59689107-ajarlah-aku-jalanmu-ya-allah-by-iskander-jadeed.pdf

Upload: nur-fauziah

Post on 05-Jul-2018

215 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    1/15

    AJARLAH AKUJALAN-MU YA

    ALLAH

    Iskander Jadeed

    1 Pertanyaan 1......................................2

    2 Jawab 1..............................................2

    3 Pertanyaan 2 ..................................... 9

    4 Jawab 1............................................10

    5 Bahan Kajian ..................................13

    All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    2/15

    1. Pertanyaan 1

    PERTANYAAN:

    Islam sebagai agama yang dipilih Allahadalah agama yang dijunjuk Allah bagipenyembah-penyembahNya.

    Banyak agama-agama lain, tetapi apakah adadi antara agama itu yang lebih baik dari padaIslam?

    Jika memang ada, apakah yang andapikirkan tentang ucapan Allah:"Sesungguhnya agama yang diridohi Allahadalah Islam."

    A.G. Marocco.

    2. Jawab 1

    Dalam bukunya, "The Spirit of the IslamicReligion," Afif Tabbara, seorangcendekiawan.lslam menjelaskan asal mulakata AI-Islam dad kata "Salima" yangberarti :

    1.   Dibebaskan dan dimerdekakan dadkesalahan-kesalah-an yang terbukaatau terselubung. Perdamaian kembali

    dan keselamatan. Ketaatan dan

    penyerahan.2.   perdamaian kembali dan keselamatan

    3.   ketaatan dan penyerahan

    Pengertian rohaninya dia tidak membatasidiri kepada agama yang diproklamasikanMuhammad, anak Abdullah tetapi iamemasukan setiap agama surgawi yangmenegaskan tentang keesaan Allah. .

    Al-Quran sendiri menyaksikan kebenaranini, dengan berkata : "Ibrahim bukan

    seorang Yahudi dan bukan pula seorangNasrani akan tetapi dia adalah seorangyang lurus lagi menyerahkan diri (Muslim)dan bukanlah dia dari golonganorang-orang musyrik" (Ali Imran 3:67).

    Seperti diketahui, Abraham hidup ribuantahun sebelum masa Islam. Namundemikian Al-Quran mengangap diaseba-gai seorang Muslim, karena diapercaya Allah itu esa.

    Jalaleyan dalam exposisi Al-Imran 67 inikami mem-baca: "Ibrahim meninggalkandiri dari semua agama lain untuk memeluk iman yang benar, percaya dalam KeEsaanAllah karena ia bukan dari golonganmusyrik."

    Selain itu Al-Quran mengindikasikanbahwa kata "Islam" diterapkan jugakepada orang-orang Yahudi, pemilik Taurat, sebagai berikut: "Sesungguhnya,

    kami telah menurunkan Kitab Taurat berisipetunjuk dan cahaya. Dengan Kitab itudiputuskan perkara orang-orang Yahudioleh nabi-nabi yang menyerahkan dirikepada Allah." (Surat AI-Maa'idah 5:44)

    Penafsiran Jalaleyn untuk kata "Aslamtuu"dalam hubungan ini berarti "menyerahkandiri" dalam pimpinan Allah.

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    2/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    3/15

    Hal ini berlaku juga bagi orang-orang

    Kristen seperti yang dikatakan Al-Ouran:"Tatkala Isa mengetahui keingkaranmereka berkatalah dia, "Siapakah yangakan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakan agama) Allah. KaumHawariyin menjawab, "Kamilahpenolong-penolong (agama) Allah. Kamiberiman kepada Allah, saksikanlah bahwakami adalah orang-orang yangmenyerahkan diri." (Surat Ali Imran 3:52).

    Para hawariyin di sini adalah ke 12 muridIsa yang telah mengikuti dia sejak awalpelayanannya, hal itu terjadi sebelum masaMuhammad beberapa abad yang lampau.Walaupun demikian Al-Quran menyebutmereka Islam (penyerahan diri).

    Allah telah menetapkan untuk kamuagama yang sama, seperti yangdiwasiatkanNya kepada Nuh dan yangtelah kami wahyukan kepada Ibrahim,Musa dan Isa :

    "Tegakkanlah agama dan janganlah kamuberpecahbelah tentangnya." ( Surat 42 : 13 ).

    Jadi menurut ayat ini Islam harus percayakepada Musa dan Isa, sambil menegakkanTaurat dan Injil. Di halaman lain Al-Quranmemerintahkan umatnya untuk mempercayai agama Ibrahim, Musa danIsa yaitu agama Taurat dan Injil. Kamidapat membacanya dalam Surat 2Al-Baqarah. 136 "Katakanlah: Kami

    beriman kepada Allah dan kepada apayang diturunkan kepada kami. Kepada apayang diturunkan pada Ibrahim, Ismail,Ishak dan Yakub dan anak cucunya. Kamiberiman kepada apa yang diberikan kepadaMusa dan Isa dan apa yang diberikankepada Nabi dari Tuhannya. Kami tiadabeda-bedakan yang satu dari yang lain antara mereka dan kami menyerahkan diri

    kepada (Tuhan)". Dan Surat 6 AI-Anaam

    89-90: "Itulah orang yang Kami beriAlKitab, hikmat dan kenabian. Maka jika(keturunannya) mengingkarinya, Kamipercayakan kepada kaum yang tiadamengingkari-nya. Mereka itulah(nabi-nabi) yang menerima petunjuk Allah. Maka ambillah teladan akanpetunjuk yang mereka terima. "

    "Maka berimanlah sebagian dari bani Israil dansebagian lagi tiada beriman. Maka kami berikekuatan kepada orang yang beriman untuk 

    melawan musuh-musuhnya. Lalu merekamenjadi orang-orang yang menang." (Surat 61Ash Shaf 14c)

    Tujuan utama dari ayat -ayat ini adalahAl-Quran mengakui orang-orang Yahudisebagai pengikut Musa dan kemudianmereka yang mengikuti Kristus denganmenyebutnya se-bagai "Muslim".Ayat-ayat ini memerintahkan Muhammaduntuk dituntun oleh pengalaman mereka.dan memerintahkan dia untuk memohonkepada mereka bagaimana caranya untuk meninggalkan keragu-raguan agama,seperti ada dalam (Surat 10: Yunus 94) :"Maka jika kamu ragu tentang apa yangKami turunkan kepadamu, tanyakanlahorang yang membaca kitab sebelum kamu.Kebenaran telah datang kepadamu dariTuhanmu; Maka janganlah masuk golongan orang yang ragu-ragu".

    Sahabatku, Anda telah mengatakan bahwa

    Al-Quran menyatakan bahwa Islam adalahsatu-satunya agama yang diridhoi Allah,tetapi kamu lupa babwa AI-Quran sendirimenegakkan Injil dengan mengatakan:"Hendaklah orang yang berpegang kepadaInjil, memutuskan perkara menurut apayang diturunkan Allah di dalamnya. Tapibarangsiapa tiada memutuskan perkaradengan apa yang diturunkan Allah, mereka

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    3/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    4/15

    orang yang membangkang". (Surat 5,

    AI-Maidah : 47)

    "Hai orang yang beriman! Berimanlah kepadaAllah dan RasulNya dan kepada Kitab yangditurunkanNya sebelum-nya. Barangsiapamengingkari Allah dan malaikat--malaikatNya,Kitab-kitabNya, Rasul-RasulNya dan harikemudian, sesatlah ia dengan kesesatan yang

     jauh (dari kebenaran)." Surat 4, An-Nisa 136

    Mungkin dua ayat terakhir akan mendesak anda untuk mempertimbangkan posisianda terhadap agama Allah dalam Injil.Sejak Al-Quran memerintahkan andauntuk mengikutinya, yang manadiutamakan percaya kepada Yesus Kristusyang bersabda : "Akulah jalan dankebenaran dan hidup. Tidak adaseorangpun yang datang kepada Bapakalau tidak melalui Aku" (Yoh 14:6)

    "Akulah kebangkitan dan hidup, barangsiapayang percaya kepadaKu, Ia akan hidupwalaupun ia sudah mati" (Y oh 11:25)

    "Dan tidak seorangpun mengenal Anak selainBapa dan tidak seorangpun mengenal Bapaselain Anak dan orang yang kepadanya Anak ituberkenan menyatakannya. Marilah kepadaKu,semua yang letih lesu dan berbeban berat, "Akuakan memberi kelegaan kepadamu." ( Matius11:27-28). .

    Sudah jelas tidak ada agama yang lebihmulia selain agama yang mengalir dariInjil yang dicintai Allah. Injil ini dikenalbukan sebagai sebuah surat yang

    diturunkan Allah ke bumi, tetapi melaluiseseorang yang bersifat keallahan yangpada waktu yang tepat, berinkarnasimenjadi manusia untuk menyatakan kasihAllah dalam penebusan danmenyelamatkan dunia oleh anugerahNya.

    Injil bersabda: "Pada mulanya adalahFirman, Firman itu bersama-sama denganAllah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada

    mulanya bersama-sama dengan Allah.

    Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dantanpa Dia tidak ada suatupun yang telah

     jadi dari segala yang telah dijadikan.Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalahterang manusia. Terang itu bercahaya didalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. Datanglah seorang yangdiutus Allah namanya Yohanes; ia datangsebagai saksi untuk memberi kesaksiantentang terang itu supaya oleh dia semuaorang menjadi percaya. Ia bukan terang itu

    tetapi ia harus mem-beri kesaksian tentangterang itu. Terang yang sesungguhnya,yang menerangi setiap orang, sedangdatang ke dalam dunia.

    Ia telah ada di dalam dunia dan duniadijadikan oleh-Nya, tetapi dunia. tidak mengenalNya. Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang-orangkepunyaanNya itu tidak menerimaNya.Tetapi semua orang yang menerimaNyadiberinya kuasa supaya menjadi anak-anak 

    Allah yaitu mereka yang percaya dalamnamaNya; orang-orang yang diperanakkanbukan dari darah atau dari daging, bukanpula secara jasmani oleh keinginanseorang laki-Iaki melainkan dari Allah.

    Firman itu telah menjadi manusia dantinggal di antara kita dan kita telah melihatkemulianNya, yaitu kemuliaan yangdiberikan kepadaNya sebagai anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dankebenaran.

    Yohanes memberi kesaksian tentang Diadan berseru katanya: 'Inilah Dia yangkumaksudkan ketika aku berkata:Kemudian dari padaku akan datang Diayang telah mendahului aku, sebab Diatelah ada sebelum aku. Karena darikepenuhanNya kita semua telah menerimakasih karunia demi kasih karunia; sebab

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    4/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    5/15

    Hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi

    kasih karunia dan kebenaran datang olehYesus Kristus. Tidak seorangpun yangpernah melihat Allah; tetapi anak TunggalAllah yang ada di pangkuan Bapa, Dialahyang menyatakanNya." (Yoh 1:1-18).

    Rasul Paulus, seorang prajurit imanberkata :

    "Demikian pula kita : selama kita belum akilbalig, kita takluk juga kepada roh-roh dunia.Tetapi setelah genap waktunya maka Allah

    mengutus AnakNya yang lahir dari seorangperempuan dan takluk kepada hukum Taurat. ladiutus untu menebus mereka yang takluk kepadahukum Taurat, supaya kita diterima menjadianak." (Galatia 4:3-5)

    Agama Kristen adalah agama penebusan,tanpa pene-busan itu seseorang tetap tak berdaya di bawah beban dosa, tanpapengharapan di dunia dan dimasukan keapi neraka.

    Tetapi Allah yang maha penyayang

    merencanakan. keselamatan manusiamelalui korban kematian Kristus sebagaibukti dari kasihNya yang sangat luar biasadan tidak terbatas itu.

    Kristus mengungkapkan kasih ini denganberkata:

    "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,sehingga la telah mengaruniakan AnakNya yangtunggal, supaya setiap orang yang percayakepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh

    hidup yang kekal." (Y oh 3:16).

    Agama Budha berkata:

    "Kebaikan dan keadilan kebajikan merupakan jalan yang menuju Nirwana (surga) yangter-besar adalah kebaikan".

    Agama Yahudi berkata :

    "Musa menuliskan kebenaran Hukum,

    barangsiapa memeliharanya akan hidup oleh

    hukum itu."

    Agama Islam berkata:

    "Berat pada hari itu adalah ke-benaran. Merekayang beratnya lebih besar adalah yang sukses".

    Semua ungkapan-ungkapan ini sungguhindah, tetapi semuanya mengharuskanmanusia berbuat sesuatu tetapi manusiatidak sanggup melakukannya. Hal iniseperti menyuruh orang lumpuh berjalan

    atau orang mati untuk hidup.

    Berkenan dengan kebenaran ini Raja Daudberkata dengan ilham Roh Kudus : "Tuhanmemandang ke bawah dari sorga kepadaanak-anak manusia untuk melihat, apakahada yang berakal budi dan yang mencariAllah. Mereka semua telah menyeleweng,semuanya telah bejat, tidak ada yangberbuat baik, seorangpun tidak" (Mazmur14:2-3).

    Untuk mentaati Hukum, perintah Allahyang pertama dan yang utama ialahmemerintahkan manusia : "KasihilahTuhan, Allahmu, dengan segenap hatimudan dengan segenap jiwamu dan dengansegenap kekuatanmu dan dengan segenapakal budimu dan perintah kedua ialahkasihilah sesamamu manusia sepertidirimu sendiri". (Lukas 10:27).

    Pengalaman mengajar kita bahwa tidak 

    ada satu manusia pun yang sanggupmemenuhi Hukum tersebut. Berdasarkanalasan inilah semua manusia yangberusaha melakukan Hukum tersebut jatuhdi bawah kutukan seperti tertulis dalamAlkitab :

    "Karena semua orang yang hidup dari pekerjaanhukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebabada tertulis 'Terkutuklah orang yang tidak setiamelakukan segala sesuatu yang tertulis dalam

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    5/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    6/15

    kitab hukum Taurat". (Galatia 3:10).

    Mengenai amal kita, tentang timbangan,melalui hambanya Daud Allah bersabda :"Hanya angin saja orang--orang yang hina,suatu dusta saja orang-orang yang,mulia.

    Pada neraca mereka naik ke atas, merekasekalian lebih ringan dari pada angin"(Mazmur 62)0).

    Nabi Yesaya bersabda:

    "Demikianlah kami sekalian seperti seorangnajis dan segala kesalehan kami seperti kainkotor; kami sekalian menjadi layu seperti daundan kami lenyap oleh kejahatan kami sepertidaun dilenyapkan oleh angin" (Yesaya 64:6).

    Rasul Paulus berkata :

    "Tidak seorangpun berakal budi, tidak seorangpun" mencari Allah. Semua orang telahmenyeleweng, mereka semua tidak berguna,tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak"(Roma 3:11-12).

    Memang benar bahwa Hukum Taurat itukudus dan perintahnya itu suci, adil danbenar, tetapi tidak dapat emberikankeselamatan total bagi manusia berdosa.

    "Sebab apa yang tidak mungkin dilakukanhukum Taurat karena tak berdaya olehdaging, telah dilakukan oleb Allah.Dengan jalan mengutus AnakNya sendiridalam daging. yang serupa dengan dagingyang dikuasai dosa karena dosa, Ia telahmenjatuhkan hukuman atas dosa di dalamdaging, supaya tuntutan hukum Tauratdigenapi di dalam kita, yang tidak hidupmenurut daging, tetapi menurut Roh"(Roma 8:3-4).

    Hal inilah yang membedakan imanKristen. Kepercayaan inilah merupakanagama penebusan yang tidak membiarkan

    manusia kehilangan keselamatannya.

    Karena Allah telah membuat perjanjiandengan manusia berdasarkan kasihkarunia, apabila manusia menanggapipengorbanan Kristus di kayu salib.

    Karena Hukum Taurat tidak mampumembebaskan manusia dari kuasa dosadan maut ataupun gagal untuk menyelamatkan dan menguduskan ataumembuat manusia tetap dalam KerajaanAllah. Maka' Kriiitus Tuhan dari surgaberinkarnasi menjadi manusia untuk memper-sembahkan diriNya sebagaikorban penghapus dosa, menghancurkandosa, mematahkan kuasa dosa atasmanu-sia dan menanggung hukuman gantimanusia. Dengan karya penebusan danpenggantian ini, Ia memenuhi semuatuntutan Hukum Taurat dan mengenapinubuatan:

    "Tetapi sesungguhnya penyakit kitalah yangditanggung-nya, dan kesengsaraan kita yang

    dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah,dipukul dan ditindas Allah. Tetapi dia tertikamoleh karena pemberontakan kita, dia diremukkanoleh karena kejabatan kita; ganjaran yangmendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakankepadanya, dan oleb bilur-bilurnya kita menjadisembuh. Kita sekalian sesat seperti domba,masing-masing kita mengambil jalannya sendiritetapi Tuhan telah menimpa-kan kepadanyakejahatan kita sekalian". (Yesaya 53:4-6).

    Mungkin anda sulit untuk menerimagagasan pe-nebusan yang demikian karena

    gagasan ini berdasarkan pada kematianKristus yang memalukan di kayu salib.ltulah yang menjadi persoalan sehinggasering ditolak dan diserang orang Muslim.Tetapi bukti Kristus wafat oleh penyalibanitu banyak dan tidak terbantahkan. Sayasudah mengumpulkan semua fakta tentangpenyaliban di dalam buku "Salib dalamInjil dan Al-Quran" yang bisa dipesan dari

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    6/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    7/15

    JALAN ALRAHMAT.

    Di antara pengenalan akan iman dari Injiladalab ajaran-ajaran sosial yang luhur danyang pantas bagi setiap generasi, umur,manusia, bahasa dan bangsa.Ajaran--ajaran didasarkan atas dasar"Hukum Emas" yang diletakkan olehKristus. Dia bersabda: "Segala sesuatuyang kamu kebendaki supaya orangperbuat kepadamu, perbuatlah demikian

     juga kepada mereka. Itulah isi seluruhbukum Taurat dan kitab para nabi" (Matius 7:12).

    Ajaran ini melarang pementingan diri yangpicik, kebencian, dendam, tipu daya,ketidakjujuran, penipuan dan membangunkesatuan umat manusia, kesatuan semuaanggotanya dan menuntut bahwa setiapumat untuk saling memberi/mencarikesejahteraan bersama.

    Ajaran yang singkat ini kalau dipeliharaakan meniadakan dan mengakhiriperselisihan dan peperangan dan akanmembuat dunia ini sebagai Firdauskebahagiaan.

    Karena ajaran-ajaran itu adalahpenyulingan dari ajaran-ajaran hukum danpara Nabi, sebab tujuannya ialah membuatmanusia saling mengasihi seperti dirinyasendiri.

    Sebenarnya ajaran mulia ini, mengajarkanbagaimana kita memenuhi perintah Allah

    yang bersabda "Hendaklah kamumengasihi musubmu seperti dirimusendiri". Rasul Paulus memberikankomentarnya: "Sebab barangsiapamengasihi sesamanya manusia, ia sudahmemenuhi bukum Taurat. Karena firman:

     jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengingini danfirman lain manapun juga, sudah tersimpul

    dalam firman ini, yaitu Kasihilah

    sesainamu manusia seperti dirimu sendiri !Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesamamanusia, karena itu kasih adalahkegenapan hukum Taurat". (Roma13:8-10)

    Dan agar supaya Kristus dapatmenghapuskan dari jiwa-jiwa orang-orangpilihanNya segala pengaruh--pengaruhyang menghindari manusia untuk mencapai puncak kasih yang mulia ini, iaberkata kepada mereka: "Tetapi Akuberkata kepadamu : Kasihilah musuhmudan berdoalah bagi mereka yangmenganiaya kamu. Karena dengandemikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkanmatahari bagi orang yang jahat dan orangyang baik dan menurunkan hujan bagiorang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orangyang mengasihi kamu, apakah upah-mu?Bukankah pemungut cukai juga berbuat

    demikian? Dan apabila kamu hanyamemberi salam kepada saudara-saudarasaja, apakah lebihnya dari pada perbuatanorang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun ber-buat demikian ?Karena itu haruslah kamu sempurna, sarnaseperti Bapamu yang di sorga adalahsempurna." (Matius 5:44-48).

    Kemudian prinsip-prinsip ini, di dalamtransdensinya memiliki panjang, lebar, dandalamnya mendemonstrasi-kan kelebihanmereka terhadap kasih dan kebajikan yangdidasarkan pada prinsip-prinsip kasih dirisendiri yang slogannya adalahmengharapkan balas budi. Karena itu,Kristus mengajarkan mengasihi untuk kepentingan kasih itu sendiri danmenginginkan kesejahteraan orang laindan berpegang teguh pada kebenaran dankebaikan demi kebenaran dan kebaikan itu

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    7/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    8/15

    sendiri.

    Murid-murid Kristus menjelaskan ajaranGurunya tentang kasih dalam tafsiran yangindah sekali dan di-ilhami Roh Kudus,seperti :

    •   Rasul Yohanes :

    "Saudara-saudara yang kekasih bukanperintah baru yang kutuliskan kepada kamu,melainkan perintah lama yang telah adapadamu dari mulanya. Perintah lama ituialah firman yang telah kamu dengar. Na unperintah baru juga yang kutuliskan kepadakamu, telah ternyata benar di dalam Dia dandi dalam kamu; sebab kegelapan sedanglenyap dan terang yang benar telahbercahaya. Barangsiapa berkata, bahwa iaberada di dalam terang, tetapi ia mem-bencisaudaranya, ia berada di dalam kegelapansampai sekarang. Barangsiapa mengasihisaudaranya, ia tetap ber-ada di dalamterang, dan di dalam dia tidak adapenyesatan. Tetapi barangsiapa membencisaudaranya, ia berada di dalam kegelapandan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahuke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah

    membuta-kan matanya". (1 Yoh 2:7-11).

    "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilahkita saling mengasihi, sebab kasih ituberasal dari Allah; dan setiap orang yangmengasihi, lahir dari Allah dan mengenalAllah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.Dalam hal inilah kaSih Allah dinyatakan ditengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telahmengutus AnakNya yang tunggal ke dalamdunia, supaya kita hidup olehNya. Inilahkasih itu : Bukan kita yang telah mengasihiAllah, tetapi Allah yang mengasihi kita dan

    yang telah mengutus AnakNya sebagaipendamaian bagi dosa-dosa kita.Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalauAllah sedemikian mengasihi kita, makaharuslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah.Jib kita saling mengasihi, Allah tetap didalam kita, dan kasihNya sempurna didalam kita. Demikianlah kita ketahui,bahwa kita tetap berada di dalam Allah danDia di dalam kita : la te1ah mengaruniakan

    kita mendapat bagian dalam RohNya. Dan

    kami telah melihat dan bersaksi, bahwaBapa telah mengutus AnakNya menjadiJuruselamat dunia. Barangsiapa mengaku,bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allahtetap berada di dalam dia dan dia di dalamAllah. Kita telah mengenal dan telahpercaya akan kasih Allah kepada kita.

    Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetapberada di dalam kasih, ia tetap berada didalam Allah dan Allah di dalam dia. Dalamkasih inilah Allah sempurna di dalam kita,yaitu kalau kita mempunyai keberanianpercaya pada hari peng-hakiman, karenasama seperti Dia, kita juga ada di dalamdunia ini. Di dalam kasih tidak adaketakutan : kasih yang sempurnamelenyapkan ketakutan; sebab ketakutanmengandung hukuman dan barangsiapatakut, la tidak sempurna di dalam kasih.

    Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulumengasihi kita. Jikalau seorang berkata'Aku mengasihi Allah' dan ia membencisaudaranya, maka ia adalah pendusta,karena barangsiapa tidak mengasihisaudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin

    mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. Danperintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus mengasihisaudaranya". (1 Yoh 4:7-21).

    •   Rasul Petrus:

    "Karena kamu telah menyucikan dirimuoleh ketaatan kepada kebenaran, sehinggakamu dapat mengamalkan kasihpersaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklahkamu bersungguh-sungguh salingmengasihi dengan segenap hatimu" (1Petrus 1:22). '

    Kesudahan segala sesuatu sudah dekat.Karena itu kuasailah dirimu dan jadilahtenang, supaya kamu dapat berdoa. Tetapiyang terutama : kasihilah sungguh-sungguhseorang akan yang lain, sebab kasihmenutupi banyak sekali dosa" (1 Petrus4:7-8).

    "Justru karena itu kamu harus dengansungguh--sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan,

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    8/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    9/15

    dan kepada kebajikan pengetahuan, dan

    kepada pengetahuan penguasaan diri,kepada penguasaan diri ketekunan, dankepada ketekunan kesalehan, dan kepadakesalehan kasih akan saudara-saudara, dankepada kasih akan saudara-saudara kasihakan semua orang. Sebab apabila semuanyaitu ada padamu dengan berlimpah--limpah,kamu akan dibuatnya menjadi giat danberhasil dalam pengenalanmu akan YesusKristus, Tuhan kita". (2 Petrus 1:5-8).

    "Dan di atas semuanya itu; kenakanlahkasih, sebagai pengikat yangmempersatukan dan menyempurnakan'"(Kolose 3:14).

    •   Rasul Paulus:

    "Sekalipun aku dapat berkata-kata dengansemua bahasa manusia dan bahasa malaikat,tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, akusama dengan gong yang ber-kumandangdan canang yang gemerincing. Sekalipunaku mempunyai karunia untuk bernubuatdan aku mengetahui segala rahasia danmemiliki seluruh pengetahuan; dansekalipun aku memiliki iman yang

    sempurna untuk memindahkan gunung,tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, akusama sekali tidak berguna.

    Dan sekalipun aku membagi-bagikan segalasesuatu yang ada padaku, bahkanmenyerahkan tubuhku untuk dibakar. Tetapi

     jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpuntidak ada faedahnya bagiku.

    Kasib itu sabar; kasih itu murah hati; iatidak cemburu. Ia tidak memegahkan diridan tidak sombong. Ia tidak melakukanyang tidak sopan dan tidak mencari

    keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarahdan tidak menyimpan kesaIahan orang lain.Ia tidak berdukacita karena ketidak-adilan.tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segalasesuatu, percaya segala sesuatu,mengharapkan segala sesuatu, sabarmenanggung segala sesuatu.

    Kasih tidak berkesudahan; nubuat akanberakhir; bahasa roh akan berhenti;pengetahuan akan lenyap. (I Kor 13:1-8).

    Inilah Kristen yang sejati. Inilah agama

    yang berdasarkan roh penebusan,mengampuni kesalahan 70 x 7 kali setiaphari.

    Inilah agama Kristen, yang menonjol diantara agama--agama dunia. Karenakebaikan darah Kristus "Lebih ber-perandibandingkan darah Habel". Darah Habelberbicara kepada Tuhan untuk balasdendam, tetapi darah Kristus berbicarauntuk memohon pengampunan Allah atasorang--orang yang menyalibkanNya.

    Kita telah membaca bahwa Yesus berseru di

    atas kayu salib "Ya Bapa, ampunilahmereka, sebab mereka tidak tahu apa yangmereka perbuat". (Lukas 24:34).

    3. Pertanyaan 2

    PERTANYAAN:

    Islam adalah wahyu terakhir dan adalahagaina untuk semua umat manusia berlakupada setiap waktu dan tem-pat, tidak sepertiagama Kristen yang terbatas hanya padakesalehan dan kehidupan biara.

    Karena itu anda ditantang untuk berpikir,dan ber-usaha dan membandingkan antaraAl-Quran dan apa yang anda sebut sebagaiInjil.

    Kami merasa bahwa Al-Ouran itu adalahflfman Allah, kiranya Dia ditinggikan,sedangkan Injil terdiri dari perkataannmanusia, seperti tulisan Paulus dan Yohanesdll.

    Akhirnya, saya ingin mengajak anda menuju

     jalan lurus karena untuk karangan bcausemacam itu (yang tak masuk akal) tak dapatlepas dari peringatan.

    Anda telah berusaha berkali-kali dan untukmenarik orang-orang Muslim, tetapi andagagal memenangkan scorang pun, sedangkanbanyak orang Kristen masuk memeluk Islam.

    A.A.A. Arab Saudi

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    9/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    10/15

    4. Jawab 1Dari ekspresi surat anda, cukup jelasbahwa anda seorang yang sangatbersemangat terhadap agama. Bagiseorang muda sangat baik sepanjangsemangat ini tidak membawa diamelampaui batas-batas yang ditetapkandalam berdialog antara seorang Muslimdan Kristen.

    Apabila anda menantang kepercayaan

    "orang Ahli Alkitab". Dengan carademikian anda melanggar amanatAl-Qur'an: "jangan berdebat dcngan paraahli kita melainkan dengan cara yangpaling baik." (Surat 29:46).

    Tentu saja, semangat anda yang berlebihantelah menempatkan anda di suatu sudut dimana anda tidak dapat mengerti maksudInjil. Karena itu saya tidak ter-peranjatapabila anda memandang traktat-traktatyang kami kirim cepada anda sebagai

    sampah atau omong-kosong belaka.

    Saya tidak ingin masuk dalam suatuperdebatan tentang pernyataan anda bahwaIslam adalah Wahyu Allah terakhir. Tetapisaya ingin menarik perhatian anda kepadamasalah kebenaran yang sangat pentingyaitu pernyataan anda yang menyatakanIslam telah menggantikan semua agamatermasuk agama Kristen. Pernyataan andaitu bertentangan dengan Al-Quran yangmenegaskan dan memperkuat adanyaagama Taurat dan Injil.

    Mungkin anda memperoleh pandangan inidari buku yang berjudul "Guidance of Seekers, into the Origins of Religion" olehMawia Mohammad Takieddine AlKashani, seorang Persia yang berkatabahwa Muhammad adalah nabi sebelumzaman ini dan agamanya telah

    membatalkan semua agama dan Nabi-nabi

    sebeluinnya. . .

    Menjawab pernyataan seperti ini, sayaingin katakan bahwa Al-Quran sendiritidak menyatakan Al Quran diturunkanuntuk menggantikan Taurat dan Injil, jugaHadis Nabi tidak pernah berbicara dalamarah ini. Berarti pernyataan anda itu lucudan lemah, tidak berdasar, sekedar gagasanuntuk mencemooh dan membangkitkanfanatisme. Meskipun pernyataan ngawurini tidak mengubah pengajaran Al Qurantetapi paling tidak mengacaukan danmengajarkan sesuatu yang tidak termuat didalamnya. Setiap orang tahu bahwapembatalan (sesuatu menggantikan yanglain) secara khusus berlaku bagi Al- Qurandan terdapat dalam 2 tempat.

    1.   Surat 2:106.

    "Ayat mana saja yang Kami naskahkanatau Kami jadikan manusia lupapadanya. Kami datangkan yang lebih

    baik dari padanya atau yang sebandingdengan-nya. Tidakkah kamumengetahui bahwa sesungguh-nyaAllah Maha Kuasa atas segalasesuatu".

    2.   Surat 22:52.

    "Dan Kami tidak mengutus sebelumkamu '" melainkan apabila iamempunyai sesuatu keinginansyaitanpun memasukkan

    godaan-godaan terhadap keinginan itu,Allah menghilangkan apa yangdimasukkan oleh syaitan itu, dan Allahmenguatkan ayat-ayat-Nya. Dan AllahMaha mengetahui lagi Mahabijaksana."

    Ayat-ayat itu tidak menunjukkan bahwaAl-Quran diturunkan untuk membatalkanAlkitab, tetapi ayat itu membatalkan ayat

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    10/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    11/15

    lain dalam Al-Quran itu sendiri.

    Cendekiawan Al-Bardawi telahmemberikan bahasan yang lengkap tentangpembatalan ini dari surat Al Haj danmenyebutkan bagaimana beberapa suratAI-Hajm telah dibatalkan.

    Cendekiawan yang lain juga telahmemperlihatkan gejala ini seperti Yahyadan Jalal Ed Din. Mereh membahaskehidupan Nabi dari Ibnu Hisham, sampaiIbnu Ishaq. Penulis lainnya, AI- Tabari

    membahas masalah ini dalam penafsiranyang lebih luas.

    Thnu Hatem mendasari keteranganya dariThnu Abbas yang menyatakan: "Tidak mungkin IIham itu turun kepada nabi diwaktu malam dan di hari berikutnya dialupa. Dan kemudian ayat itu diturunkanuntuk membatalkan atau melupakan" .

    Begitu juga AI-Baidani, ia berkataayat-ayat ini di-turunkan ketika

    penyembah-penyembah berhala (kafir)atau Yahudi menuduh : Tidakkah andamelihat bahwa Muhammadmemerintahkan pengikut-pengikutnyakemudian ia berubah pikirannya danmemerintahkan kebalikannya". Jadi,kejadian dari ayat ini adalah jelas untuk menjawab keragu-raguan tentang tulisandan keraguan orang-orang Muslimberhubungan dengan perubahan ayatdalam isi Al-Quran itu sendiri.

    Lebih lanjut, Jalaleyn mengemukakkanpe-nafsirannya : "Nabi sedang membacasurat Al-Najm di hadapan sebuah sidang.Maka apakah patut kamu (hal orang-orangmusyrik) menganggap Allah dan Al Uzzadan Manah yang ketiga, yang palingterkemudian". (Surat 53:19-20)

    Setan telah memasukkan ucapannya pada

    titah Nabi tanpa disadarinya. Semua

    mahluk surgawi tersebut kelihatan mudadan rupawan, kami berharap mereka akanmemohon pengampunan bagi kami. Inimembuat mereka bahagia. Tetapi Jibrilmemberitahukan kepada Nabi bahwaSetan telah menggunakan lidahnya. lamenyesaI dan ber-usaha menghiburmereka dengan ayat-ayat. Tetapi Allahtelah membatalkan apa yang telah setanbuat dst. Menurut AI-Sayauti, pembatalanmerupakan sesuatu yang khas bagi bangsa

    ini, yaitu Islam.

    Kesimpulan yang kami tarik daripenjelasan-penjelasan yang dibuat olehpara ahli itu pernyataan Al-Quranmenggantikan Injil atau Islammcngantikan agama lain tidak beralasan.

    Dalam bukunya "Revealing the Truth"Al-Hajj Rahmat Allah Al-Hindi berkata,"Pendapat yang mengata-kan bahwaTaurat dibatalkan oleh adanya Zabur dan

    Zabur dibatalkan ketika InjU hadir danInjU dibatalkan Al-Quran tidak memilikialasan baik daIam Al-Quran mau-punHadis".

    Sungguh benar ucapan ahli ini, Al Quranitu bertentangan dengan penganjur"pembatalan" dan menolak klaim mereka.Al-Qur'an berkata: "telah mensyariat-kanbagi kamu tentang agama apa yang telahdiwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apayang telab Kami wahyukan kepadamu dan

    apa yang telah Kami wasiatkan kepadaIbrahim, Musa dan Isa yaitu : Tegakkanlahagama dan janganlah kamu berpecah belahtentangnya." (Surat 42:13)

    Dengan demikian anda melihat sababatku,bahwa anda sedang menyerang agamaIslam sendiri dengan menyata-kan agamasurgawi sebelum Islam telah dibatalkan.

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    11/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    12/15

    Di samping itu dapatkah anda menjelaskan

    kepada saya bagaimana menikmati apayang kamu percaya pada isi Al-Quran,kemudian membuat suatu pernyataan yangtidak berdasarkan fakta kebenaran?

    Apakah anda sudab lupa, babwa Al-Quranme-manggil anda bersama setiap orangArab untuk berpedoman kepadaajaran-ajaran Ahli Alkitab, karena Al-Quran berkata : "Allah hendak menerangkan kepadamu dan menunjukimukepada jalan-jalan orang yang sebelumkamu (para nabi dan sbaIibin) dan hendak menerima taubatmu. Dan Allah MahaMengetahui lagi Maha bijak-sana". (Surat4:26).

    Sebaliknya, anda seharusnya bertanyadapatkah agamaku menggantikan selamaAl-Quran menyuruh Muhammad sendirimengikuti petunjuk Alkitab, ketikaAl-Quran berkata: "Mereka itulahorang-orang yang telah Kami berikan

    Alkitab, hikmat dan kenabian. Jikaorang-orang itu mengingkarinya makakami akan serahkan kepada kaum yangtidak mengingkarinya. Mereka itulahorang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuknya".(Surat 6:89-90).

    Sebaliknya anda seharusnya bertanyabagaimana mungkin agamakumenggantikan agama lain selama Al Quranmenganjurkan Muhammad supaya ia

    meminta pertolongan orang-orangsebelumnya apabila ia ada dalamkeragu--raguan, seperti Alquran berkata:"Maka jika kamu (Muhammad) beradadalam keragu-raguan tentang apa yangkami turunkan kepadamu, makatanyakanlah kepada orang-orang yangmembaca kitab sebelum kamu" (Surat10:94a).

    Coba ceritakan bagaimana mungkin agama

    Islam mengantikan agama sebelumnya,sebab Al-Quran justeru menyuruh kitauntuk meneguhkan pemberitaan Injil. Al-Quran menulis: "Dan hendaklahorang-orang pengikut Injil, memutuskanperkara menurut apa yang diturunkanAllah di dalamnya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yangditurunkan Allah, maka mereka itu ada-lahorang-orang fasik" (Surat 5:47).

    Salah satu keistimewaan yang dapatmembedakan Al-kitab adalah kenyataanajaran pada surat-suratnya menunjukkansuatu harmoni dan bergerak menuju satuarah yaitu tentang pernyataan maksudAllah. Bagi manusia hal itu tidak ada dantidak perlu adanya pembatalan atau-punsuatu pemeriksaan pembatalan di antaraajaran--ajarannya.

    Kitab Allah adalah Kitab untuk semuagenerasi dan segala 7.aman. Dan agama

    yang diabadikan merupakan agama Allahdari kekal sampai kekal dan di dalamnyaada pernyataan surgawi.

    Langit dan bumi akan berlalu, tetapiperkataanKu tidak akan berlalu (Matius24:35)".

    Dan bukankah Al Quran sendiri berkatadalam Surat 6:34b Tak ada seorangpunyang dapat merubah kalimat-kalimat(janji-janji) Allah". Dan dalam Yunus

    10:64 "Tidak ada perubahan bagikalimat-kalimat (janji-janji) Allah". Dandalam Surat 15:9 Sesungguhnya kamiyang menurunkan Alkitab dan kamipulalah yang memeliharanya". DalamSurat 16:43 kita"dapat juga membaca:“Bertanyalah kepada orang-orang yangmempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.”

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    12/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    13/15

    Ayat-ayat ini membuat kita bertanya:

    Seandainya sekelompok Muslim yangsaleh dan yang selia menerapkan Al-Qurandan pergi kepada Ahli-ahli Alkitab untuk bertanya mengenai berbagai masalahrohani yang belum mereka ketahui.

    Dalam perjalanan mereka bcrtemu dengankelompok lain yang menuntut"pembatalan". Mereka bercerila "Kamiakan pergi kepada ahli-ahli Alkilab unluk menanyakan prihal yang tidak kamiketahui".

    Saya meragukan apakah kelompok lain,yang menantang berani membalas:"Jangan pergi, karena Al-kitab merekatelah dibatalkan".

    Dan seandainya mereka berani melarang,apa jadinya kedudukan mereka yang salehitu? Apakah mereka akan mempercayaikelompok yang lain tersebut ataumempercayai Al-Quran yang berkata :

    "Tanyalah para ahli Alkitab apabila kamuada dalam keragu-raguan".

    Tentu saja, kalau mereka menerimatuntutan ke-lompok pembatalan tersebutakan menimbulkan suatu pengakuankepada pihak mereka bahwa Allah telahgagal memelihara janjinya yang berkata :"kami yang menurunkan Alkitab dan kamiakan menjaganya (memelihara)".

    Saya tidak akan menyalahkan anda apabila

    anda menganggap bahwa kekristenanadalah agama penyembahan dankepercayaan yang berkaitan dengan biara.Ungkapan ini menunjukkan pengetahuananda tentang kekristenan masih terbatas.

    Untuk kepercayaan yang berhubungandengan biara ini bukanlah pokok yangpenting dari Injil, tetapi tumbuh sebagaiusaha manusia dan saya tidak dapat

    memberikan penjelasan karena

    keterbatasan ruangan ini.

    Nah kalau begitu apa yang akan saudarakatakan, jika saya mengambil usaha daribeberapa kelompok Islam Moderat yangtidak terlalu berpegang penuh kepada AlQuran untuk menyerang dan mengkritik Islam sendir ?

    Apakah itu wajar? silahkan jawab sendiri.Sebagai-mana pernyataan yang andakemukan bahwa Al-Quran adalah firman

    Allah sedangkan Injil terdiri dariperkataan--perkataan manusia sepertiPaulus dan Yohanes. Ungkapanmenunjukkan bahwa pengetahuan andatentang ke-kristenan masih kurang.

    Cobalah mengerti sahabatku bahwa intiajaran Injil bukanlah perkataan yangditulis oleh Paulus atau Yohanes.Bukanlah pula perkataan yang diilhamkanlangsung oleh malaikat Jibril dankemudian ditulis oleh manusia.

    Tetapi Injil adalah seorang Pribadi Illahiyang menjadi manusia seutuhnya dalamkegenapan waktu untuk menyatakanbahwa Allah itu kasih. Selanjutnya,per-wujudan kasih inilah Dia mengerjakanpenebusan untuk menyelamatkan duniamelalui kasih karunia.

    Sambil menanti penerimaan isyarat yangramah dari anda, kami mengucapkankiranya kebaikan dan damai sejahtera

    Allah berserta anda. Kami berdoa khususbagi anda kiranya kasih anda akanbertumbuh, mungkin kasih ini akanmembuat anda untuk lebih menerima danpercaya

    5. Bahan Kajian

    Apabila Anda telah membaca buku Injil

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    13/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    14/15

    dengan seksama maka anda dapat

    menjawab pertanyaan di bawah ini. Dalammenjawab pertanyaan ini, anda akanbertumbuh dalam kebenaran Allah dankasihNya.

    1.   Apakah arti lain dari kata Islam?

    2.   Mengapa Al Quran menyebut Ibrahimseorang Muslim, meskipun Islambelum berdiri pada saat itu?

    3.   Mengapa orang-orang Yahudi danNasrani juga di-sebut orang-orang

    Muslim ?4.   Bagaimana pandangan Muhammad

    tentang wahyu Allah yangdisampaikan kepada Musa dan Yesus ?

    5.   Ayat-ayat Alquran manakah yangmenganjurkan seorang Muslim untuk menerima, membaca danmemperhatikan Taurat dan Injil ?

    6.   Tuliskan tiga buah ucapan Kristusyang anda rasakan paling penting bagidiri anda !

    7.   Ayat-ayat manakah dalam Injil yangmenyatakan bahwa Kristus adalahinkarnasi dari Firman Allah!

    8.   Bagaimanakah Paulus menyaksikaninkarnasi Yesus itu ?

    9.   Apakah inti dan ajaran utama dariagama Kristen ?

    10. Bagaimakah pengertian anda fen tangayat Yohanes 3:16 ?

    11. Prinsip-prinsip apakah yang utama dariagama--agama dunia lainnya ?

    12. Apa kata Alkitab tentang amalmanusia?

    13. Apa dua perintah Allah yangterpenting dalam kitab Taurat?

    14. Bagaimanakah Hukum Tauratmenghakimi manusia?

    15. Mengapa Hukum Taurat tidak dapat

    memberikan keselamatan kepadamanusia ?

    16. Bagaimanakah sikap Kristus terhadapHukum Taurat dan bagaimana iamenggenapi Hukum Taurat di- dalamhidupNya ?

    17. Apakah artinya "anugerah" dalamhubungannya dengan Hukum Tauratyang terdapat dalam pengajaran Injil ?

    18. Bagaimana pengertian anda tentangnubuatan "Anak Domba Allah" yangterdapat di dalam Kitab Yesaya ?

    19. Tulislah kalimat "Hukum Emas"("Golden Rule") dan jelaskanlahartinya!

    20. Apa artinya menggenapi hukum Taurat?

    21. Bagaimana Kristus menjelaskantentang kasih seorang musuh kepadamurid-muridNya ?

    22. Tuliskanlah ayat -ayat yang palingberkesan bagi anda dari Rasul Yohanes!

    23. Nasehat apakah yang Rasul Paulusbrikan kepada kita yang paling sesuaisaat ini !

    24. Apa yang telah anda pelajari dari 1Korintus 13:1-8 tentang Bab Kasih'!

    25. Apakah perbedaan antara jeritan darahHabiJ dan darah Yesus Kristus ?

    26. Bagaimana pengertian anda tentangayat Al-Quran "Janganlah berdebatdengan Ahli Alkitab"?

    27. Bagaimanakah bunyi pernyataanbahwa Islam telah membatalkanHukum Kristen justru merupakanserangan terhadap diri sendiri ?

    28. Apa sumber gagasan tentangpembatalan ini ?

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    14/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/

  • 8/15/2019 59689107-Ajarlah-Aku-JalanMu-Ya-Allah-By-Iskander-Jadeed.pdf

    15/15

    29. Kedua kasus pembatalan apakab yang

    dapat diterap-kan pada Al-Quran ?30. Bagaimana ahli-ahli Islam menjelaskan

    dan mempertahankan pendapat tentangpembatalan dalam Al-Quran?

    31. Bagaimana Al-Quran memberikanbukti ketidak mungkinan pembatalanwahyu terdabulu dan menetapkanhukum-hukum sebelumnya ?

    32. Apabila seorang Muslim ada dalamkeragu-raguan terhadap sesuatu dalamAl-Quran, ayat membimbing dia untuk bertanya kepada orang Nasrani untuk diajarkan dan diarahkan ?

    33. Siapakah yang"fasik" menurut SuratHindangan 5:47?

    34. Apakah yang Kristus katakan tentangkekekalan ucapan-ucapannyameskipun bumi dan surga akanberlalu?

    :

    Tekan di sini untuk kirim jawaban Andalewat email atau kirimkanlah jawaban Anda kepada:

    The Good Way

    P.O. BOX 66

    CH-8486 Rikon

    Switzerland

    www.the-good-way.com/en/contact/ 

    AJARLAH AKU JALAN-MU YA ALLAH 

    15/15All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 

    http://www.the-good-way.com 

    http://localhost/var/www/apps/conversion/tmp/contact/index.htmlhttp://localhost/var/www/apps/conversion/tmp/contact/index.htmlhttp://localhost/var/www/apps/conversion/tmp/contact/index.htmlhttp://www.the-good-way.com/en/contact/http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/http://www.the-good-way.com/en/contact/http://localhost/var/www/apps/conversion/tmp/contact/index.htmlhttp://localhost/var/www/apps/conversion/tmp/contact/index.htmlhttp://localhost/var/www/apps/conversion/tmp/contact/index.html