panduan laporan kerja praktik final 2014

Upload: hilmy-aranthe

Post on 09-Mar-2016

23 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

doc.panduanKP

TRANSCRIPT

Pedoman Penulisan Kerja Praktek

PANDUAN PENULISAN

LAPORAN KERJA PRAKTIK

Disusun oleh :1Martua Hamonangan Nasution, M. Pd

2Hariman Bahtiar, S. Kom

3L. Muh. Samsu, SE

4Yahya, ST

5Aswian Editri Sutriandi, MT

6Indra Gunawan, ST. M. Pd

7Ramli Ahmad, ST

8M. Syaiful, S. Kom

STTH

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI HAMZANWADI2014

DAFTAR ISIiDAFTAR ISI

1BAB I PENDAHULUAN

1I.1.Laporan Kerja Praktik

1I.1.1 Studi Kasus

2I.1.2 Rekayasa Perangkat Lunak dan Implementasi

2I.2.Persyaratan dan Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik

2I.2.1 Persyaratan Kerja Praktik

2I.2.2 Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik.

2I.2.3 Pelaksanaan Kerja Praktik

4BAB II STANDAR PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTIK

4II.1.Awal Laporan

4II.1.1. Halaman Cover/Sampul

4II.1.2. Halaman Judul

4II.1.3. Halaman Pernyataan Keaslian Laporan (Plagiat)

5II.1.4. Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing

5II.1.5. Halaman Persetujuan Tim Penguji Laporan

5II.1.6. Abstrak

5II.1.7. Kata Pengantar

5II.1.8. Daftar Isi

6II.1.9. Daftar Gambar dan Daftar Tabel

6II.2.Isi Laporan

6II.2.1. Pendahuluan

6II.2.2. Kerangka Teoritis.

6II.2.3. Analisis dan Perancangan Sistem

7II.2.4. Implementasi dan Pembahasan

7II.2.5. Penutup

7II.3.Akhir Laporan

7II.3.1. Daftar Pustaka

8II.3.2. Lampiran

9BAB III TEKNIK PENULISAN

9III.1.Kertas

9III.2.Pengetikan

10III.3.Penomoran Halaman

10III.3.1.Angka Romawi Kecil

10III.3.2.Angka Numerik

10III.4.Halaman Cover.

10III.5.Halaman Pernyataan Keaslian Laporan Kerja Praktik

11III.6.Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing Kerja Praktik

11III.7.Halaman Persetujuan Tim Penguji Laporan Kerja Praktik

11III.8.Abstrak

11III.9.Kata Pengantar

11III.10.Daftar Isi

11III.11.Daftar Gambar dan Daftar Lainnya

12III.12.Isi Laporan

12III.12.1. Judul Bab

12III.12.2. Penomoran Sub Bab

13III.13.Gambar dan Tabel

13III.13.1. Aturan Peletakan Gambar dan Tabel

13III.13.2. Pengaturan Gambar

14III.13.3. Pengaturan Tabel

15BAB IV DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUANUntuk memberikan bekal wawasan praktis kehidupan pekerjaan aplikasi dan jaringan yang nantinya menjadi salah satu lahan utama tempat bekerjanya para mahasiswa calon Sarjana Teknik, maka kurikulum pendidikan di Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi, memberikan mata kuliah Kerja Praktik (2 sks). Mata kuliah ini dapat diambil secara perseorangan maupun berkelompok (maksimum 4 orang mahasiswa), dengan syarat telah lulus minimal 110 sks. Tujuan dilaksanakannya kerja praktik pada Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi sebagai berikut :

Memperkenalkan dunia kerja. Meningkatkan kompetensi mahasiswa. Mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah. Mampu memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah pada lokasi kerja praktik.I.1. Laporan Kerja PraktikAda beberapa bentuk laporan yang bisa dijadikan sebagai pilihan dalam penyusunan laporan kerja praktik : I.1.1 Studi Kasus Studi kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau instansi, dan lain-lain.

Tinjauan kasus lebih menekankan pada review atau melakukan tinjauan ulang secara kritis terhadap suatu kasus yang diamati selama melakukan kerja praktik. Di dalamnya terdapat analisis dan opini argumentatif dari sudut pandang tertentu. Laporan kasus lebih merupakan deskripsi pelaku kerja praktik yang bersumber langsung dari kejadian atau fenomena selama melakukan kerja praktik.I.1.2 Rekayasa Perangkat Lunak dan ImplementasiLaporan yang dimaksud dalam penyusunan ini adalah :

Membuat Rekayasa Perangkat Lunak yang bisa digunakan di instansi tempat melakukan kerja praktik;

Implementasi Teknologi Informasi (software, hardware dan jaringan) di lokasi kerja praktik.I.2. Persyaratan dan Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik

Untuk bisa mengikuti atau mengambil mata kuliah kerja praktik, persyaratan yang harus dipenuhi :

I.2.1 Persyaratan Kerja Praktik Telah menyelesaikan mata kuliah, minimum 110 sks. Maksimal 2 mata kuliah yang bernilai D dari 110 sks. Tidak boleh ada mata kuliah yang bernilai E dari 110 sks. Telah menempuh mata kuliah Metodologi Penelitian.I.2.2 Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik.

Kerja praktik dilaksanakan dengan mengacu pada kalender akademik.

I.2.3 Pelaksanaan Kerja Praktik

Dalam pelaksanaan kerja praktik, mahasiswa yang bersangkutan diharapkan telah mampu secara kritis membandingkan permasalahan yang dihadapi dengan teori di bangku kuliah. Permasalahan yang dijumpai di lapangan bisa saja sesuatu yang baru atau berbeda dengan yang ada di bangku kuliah, mahasiswa harus bijak dan dapat memilah apakah itu sesuatu yang baru atau hasil inovasi, sehingga perlu dipelajari dan dikembangkan. Oleh karena itu Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi menyediakan dosen pembimbing kerja praktik. Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi tidak menyediakan waktu khusus untuk melakukan pengawasan bagi mahasiswa pelaku kerja praktik di lapangan. Untuk melakukan evaluasi proses kerja praktik, maka mahasiswa wajib :

Menyerahkan nilai dari instansi sesuai dengan format yang telah dibuat oleh Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi. Membuat Laporan Kerja Praktik. Ujian laporan kerja praktik dalam bentuk presentasi dan tanya jawab oleh tim penguji. Dosen penguji laporan kerja praktik terdiri dari dua orang, satu dosen pembimbing dan satu dosen yang mempunyai kompetensi mencukupi.BAB IISTANDAR PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTIKSusunan penulisan laporan kerja praktik secara umum terdiri dari tiga bagian yaitu : awal laporan, isi laporan, akhir laporan. II.1. Awal Laporan

Bagian awal laporan terdiri dari : halaman cover/sampul, halaman judul, halaman pernyataan keaslian laporan, halaman persetujuan dosen pembimbing, halaman persetujuan tim penguji, kata pengantar, abstrak, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel.II.1.1. Halaman Cover/SampulHalaman cover diharapkan dapat menjadi informasi singkat kepada pembaca tentang isi dari laporan kerja praktik. Halaman cover harus mencantumkan : judul, nama penulis, tujuan penulisan, identitas penulis, institusi dan tahun penulisan. Halaman cover tidak mencantumkan nomor halaman dan dijadikan sebagai bagian depan dalam penjilidan menggunakan Hardcover. (Contoh cover : lihat lampiran)II.1.2. Halaman Judul

Informasi yang diberikan pada halaman judul sama dengan halaman cover. Perbedaannya yaitu halaman judul diberikan nomor halaman dengan format Romawi kecil. (Contoh halaman judul : lihat lampiran)II.1.3. Halaman Pernyataan Keaslian Laporan (Plagiat)Halaman pernyataan keaslian laporan berfungsi untuk menjamin keabsahan laporan oleh penulis yang bersangkutan. (Contoh halaman pernyataan keaslian laporan : lihat lampiran)II.1.4. Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing

Halaman persetujuan dosen pembimbing laporan bertujuan untuk memastikan kesiapan laporan untuk diuji oleh tim penguji laporan. (Contoh halaman persetujuan pembimbing : lihat lampiran)II.1.5. Halaman Persetujuan Tim Penguji LaporanHalaman persetujuan tim penguji laporan berfungsi untuk menjamin diterimanya laporan oleh institusi penulis yang bersangkutan. (Contoh persetujuan penguji : lihat lampiran)

II.1.6. Abstrak

Abstrak merupakan intisari penulisan yang memuat latar belakang, hasil pengamatan, dan kesimpulan dari laporan. Abstrak bertujuan agar pembaca dengan cepat dan mudah memahami isi karya tulis. (Contoh abstrak : lihat lampiran)II.1.7. Kata Pengantar

Halaman kata pengantar memuat pengantar singkat atas tulisan yang dibuat dan ucapan terima kasih atau penghargaan kepada pihak-pihak yang dianggap telah membantu dalam pembuatan serta penulisan laporan. Ucapan terima kasih mengikuti urutan sebagai berikut: ketua program studi, dosen pembimbing, pimpinan tempat instansi, pihak-pihak lain yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penulisan laporan. Penulisan nama dan gelar harus akurat. (Contoh kata pengantar : lihat lampiran)

II.1.8. Daftar Isi

Daftar isi memuat daftar tiap bagian penulisan beserta nomor halaman masing-masing. (Contoh daftar isi : lihat lampiran)

II.1.9. Daftar Gambar dan Daftar TabelDaftar gambar dan daftar tabel bertujuan :

Menginformasikan keberadaan gambar atau tabel. Penginformasikan posisi/tempat gambar atau table berada.

(Contoh gambar/tabel : lihat lampiran)II.2. Isi Laporan

Komponen isi laporan terdiri 5 (Lima Bab) yaitu : pendahuluan, kerangka teoritis, analisis dan perancangan system, implementasi dan pembahasan, kesimpulan. II.2.1. PendahuluanBagian pendahuluan meliputi : latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat penulisan, metode pengumpulan data (jika ada) dan sistematika penulisan.II.2.2. Kerangka Teoritis.

Kerangka teoritis dimaksudkan untuk memberikan gambaran atau batasanbatasan tentang teoriteori yang dipakai sebagai landasan penulisan dan penyusunan laporan.

II.2.3. Analisis dan Perancangan Sistem

Analisis Sistem (System Analysis) merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi yang diharapkan dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.

Perancangan system menghasilkan model perancangan system, bagan alur dan tabel keputusan, deskripsi program, langkah-langkah operasi.

II.2.4. Implementasi dan PembahasanImplementasi yang dimaksud adalah penerapan dari analisis dan perancangan system, sedangkan pembahasan yang dimaksud dalam bab ini adalah aplikasi penuh serta korelasi masing-masing menu, sub-sub menu dalam aplikasi, apakah sudah sesuai output yang dikeluarkan dengan mengacu pada input yang diberikan.II.2.5. Penutup

Bagian ini meliputi kesimpulan dan saran. Kesimpulan menggambarkan hasil yang diperoleh dalam proses sebelumnya. Saran berisi komponen-komponen yang harus dikembangkan, diperbaiki untuk perbaikan system yang akan datang, yang disebabkan oleh ketidak sempurnaan program/aplikasi karena keterbatasan waktu dan kemampuan penulis.II.3. Akhir Laporan

Bagian akhir laporan memuat daftar pustaka dan lampiran (jika ada). II.3.1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar bacaan atau referensi yang menjadi sumber dan dasar penulisan laporan kerja praktik.

Karena kualitas pelaksanaan masing-masing penelitian tidak sama maka perlu diperhatikan bahwa tidak semua yang dijumpai di lapangan adalah benar adanya, untuk itu mahasiswa diharapkan kritis terhadap hal-hal tersebut. Penting untuk diingat bahwa untuk kritis perlu dukungan pustaka sehingga diharapkan tidak ada pernyataan tanpa suatu alasan yang kuat.

Standar format penulisan yang digunakan mengacu standar internasional APA (contoh daftar pustaka APA : Terlampir).II.3.2. LampiranLampiran merupakan data atau pelengkap yang menunjang penulisan laporan kerja praktik. Lampiran dikelompokkan menurut jenisnya masing-masing. Pada umumnya lampiran terdiri dari:

Kuesioner (jika menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data). Surat keterangan dari perusahaan tempat kegiatan kerja praktik dilakukan. Dokumen-dokumen yang dapat mendukung laporan kerja praktik BAB IIITEKNIK PENULISANBab ini memberikan uraian praktis teknik penulisan laporan kerja praktik dengan tujuan agar mahasiswa dan dosen pembimbing sepakat dalam menghasilkan karya tulis berupa laporan kerja praktik yang rapi dan seragam.III.1. Kertas

Spesifikasi kertas yang digunakan adalah sebagai berikut:

Jenis: HVS

Warna: putih polos

Berat: 70 gram

Ukuran: A4 (21 cm x 29,7 cm)

Jenis dan ukuran kertas untuk lampiran dibuat sama atau apabila diperlukan lebih besar maka harus dapat dilipat dan dijilid rapi sesuai ukuran A4.III.2. Pengetikan

Pengetikan laporan kerja praktik, dibuat dengan ketentuan sebagai berikut : Dilakukan pada satu sisi. Margin : atas (4 cm), kiri (4 cm), bawah (3 cm), kanan (3 cm). Jenis huruf Times New Roman 12 poin Align text Rata kiri-kanan : Justify Spasi yang digunakan : 1.5 Jarak terakhir dari sub-bab dengan tajuk (sub bab) berikutnya adalah spasi 2 Spasi.III.3. Penomoran HalamanPenomoran halaman dibagi menjadi 2 type : menggunakan angka romawi kecil dan menggunakan angka numerik.

III.3.1. Angka Romawi Kecil

Penomoran angka romawi kecil digunakan pada bagian awal laporan. Secara khusus mulai dari halaman judul sampai dengan daftar gambar dan daftar tabel. Peletakan nomor halaman awal laporan di dibagian Tengah Bawah.III.3.2. Angka NumerikAngka numerik digunakan pada bagian isi laporan dan bagian akhir laporan yaitu daftar pustaka. Penomoran menggunakan angka numerik diletakkan pada bagian Tengah Bawah.III.4. Halaman Cover.Halaman cover kerja praktik mengikuti ketentuan sebagai berikut :

Warna cover laporan kerja praktik : Biru Tua untuk program studi Teknik Informatika dan Merah Tua untuk program studi Sistem Informasi; Semua huruf pada bagian samping/punggung cover dicetak dengan tinta warna hitam dengan mengikuti ukuran sesuai contoh. (lihat contoh cover) Logo STTH berwarna Biru dengan ukuran 5 cm x 5 cm;III.5. Halaman Pernyataan Keaslian Laporan Kerja PraktikHalaman pernyataan keaslian laporan kerja praktik memuat: pernyataan keaslian laporan kerja praktik, nama mahasiswa, NIM, Program Studi, dan Tandatangan penulis. (lihat contoh : pernyataan keaslian)III.6. Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing Kerja Praktik Halaman persetujuan dosen pembimbing laporan kerja praktik mencantumkan : nama penulis, NIM, program studi, nama penelitian, kota, tanggal, bulan, tahun kerja praktik, tanda tangan pembimbing kerja praktik, tanda tangan ketua program studi. (lihat contoh : persetujuan dosen pembimbing)III.7. Halaman Persetujuan Tim Penguji Laporan Kerja PraktikHalaman persetujuan tim penguji mencantumkan : nama penulis, NIM, program studi, nama dan tanda tangan penguji pertama, nama dan tanda tangan penguji kedua. (lihat contoh : persetujuan tim penguji)III.8. AbstrakPenulisan abstrak mengikuti ketentuan sebagai berikut :

Maksimum 200 kata dan diketik dengan Times New Roman 12 poin, dengan spasi 1.5 Kata kunci dapat diberikan dalam bahasa Indonesia dan atau bahasa Inggris;

(lihat contoh : Abstrak)

III.9. Kata PengantarKata pengantar ditulis dengan spasi 1.5. (lihat contoh : kata pengantar)

III.10. Daftar IsiDaftar isi ditulis dengan spasi 1.5. (lihat contoh : daftar isi)III.11. Daftar Gambar dan Daftar LainnyaKetentuan penulisan daftar gambar dan daftar tabel sesuai ketentuan.

(lihat contoh : daftar gambar dand daftar tabel )

III.12. Isi LaporanIsi laporan merupakan bagian pokok yang memuat uraian pengamatan dan pengumpulan data-data maupun analisis yang dilakukan penulis selama melangsungkan kerja praktik. Secara umum pembagian bab dalam penulisan laporan kerja praktik adalah pendahuluan, landasan teori, analisis dan perancangan sistem, implementasi dan pembahasan tentang hal-hal yang diamati, kesimpulan dan saran.III.12.1. Judul BabKetentuan dalam penulisan Judul Bab mengikuti aturan sebagai berikut :

Tiap Judul Bab dimulai pada halaman baru. Judul bab diawali dengan kata BAB dan diikuti angka romawi besar yang menunjukkan angka dari bab yang bersangkutan;

Contoh:

BAB I ( font 12 BoldPENDAHULUAN ( font 12 Bold Judul bab diketik dengan Times New Roman 14 poin, huruf kapital, dicetak tebal, di tengah halaman, tidak diakhiri titik dan bila melebihi satu baris menggunakan spasi satu setengah.III.12.2. Penomoran Sub BabPenomoran sub bab, mengikuti format penulisan seperti contoh di bawah ini :BAB I : PENDAHULUAN

I.1.Laporan Kerja Praktik

I.1.1 Studi Kasus

I.1.2 Rekayasa Perangkat Lunak dan Implementasi

I.2. Persyaratan dan Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik

I.2.1 Persyaratan Kerja Praktik

I.2.2 Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik.

I.2.3 Pelaksanaan Kerja Praktik

III.13. Gambar dan Tabel Ketentuan dalam penulisan Gambar dan Tabel mengikuti aturan sebagai berikut :

III.13.1. Aturan Peletakan Gambar dan Tabel

Gambar dan tabel harus diberikan nomor dengan ketentuan bahwa angka pertama merujuk pada bab tempat gambar/tabel tersebut berada dan angka kedua menunjukkan urutan gambar/tabel dalam bab tersebut. Misalnya, gambar 2.1 artinya gambar tersebut merupakan gambar pertama dalam Bab II;

Bila gambar dan tabel terlalu lebar, ada beberapa ketentuan sebagai berikut:

Ditempatkan dalam posisi memanjang (landscape), sisi atas gambar/tabel adalah sisi yang dijilid. Dapat menggunakan kertas A3 dan dilipat agar tidak melebihi format.III.13.2. Pengaturan Gambar Gambar diletakkan di tengah. Ukuran gambar disesuaikan. Keterangan gambar diletakkan di bawah gambar Posisi keterangan gambar adalah di tengah. Gambar dan keterangannya ditempatkan pada 1 halaman yang sama. Ukuran keterangan gambar Times New Roman 12 Contoh :

Gambar 2.1 : Wisuda Sarjana LPWN 2012III.13.3. Pengaturan Tabel Tabel diletakkan ditengah. Ukuran tabel disesuaikan. Keterangan tabel diletakkan di atas. Posisi keterangan tabel diletakkan di sebelah kiri sejajar dengan garis tabel bagian kiri. Tabel dan keterangannya ditempatkan pada 1 halaman yang sama. Ukuran keterangan tabel Times New Roman 12 Contoh : Tabel 2.1 : Data Mahasiswa Sistem Informasi 2013

NoNamaSemester

1Amir2

2Ihdan3

BAB IVDAFTAR PUSTAKAFormat penulisan internasional yang digunakan adalah format APA (American Psychological Association). Penggunaan standar format penulisan harus dilakukan dengan konsisten. Ketentuan yang berlaku untuk pembuatan daftar pustaka adalah:

Daftar pustaka mencakup semua sumber referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan kerja praktik. Semua sumber kutipan yang ada dalam kerja praktik harus dimasukkan ke dalam daftar pustaka. Daftar pustaka diketik dalam spasi tunggal. Daftar pustaka disusun berdasarkan abjad mulai dari yang berawalan A hingga yang terakhir Z. (Contoh daftar pustaka : Lihan lampiran)LAMPIRAN :

LAPORAN KERJA PRAKTIK

(12 Point, Times New Roman, Spasi 1, Kapital, Normal)JUDUL LAPORAN

(12 Point, Times New Roman, Normal, Spasi 1, Kapital, Bold)

(Ukuran Logo : 5 cm x 5 cm)

Ditulis untuk memenuhi sebagian persyaratan akademik

guna memperoleh gelar Sarjana Teknik Strata Satu(11 Point, times new roman, normal, 1 spasi)Oleh : NAMA : MUSLIM YAHYANIM

: 01.01.13.0075(12 Point, Times New Roman, Normal, Spasi 1, Kapital, Bold)TEKNIK INFORMATIKASEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI HAMZANWADI

2014(12 Point, Times New Roman, Normal, Spasi 1, Kapital, Bold)

PERNYATAAN KEASLIAN LAPORAN Saya yang bertanda tangan dibawah ini : Nama Mahasiswa

: ___________________________________

Nomor Induk Mahasiswa: ___________________________________

Program Studi

: ___________________________________

Dengan ini menyatakan bahwa Laporan Kerja Praktik yang saya buat dengan judul JUDUL HURUF BESAR dan BOLD, dibuat dan diselesaikan sendiri, dengan menggunakan data yang diambil pada saat pelaksanaan kerja praktik dan bukan merupakan duplikasi yang sudah dipublikasikan atau yang pernah digunakan untuk mendapatkan gelar sarjana di perguruan tinggi lain, kecuali pada bagianbagian sumber informasi dicantumkan sebagai referensi yang semestinya.

Apabila terbukti saya tidak memenuhi apa yang telah dinyatakan di atas, maka laporan kerja praktik yang saya buat ini bisa dinyatakan batal.

Pancor, ./../

Yang membuat pernyataan

(NAMA JELAS)PESETUJUAN DOSEN PEMBIMBING JUDUL LAPORANO l e h :Nama

:..............................................................

NIM

:..............................................................Program Studi

:..............................................................Telah diperiksa dan disetujui untuk diajukan dan dipertahankan dalam ujian laporan kerja praktik guna menyelesaikan sebagian persyaratan akademik untuk mencapai Gelar Sarjana Strata Satu pada program studi Teknik Informatika/Sistem Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi.Pancor, / / 2014

Menyetujui :

Pembimbing Kerja Praktik

( )NIS.

PERSETUJUAN TIM PENGUJI Pada (hari dan tanggal sidang) telah diselenggarakan presentasi laporan kerja praktik untuk memenuhi sebagian persyaratan akademik guna mencapai Gelar Sarjana Strata Satu Program Studi Teknik Informatika/Sistem Informasi Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi, atas nama:

Nama

:

NIM

:

Program Studi

:....

termasuk juga ujian kerja praktik yang berjudul JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTIK oleh tim penguji yang terdiri dari:

NamaStatusTanda tangan

1. Dosen Penguji 1.

2. Dosen Penguji 2.

- Sebagai ketua

- Sebagai anggota

..

..

ABSTRAKTELKOM Speedy adalah salah satu produk unggulan PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) yang memberikan layanan Internet kepada pelanggan. TELKOM memiliki infrastruktur dan perangkat jaringan yang mendukung terselenggaranya layanan tersebut. Permasalahan muncul akibat jumlah dan ragam perangkat yang banyak. Jika terjadi gangguan pada perangkat, TELKOM kesulitan untuk mengetahui dan melacak lebih awal karena banyaknya point of failure belum ada aplikasi yang sesuai untuk kasus ini. Oleh karena itu, penulis memberikan solusi dengan aplikasi monitoring web-based yang informatif dan interaktif dengan bantuan peta. Pengerjaan dimulai dengan pengumpulan fakta dan pembuatan dokumen analisis untuk aplikasi, dilanjutkan dengan implementasi aplikasi. Serangkaian uji coba dilakukan untuk menguji kebenaran aplikasi dan kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan perusahaan. Pada akhirnya, aplikasi berhasil dipasang pada server TELKOM dan dapat dimanfaatkan lebih lanjut.

Kata kunci: network monitoring, web-based, map assisted, network element, point of failure KATA PENGANTARPuji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala berkat yang telah diberikan-Nya, sehingga laporan kerja praktik ini dapat diselesaikan.

Laporan kerja praktik dengan judul Penerimaan Mahasiswa Baru Secara On-Line Pada Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi ini digunakan untuk memenuhi sebagian persyaratan akademik guna memperoleh gelar Sarjana Komputer pada Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi.

Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan, bantuan, dan doa dari berbagai pihak, laporan kerja praktik ini tidak akan dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada : 1. Bapak Martua Hamonangan Nasution, M.Pd, selaku Ketua STTH.

2. Bapak Indra Gunawan, ST. M. Pd., selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika STTH.

3. Bapak Aswian Editri Sutriandi, MT., selaku Dosen Pembimbing Laporan Kerja Praktik yang telah memberikan bimbingan dan masukan kepada penulis.

Akhir kata, penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dalam penyusunan laporan kerja praktik ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca akan sangat bermanfaat bagi penulis. Semoga laporan kerja praktik ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya.

Pancor, Tgl/Bulan/Tahun

ttd

PenulisDAFTAR ISI

DAFTAR ISI BAB I : PENDAHULUAN

I.1.Laporan Kerja Praktik

I.1.1 Studi Kasus

I.1.2 Rekayasa Perangkat Lunak dan Implementasi

I.2.Persyaratan dan Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik

I.2.1 Persyaratan Kerja Praktik

I.2.2 Waktu Pelaksanaan Kerja Praktik.

I.2.3 Pelaksanaan Kerja Praktik

BAB II : STANDAR PENULISAN LAPORAN KERJA PRAKTIK

II.1.Awal Laporan

II.1.1. Halaman Cover/Sampul

II.1.2. Halaman Judul

II.1.3. Halaman Pernyataan Keaslian Laporan (Plagiat)

II.1.4. Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing

II.1.5. Halaman Persetujuan Tim Penguji Laporan

II.1.6. Abstrak

II.1.7. Kata Pengantar

II.1.8. Daftar Isi

II.1.9. Daftar Gambar dan Daftar Tabel

II.2.Isi Laporan

II.2.1. Pendahuluan

II.2.2. Kerangka Teoritis.

II.2.3. Analisis dan Perancangan Sistem

II.2.4. Implementasi dan Pembahasan

II.2.5. Penutup

II.3.Akhir Laporan

II.3.1. Daftar Pustaka

II.3.2. Lampiran

BAB III : TEKNIK PENULISAN

III.1.Kertas

III.2.Pengetikan

III.3.Penomoran Halaman

III.3.1.Angka Romawi Kecil

III.3.2.Angka Numerik

III.4.Halaman Cover.

III.5.Halaman Pernyataan Keaslian Laporan Kerja Praktik

III.6.Halaman Persetujuan Dosen Pembimbing Kerja Praktik

III.7.Halaman Persetujuan Tim Penguji Laporan Kerja Praktik

III.8.Abstrak

III.9.Kata Pengantar

III.10.Daftar Isi

III.11.Daftar Gambar dan Daftar Lainnya

III.12.Isi Laporan

III.13.1. Judul Bab

III.13.2. Penomoran Sub Bab

III.13.Gambar dan Tabel

III.13.1. Aturan Peletakan Gambar dan Tabel

III.13.2. Pengaturan Gambar

III.13.3. Pengaturan Tabel

BAB IV : DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR PUSTAKA

Kernis, M. H., Cornell, D. P., Sun, C., Berry, A., & Harlow, T. (1993). Theres more to self esteem than whether it is high or low: The importance of stability of self esteem. Journal of Personality and Social Psychology, 65, 1190-1204.Klimoski, R., & Palmer, S. (1993). The ADA and the hiring process in organizations. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 45, 10-36.Zukerman, M., & Kieffer. S. C. (in press). Race differences in face-ism: does facial prominence imply dominance? Journal of Personality and Social Psychology.Kandel, E. R., & Squire, L. R. (2000, November 10). Neuroscience: Breaking down scienctific barriers to the study of brain and mind. Science, 290, 1113-1120Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J., Coatsworth, D. (2000). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child program for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 58(1, Serial No. 231). Wolchik, S. A., West, S. G., Sandler, I. N., Tein, J., Coatsworth, D. (2000). An experimental evaluation of theory-based mother and mother-child program for children of divorce. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 24(Suppl. 2), 4-14Beck, C. A. J., Sales, B. D. (2001). Family mediation: Fact, myths, and future prospects (Rev. ed.). Washington, DC: American Psychology Association.

Costa, P. T., Jr. (Speaker). (1988). Personality, continuity, and changes of adult life (Cassette Recording No. 207-433-88A-B). Washington, DC: American Psychological Association.

Font style : Times New Roman

Font Size : 10CONTOH COVER CD

Ketentuan :

1. Bagian Atas adalah Judul Laporan

2. Dibawah lubang CD dicantumkan logo dengan ukuran 1.5 cm x 1.5 cm

3. Dibawah logo adalah Nama dan NIM penulis laporan. ( Lihat gambar)

4. Dibawah Nama dan NIM penulis laporan adalah Prodi. ( Lihat gambar)

5. Dibawah Prodi adalah Institusi. ( Lihat gambar)

6. Dibawah institusi adalah tahun kerja praktik ( Lihat gambar)

7. Judul laporan dapat berupa tulisan datar atau melengkung.

8. Tulisan nama penulis dan lainya : Normal

LAPORAN KERJA PRAKTIK

(12 Point, Times New Roman, Spasi 1, Kapital, Normal)

JUDUL LAPORAN

(12 Point, Times New Roman, Normal, Spasi 1, Kapital, Bold)

Ukuran Logo : 5 cm x 5 cm

NAMA: AHMAD MUBAROK

NIM: 01.01.13.0005

(12 Point, Times New Roman, Normal, Spasi 1, Kapital, Bold)

TEKNIK INFORMATIKA

SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI HAMZANWADI

2014

(12 Point, Times New Roman, Normal, Spasi 1, Kapital, Bold)

Batas Atas 4 cm

Batas kanan 3 cm

Batas kiri 4 cm

Batas Bawah 3 cm

Materai

Rp 6000

ii

_1479104050.unknown