peringatan haul adalah sunnah nabi muhammad saw

Post on 05-Jul-2018

229 Views

Category:

Documents

3 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    1/14

    Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW.

    arman yee | 16.17 |

    Bismillah......................

    Banyak kita jumpai di masyarakat muslim acara-acara peringatan kematian seperti tiga hari,tujuh hari, 100 hari, seribu hari serta ulangtahun kematian yang biasa dikenal dengansebutan Haul.

    Kali ini kita akan membahas tentang peringatan haul yang sudah sangat populer dikalanganummat muslim yang terkadang masih dipertanyakan tentang apasih Haul itu?, bagai manahukumnya, prosesi apasaja yang biasa dilakukan didalamnya.

    Kata Haul berasal dari bahasa arab yang berarti tahun, istilah Haul juga biasa berlaku dalam bab zakat emas perak, he!an ternak, tanaman, perdagangan" sebagai syarat !ajibmengeluarkan zakat seperti disebutkan oleh KH. #. Hani$ #uslih %c. dalam bukunya&peringatan Haul', namun kata Haul dalam konteks pembahasan kita kali ini adalah sebuahungkapan yang berarti ulang tahun kematian sesorang yang selalu diperingati pada setiaptahunnya.

    (eringatan Haul ini dilaksanakan dengan berdasarkan hadits $i)ly *abi #uhammad +.

      . ثم أ م  ! صبتم فنم عقبى الدار

    ق  ( ) '&% ع $#" # 

    ا  $, رف + ص ت * ف   ( ا - / 0 45د 23أ /د فى ر ع ; ال ا 9د:  8 ( )9النبى ثم ع =! . 8ر ا> الب 4#قى

    - 0=? 0 ل 

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    2/14

    semua ibadah baik sholat, puasa, membaca l 6ur)an dan ibadah-ibadah yang lain, pahalanya bisa sampai kepada mayyit'.

    Berikut sebagian hadits yang menerangkan bah!a pahala ibadah yang di hadiyahkan kepadamayyit bisa sampai kepada mayyit 9

     AB C DرE بلا F#G صHI J1K7

    4 L LعMن  NOP ا  Q L RS رL  T LU L VS عL  ; MعL  *S#  SأL ; MعL  WL LMعP  ; P  M % PU L XS QYSL Lب

    Z M L ) Lأ 9 L [ @ LM

    \ L  ; P  M دP

    ! OG L ? P   نLثLدO

    / L L LMم  ? L  Q  SأL ; P  M دP

    # S

    ' L   نLثLدO

    / L

    MLم Y L ) L 9 L 4 L LعMن  ] P 9 MدO

    ^ L ت

    L 8 M _S `\ M L 4 Lأ L 0 Mل 4 L ف

    L ] M 9 LدO^ L ت

    L ] M ! L $ O" L ت

    L  M L 4 Lل ن

    b P L Lأ  4 Lc P @ MY L ] M d L$ Sd PفMا Q?  P 8 Oأ _S مL$ O' L  L  *S# M$ LعL  NOP ا ى 

    $ OصL  Q  OنSب

    S ) Lل $ 9 L & f\ P Lر  8 O Lأ

     rtinya 5iri!ayatkan dari :isyah 3. ada seorang laki 2 laki bertanya kepada *abi#uhammad +. &sesungguhny a 4bu saya telah !a$at, dan saya yakin jika beliau masihhidup beliau akan bersedekah, apakah bila saya bersedekah atasnama 4bu saya pahalanya bisasampai kepadanya', *abi menja!ab &bisa sampai'.

    H3. 4mam Bukhori"

    B C DرE بلا F#G ص g

    5 Dر قلا Wد

    hJhi7jع !

    الد  Tأ  أ /د !Xفقأ عند> أ  عند @k l !Xل * ب9   ( ا ;? Nار د  ر  QRا Nت لى عن *  )9ر '

     ال ^

    "   Q  

    ع ; أ

     rtinya 5iri!ayatkan dari +hohabat bu Bakar, 3osululloh +. bersabda &barang siapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya kemudian membacakan surat ;asin di sana, maka diampunilah dosa 2 dosanya'.

    H3. 4mam Bukhori"

    +ekian yang bisa saya sampaikan, sampai jumpa di edisi selanjutnya, semoga berman $aat.opqstan uev arman yee wp 16.17 

    Pengertian HaulHaul dalam pembahasan ini diartikan dengan makna setahun. Jadi peringatan haul

    maksudnya ialah suatu peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan denganwafatnya seseorang yang ditokohkan oleh masyarakat, baik tokoh perjuangan atau tokohagama/ulama kenamaan.

    Tujuan Diadakannya Peringatan HaulPeringatan haul ini diadakan karena adanya tujuan yang penting yaitu mengenang

     jasa dan hasil perjuangan para tokoh terhadap tanah air, bangsa serta umat dankemajuan agama Allah, seperti peringatan haul wali songo, para haba'ib dan ulama besarlainnya, untuk dijadikan suri tauladan oleh generasi penerus.

    Rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan dalam Acara Haula.  Ziarah ke makam sang tokoh dan membaa d!ikir, tahlil, kalimah thayyibah serta

    membaa Al"#ur$an seara berjama$ah dan do$a bersama di makam% x.  &iadakan majlis ta'lim, mau'id!oh hasanah dan pernbaaan biogra sang tokoh/mana(ib

    seorang wali/ulama atau haba$ib%

    .  &ihidangkan sekedar makanan dan minuman dengan niat selamatan/shoda(oh ‘anilmayit .

    Hukum Mengadakan Peringatan Haul)elama dalam peringatan haul itu tidak ada hal yang menyimpang dari tujuan

    sebagaimana yang disabdakan oleh *abi atau yang difatwakan oleh para ulama, makahaul hukumnya jawa z +boleh. Jadi, salah besar jika ada orang yang mengatakan bahwaseara mutlak peringatan haul itu hukumnya haram atau mendekati syirik.

    https://plus.google.com/113212072898222752719http://ngajicorokuno.blogspot.com/2012/12/peringatan-haul-adalah-sunnah-nabi.htmlhttp://ngajicorokuno.blogspot.com/2012/12/peringatan-haul-adalah-sunnah-nabi.htmlhttps://plus.google.com/113212072898222752719

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    3/14

    Dalil diperbolehkannya Peringatan Haul-erikut ini ada beberapa dalil syar$i yang berkaitan dengan masalah peringatan haul

    dengan serangkaian mata aaranya.a.  Hadits riwayat mam a(idi sebagaimana yang tersebut dalam kitab Nahjul Balaghoh

    hal. 0112345 67899: ;99< =99> ?99:@ 99BCD E5F99G B99I5 99KBL BM2 BN BM2 78IE O<

    .E2?99M2 QRL ST> UVQN WX YKBL [\M2 ] 78RG U8N ^>E _S`MX RMO99L c99X O99WL 99 99M2 c99X VWL M 6KWBM

    ƒ/„‘’ Artinya :“Sangat dianjurkan bagi orang yang berziarah kubur untuk bersungguh*sungguhmendo’akan ke!ada mayit dan memba$a Al*1ur’an untuk mayit% karena semua itu

     !ahalanya akam berman2aat bagi mayit" #emikian itu menurut !enda!at ulama yang !aling shahih&"

    “emang begitulah doktrin Ahlussunnah wal Jamaah tentang !iarah kubur dan haul.”edua"keduanya merupakan salah satu dari sekian banyak abang amalan -urbah yangdianjurkan dalam agama. *amun dibalik itu ada hal yang patut disayangkan karena didalam pelaksanaannya sering terjadi kemaksiatan yang sangat menolok yang dilakukanoleh warga kita sewaktu menghadiri aara tadi, yakni berbaurnya kaum laki"laki danperempuan dalam satu tempat ] di sarean sewaktu mereka ber!iarah kubur, berjubel"

     jubel dalam satu ruangan sewaku hadir pada aara haul atau berjejal"jejal dalam satukendaraan +truk yang mengangkat sewaktu mereka berangkat dan pulang dari tempatara dll.

    “aka alangkah bijaknya jika masing"masing oknum, baik panitian atau warga yanghadir mau memperhatikan fatwa ulama klasikk yang menaruh rasa saying kepada umatdengan maksud agar amaliyh mereka ini tidak teremar denan noda"noda kemaksiatan.

     ersebut dalam kitab Al"†atawil ”ubro ju! hal ‘ ]99KM4 zB:VM2 ^ cKS c– => •KM5€2 E8QD {EG– cL TL BM2 =qE +;xI5799VMX •99\TM2 —[C˜< {VK< ?I E8QRM2 BU ?TL ^WC‚G v@ ^ –8‚G ;

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    4/14

    z99GVD •99KM5€2 E899QD {E99G– ] M8RX +™> M3 VK5 {VKYM2 šV\M2 š2VI45699V|WM25@ ‹?99QM2 99BU c ;Ž\M2 KM4 E@ 5 ] 7D O@ M4 ... zQ|C\O4 99CM2–45 ;X ‹?QM2 EYv45 BS> O\v›2 BL ;X M3 ;WM œVCU Š XVRM2

     899M5 ;SG v@ _28M2 cL [Œ> 5?TWM2 28M2 => •RM2 V

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    5/14

    tersebut )ebelum kita membahas pentingnya peringatan haul%alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu haul dilihatdari kaamata agama slam.

    Para pembaa yang budiman, jika kita meninjau ulang dalam lintassejarah kata ,aul berasal dari -ahasa Arab “al ,aulu& )   G لا  atau žal*,aulaini&  +

    ل #; G لا  artinya kekuatan, kekuasaan, daya, upaya, perubahan,perpindahan, setahun, dua tahun, pemisah, dan sekitarƒ. )edang alhaul dalamarti dalam satu tahun, dapat ditemukan dalam Al #uran danAl Hadits, yaitu]

    a )urat Al -a(arah] ‘’, berbentuk mufrad, dalam arti satu tahundalam arti satu tahun untuk kasus pereraian, yaitu]

    م

     ف ي

     

     !"#$ % 

    &' ! / ف -, +*'( ف )  0*+1 *"2 34560 761

    $8   م 9

    :'0; 8 " ?@; ' 8 0;

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    6/14

    haul diaplikasikan oleh banyak institusi pemerintah dalam bentukperingatan hari jadi kota atau daerah. Hal ini bisa dikemas dalamberbagia aara, mulai dari pentas budaya, seni dan hasil produk andalandaerah itu sendiri, bahkan pada punaknya sering diisi penyampaianmauidzatul hasanah  dari tokoh masyarakat, yang sebelumnya diawalibaaan istighatsah, tahlil, dan sebagainya.

    Adapun rangkaian aara dapat ber¡ariatif ada pengajian, tabligh akbar,istighatsah akbar, mujahadah, musyawarah, hala(ah, mengenang danmeneritakan riwayat, orang yang di haul"i dengan erita erita yangbaik yang sekiranya bisa dijadikan sebagai suri tauladan, bersedekahdan lain lain.

     ¢ang hadir dalam aara haul sangat dipengaruhi oleh besar keilnyaketokohan yang dihauli, kalau yang dihauli ketokohan tingakat nasionalmaka yang hadir hingga menapai ribuan bahkan puluhan ribu bahkan

     jutaan orang yang mayoritas adalah orang islam, bahkan sekarangsudah merambah sampai tingkat kelompok keluarga + ;am’iyyatulsyrah, dan dari banyaknya umat yang hadir para penyelenggarala!imnya perlu memandang perlu diadakan pengajian sebagai santapanrohani, boleh jadi mereka berbalik yang terpenting merekamendengarkan mauidzatul hasanah, diaara pengajian itu ketimbang!iarah ke makam yang bersangakutan padahal disana ada nasihat,misalnya tentang kematian dan lain sebagainya.

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    7/14

    -eda )ilaturahmi dan )ilaturahim)ilaturahmi terdiri dari dua kata yaitu )ilah yang artinya menyambung dan ˆahmi artinyarasa nyeri yang diderita pada ibu saat melahirkan.

     Jadi )ilaturahmi artinya menyambung rasa nyeri yang diderita pada ibu saat hamil, atauadanya mengartinkan rahmi adalah perut jadi menyambung perut.)ilaturahim terdiri dari dari dua kata yaitu )ilah yang artinya menyambung dan ˆahimartinya rasa kasih sayang.

     Jadi silaturahim artinya menyambung rasa kasih sayang atau yang mengartikanmenyambung kekerabatan atau kekeluargaan.

    )edangkan menurut ˆasulullah )A ]

      !"#$!% &'()$( *+$ ,(-. /0$( &'()$( 1"$2!34'2 5#67 89:;ž¢ang disebut bersilaturahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan ataupemberian, melainkan bersilaturahim itu ialah menyambungkan apa yang telah putusŸ+Hˆ -ukhariŸ“aksud hadist diatas, adalah menjelaskan hakikat silaturahim yaitu menyambung

    kekeluargaan dengan membalas kebaikan saat ada orang yang memutuskan hubungankeluarga dan berbuat tidak baik padanya, bukan membalas kebaikan orang yang berbuatbaik dan senang kepada kita.&ari Abu Hurairah ra. ]

    !?= @ = =   = 4 B= C=  2=  5  + E 4 = F=  5 G 4$( 4 B '=  I J    L B $( &  NG 7= O( 1 G    6E Q= 2=  = ) E 9 G : =  S E 

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    8/14

    0.  †irma Allah ) dalam surat Ar ˆa$d ] „

     BM2 V@ O8SRG5 DK ?SX c BM2 ?L O8ŒRTG cGM25•8I M5 zTSBM2 M xM5@ E€2 => O5?\G5 ;N8G O@ X E2?M2ž®rang"orang yang merusak janji Allah setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskanapa"apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan dan mengadakan kerusakan dibumi, orang"orang itulah yang memperoleh laknat dan bagi mereka tempat kediamanyang buruk +jahanamŸ

    Ayat ini menjelaskan tentang sifat"sifat orang elaka, diantaranya adalah orang munaksebagaimana dalam hadist ]

    , f4Q F2 (-.2 , 0_ 6 (-. , @ !L#$(

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    9/14

    ž&an berikanlah kepada keluarga"keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskindan orang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur"hamburkan +hartamuseara borosŸ

    Ayat ini sebelumnya membahas masalah birrul waalidain +berbakti kepada kedua orangtua, dan Allah langsung menyambung dengan ayat ini yaitu berbuat baik kepada sanaksaudara dan silaturrahim.

    Hadist ˆasulullah ]

    !"$( 6V$( /- 4F ;$( &Qž)ebaik"baiknya sedekah adalah diberikan kepada kerabat yang berhati busukŸ“aksud hadist yang berhati busuk adalah kerabat yang menyimpan permusuhan.

    Hadist ˆiwayat irmid!i, Abu &awud dan bnu “ajah ]

    !39]!#_ ;$( I /9q#$(ž®rang yang mengkesampingkan sedekah +dari kerabat, maka ia sama seperti orangyang tidak mengeluarkanŸ

    Hadist lain ]

    5%7!;( N!v% 5#4F w x]!N Z( I4F q< 1 (5q;' 54$( &S< Z 5q;' $(

    ž-arang siapa yang bersedekah pada orang lain sedangkan ia mengetahui bahwakerabatnya lebih membutuhkan sedekahnya, maka Allah tidak akan menerimasedekahnyaŸ

    Hadist lain ]

     7 !;= = (E 4 = F=   G ;=  =  B  $(2=  ,  ;=  = '=  x  ]!N= = (E 4 = F=   G ;=  =  B  $(=  4 = '  2=    ;=  = '=  > !q = L = E.

    ž)edekah kepada orang lain hanyalah sedekah, sedangkan sedekah bagi kerabat nilainya

    dua yaitu sedekah dan menyambung tali silaturrahimŸ

    “enurut mam Hadad dalam *ashoihul &iniyah ] )elama kebutuhan kaum kerabat tidakterlalu mendesak, maka sedekah kepada orang lain tidak apa"apa, tetapi jika kebutuhankerabat sangat mendesak maka dialah orang yang paling berhak.

    ±.  Hadist #udsi ]

    , 1#6V$( !]Q2 54$( !]Q > $!9O2 z7!O 54$( ?!;1# , I#C( 1 !3$ 8SS2 , 6 V B $( 8S4

    5q9:; !39:; 12 , 5q4'2 !34'2žAkulah Allah dan Akulah yang “aha Pengasih, Aku telah iptakan ˆahim +kekerabatandan Aku telah ambilkan kalimat ini dari nama"”u. “aka barang siapa yangmenghubungkannya +silaturrahim, maka Aku akan berhubungan dengannya. &anbarangsiapa yang memutuskannya, maka Aku akan memutusnyaŸ

    ….  Hadist ˆasulullah )A dir ̂ iwayatkan -ukhori " “uslim ]

    5#67 &+4 VZ( {)+$(2 54$!% 1|< !_ 1

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    10/14

    ž-arang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya iamenyambung tali silaturrahimŸ

    1.  Hadist ˆasulullah )A ]

    }V#F I 5$ h#< RQ }VC 1awC)

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    11/14

    žAbdullah bin Abu Auf berkata ] ”etika kami +sahabat sedang duduk disisi *abi )A tiba"tiba beliau bersabda ] Jangan duduk bersama kami orang yang memutuskan hubungankeluarga. “aka berdirilah seseorang pemuda dari majelis itu dan pergi ke rumah bibinyayang terjadi putus hubungan antara keduanya, maka ia lalu membaakan istighfar untukbibinya dan bibinya juga membaakan istighfar untuknya, kemudian ia kembali ke majelis*abi )A itu. “aka sabda *abi )A ] )esungguhnya rahmat Allah tidak turun atas suatukaum bila diantara mereka ada orang yang masih putus hubungan keluarrga.

    ƒ¯.  Hadist ˆiwayat Attharani dan Al HAkim ]žAbu Hurairah ra berkata, ˆasulullah )A bersabda ] iga maam siapa yang dapatmelakukannya, maka Allah menghisap dengan hisab yang ringan dan dimasukkan surgedengan rahmat Allah. )ahabat bertanya ] Apakah itu ya ˆasulullah JAwab *abi ]“emberi sesuatu kepada orang yang tidak suka memberimu. &an menghubungi keluargayang akan memutuskan hubungan denganmu. &an memaafkan orang yang dhalim/jahatkepadamu. “aka jika kamu dapat mengerjakan itu, nisaya Allah memasukkan kamu kedalam surgeŸ

    ƒ±.  Hadist ˆiwayat Abu ¢a$la ]ˆasulullah pernah ditanya ] Andakah yang mengaku ˆasulullah ˆasulullah menjawab ]

     ¢a -enar. ”emudian dia bertanya lagi ] ¢a ˆasulullah amal apakah yang lebih disukai Allah jawabnya ] Al man kepada Allah, kemudian apa lagi ya ˆasulullah jawabnya

    )ilaturrahim. ”emduian apa lagi ya ˆasulullah Amar “a$ruf dan *ahi “unkar.&itanya lagi ] ¢a ˆasulullah amal apakah yang sangat dimurkai Allah Jawabnya ]“empersekutukan Allah. £alu apa lagi “emutuskan hubungan keluarga. ”emudianapalagi “enganjurkan mungkar dan melarang berbuat kebaikan.

    ƒ….  &alam rsyadul ibad dituliskan ] ada riwayat bahwa malaikat maut memberitahukan padanabi &aud As, bahwa ia akan menabut ruh orang sesudah enam hari, kemudian setelahbeberapa lama nabi &aud as bertemu dengan orang itu dan masih hidup, maka nabibertanya kepada malaikat maut dan dijawab ] ”etika orang itu keluar dari tempatmu, iasilaturrahim +menghubungi keluarganya yang telah putus hubungannya, maka Allahmenambah umurnya dua puluh tahun.

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    12/14

    +euapn zxawav yan{ a}px xanyat ua{p pxawav menwaqa~ qenpuapan yan{ xapt warp •uuav sauav sa~€nyawauam zsuam meny€r€v €ma~nya memqerxanyat spua~€rravmp wen{an spaqaq€n wan wpmanaq€n. exaxwauam tevpw€qan tesevarpan‚ se~paq pnwpƒpw€ seuau€ memx€~€vtan ran{ uapn wan ~pwat xpsa vpw€qsenwprp. pua~€ravmp mer€qatan pxawav yan{ san{a~ m€upa‚ m€wav wan memxa„a xertav. …a€m

    m€supmpn venwatnya ~pwat meuauaptan wan meu€qatannya. …arena p~€ mer€qatan pxawav yan{ qaupn{pnwav xerv€x€n{an wen{an man€spa‚ sevpn{{a qeru€ meu€an{tan „at~€ €n~€t meuatsanatan amausvaupv pnp. pua~€ravpm ~ermas€t atvuat yan{ m€upa.

    opan}€rtan wan uev zsuam }€{a wpser€. †erpn{a~an yan{ ~erwaqa~ wauam •uC‡€rˆan €n~€t ~pwat mem€~€stan ~aup spua~€rravmp. •uuav ‰aˆaua ~euav menyer€ vamxanya xertap~an wen{an menyamx€n{~aup spua~€ravmp wauam semxpuan xeuas aya~ wp tp~axCŠya yan{ m€upa. •uuav ‰aˆaua memqerpn{a~tanran{ yan{ mem€~€stannya wen{an uatna~ wan aw‹ax‚ wpan~ara ŒprmanŠya(“Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan

    memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan

    ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka.” j‡ €vammaw (ŽŽCŽB.

    oemptpan xanyat wan m€wavnya aua~ ~ransqr~asp wan tm€nptasp‚ sevar€snya menamxav seman{a~ta€m m€supmpn xerspua~€ravmp. €tantav spua~€ravmp mer€qatan sa~€ tex€~€van yan{ wp~€n~€~ Œp~ravman€spa‘ …arena waqa~ menyemq€rnatan rasa pn~a ’ pn~eratsp sspau an~ar €ma~ man€spa. pua~€ravmp }€{a mer€qatan waupu ’ ~anwa tewerma„anan ser~a te~pn{{pan atvuat seseran{.em€~€s ~aup spua~€rravmp awauav qerx€a~an yan{ san{a~ wpuaran{ wauam a{ama zsuam‚ •uuav xerŒprman(

    “Dan bertakalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan! namaNya kamu saling meminta satu

     sama lain, dan (peliharalah! hubungan silaturahim. "esungguhnya Allah selalu menjaga danmengaasi kamu.” j‡. •nCŠpsaaˆ ( 1B

    en€r€~ “as€u€uuav •‚ •uuav ‰ atan meuaqan{tan re‹etp ran{ yan{ s€ta menyamx€n{ ~aup

    spua~€ravmp. •uuav }€{a atan meman}an{tan €m€r teqawanya. oauam saxwanya (“#arangsiapa yang senang untuk dilapangkan ri$kinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkanumurnya!, maka hendaklah ia menyambung (tali! silaturahim.” j”.“ €tvarpBoauam vawp~s •x€ ”€raprav‚ saxwa “as€u€uuav yan{ uapn( #arangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah bersilaturahmi” j€~~aŒa€n –auapvpB…pnp waqa~ tp~a men{er~p‚ xe~aqa qen~pn{nya spua~€ravmp wauam zsuam. ata meupva~ qen~pn{nyaspua~€ravmp ~ersex€~‚ xerpt€~ mer€qatan 1— manŒaa~ pua~€ravmp men€r€~ •x€ ˜ap~s amaranwp‚ yap~€(

    1. enwaqa~tan rpwva warp •uuav ‰.Ž. emx€a~ ran{ yan{ tp~a wpt€n}€n{p xerxava{pa. ”au pnp ama~ ses€ap wen{an saxwa “as€u€uuav•‚ yap~€ ™•mau yan{ qaupn{ €~ama awauav memx€a~ seseran{ xerxava{pa.š. enyenan{tan mauapta~‚ tarena mauapta~ }€{a san{a~ senan{ xerspua~€ravmp.h. opsenan{p uev man€spa.H. emx€a~ pxups wan se~an marav.6. eman}an{tan €spa.7. enamxav xanyat wan xertav re}etpnya.K. emx€a~ senan{ ran{ yan{ ~euav „aŒa~. exenarnya mereta p~€ ~av€ teawaan tp~a yan{ maspvvpw€q‚ nam€n mereta ~pwat waqa~ xerx€a~ aqaCaqa. ereta merasa xava{pa }pta teu€ar{a yan{wp~pn{{autannya ~e~aq men}aupn v€x€n{an xapt.

    i. em€q€t rasa pn~a taspv ~ervawaq sesama‚ menpn{ta~tan rasa texersamaan wan rasa teteu€ar{aan‚memqerera~ wan memqert€a~ ~aup qersa€waraan wan qersavaxa~an.

    1—. enamxav qavaua se~euav tema~pannya‚ tarena texaptannya jwauam vau pnp‚ s€ta xerspua~€ravmpBatan seuau€ wptenan{ sevpn{{a memx€a~ ran{ uapn seuau€ menwatannya.

    oemptpanuav 1— manŒaa~ warp s€ta xerspua~€ravmp‚ em{a tp~a ~ermas€t tewauam ran{Cran{ yan{s€ta xerspua~€ravmp›.

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    13/14

    e{p~€ xanyat man%aat silaturahmi xpua tp~a men}auantannya ses€ap wen{an syarpa~ •{ama zsuam pnp.œan{ wpmats€w wen{an pengertian silaturahmi awauav men}aupn v€x€n{an teteraxa~an yatnp wauam vauv€x€n{an €n~€t saupn{ taspvCsayan{‚ ~un{Cmenun{‚ saupn{ xerx€a~ xapt‚ menyamqaptan vat ser~atexaptan‚ wan }€{a menuat tex€r€tan warp ta€m teraxa~. oemptpan }€{a yan{ wpmats€w wen{anmatna spua~€ravmp

    Silaturahmi awauav mer€qatan sa~€ warp atvuat seran{ m€supm. •uuav ‰aˆaua ~euav menyer€vamxaŠya xertap~an wen{an menyambung tali silaturahmi wp wauam tp~axCŠya yan{ m€upa. opan~araŒprmanŠya (oan xer~at„auav teqawa •uuav yan{ wen{an jmemqer{€natanB namaŠya tam€ saupn{mempn~a sa~€ sama uapn‚ wan jqeupvarauavB v€x€n{an spua~€ravpm. es€n{{€vnya •uuav seuau€ men}a{awan men{a„asp tam€. j‡. •n ŠpsaaˆjhB( 1B.

    anŒaa~ menyamx€n{ spua~€ravmp a~a€ q€n men{v€x€n{tan ~aup spua~€ravmp pnp tarena ue~at …erpwvaanwan žpn~a …aspv •uuav teqawa man€spa }€{a sauav sa~€nya wpqen{ar€vp atan sptaq wan qerx€a~an tp~awauam tap~annya pnp. oan xanyat q€ua ^eutamaan _ilaturahmi pnp xa{p tp~a Ÿma~ Šaxp €vammaw•.

    oauam sex€av vawps~ ‡€wsp yan{ wp rp„aya~tan uev €tvarp‚ •vmaw‚ •x€ oa„€w‚ •~C‰prmpw‹p‚ zxn€”pxxan‚ •uC”atpm‚ wan apvap •uuav €xvanav€ a ‰aaua xerŒprman yan{ ar~pnya (•t€ awauav •rC“avman. ‰euav •t€ pq~atan •rC“avppm wan •t€ qe~pttan xa{pnya nama warp namaC…€. aran{spaqayan{ men{v€x€n{tannya npsaya •t€ men{v€x€n{pnya jwen{an ravma~C…€B¡ wan xaran{spaqamem€~€stannya npsaya •t€ mem€~€stan v€x€n{anC…€ wen{annya¡ wan xaran{spaqamen{tvtannya npsaya •t€ men{tvtan q€ua v€x€n{anC…€ wen{annya. es€n{{€vnya “avma~C…€ menwav€u€p tem€rtaanC…€.

    erx€a~ xapt teqawa sa€wara wan ta€m teraxa~ }€{a wpqerpn~avtan meuau€p spua~€ravmp pnp. ”au pnp~erermpn warp sex€av vawps~ “as€u€uuav • yan{ memerpn~avtan €n~€t spua~€ravmp yap~€ vawps~ yan{ xerx€nyp (es€n{{€vnya •uuav xer„aspa~ a{ar taupan xerx€a~ xapt teqawa px€Cpx€m€‚ ses€n{{€vnya•uuav xer„aspa~ a{ar xerx€a~ xapt teqawa xaqatCxaqatm€ wan ses€n{{€vnya •uuav xer„aspa~ teqawatam€ a{ar xerx€a~ xapt teqawa sanat teraxa~m€ jpuspuav ”awp~s vavpv¡ auC•uxanpB.

    •wa xexeraqa hi^mah _ilaturahmi yan{ xpsa tp~a waqa~tan xpua tp~a men}auanpnya wen{an ptvuas wansenan{ va~p. auav sa~€nya awauav warp sex€av vawps~ yan{ wprp„aya~tan seara }amaav yan{ ar~pnyayap~€ (oarp •x€ •y€x •u •nsvarp‚ xeupa€ xerta~a‚ seran{ xerta~a‚avap “as€u€uuav‚ xerp~av€uav sayasa~€ amauan yan{ waqa~ memas€ttan saya te wauam sy€r{a. eupa€ vauuauuav€ˆauapvp asauuammen}a„ax‚enyemxav •uuav wan ~pwat menyet€~€tanŠya‚ mene{attan svaua~‚ men€naptan ‹ata~ wan xerspua~€ravmp. ¢awp tespmq€uannya hikmah silaturahmi pnp awauav men}awp sauav sa~€ qenyexax yan{ qen~pn{ €n~€t xpsa mas€t sy€r{a ser~a wp}a€vtan warp sptsa aqp nerata.

     &entingnya silaturahmi wan }€{a a^ibat dari memutu_ _ilaturahmi waqa~ tp~a ~em€tan wauam Ž x€avwaupu vawps~ “as€u€uuav yap~€ (

    • aran{ spaqa yan{ s€ta wpuaqan{tan re‹etpnya wan wpatvprtan a}aunya‚ mata samx€n{uavspua~€ravmp. j”“. €tvarpB.

    • ‰pwat awa wsa yan{ •uuav ‰ uexpv qereqa~ sptsaan teqawa qeuat€nya wp w€npa‚ ser~a yan{~erspmqan €n~€tnya wp atvpra~‚ seuapn qerx€a~an ‹aupm wan memutuskan tali silaturahmi. j”“‰prmpw‹pB.

    •wa }€{a xexeraqa man`aat ^eutamaan _ilaturahmi p~€ senwprp yap~€ (

  • 8/16/2019 Peringatan Haul Adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW

    14/14

    1. “as€u€uuav • wauam sex€av vawps~nya menerp~atan atan sauav sa~€ warp setpan xanyatkeutamaan silaturahmi xa{p seran{ m€tmpn wan m€supm yap~€ (oarp •x€ ”€raprav ra xeupa€ xerta~a( •t€ menwen{ar “as€u€uuav • xersaxwa( aran{spaqa yan{ senan{ wpu€astanrp‹tpnya wan wpqan}an{tan €m€rnya‚ mata venwatuav pa menyamx€n{ v€x€n{an spua~€ravmpj”“ €tvarp €supmB.

    Ž. es€n{{€vnya qavaua menyamx€n{ spua~€ravmp uexpv xesar warpqawa {an}aran wan qavauamemerwetatan seran{ x€wat. oarp Ÿmm€u m€tmpnpn apm€nav xpn~p auC”arp~s rawvpyauuav€anva‚ xav„asanya wpa memerwetatan x€wat yan{ wpmpuptpnya wan ~pwat memxerp taxar teqawa Šaxp • sexeu€mnya‚ mata ~a~taua qawa varp yan{ men}awp {puprannya‚ pa xerta~a( •qataven{ta€ merasa „avap “as€u€uuav xav„a ses€n{{€vnya at€ ~euav memerwetatan x€watjqeremq€anB mpuptt€‘ eupa€ xer~anya( •qatav s€wav en{ta€ uat€tan‘ opa men}a„ax( œa.eupa€ xersaxwa( •waq€n }pta en{ta€ memxerptannya teqawa qamanCqamanm€ npsaya uexpv xesar qavauanya €n~€tm€. j”“ €tvarp €supmB.

    exauptnya xpsa tp~a mem€~€stan spua~€ravmp mata tp~a }€{a xpsa ~ertena dosa memutus silaturahmi wpan~aranya yap~€ (

    • •mau pxawavnya ~pwat wp~erpma. erpt€~ waupu vawps~nya yap~€ (oarp •x€ ”€raprav ra xerta~a‚saya menwen{ar “as€u€uuav • xersaxwa (ses€n{{€vnya qerx€a~an anat €€ awamwpqerupva~tan qawa se~paq tamps mauam }€ma~‚ mata ~pwat atan wp~erpma amaunya ran{ yan{mem€~€s ~aup spua~€ravmp. j”“. •vmawB.

    • enwaqa~tan uatna~ •uuav. erpt€~ awauav waupunya yap~€ (•uuav ‰aaua xerŒprman yan{ ar~pnya (£ran{Cran{ yan{ mer€sat }an}p •uuav se~euav wpptrartan wen{an ~e{€v wan mem€~€stan aqaCaqa yan{ •uuav qerpn~avtan s€qaya wpv€x€n{tan wan men{awatan ter€satan wp x€mp‚ ran{Cran{ p~€uav yan{ memqeruev t€~€tan wan xa{p mereta ~emqa~ tewpaman yan{ x€r€tj¢avannamB. j‡. •rˆ“aw ( ŽHB.

    • ‰pwat mas€t s€r{a. erpt€~ awauav waupu atpxa~ mem€~€stan ~aup spua~€ravmp yap~€ ( oarp ¢€xapr xpn €~pm ra ses€n{{€vnya “as€u€uuav • xersaxwa ( ‰pwat atan mas€t s€r{a ran{ yan{mem€~€s v€x€n{an. €Œyan xerta~a ( yap~€ yan{ mem€~€s v€x€n{an ~aup spua~€ravmp. j”“.€tvarp wan €supmB.

top related