material baja spesifikasi JIS G4051 S45C atau AISI 1045 dengan tegangan leleh 420 N/mm2 Dikerjakan dengan menggunakan mesin bor CNC (lathe dan 2-spindle drilling machine) dan mesin tap Bentuk konektor bottle system dibuat dengan menggunakan mesin forging Ukuran: B032 sampai BI66 Finishing: elektro-galvanis tebal lapisan zinc 25 micron (DIN 50961) dan catBAUT Material baja garde 8.8 dengan tegangan leleh 450 N/mm2 Ukuran disesuaikan dengan desain. Baut yang digunakan harus kuat menahan beban dan gaya yang timbul, dan dikhususkan untuk menahan beban berat (heavy duty fastening/anchor) Finishing: elektro-galvanis tebal lapisan zinc 25 micron (DIN 50961

PELAT Material baja low carbon steel JIS G3101 SS400 atau AISI 1021 dengan titik leleh 240 N/mm2 Dimensi disesuaikan dengan desain. Dibentuk dengan menggunakan mesin bubut CNC; tingkat akurasi bertoleransi 0,1 mm di semua dimensi. Finishing: elektro-galvanis tebal lapisan zinc 25 micron (DIN 50961) dan cat Detail Dan Macam Macam Konstruksi sambungannya.

Bangunan Bangunan Yang menggunakan Struktur Space FrameGyesan Church Architects: iArc Architects Location: Incheon, KoreaYear: Completed 2005Area: 16,042 (Total Floor), 10,360 (Site)

Tampak DepanTampak Samping

Interior

Elevation

Feria Valencia Convention Centre, Spanyol

TUGAS MK. PERENCANAAN TEKNOLOGI DAN SISTEM BANGUNANPERIODE : SEMESTER GENAP

STRUKTUR SPACE FRAMEDISUSUN OLEHABRAHAM07.11.0000IWAN SANJAYA09.11.0024KARUNA WINASTI09.11.0052NANDA S09.11.0105

PROGRAM STUDI ARSITEKTURFAKULTAS ARSITEKTUR DAN DESAINUNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA