laporan praktek kerja industri di bengkel

Download Laporan Praktek Kerja Industri Di Bengkel

If you can't read please download the document

Post on 01-May-2017

231 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DI BENGKEL

EKA JAYA SERVICE KRAPYAK KULON 402

PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL

DISUSUN OLEH : AHMAD NUR ARIFIN XI C 7917

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PLERET

JL.IMOGIRI TIMUR KM.9 ,JATI WONOKROMO PLERET

TAHUN AJARAN 2009/2010HALAMAN PENGESAHAN1. Pengalaman praktek kerja industri telah dilaksanakan di bengkel Eka Jaya Service , krapyak kulon 402 panggungharjo sewon bantul dari tanggal 30 agustus 2010 sampai dengan 20 november 2010.2. Penyusunan laporan telah sesuai dengan pola dan sistematika yang telah ditentukan.3. Materi dari isi laporan telah benar dan memenuhi persyaratan.

Bantul ,.november 2010

Pembimbing Sekolah

Pembimbing Lapangan

()

()

Kepala Sekolah

Ketua Program Studi

H.SUHERMAN ,S.Pd

Drs. BUDIREDJO

NIP. 195410011979031006

NIP.1955032419844032003MOTTO

Pengalaman adalah guru paling berharga Jadilah yang lebih baik karena menjadi yang terbaik sangatlah sulit

Terus mencoba ,akan tetapi jangan coba-coba Carilah pengalaman selagi masih muda

Kasih orang tua lebih berharga dari apapun Teman ticaklah harus seiman

Menuntut ilmu adalah wajib Bakati setiap pekerjaan

Jadi yang lebih baik dari yang lalu

Jangan gantungkan diri pad orang lain , tetapi percayalah pada diri sendiri agar dapat merasa puas dengan pilihan dari hati nurani.

Jangan pernah melihat keatas karena tidak akan merasa bersyukur atas apa yang kita peroleh , tetapi lihatlah kebawah pasti akan merasa puas karena kita lebih baik dari pada orang yang dibawah kita.

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.KATA PENGANTARAssalamualaikum wr.wb

Alhamdulillahirabbilalamin,segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allas SWT yang telah melimpahkan rahmat,hidayah,dan inayahnya kepada saya sehingga saya menyelesaikan praktek kerja industri dan dapat menyelesaikan laporan tepat pada waktunya. Amin

Tak lupa pula saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. H.Suherman, S.Pd selaku kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri1 pleret yang telah memberikankesempatan kepada saya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri ini.2. Bapak/ibu pembimbing sekolah yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya selama Praktek Kerja Industri.

3. Eko haryanto selaku pimpinan Eka Jaya Service yang telah memberikan izin kepada saya untuk belajar di bengkel Eka Jaya Service.

4. Teman-teman dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri1 yogyakarta yang telah memberikan semangat dan dukungannya.

5. Kedua orang tua saya yang tidak henti-hentinya mendukung dan mencukupi kebutuhan saya tanpa ada rasa lelah dan bosan.

Demikian singkat pengantar dari saya, dengan keterbatasan pengetahuan yang saya miliki ,saya mohon saran dan kritik yang membangundemi sempurnanya laporan Praktek Kerja Industri ini. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih,semoga laporan ini berguna bagi saya pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Penulis,

DAFTAR ISI

Halaman JudulHalaman PengesahanHalaman MottoBAB I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang..B. Tujuan Praktek Kerja IndustriC. Manfaat Praktek Kerja IndustriD. Ruang LingkupBAB II. PROFIL INDUSTRI

A. Sejarah Berdirinya DU/DI..B. Tata Tertib KerjaBAB III. PEMBAHASAN

A. Daftar Kegiatan HarianB. Uraian Pekerjaan.. Service AC.. Service KulkasBAB IV. PENUTUP

A. KESIMPULANB. KESANC. SARAN... BAB V. LAMPIRAN.........................................................................................BAB I

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG MASALAH

Masalah terbatasnya lapangan kerja hampir di semua negara berkembang di duniayang sedang menuju tahap industrialisasi, pemerintah dan masyarakatnya memberikan harapan yang sangat besar kepada dunia pendidikan sebagai tempat penyiapan Tenaga Kerja produktifyang nantinya mapu bekrja memenuhi tuntutan pasar Tenaga Kerja. Harapan ini di landasi asumsi bahwa ilmu pengetahuan dan ketrampilan dapat diajarkan di lembaga pendidikan, selanjutnya penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan itu akan di hasilkan oleh Tenaga Kerja yang produktif di dunia pendidikan. Lembaga pendidikan dituntut untuk mempersiapkan Tenaga Kerja yang trampil,ahli,dan profesional, sehingga kebutuhan akan Tenaga Kerja terpenuhi.

Pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa ditinjau dariprospek kebutuhan maupun kelayakan ekonomisnya, pendidikan menengah kejuruan sebagai bagian dari system pendidikan secar umum masih merupakan infestasi yang cukup baik. Sebagai sarana mempersiapkan Tenaga Kerja terampil tingkat menengah yang nantinya diharapkan dapat mengisi kebutuhan tenaga pembangunan pada masa yang akan datang. Artinya pendidikan menengah kejuruan ini memang diharapkan hadir sebagi alternatif atau pilihan.

Bila ditinjau dari konsep maupun tujuan pendidikan kejuruan akan selalu dimulai dan diakhiri dengan dunia kerja. Maksudnya pendidikan kejuruan diadakan untuk memenuhi kebutuhan Tenaga Kerja dengan kata lain, Sekolah Menengah Kejuruan merupakan jembatan yang menghubungkan alumni dengan dunia kerja. Karena itulah penilaian keberhasilan smk dalam melaksanakan program pendidikanbukan hanya ditentukan oleh prestasi belajar siswa yang tinggi dan jumlah siswa yang lulus banyak, akan tetapi penilaian yang sesungguhnyaadalah keberhasilan para lulusan umtuk mengisi peluang yang ada di pasar Tenaga Kerja, baik bekerja di perusahaan,instansi pemerintah maupun menciptakan lapangan kerjabagi dirinya dan orang lain dengan cara berwirausaha.

Sebagai langkah awal maka pihak Sekolah Menengah Kejuruan memandang perlu dan penting untuk memasukkan Praktek Kerja Industri ke dalam program pendidikan sehingga bagi para siswa menengah kejuruan diwajibkan untuk melaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Secara singkat pengalaman Praktek Kerja Industri merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi atau dilaksanakansetiap siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 pleret sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional.B.TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Dengan diadakan Praktek Kerja Industri (prakerin) ini para siswa diharapkan :

1. Dapat memperoleh kemantapan pengetahuan dengan cara : Membandingkan dan menerapkan teori maupun praktek yang telah diperoleh di sekolah dengan kenyataan di dunia usaha/dunia industri.

Menambah juga memperoleh pengetahuan tentang bahan dan peralatn yang dipergunakan untuk operasional di bengkel DU/DI.

2. Memiliki ketrampilan melaksanakan pekerjaan industri/perusahaan dibidang teknik, sehingga siswa dapat :

Membedakan cara kerja masing-masing bagian dari pekerjaan dari bidang teknik. Menggunakan jenis peralatan pekerjaan dibidang teknik dari suatu perusahaan.

3. Bersifat berkarya dan bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang teknik yang dilaksanakan sehingga para siswa mempunyai sifat :

Teliti,hati-hati,dan bertanggung jawab dalam menangani pekerjaan-pekerjaan teknik yang relevan.

Kreatif dan inisiatif untuk mengembangkan serta menerima penemuan-penemuan baru dalam kemajuan teknologicyang muttakhir.

Dengan tujuan tersebut di atas setelah melaksanakan pengalaman Praktek Kerja Industri diharapkan siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam belajar sehingga nantinya benar-benar siap diterjunkan di lapangan sesuai dengan bidangnya.

C..MANFAAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ini tentu banyak manfaat yang diperoleh ,baik bagi DU/DI tempat siswa Praktek Kerja Industri,pihak sekolah maupun bagi siswa sendiri pada khususnya.1. Manfaat bagi siswa antara lain :

Siswa dapat mencontoh hal yang baik dalam melaksanakan disiplin dan tanggung jawab.

Siswa dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern.

Siswa dapat berlatih bekerja dalam suatu organisasi tertentu.

Siswa mendapatkan pandangan lebih jauh tentang DU/DI yang akan diterjuni.2. Manfaat bagi pihak sekolah antara lain : Mendapatkan umpan balik yang berguna untuk meningkatkan serta mengembangkan materi pembelajaran di sekolah, sehingga proses pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dapat lebih disesuaikan dengan kemajuan DU/DI.

Meningkatkan dan memperluas serta mempererat kerjasama antara SMK Negeri 1 Pleret dengan DU/DI.

3. Manfaat bagi DU/DI antara lain :

Membantu pemerintah pada umumnya dan lembaga pendidikan pada khususnya dalam upaya menghasilkan sdm yang berkualitas sesuai tuntutan dan harapan dunia kerja.

Menjalin kerjasama yang erat antar SMK Negeri 1 Pleret dengan DU/DI.

D.RUANG LINGKUP

Isi keseluruhan dari laporan ini hanya terbatas dalam ruang lingkup kegiatan selama Praktek Kerja Industri. Laporan ini adalah keseluruhan dari kegiatan Praktek Kerja Industri, baik yang bersifat umum maupun kegiatan yang bersifat khusus serta kegiatan lain yang merupakan rangkaian secara menyeluruh di lokasi kerja.BAB II

PROFIL INDUSTRI

A.SEJARAH BERDIRINYA DU/DI

Eka Jaya Service berdiri pada tahun 2001, yang didirikan oleh Eko Haryanto lulusan dari STM 1 Yogyakarta. Sebelum membuka bengkel ia mencoba berwirausaha kecil-kecilan. Sekitar tahun 1995, ia bekerja disuatu bengkel yang bergerak dibidang perbaikan dan perawatan mesin pendingin selama kurang lebih 5 Tahun

Eka Jaya Service ini bergerak dibidang perawatan dan perbaikan mesin pendingin,diantaranya service AC, perawatan AC,perbaikan AC,perawatan dan perbaikan kulkas,serta perbaikan dan perawatan AC mobil,dll.Perbaikan dan perawatan secara rutin biasanya dilakukan di kampus-kampus,warnet,dll. Instansi yang telah bekerja sama dengan Eka Jaya Service diantaranya GRHA Panama UGM, Perpustakaan I-II UGM,STI

View more >