mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · web viewpetunjuk pengisian data raudhatul athfal. t....

31
PETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 1. PETUNJUK UMUM 1.1. Bacalah terlebih dahulu Petunjuk Pengisian Data Raudhatul Athfal dengan cermat dan teliti, sebelum melakukan pengisian data Raudhatul Athfal Tahun Pelajaran 2013/2014. 1.2. Setiap Raudhatul/Bustanul Athfal diwajibkan untuk mengisi dan melengkapi 3 jenis data, yaitu Data Lembaga , Data Detil Personal (Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan Data Detil Siswa secara benar, lengkap dan akurat. 1.3. Data Lembaga, Data Detil Personal, dan Data Detil Siswa yang diisikan adalah data kondisi Tahun Pelajaran 2013/2014. 1.4. Untuk setiap kata yang mengandung karakter petik (“ atau ’) , mohon diganti dengan menggunakan karakter ` (di bawah tombol Esc) . 1.5. Dilarang keras merubah format data Raudhatul Athfal ini , baik dengan menambah kolom, menghapus kolom, memindahkan kolom, ataupun merubah judul kolom. Perubahan yang diperbolehkan hanyalah merubah lebar kolom (jika diperlukan). 2. PETUNJUK KHUSUS 2.1. DETIL LEMBAGA RA (FILE “LEMBAGA RA.XLS”) 2.1.1. Identitas Lembaga (Kolom A-J) 1. NSM RA (Kolom A) NSM RA adalah Nomor Statistik Raudhatul Athfal yang diterbitkan oleh Kemenag Kab./Kota setempat. Nomor Statistik Madrasah (NSM) ini terdiri dari 12 digit angka sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama. Catatan : contoh NSM RA yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 adalah 1 0 1 26213 00 01 . Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 1

Upload: vonga

Post on 08-May-2018

231 views

Category:

Documents


5 download

TRANSCRIPT

Page 1: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

PETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFALTAHUN PELAJARAN 2013/2014

1. PETUNJUK UMUM1.1. Bacalah terlebih dahulu Petunjuk Pengisian Data Raudhatul Athfal dengan cermat dan teliti,

sebelum melakukan pengisian data Raudhatul Athfal Tahun Pelajaran 2013/2014.1.2. Setiap Raudhatul/Bustanul Athfal diwajibkan untuk mengisi dan melengkapi 3 jenis data,

yaitu Data Lembaga, Data Detil Personal (Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan Data Detil Siswa secara benar, lengkap dan akurat.

1.3. Data Lembaga, Data Detil Personal, dan Data Detil Siswa yang diisikan adalah data kondisi Tahun Pelajaran 2013/2014.

1.4. Untuk setiap kata yang mengandung karakter petik (“ atau ’), mohon diganti dengan menggunakan karakter ` (di bawah tombol Esc).

1.5. Dilarang keras merubah format data Raudhatul Athfal ini , baik dengan menambah kolom, menghapus kolom, memindahkan kolom, ataupun merubah judul kolom. Perubahan yang diperbolehkan hanyalah merubah lebar kolom (jika diperlukan).

2. PETUNJUK KHUSUS

2.1. DETIL LEMBAGA RA (FILE “LEMBAGA RA.XLS”)

2.1.1. Identitas Lembaga (Kolom A-J)

1. NSM RA (Kolom A)NSM RA adalah Nomor Statistik Raudhatul Athfal yang diterbitkan oleh Kemenag Kab./Kota setempat. Nomor Statistik Madrasah (NSM) ini terdiri dari 12 digit angka sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama.Catatan : contoh NSM RA yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 adalah 1 0 1 26213 00 01 .

2. NPSN (Kolom B)NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk memastikan NPSN lembaga saudara, silahkan cek di laman : http://refsp.data.kemendikbud.go.id

3. Nama Raudhatul Athfal (Kolom C)Pada kolom ini tuliskan Nama Raudhatul Athfal bersangkutan tanpa perlu diberi label RA atau BA. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk RA Al Hidayah, maka ditulis Al Hidayah.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 1

Page 2: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

4. Akreditasi (Kolom D)Kolom ini diisikan dengan status akreditasi dari RA yang bersangkutan sesuai dengan status akreditasi terakhir yang diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).Contoh pengisian : jika berstatus akreditasi B, maka ditulis B. Jika belum terakreditasi, maka ditulis belum.

7. Alamat (Kolom E)Kolom ini diisi dengan alamat lengkap lokasi keberadaan RA yang bersangkutan (bisa berupa nama jalan, nomor dan kota, atau nama kampung, RT/RW dan kelurahan/desa).Contoh pengisian : Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756 Cibinong Bogor atau Kp. Cikeusik RT. 002/01 Desa Sukmajaya.

8. Telepon (Kolom F)Kolom ini diisi dengan Kode Area dan Nomor Telepon kantor Raudhatul Athfal yang bersangkutan (jika memiliki).Contoh pengisian : 021-34833235.

9. Kecamatan (Kolom G)Kolom ini diisi dengan Nama Kecamatan dimana lokasi Raudhatul Athfal tersebut berada. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Kluet Selatan.

10. Kab./Kota (Kolom H)Kolom ini diisi dengan Nama Kabupaten/Kota dimana lokasi Raudhatul Athfal tersebut berada. Huruf kapital digunakan hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk Kabupaten Bogor, ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor, ditulis Kota Bogor.

11. Provinsi (Kolom I)Kolom ini diisi dengan Nama Provinsi dimana lokasi Raudhatul Athfal tersebut berada. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Sumatera Barat.

12. Alamat Website (Kolom J)Kolom ini diisikan dengan Alamat Website (situs web) resmi dari Raudhatul Athfal yang bersangkutan (jika memiliki).Contoh pengisian : www.raalhidayah.sch.id.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 2

Page 3: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.1.2. Identitas Kepala RA (Kolom K-O)

1. Nama Lengkap (Kolom K)Isikan kolom ini dengan Nama Kepala Raudhatul Athfal yang bersangkutan secara lengkap, berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Dra. Siti Fatimah, M.Si

2. Jenis Kelamin (Kolom L)Isikan kolom ini dengan Jenis Kelamin Kepala Raudhatul Athfal yang bersangkutan dengan pilihan L (jika Laki-laki) atau P (jika perempuan).

3. Status Kepegawaian (Kolom M)Isikan kolom ini dengan Status Kepegawaian Kepala Raudhatul Athfal yang bersangkutan dengan pilihan PNS atau Non PNS.Contoh pengisian : jika berstatus PNS, maka ditulis PNS. Sedangkan jika berstatus Non-PNS, maka ditulis Non-PNS.

4. Pendidikan (Kolom N)Isikan kolom ini dengan Jenjang Pendidikan Formal terakhir yang ditempuh oleh Kepala Raudhatul Athfal yang bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut:

1. <= SLTA 5. D42. D1 6. S13. D2 7. S24. D3 8. S3

Contoh pengisian : jika berpendidikan S1, maka ditulis S1.

5. No. HP (Kolom O)Kolom ini diisi dengan Nomor HP (telepon genggam) pribadi dari Kepala Raudhatul Athfal yang bersangkutan. Contoh pengisian : 08123456789.

2.1.3. Jumlah Rombel (Kolom P-R)

1. Kelompok A (Kolom P)Isikan kolom ini dengan jumlah rombongan belajar (rombel) Kelompok A pada RA yang bersangkutan.

2. Kelompok B (Kolom Q)Isikan kolom ini dengan jumlah rombel Kelompok B di RA yang bersangkutan.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 3

Page 4: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

3. Tidak Berjenjang (Kolom R)Isikan kolom ini dengan jumlah rombel pada RA yang bersangkutan (jika tidak dibedakan berdasarkan jenjang/kelompok).

Contoh pengisian kolom P-R : Jika jumlah rombongan belajar (rombel) di kelompok yang bersangkutan ada 2 rombel, maka ditulis 2.

2.1.4. Titik Koordinat (Kolom S-T)

1. Latitude (Kolom S)Isikan letak titik koordinat bumi (Lintang Utara/Lintang Selatan) dari RA yang bersangkutan dalam format angka desimal, bukan dalam format derajat, menit, dan detik. Catatan: Untuk RA yang memiliki titik koordinat pada Lintang Selatan, jangan lupa diberi tanda minus (-). Penulisan tanda koma (,) harap diganti menjadi tanda titik (.). Contoh pengisian : 3,12345 LS, maka ditulis -3.12345.

2. Longitude (Kolom T)Isikan letak titik koordinat bumi (Bujur Timur) dari RA yang bersangkutan dalam format angka desimal, bukan dalam format derajat, menit, dan detik. Catatan: penulisan tanda koma (,) harap diganti menjadi tanda titik (.). Contoh pengisian : 101,12345 BT, maka ditulis 101.12345.

2.1.5. Sarana Pendukung Belajar (Kolom U-AQ)

1. Luas Tanah (Kolom U)Pada kolom ini isikan total luas seluruh tanah yang dimiliki oleh RA bersangkutan dalam satuan meter persegi (m2).Contoh pengisian : Jika memiliki total luas tanah 3000 m2, maka ditulis 3000.

2. Luas Bangunan (Kolom V)Pada kolom ini isikan total luas bangunan yang ada pada RA bersangkutan dalam satuan meter persegi (m2).Contoh pengisian : Jika memiliki total luas bangunan 1000 m2, maka ditulis 1000.

3. Ruang Kelas Baik (Kolom W)Isikan jumlah unit ruang kelas dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang kelas dalam kondisi baik ada 3 unit, maka ditulis 3.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 4

Page 5: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

4. Ruang Kelas Rusak Ringan (Kolom X)Isikan jumlah unit ruang kelas dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika tidak ada ruang kelas dalam kondisi rusak ringan, maka ditulis 0.

5. Ruang Kelas Rusak Berat (Kolom Y)Isikan jumlah unit ruang kelas dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang kelas dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

6. Ruang Kepala RA Baik (Kolom Z)Isikan jumlah unit ruang kepala RA dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang Kepala Madrasah dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

7. Ruang Kepala Rusak Ringan (Kolom AA)Isikan jumlah unit ruang kepala RA dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Kepala Madrasah dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

8. Ruang Kepala Rusak Berat (Kolom AB)Isikan jumlah unit ruang kepala RA dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Kepala Madrasah dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

9. Ruang Guru Baik (Kolom AC)Isikan jumlah unit ruang guru dalam kondisi baik (layak pakai).Contoh pengisian : jika jumlah ruang guru dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

10. Ruang Guru Rusak Ringan (Kolom AD)Isikan jumlah unit ruang guru dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang guru dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 5

Page 6: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

11. Ruang Guru Rusak Berat (Kolom AE)Isikan jumlah unit ruang guru dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang guru dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

12. Ruang TU/Administrasi Baik (Kolom AF)Isikan jumlah unit ruang TU/Administrasi dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang TU/Administrasi dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

13. Ruang TU/Administrasi Rusak Ringan (Kolom AG)Isikan jumlah unit ruang TU/Administrasi dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang TU/Administrasi dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

14. Ruang TU/Administrasi Rusak Berat (Kolom AH)Isikan jumlah unit ruang TU/ Administrasi dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang TU/Administrasi dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

15. Ruang Bermain Baik (Kolom AI)Isikan jumlah unit ruang bermain dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang bermain dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

16. Ruang Bermain Rusak Ringan (Kolom AJ)Isikan jumlah unit ruang bermain dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika tidak ada ruang bermain dalam kondisi rusak ringan, maka ditulis 0.

17. Ruang Bermain Rusak Berat (Kolom AK)Isikan jumlah unit ruang bermain dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang bermain dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 6

Page 7: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

18. Ruang Toilet Guru Baik (Kolom AL)Isikan jumlah unit ruang Toilet Guru dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Guru dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

19. Ruang Toilet Guru Rusak Ringan (Kolom AM)Isikan jumlah unit ruang Toilet Guru dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Guru dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

20. Ruang Toilet Guru Rusak Berat (Kolom AN)Isikan jumlah unit ruang Toilet Guru dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika tidak ada ruang Toilet Guru dalam kondisi rusak berat, maka ditulis 0.

21. Ruang Toilet Siswa Baik (Kolom AO)Isikan jumlah unit ruang Toilet Siswa dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Siswa dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

22. Ruang Toilet Siswa Rusak Ringan (Kolom AP)Isikan jumlah unit ruang Toilet Siswa dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Siswa dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

23. Ruang Toilet Siswa Rusak Berat (Kolom AQ)Isikan jumlah unit ruang Toilet Siswa dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Siswa dalam kondisi rusak berat ada 2 unit, maka ditulis 2.

2.1.6. Sarana Peraga Permainan (Kolom AR-BC)

1. Ayunan Baik (Kolom AR)Isikan jumlah unit sarana ayunan dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah sarana ayunan dalam kondisi baik ada 3 unit, maka ditulis 3.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 7

Page 8: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2. Ayunan Rusak Ringan (Kolom AS)Isikan jumlah unit sarana ayunan dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.Contoh pengisian : jika tidak ada sarana ayunan dalam kondisi rusak ringan, maka ditulis 0.

3. Ayunan Rusak Berat (Kolom AT)Isikan jumlah unit sarana ayunan dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah sarana ayunan dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

4. Papan Luncur Baik (Kolom AU)Isikan jumlah unit papan luncur dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah papan luncur dalam kondisi baik ada 3 unit, maka ditulis 3.

5. Papan Luncur Rusak Ringan (Kolom AV)Isikan jumlah unit papan luncur dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika tidak ada papan luncur dalam kondisi rusak ringan, maka ditulis 0.

6. Papan Luncur Rusak Berat (Kolom AW)Isikan jumlah unit papan luncur dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah papan luncur dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

7. Alat Jungkit Baik (Kolom AX)Isikan jumlah unit alat jungkit dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah alat jungkit dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

8. Alat Jungkit Rusak Ringan (Kolom AY)Isikan jumlah unit alat jungkit dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah alat jungkit dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 8

Page 9: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

9. Alat Jungkit Rusak Berat (Kolom AZ)Isikan jumlah unit alat jungkit dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah alat jungkit dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

10. Alat Mandi Bola Baik (Kolom BA)Isikan jumlah unit alat mandi bola dalam kondisi baik (layak pakai).Contoh pengisian : jika jumlah alat mandi bola dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

11. Alat Mandi Bola Rusak Ringan (Kolom BB)Isikan jumlah unit alat mandi bola dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah alat mandi bola dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

12. Alat Mandi Bola Rusak Berat (Kolom BC)Isikan jumlah unit alat mandi bola dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah alat mandi bola dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

2.1.7. Sumber Penerangan (Kolom BD)

1. Sumber Penerangan (Kolom BD)Pada kolom ini silahkan isikan Sumber Penerangan yang digunakan di RA bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut:

1. PLN 2. Diesel/Genset 3. Lampu Minyak

Contoh : jika sumber penerangan menggunakan PLN, maka ditulis PLN.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 9

Page 10: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.2. DETIL PERSONAL RA (FILE “PERSONAL RA.XLS”)

2.2.1. Identitas Raudhatul Athfal Tempat Bertugas (Kolom A-G)

1. NSM RA (Kolom A)NSM RA adalah Nomor Statistik Raudhatul Athfal tempat bertugas yang diterbitkan oleh Kemenag Kab./Kota setempat. Nomor Statistik Madrasah ini terdiri dari 12 digit angka yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.Catatan : contoh NSM RA yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 adalah 1 0 1 2 3 2 7100 15 .

2. Nama Raudhatul Athfal (Kolom B)Pada kolom ini cukup tuliskan Nama Raudhatul Athfal tempat bertugas, tanpa perlu diberi label RA atau BA. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : RA Al Hidayah, maka ditulis Al Hidayah.

3. Alamat (Kolom C)Kolom ini diisi dengan alamat lengkap lokasi keberadaan RA tempat bertugas (bisa berupa nama jalan, nomor dan kota, atau nama kampung, RT/RW dan kelurahan/desa).Contoh pengisian : Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756 Cibinong Bogor atau Kp. Cikeusik RT. 002/01 Desa Sukmajaya.

4. Kecamatan (Kolom D)Kolom ini diisi Nama Kecamatan sesuai lokasi alamat RA tempat bertugas. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Kluet Selatan.

5. Kab./Kota (Kolom E)Kolom ini diisi Nama Kabupaten/Kota sesuai lokasi alamat RA tempat bertugas. Huruf kapital digunakan hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk Kabupaten Bogor, ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor, ditulis Kota Bogor.

6. Provinsi (Kolom F)Kolom ini diisi Nama Provinsi sesuai lokasi alamat RA tempat bertugas. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Sumatera Barat.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 10

Page 11: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.2.2. Identitas Personal (Kolom G-N)

1. NIP (Kolom G)Untuk personal yang berstatus PNS, kolom ini diisi dengan NIP (Nomor Induk Pegawai). Sementara untuk personal yang berstatus Non PNS, kolom ini diisi dengan No. KTP/NIK (sesuai yang tertera di KTP).

2. NUPTK (Kolom H)Isikan kolom ini dengan NUPTK dari personal yang bersangkutan secara lengkap. NUPTK ini adalah nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengisian NUPTK tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

3. Nama Lengkap (Kolom I)Isikan dengan Nama Lengkap dari personal yang bersangkutan berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Dra. Siti Amanah, MM

4. NIK/No. KTP (Kolom J)Isikan dengan NIK atau Nomor KTP dari personal yang bersangkutan secara lengkap (sesuai dengan yang tertera di KTP). Pengisian NIK/No. KTP tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

5. Tempat Lahir (Kolom K)Isikan dengan Tempat Lahir dari personal yang bersangkutan (sesuai dengan yang tertera di KTP).

6. Tanggal Lahir (Kolom L)Isikan dengan Tanggal Lahir dari personal yang bersangkutan dengan menggunakan format MM/DD/YYYY (bulan-tanggal-tahun). Contoh pengisian : tanggal 20 Agustus 1979 maka ditulis 08/20/1979.

7. Jenis Kelamin (Kolom M)Isikan dengan Jenis Kelamin dari personal yang bersangkutan dengan pilihan L (jika Laki-laki) atau P (jika perempuan).

8. Nama Ibu Kandung (Kolom N)Isikan dengan Nama Lengkap Ibu Kandung dari personal yang bersangkutan. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Erni Kurniati

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 11

Page 12: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.2.3. Pendidikan Formal Terakhir (Kolom O-P)

1. Jenjang (Kolom O)Isikan kolom ini dengan jenjang pendidikan formal terakhir yang sudah ditempuh oleh personal yang bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut:

1. <= SLTA 5. D42. D1 6. S13. D2 7. S24. D3 8. S3

Contoh pengisian : jika personal yang bersangkutan berpendidikan S2, ditulis S2.

2. Jurusan (Kolom P)Isikan kolom ini dengan nama jurusan (program studi) pendidikan formal terakhir yang sudah ditempuh oleh personal yang bersangkutan dengan pilihan:

1. PAI 2. Bahasa Arab3. Studi Islam 4. Aqidah Filsafat5. Perbandingan Agama 6. Tafsir Hadist7. Dakwah 8. Peradilan Agama9. Muamalah 10. Penerangan Islam11. Penyiaran Agama Islam 12. Sejarah Kebudayaan Islam13. Sastra Arab 14. Hukum Islam15. Qur’an Hadist 16. Ilmu Agama17. Kependidikan Islam 18. Ahwalush Syahsiyah19. Perb. Mahzab & Hukum 20. Statistik21. Matematika 22. Fisika23. Kimia 24. Biologi25. Tadris IPA 26. Ekonomi27. Akuntansi 28. Administrasi29. Filsafat 30. Manajemen31. Sejarah 32. Geografi33. Sosial & Politik 34. Anthropologi35. Tata Negara 36. Sosiologi37. PPKn/Pancasila 38. Komunikasi39. Tadris IPS 40. Bahasa Indonesia41. Bahasa Inggris 42. Bahasa Asing Lainnya43. Ilmu Pendidikan 44. PGTK45. PGSD 46. PGSLP47. Kesenian 48. Penjaskes49. Elektronik 50. Psikologi51. Hukum 52. Komputer

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 12

Page 13: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

Contoh pengisian : jika memiliki jurusan (program studi) PGTK, maka ditulis PGTK.2.2.4. Status Kepegawaian Personal (Kolom Q-T)

1. Status Kepegawaian (Kolom Q) Isikan kolom ini dengan Status Kepegawaian dari personal yang bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut:

1. CPNS 2. PNS3. Diperbantukan 4. Dipekerjakan5. Tetap 6. Tidak Tetap/Honor

Contoh pengisian : untuk status kepegawaian Calon Pegawai Negeri Sipil, maka ditulis CPNS .

2. Golongan (Kolom R)Isikan kolom ini dengan golongan kepegawaian dari personal yang bersangkutan (khusus personal yang berstatus PNS), dengan pilihan sebagai berikut:

1. Golongan I/a 2. Golongan I/b3. Golongan I/c 4. Golongan I/d5. Golongan II/a 6. Golongan II/b7. Golongan II/c 8. Golongan II/d9. Golongan III/a 10. Golongan III/b11.

Golongan III/c 12. Golongan III/d

13.

Golongan IV/a 14. Golongan IV/b

15.

Golongan IV/c 16. Golongan IV/d

17.

Golongan IV/e

Contoh pengisian : jika memiliki Golongan III/c, cukup ditulis III/c.

3. TMT SK Terakhir (Kolom S)Isikan dengan TMT SK Terakhir yang dimiliki oleh personal yang bersangkutan dengan menggunakan format MM/DD/YYYY (bulan-tanggal-tahun).Contoh pengisian : tanggal 02 Januari 2008, ditulis 01/02/2008.

4. Instansi yang mengangkat (Kolom T)Isikan kolom ini dengan Instansi Yang Mengangkat personal yang bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut:

1. Kementerian Agama 2. Pemerintah Daerah3. Kementerian Lainnya 4. Yayasan Penyelenggara Pendidikan

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 13

Page 14: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

5. Satuan Pendidikan

Contoh pengisian : jika yang mengangkat personal bersangkutan adalah yayasan penyelenggara pendidikan, maka ditulis Yayasan Penyelenggara Pendidikan.

2.2.5. Status Tugas Personal (Kolom U)

1. Status Tugas Personal (Kolom U)Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:- Jika SK Penugasan dari personal yang bersangkutan adalah sebagai Pendidik,

maka ditulis Pendidik.- Jika SK Penugasan dari personal yang bersangkutan adalah sebagai Tenaga

Kependidikan (Tata Usaha, Pustakawan, Laboran, dll), maka ditulis Tenaga Kependidikan.

2.2.6. Tugas sebagai Pendidik (Kolom V-X) : Khusus untuk Personal yang bertugas sebagai Pendidik

1. Tugas Utama Pendidik (Kolom V)Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut : - Jika sebagai guru kelompok, maka ditulis Guru Kelompok - Jika sebagai guru tematik, maka ditulis Guru Tematik

2. Kelompok Yang Diampu (Kolom W)Isikan kolom ini dengan dengan kelas yang diampu oleh personal yang bersangkutan (khusus untuk Guru Kelompok).Contoh pengisian : jika personal tersebut ditugaskan sebagai guru kelompok A, maka ditulis A.

3. Jumlah Jam Mengajar/Minggu (Kolom X)Isikan kolom ini dengan jumlah jam mengajar/minggu (untuk Guru Kelas dan Guru Mapel).Contoh pengisian : jika jumlah jam per minggu sebanyak 22 jam/minggu, ditulis 22.

2.2.7. Tugas sebagai Tenaga Kependidikan (Kolom Y) : Khusus untuk Personal yang bertugas sebagai Tenaga Kependidikan

1. Tugas sebagai Tenaga Kependidikan (Kolom Y) Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:

1. Kepala RA 2. Wakil Kepala RA3. Tata Usaha 4. Pustakawan5. Pembina Ekskul 6. Lainnya

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 14

Page 15: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

Contoh pengisian : jika bertugas sebagai Tata Usaha, maka ditulis Tata Usaha .

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 15

Page 16: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.2.8. Status Sertifikasi Personal (Kolom Z-AD)

1. Status Kepesertaan (Kolom Z)Isikan kolom ini dengan status kepesertaan dalam program sertifikasi guru dengan pilihan sebagai berikut:- Jika sudah pernah mengikuti program sertifikasi guru, maka ditulis Sudah.- Jika belum pernah mengikuti program sertifikasi guru, maka ditulis Belum.

2. Status Kelulusan (Kolom AA)Isikan kolom ini dengan status kelulusan dalam program sertifikasi guru yang pernah diikuti dengan pilihan sebagai berikut :

1. Sudah 2. Masih Proses 3. Belum

Contoh pengisian : jika sudah lulus program sertifikasi, maka ditulis Sudah.

3. NRG (Kolom AB)Isikan kolom ini dengan NRG (Nomor Register Guru) dari personal yang telah lulus sertifikasi secara lengkap. NRG ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengisian NRG ini tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

4. Tahun Lulus (Kolom AC)Isikan dengan Tahun Lulus dari personal yang telah lulus sertifikasi.Contoh pengisian : jika tahun kelulusan sertifikasi adalah 2010, maka ditulis 2010.

5. Mapel yang Disertifikasi (Kolom AD)Isikan kolom ini dengan Nama Mata Pelajaran Yang Disertifikasi dengan pilihan sebagai berikut:

1. PAI 2. Al Qur'an & Hadist3. Aqidah & Akhlak 4. Fiqih5. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) 6. PKn7. Bahasa Indonesia 8. Bahasa Daerah9. Bahasa Arab 10. Bahasa Inggris11.

Matematika 12. IPA

13.

IPS 14. Tek. Informasi & Komunikasi (TIK)

15.

Kerajinan Tangan & Kesenian 16. Penjaskes

17.

Program Keterampilan 18. Kegiatan Khusus

19.

Muatan Lokal (Mulok) 20. Ushul Fiqh

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 16

Page 17: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

21.

Hadist/Ulumul Hadits 22. Fiqh

23.

Balaghah 24. Ilmu Mantiq

25.

Ilmu Falaq 26. Ilmu Faraidh

27.

Tafsir/Ilmu Tafsir 28. Ilmu Hadist

29.

Tasawuf 30. Ilmu Kalam

31.

Praktek Ibadah 32. Doa Harian

33.

Kalimat Thoyibah 34. Huruf Hijaiyah

35.

Surat Pendek Al Qur'an 36. Kognitif

37.

Sosial Emosional/Akhlaq 38. Fisik (Motorik Halus & Kasar)

39.

Guru Kelompok 40. Lainnya

Contoh pengisian : jika mata pelajaran yang telah disertifikasi adalah Matematika, maka ditulis Matematika.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 17

Page 18: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.3. DETIL SISWA RA (FILE “SISWA RA.XLS”)

2.3.1. Identitas Raudhatul Athfal Tempat Belajar (Kolom A-G)

1. NSM RA (Kolom A)NSM RA adalah Nomor Statistik Raudhatul Athfal tempat belajar siswa yang diterbitkan oleh Kemenag Kab./Kota setempat. Nomor Statistik ini terdiri dari 12 digit angka yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.Catatan : contoh NSM RA yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 adalah 1 0 1 2 31710001 .

2. Nama Raudhatul Athfal (Kolom B)Pada kolom ini cukup tuliskan Nama Raudhatul Athfal tempat belajar siswa tanpa perlu diberi label RA atau BA. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : RA Al Hidayah, maka ditulis Al Hidayah.

3. Alamat (Kolom C)Kolom ini diisi dengan alamat lengkap lokasi keberadaan RA tempat belajar siswa (bisa berupa nama jalan, nomor dan kota, atau nama kampung, RT/RW dan kelurahan/desa).Contoh pengisian : Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756 Cibinong Bogor atau Kp. Cikeusik RT. 002/01 Desa Sukmajaya.

4. Kecamatan (Kolom D)Kolom ini diisi dengan Nama Kecamatan sesuai lokasi alamat RA tempat belajar siswa. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Kluet Selatan.

5. Kab./Kota (Kolom E)Kolom ini diisi dengan Nama Kabupaten/Kota sesuai lokasi alamat RA tempat belajar siswa. Huruf kapital digunakan hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk Kabupaten Bogor, ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor, ditulis Kota Bogor.

6. Provinsi (Kolom F)Kolom ini diisi dengan Nama Provinsi sesuai lokasi alamat RA tempat belajar siswa. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Sumatera Barat.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 18

Page 19: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

2.3.2. Informasi Pribadi Siswa (Kolom G-M)

1. NIS Lokal (Kolom G)Isikan kolom Nomor Induk Siswa Lokal ini dengan menggunakan kombinasi antara 12 digit NSM RA + 2 digit terakhir tahun masuk siswa di RA yang bersangkutan + 4 digit nomor urut siswa tersebut.Contoh pengisian : misalnya NSM RA adalah 101211160030. Jika tahun masuk salah seorang siswa adalah tahun pelajaran 2009/2010, maka 2 digit yang diambil adalah 09. Kemudian setelah diurutkan misalnya siswa tersebut mendapat nomor urut 23, maka pengisian NIS Lokal siswa tersebut adalah 101211160030090023.

2. NIS Nasional (Kolom H)Isikan kolom ini dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Contoh pengisian : 9961885158

3. Nama Lengkap Siswa (Kolom I)Isikan Nama Lengkap Siswa yang bersangkutan secara lengkap. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Agus Tri Rah arjo .

4. Tempat Lahir (Kolom J)Isikan Tempat Lahir siswa yang bersangkutan (sesuai Akte Kelahiran).

5. Tanggal Lahir Lahir (Kolom K)Isikan Tanggal Lahir siswa yang bersangkutan (sesuai Akte Kelahiran) dengan menggunakan format MM/DD/YYYY (bulan-tanggal-tahun). Contoh pengisian : jika tanggal lahir siswa 6 Mei 2004, maka ditulis 05/06/2004.

6. Jenis Kelamin (Kolom L)Isikan Jenis Kelamin siswa yang bersangkutan dengan pilihan L (untuk siswa laki-laki) dan P (untuk siswa perempuan).

7. Kelompok (Kolom M)Isikan Jenjang Kelompok dimana siswa tersebut belajar pada TP 2013/2014. Contoh pengisian : untuk siswa yang belajar di kelompok B, ditulis B.

2.3.3. Informasi Kategori Kebutuhan Khusus yang diperlukan Siswa (Kolom N-V)

1. Tuna Rungu (Kolom N)

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 19

Page 20: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami hambatan dalam pendengaran), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

2. Tuna Netra (Kolom O)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami hambatan dalam penglihatan), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

3. Tuna Daksa (Kolom P)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami hambatan secara fisik), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

4. Tuna Grahita (Kolom Q)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami hambatan secara mental), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

5. Tuna Laras (Kolom R)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

6. Lamban Belajar (Kolom S)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami kelambanan dalam memahami pelajaran dibanding siswa lain), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

7. Sulit Belajar (Kolom T)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena sering mengalami kesulitan dalam pelajaran), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

8. Gangguan Komunikasi (Kolom U)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena mengalami gangguan komunikasi), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 20

Page 21: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

9. Bakat Luar Biasa (Kolom V)Isikan kolom ini dengan pilihan Ya (jika siswa yang bersangkutan termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus karena memiliki suatu bakat yang luar biasa), atau Tidak (jika siswa tidak termasuk dalam kategori berkebutuhan khusus ini).

2.3.4. Informasi Orangtua Siswa (Kolom W-AD)

1. No. Kartu Keluarga (Kolom W)Isikan kolom ini dengan Nomor Kartu Keluarga yang dimiliki atas nama orangtua siswa yang bersangkutan. Contoh pengisian : 3203041711053312.

2. Nama Lengkap Ayah (Kolom X)Isikan kolom ini dengan Nama Lengkap Ayah dari siswa yang bersangkutan secara lengkap berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata. Contoh pengisian : Indra Gunawan, S.Si, MM.

3. Pendidikan Formal Ayah (Kolom Y)Isikan kolom ini dengan jenjang pendidikan formal terakhir ayah dari siswa yang bersangkutan, dengan pilihan:

1. SD/MI 2. SMP/MTs3. SMA/MA 4. D15. D2 6. D37. D4 8. S19. S2 10. S3

Contoh pengisian : jika ayah berpendidikan S2, maka ditulis S2.

4. Pekerjaan Ayah (Kolom Z)Isikan dengan jenis pekerjaan ayah dari siswa yang bersangkutan, dengan pilihan:

1. Tidak Bekerja 2. Pensiunan3. PNS 4. TNI/Polisi5. Pengajar Honorer 6. Karyawan Swasta7. Pengusaha 8. Pedagang Eceran9. Petani 10. Nelayan11. Pekerja Pabrik 12. Sopir/Kondektur13. Tukang Bangunan 14. Lainnya

Contoh pengisian : jika pekerjaan ayah adalah nelayan, maka ditulis Nelayan.

5. Nama Lengkap Ibu (Kolom AA)Isikan Nama Lengkap Ibu dari siswa yang bersangkutan secara lengkap berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata. Contoh pengisian : Siti Zuhroh, SE.

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 21

Page 22: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 22

Page 23: mapendalamongan.files.wordpress.com€¦  · Web viewPETUNJUK PENGISIAN DATA RAUDHATUL ATHFAL. T. AHUN . P. ELAJARAN. 2013/2014. PETUNJUK UMUM. Bacalah terlebih dahulu . P. etunjuk

6. Pendidikan Formal Ibu (Kolom AB) Isikan dengan jenjang pendidikan formal terakhir ibu dari siswa yang bersangkutan dengan pilihan:

1. SD/MI 2. SMP/MTs3. SMA/SMK/MA 4. D15. D2 6. D37. D4 8. S19. S2 10. S3

Contoh pengisian : jika ibu berpendidikan D3, maka ditulis D3.

7. Pekerjaan Ibu (Kolom AC)Isikan dengan jenis pekerjaan ibu dari siswa yang bersangkutan, dengan pilihan:

1. Ibu Rumah Tangga 2. Pensiunan3. PNS 4. TNI/Polisi5. Pengajar Honorer 6. Karyawan Swasta7. Pengusaha 8. Pedagang Eceran9. Petani 10. Nelayan11. Pekerja Pabrik 12. Lainnya

Contoh pengisian : jika pekerjaan ibu adalah Guru Non-PNS , maka ditulis Pengajar Honorer.

8. Rata-Rata Penghasilan Orangtua per Bulan (Kolom AD)Rata-rata penghasilan orangtua per bulan merupakan gabungan rata-rata penghasilan per bulan antara penghasilan ayah dan ibu. Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:

1. <= Rp 500.0002. Rp 500.001 - Rp 1 juta3. Rp 1.000.001 - Rp 2 juta4. Rp 2.000.001 - Rp 3 juta5. Rp 3.000.001 - Rp 5 juta6. > Rp 5.000.000

Contoh pengisian : jika rata-rata penghasilan orangtua siswa per bulan (gabungan ayah dan ibu) adalah Rp. 3.500.000/bulan, maka ditulis Rp 3.000.001 - Rp 5 juta .

Subbag Sistem Informasi, Setditjen Pendidikan Islam 23