panduan membuat laporan dana bos 2012

Upload: rudi-muryanta

Post on 19-Jul-2015

11.501 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Panduan operasional software dana bos bantuan operasional sekolah 2012 dengan aplikasi SDS++

TRANSCRIPT

TUTORIAL SINGKATAplikasi Software Dana Bantuan Operasional Sekolah

BOS 2012 SDS++ BOS 2012 LAPORAN BOS KITA

Presented By : Mahameru Megah Gemilang Indonesia

http://www.kedaiscript.com

Kini Zamannya Website!Sudahkah Sekolah Anda Online?!? Publikasikan Sekolahan Anda bersama MMG IndonesiaMahameru Megah Gemilang Indonesia Page 1

Panduan Administrasi Dana BOS Dengan SDS++ 2012E-Book ini disajikan oleh : ST. RUDI MURYANTA

Mengelola keuangan Sekolah/Madrasah menjadi lebih urgen terlebih setelah adanya dana BOS yang digulirkan oleh pemerintah sejak tahun 2005. Pembuatan laporan yang mudah, efektif, dan efisien tentu menjadi impian bagi para pelaku pengelola dana BOS. Maka dengan software ini, administrator dana BOS cukup melakukan input data perencanaan/transaksi kemudian untuk mencetak laporan sesuai format yang dituntut tinggal melakukan klik pada menu yang diinginkan. Apabila Anda sudah familiar dengan software ini, sungguh amat mempermudah Anda. Maka sebaiknya segera mencoba untuk mulai. Karena tidak ada sesuatu karya besar terjadi, jika tanpa ada satu titik untuk mulai melakukan. Pada software yang kami re-edit tersebut, telah kami coba untuk disesuaikan dengan Petunjuk Teknis BOS 2012 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2011. Yang kami sajikan di sini khusus pengadministrasian dana BOS tingkat Sekolah. Beberapa hal tentang kebijakan baru pelaporan dana BOS 2012 adalah sebagai berikut: 1. RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). RKAS dibuat oleh Sekolah dan disimpan di Sekolah, dipergunakan sebagai pertanggungjawaban saat dibutuhkan . RKAS dibuat setiap awal tahun pelajaran tetapi pada awal semester ke-2 harus direvisi sesuai dengan perubahan kebijakan aliran dana BOS. RKAS dibuat sesuai dengan Format BOS K1. Format ini sudah disediakan dalam software. RKAS perlu dilengkapi dengan rincian rencana penggunaan tahunan yang dijabarkan dalam bentuk triwulan-an menggunakan Format BOS K2. Format Laporan BOS K3, K4, K5, K6 masih sama dengan Format Laporan BOS tahun 2011. Keempat Format laporan ini dibuat oleh sekolah dan cukup disimpan di sekolah sebagai arsip dan pertanggungjawaban jika ada audit. Format BOS K7 Realisasi Penggunaan Dana Tiap Sumber Dana adalah Laporan Sekolah kepada Tim Managemen Tingkat Kabupaten/Kota yang dibuat setiap tiga bulan disimpan di sekolah. Dan setiap akhir tahun melaporkan ke SKPD Pendidikan Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 5 Januari tahun berikutnya. Laporan ini disertai dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab yang menyatakan bahwa dana BOS yang diterima telah digunakan sesuai dengan NPH BOS seperti yang tercantum dalam Permendagri tentang Penglolaan BOS.

2.

3.

A.

Sekilas Software SDS++ BOS 2012 Program/Software Aplikasi Managemen Dana BOS SDS++ dikeluarkan oleh Decentralized Basic Education (DBE 1) USAID sekitar akhir tahun 2009 atau awal 2010 sebagai pemermudah lembaga sekolah untuk mengadministrasi dana BOS. Seiring dengan perubahan-perubahan kebijakan mengenai dana BOS pada setiap tahun, maka Software ini pun harus disesuaikan agar tetap bisa digunakan. Dan kami telah mencoba melakukan hal tersebut.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 2

B.

Cara Menggunakan Software SDS++ BOS 2012 1. Download file program tersebut di: http://www.kedaiscript.com/free_download.php 2. Ekstrak file *.zip dengan program Winzip sehingga akan tampak file program sebagai file excel (xlsm), file dalam format Excel Macro Enabled Workboork. File ini bisa dibuka dengan Microsoft Excel 2007 ke atas. Double klik pada file tersebut untuk mulai menjalankannya.

3.

4.

Setelah terbuka, jika program Excel Anda tidak diaktifkan program Macro-nya maka akan muncul peringatan. Klik pada peringatan tersebut (Options) lalu pilih Enable this content OK.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 3

5.

Berikutnya akan masuk Halaman Utama program, yang berisi menu untuk melakukan administrasi Keuangan dana BOS.

6.

Masuk ke menu PROFIL SEKOLAH untuk mengisi data mengenai sekolah Anda. Data yang tidak tahu bisa dikosongkan saja. Selalu gunakan menu KEMBALI KE MENU UTAMA untuk kembali ke halaman awal.

7.

Melalui halaman Menu Utama klik INPUT PERENCANAAN untuk memasukkan data pembuatan RKAS (K1) dan K2. Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini. Klik Input/Edit Perencanaan untuk mulai memasukkan data.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 4

8.

Pengenalan Tombol Kontrol Input Perencanaan Setelah klik Input/Edit Perencanaan akan ditampilkan Form pengisian Rencana Transaksi. a. Tambah Transaksi untuk mulai mengisi data/mengaktifkan form. b. Ubah Transaksi untuk melakukan perubahan/pembetulan/penghapusan data yang telah dimasukkan sesuai Nomor record yang dipilih. (lihat point g.) c. Simpan untuk memasukkan data ke record excel. Menu Simpan ini tidak bersifat menyimpan file, Anda masih berpotensi kehilangan data, jika belum melakukan penyimpanan file melalui menu Ms-Excel. d. Batal untuk membatalkan penggunaan Form. e. Hapus untuk menghapus record data tertentu sesuai nomor record yang aktif. (lihat point g.) f. Tutup Jendela untuk menutup Form, mengakhiri input perencanaan. g. Navigasi Baris Transaksi digunakan untuk memilih nomor record data yang telah dimasukkan. Gunakan tanda panah di kiri dan kanan atau menggeser tab.

Tahun Pelajaran dipilih sesuai dengan Tahun Pelajaran yang akan direncanakan. Tanggal Perencanaan sesuaikan dengan recana transaksi yang akan dilaksanakan. Jenis Transaksi pilih Pengeluaran. Program Sekolah Rencana Belanja tersebut termasuk dalam item Program Sekolah yang mana.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 5

Program Nasional untuk dana BOS pilih 16 Wajar Sembilan Tahun. Jika Anda sudah hapal dengan item ini untuk langsung menuju pilihan bisa diketikkan 16 saja pada form isian tersebut. Kode Transaksi pilih item/uraian transaksi yang akan dilakukan. Sumber Dana jika itu BOS Pusat, selalu ketikkan 3.1 atau pilih 3.1 BOS Pusat* Periode Pelaksanaan Format Periode adalah pengelompokan tiga bulanan sesuai dengan Tahun Pelajaran bukan Tahun Takwim. Periode I : Laporan Juli September, Periode II: Oktober-Desember, dan seterusnya. Uraian diisi uraian rencana Belanja. Nilai Perkiraan Pengeluaran diisi nominal rencana Belanja. Gunakan format angka tanpa tanda baca. Untuk koma (sen) biasanya gunakan tanda titik jika MS-Excel Anda belum dicustomize. Klik Tombol Simpan untuk memasukkan record. Peringatan!Setelah memasukkan beberapa record misalnya 10, Tutup Jendela lalu tekan CTRL+S agar jika terjadi masalah dan program tertutup sendiri, Anda tidak kehilangan data yang baru saja diinput.

9.

Input Transaksi. Untuk melakukan pembuatan laporan K3,K4,K5,K6, dan K7 silakan masuk ke menu INPUT TRANSAKSI dari Menu Utama. Setelah tampil halaman seperti di bawah ini, klik tombol merah Input/Edit Transaksi.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 6

10. Pengenalan Tombol Kontrol dan Fungsi Form Input Transaksi.

Tombol Kontrol fungsinya sama dengan Tombol Kontrol pada Form Input Perencanaan, maka sebaiknya Anda harus membaca dulu point 8 di atas. Yang agak berbeda adalah pada Fungsi Form Input. Berikut ini kami uraikan rambu-rambu atau petunjuk hal-hal yang berbeda saja. Terutama yang perlu Anda perhatikan adalah pada Jenis Transaksi. Pilihan Jenis Transaksi ada 2: Internal dan Eksternal. Internal digunakan jika terjadi transaksi yang tidak mengubah keadaan Keuangan sekolah baik Kas maupun Bank. Eksternal jika terjadi perubahan pada Keuangan Sekolah, baik Kas maupun Bank. Contoh Transaksi Internal: menarik uang dari buku bank ke kas, memasukkan uang dari kas ke Bank. Contoh Transaksi Eksternal Penerimaan dana BOS dari Pusat ke Buku Bank, Pengeluaran uang untuk belanja, dan sebagainya. Praktis pada umumnya Transaksi Internal hanya dipilih untuk jenis transaksi Penarikan Tunai dari Bank. Yang lainnya dikategorikan jenis transaksi Eksternal. Jika Anda salah dalam penentuan awal ini, maka hasil akhir laporan pembukuannya akan salah. Pengisian Form yang lainnya lihat pada penjelasan Point 8.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 7

C.

Contoh Proses Memasukkan Data Laporan. 1. Selama Anda menggunakan file yang sama untuk pencatatan transaksi setiap pembuatan laporan, maka program ini akan mencatat secara berkelanjutan data Keuangan sekolah Anda. Karena posisi Keuangan bulan sebelumnya sudah tercatat / tersimpan, sehingga data bulan sebelumnya akan langsung dimasukkan dalam posisi Saldo Awal. Untuk penggunaan pertama, silakan masukkan data saldo awal bank maupun kas bulan terakhir periode sebelumnya agar pada hasil akhir terjadi sinkron antara laporan dan keadaan kas sebenarnya. Contohnya: Jika Anda akan membuat laporan dengan Software ini mulai periode pertama tahun pelajaran 2011-2012 yakni laporan Juli 2011, silakan masukkan data saldo bulan Juni 2011 pada bulan Juni 2011. Baik saldo bank maupun saldo kas dengan jenis transaksi eksternal. Jika Anda akan mulai dengan bulan Januari 2012, silakan masukkan data saldo bulan Desember 2011. Untuk laporan bulan/periode berikutnya jika filenya tetap Anda gunakan yang sama, maka Anda tidak perlu lagi memasukkan data Saldo baik kas maupun bank. Perhatikan contoh gambar berikut ini: 1. Contoh Form Memasukkan Saldo Buku Bank.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 8

2.

Contoh memasukkan saldo awal Buku Kas.

3.

Contoh pencatatan transaksi penerimaan dana BOS yang masuk ke buku rekening.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 9

4.

Contoh pencatatan transaksi penarikan tunai dari bank ke kas (ambil dana BOS). Ingat: Pilih Jenis Transaksi Internal.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 10

5.

Contoh pencatatan transaksi pengeluaran kas dana BOS.

6.

Contoh pencatatan transaksi yang terjadi pada buku bank. Bunga dan Pajak yang terjadi pada buku bank juga harus Anda masukkan dalam transaksi. Maka Anda harus melakukan print update pada buku bank Anda. a. Pencatatan bunga bank.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 11

b. Pencatatan pajak bank.

7.

Contoh pencatatan transaksi yang melibatkan perpajakan. a. Pencatatan transaksi pengeluaran dana.

b. Pencatatan transaksi pemotongan PPh.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 12

c.

Pencatatan transaksi penyetoran pajak.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 13

8.

Contoh pencatatan transaksi pada umumnya.

9.

Tampilan hasil input pencatatan transaksi. Jangan mengubah apa pun dari tampilan tersebut, jika ingin melakukan pengubahan data, selalu gunakan Form Input/Edit Transaksi (Lihat Point B.8.g.)

10. Contoh Melakukan Pencetakan Laporan. Keunggulan dari Software ini adalah menyimpan data transaksi kita secara berkelanjutan dan kita dapat mencetak sesuai format laporan yang akan kita keluarkan, yakni format K1 s.d. K7 dengan pilihan bulan dan periode tiga bulanan yang kita inginkan.

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 14

Berikut ini contoh tampilan pencetakan Format BOS K3. Pencetakan format yang lain, prinsipnya sama, yang penting Anda harus memperhatikan tahun pelajarannya disesuaikan.

11. Hasil Pencetakan Laporan. Pencetakan Laporan yang dimaksudkan di sini adalah mencetak dari record data ke dalam Format Laporan dalam bentuk data *.xls (Excel). Contohnya adalah seperti di bawah ini:

12. Untuk bagian tertentu kita harus melakukan editing lagi, misalnya untuk mengatur Format halaman, dan merapikan Form. File Output hasil pencetakan ini otomatis diletakkan di folder:Mahameru Megah Gemilang Indonesia Page 15

C:/MyDocument/Users/Document/Laporan BOS Kita.

Folder Laporan BOS Kita jika belum tersedia, secara otomatis akan dibuat oleh sistem.

DOWNLOAD SOFTWARE BOS SDS++ http://www.kedaiscript.com/free_download.php

Selamat BekerjaKini Zamannya Website!Sudahkah Sekolah Anda Online?!? Publikasikan Sekolahan Anda bersama MMG Indonesia

Mahameru Megah Gemilang Indonesia

Page 16