nirwana dwimatra warna.pdf

Post on 31-Dec-2016

261 Views

Category:

Documents

5 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

NIRMANA WARNANIRMANA WARNA

Oleh: Dr. Kasiyan, M.Hum.Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Yogyakarta2013

WARNA

• Merupakan kesan yang timbul oleh pantulancahaya yang ditangkap oleh mata. Ataucahaya yang ditangkap oleh mata. Ataupantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat dipermukaan benda.

FUNGSI WARNA

• Merupakan elemen yang amat penting dalamkebudayaan bahkan kehidupan. Dalamkebudayaan bahkan kehidupan. Dalamperspektif etnografis dan semiotis, warna jugamenjadi terminologi yang penting, karena jugamerupakan salah satu kunci penting untukpemahaman kompleksitas kebudayaan yang kontekstual sifatnya.pemahaman kompleksitas kebudayaan yang kontekstual sifatnya.

• Bahkan dalam konteks spesifik karya seni, konon tidak ada satu pun komponen dari konon tidak ada satu pun komponen dari karya seni rupa yang mempunyai kekuatan dan peranan yang amat mendasar sekaligus unik, sebagaimana yang dimiliki oleh warna.

• Peranan esensialnya unsur warna dalam karya seni ini, lebih disebabkan oleh kemampuannyaseni ini, lebih disebabkan oleh kemampuannyauntuk menciptakan efek psikologis, misalnya terkait dengan aspek: jarak, gerak, tegangan, ekspresi, ruang, bentuk serta berbagai macam atau hal lainnya yang terkait dengan makna simbolik tertentu.atau hal lainnya yang terkait dengan makna simbolik tertentu.

PENGELOMPOKAN WARNA

Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:1. Warna primer.1. Warna primer.2. Warna sekunder.3. Warna tersier.

1. Warna pokok atau primer: yaitu merupakanwarna dasar yang tidak berasal dari warnawarna dasar yang tidak berasal dari warnaapapun, yang meliputi warna merah, kuning, dan biru.

b

2. Warna skunder: merupakan campuran dariwarna primer.warna primer.Contoh:merah + kuning : jingga/orangebiru + kuning : hijaumerah + biru : ungumerah + biru : ungu

3. Warna tersier: merupakan hasil campuranantara warna primer dan warna skunder.antara warna primer dan warna skunder.Contoh:kuning + hijau : kuning kehijau-hijauanbiru + ungu : ungu kebiru-biruanjingga + merah : jingga kemerah-merahanjingga + merah : jingga kemerah-merahan

• Selain jenis-jenis warna di atas terdapat pula warna netral, yaitu warna putih dan hitam.warna netral, yaitu warna putih dan hitam.

WARNA KONTRASATAU KOMPLEMENTER

• Adalah warna yang berkesan berlawanan satudengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkandengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkandari warna yang berseberangan (memotong titiktengah segitiga) terdiri atas warna primer danwarna sekunder. Tetapi tidak menutupkemungkinan pula membentuk kontras warnadengan mengolah nilai ataupun kemurnianwarna. Contoh warna kontras adalah Merah-warna. Contoh warna kontras adalah Merah-Hijau, Kuning-Ungu dan Biru-Jingga.

WARNA MONOKROMATIK

• Yaitu warna yang diperoleh dari hasil gradasiwarna pilihan. Gradasinya mulai dari yang warna pilihan. Gradasinya mulai dari yang paling terang hingga yang paling pekat. Misalnya, warna hitam memiliki warnamonokromatik dari hitam pekat, hitam pudar, abu-abu, hingga putih. Jika warna itu merah, warna monokromatiknya mulai dari merahabu-abu, hingga putih. Jika warna itu merah, warna monokromatiknya mulai dari merahpaling pekat (marun), merah biasa, merahterang, merah muda, hingga putih kemerahan.

• Warna monokromatrik adalah tingkatanwarna dari gelap ke terang dalam urutan satuwarna dari gelap ke terang dalam urutan satuwarna, misalnya urutan dari merah tua sampaike merah yang paling muda.

• Warna monokromatik disebut juga warnaharmoni. Dalam memadukan warna, memilihharmoni. Dalam memadukan warna, memilihwarna harmoni merupakan cara yang paling “aman”. Ini karena sesuai namanya “harmoni“, pasti warna yang dipadukan selalu harmonisdan selaras.dan selaras.

WARNA ANALOGOUS

• Warna analogus adalah tingkatan warna darigelap ke terang dalam urutan beberapagelap ke terang dalam urutan beberapawarna, misalnya urutan dari biru, birukehijauan, hijau, hijau kekuningan, dankuning.

WARNA DINGIN DAN PANAS

1. Warna dingin: adalah kelompok warna dalamrentang setengah lingkaran di dalam lingkaranrentang setengah lingkaran di dalam lingkaranwarna mulai dari Hijau hingga Ungu. Warna inimenjadi simbol kelembutan, sejuk, nyamandan sebagainya. Warna dingin mengesankanjarak yang jauh.jarak yang jauh.

2. Warna panas: adalah kelompok warna dalamrentang setengah lingkaran di dalam lingkaranrentang setengah lingkaran di dalam lingkaranwarna mulai dari Merah hingga Kuning. Warnaini menjadi simbol, riang, semangat, marahdan sebagainya. Warna panas mengesankanjarak yang dekat.jarak yang dekat.

Beberapa Contoh Karya SeniBerbasis Warna-warna PanasBerbasis Warna-warna Panas

Beberapa Contoh Karya SeniBerbasis Warna-warna DinginBerbasis Warna-warna Dingin

GRADASI WARNA

• Merupakan tingkatan perbedaan warna mulaidari yang kuat sampai yang lemah atau daridari yang kuat sampai yang lemah atau dariyang gelap sampai yang terang atau juga dariyang tua sampai yang muda. Dalam gradasiwarna, perbedaan antarwarna sebagaimanadimaksud tampak tegas atau jelaspembatasnya.dimaksud tampak tegas atau jelaspembatasnya.

Beberapa Contoh Gradasi Warna

NUANSA WARNA

• Merupakan ‘perjalanan’ perbedaan warnamulai dari yang kuat sampai yang lemah ataumulai dari yang kuat sampai yang lemah ataudari yang gelap sampai yang terang atau jugadari yang tua sampai yang muda, di mana‘perjalanan’ perbedaan warna tersebut terjadisecara halus,sehingga tampak tanpa adanyagradasi yang jelas atau tegas.secara halus,sehingga tampak tanpa adanyagradasi yang jelas atau tegas.

MAKNA/ARTI WARNA

• Warna mempunyai makna atau arti yang berbeda-beda. Meskipun makna atau artiberbeda-beda. Meskipun makna atau artidalam warna dalam pandangan semiotisdilekatkan secara arbitrary atau sewenang-wenang, namun pelbagai makna warna yang ada di masyarakat kerap dianggap sebagaisebuah konvensi.ada di masyarakat kerap dianggap sebagaisebuah konvensi.

• Warna Merah• Menggambarkan energi penuh, aktif, hangat• Menggambarkan energi penuh, aktif, hangat

dan bersemangat. Warna merah secaraberlebihan dapat memberikan kesankemarahan dan ambisi.

• Warna KuningMengingatkan dengan sinar matahari yang Mengingatkan dengan sinar matahari yang memberikan energi yang baik dan semangat. Sering disamakan dengan warna emas yang menggambarkan kemakmuran dankemewahan. Dapat diaplikasikan dalam ruangkemewahan. Dapat diaplikasikan dalam ruangkerja.

• Warna BiruMerupakan warna laut dan langit yang Merupakan warna laut dan langit yang mengesankan ketenangan, kesunyian, kedamaian, kenyamanan dan perlindungan. Efek lainnya adalah memberi kesan lega danluas. Cocok digunakan untuk kamar tidur.luas. Cocok digunakan untuk kamar tidur.

• Warna OrangeMemberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuhMemberi kesan ceria, hangat, bahagia, penuhenergi dan membangkitkan semangat. Andadapat memberi warna ini untuk ruang makan.

• Warna HijauWarna yang sering dilihat danWarna yang sering dilihat danmenggambarkan alam. Efek dari warna iniadalah memberi suasana harmonis, teduh, santai, alami, menyejukkan, menyegarkan danmenenangkan. Ruang tidur cocok bilamenenangkan. Ruang tidur cocok bilamenggunakan warna ini.

• Warna CoklatSalah satu warna alam yang memberi kesanSalah satu warna alam yang memberi kesanhangat, nyaman, alami, akrab dan ketenangan. Dapat digunakan untuk ruang tamu atauruang keluarga. Coklat juga dapat digunakanpada ruangan yang terlalu besar agar tidakpada ruangan yang terlalu besar agar tidakmenimbulkan kesan dingin.

• Warna Abu-abuMembuat suasana stabil, luas, Membuat suasana stabil, luas, menentramkan. Terlalu banyak menggunakanwarna ini akan membuat suasana dingin danluas secara berlebihan. Biasa digunakan untukrumah bergaya minimalis. rumah bergaya minimalis.

• Warna Putih• Warna netral yang cocok diaplikasikan dengan• Warna netral yang cocok diaplikasikan dengan

warna apapun. Menggunakan warna iniumumnya menggambarkan kebersihan, kepolosan dan kemurnian. Penggunaanya padaruangan akan memberikan kesan lebih besarpada ruangan. Bila berlebihan akanmenggambarkan steril dan dingin. Jika Andapada ruangan. Bila berlebihan akanmenggambarkan steril dan dingin. Jika Andamemiliki dapur modern, warna ini juga cocokuntuk menunjukkan kebersihan dapur Anda.

• Warna HitamWarna yang memberi suasana penuhWarna yang memberi suasana penuhperlindungan, gagah, megah, dan elegan.

top related