aku bermain maka aku senang

Download Aku Bermain Maka Aku Senang

Post on 19-Oct-2015

23 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Aku bermain maka aku senang

TRANSCRIPT

PERMAINAN TRADISIONAL, PERKEMBANGANNYA DULU DAN KINI

Hidayat BurhanuddinPsikologi UNS

TPA ArRahman KandangsapiRelawan Rumah ZakatInsan Utama Capacity BuildingKomunitas Anak BawangRumah Juara

[email protected]

Aku Bermain makaAku SenangApa itu Bermain?Bermain adalah kegiatan yang ditujukan untuk mendapatkan kesenangan.Bermain harus dilakukan dengan rasa senang sehingga semua kegiatan bermain akan menghasilkan proses belajar pada anak

Bermain bukan bertandingPermainan bukan pertandingan

Aku Bermain, maka Aku SenangBermain Menjelajah dan Manipulatif

Bermain Menghancurkan,

Bermain Berkhayal atau Pura-Pura

Kenapa Harus Bermain?Turner dan Helms (1993)Kegiatan bermain memberi kesempatan pada anak untuk bergaul dengan anak lain dan belajar mengenal berbagai aturan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.

Bermain adalah konsep yang bisa diterima oleh semua orang.

Dengan bermain, dapat meningkatkan kreativitas, mengubah fungsi benda apapun menjadi sesuatu yang lebih bermaknaKulit jeruk: mobil-mobilanJanur: keris,Lidi: wayang

Bermain dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan dengan benda apa saja.

Dimana saja bisa bermainDimana saja ada permainan

Nias

Bermain tak selamanya membuat kita keluar sebagai pemenang. Dengan itu, kita mampu menghargai prestasi yang kita punya, namun tetap menghormati orang lain yang lemah.

Mainan dan permainan tradisional sebagai salah satu warisan budaya bangsa memiliki nilai-nilai positif yang tidak dimiliki oleh mainan dan permainan modern.

Permainan tradisional sering disebut juga permainan rakyat, merupakan permainan yang tumbuh dan berkembang pada masa lalu terutama tumbuh di masyarakat pedesaan..

Permainan tradisional tumbuh dan berkembang berdasar kebutuhan masyarakat setempat (Yunus:19981).

Permainan tradisional dipengaruhi oleh alam lingkungannya, oleh karena permainan ini selalu menarik, menghibur sesuai dengan kondisi masyarakat saat itu

Permainan tradisional menurut Yunus (1981) umumnya bersifat rekreatif, karena banyak memerlukan kreasi anak. Permainan ini biasanya merekonstruksi berbagai kegiatan sosial dalam masyarakat

Permainan tradisional muncul sebagai proses interaksi ciri budaya kehidupan manusia yang berusaha untuk menyelaraskan diri dengan alam sekitar. Bukan untuk menaklukkan alam sekitarnya.

CFDJumatanWorkshop & PelatihanTalkshow dan Pekan Olimpiade permainan tradisional Nov 2013Juara Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan 2013Buku Kompilasi Permainan TradisionalGenerasi yang berhasil adalah generasi yang mampu mempersiapkan/mencetak generasi penerusnyaMenggali setiap nilai yang ada dalam permainan, berarti menggali nilai budi pekerti yang sebenarnya diajarkan generasi pendahulu kita. Lewat tutur kata, setiap aturan serta gerak langkah dalam permainan.

Terima KasihKomunitas Anak [email protected]