tanaman hias daun

Download Tanaman Hias Daun

Post on 19-Jul-2015

238 views

Category:

Environment

7 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

TANAMAN HIAS DAUN

TANAMAN HIAS DAUNNama Anggota Kelompok : Ariesta Chavia Zagita Dita Dwi Afifah Friska Meilani Pety Fejrianti Shabrina Alifah S Shella Miliyanti PX IA 5TANAMAN HIAS ANTHURIUMDari banyaknya jenis tanaman hias, anthurium merupakan jenis tanaman hias yang sangat popular. Anthurium merupakan jenis tanaman keluarga Araceae. Tanaman anthurium memiliki kelebihan pada bagian daunnya, memiliki tampilan yang indah dan bervariasi yang membuat tanaman hias jenis daun ini memiliki banyak peminat. Nama anthurium berasal dari bahasa Yunani, yang berarti Eksotis dan menarik, bunga dari anthurium biasanya merah dan mengkilap, dedaunan hijau tua, anthurium mengesankan keramahan bunga ini cukup tahan lama dan keindahan dari bunga ini tidak dapat dipungkiri lagi. Filosofi yang hadir dari tanaman hias anthurium mewakili keindahan, keberuntungan melindungi dan melawan kejahatan. Karena filosofi dan keindahan akan anthurium tidak salah lagi jika bunga ini merupakan bunga dengan harga yang cukup mahal.

Tanaman hias daun kuping gajah

Tanaman bias daun kuping gajah merupakan tanaman hias dari jenis Anthurium crystallinum, tanaman ini memiliki daun yang sangat hijau dan berbentuk hati, dengan tekstur lembut dapan pada bagian pinggirnya berwarna silver terang.

Tanaman hias daun kuping gajah

Cara Perawatan:Untuk menanamnya sebaiknya gunakan media yang disukai Anthurium yaitu media yang berupa campuran arang sekam, pakis cacah dan humus. Tujuannya agar akar-akar dari Anthurium ini mudah untuk tumbuh dan menyebar. Penyiraman dilakukan 1 kali sehari, tetapi jika cuaca panas, boleh di siram 1 2 kali (pagi dan sore), tanaman ini tidak suka basah tetapi suka kelembapan. Air tidak boleh sampai tergenang atau becek. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit, dipotong agar tanaman tampak bersih dan menarik.

TANAMAN HIAS AGLAONEMA (SRI REJEKI)Tanaman hias lainnya yang popular adalah Aglaonema, meskipun biasanya masa trend dari tanaman ini selama 2 tahun namun tanaman hias Aglaonema masih banyak diminati oleh pecinta tanaman hias. Terlbih lagi jika ada petani bunga yang berhasil mengkombinasikan atau menyilangkan tanaman ini dengan jenis lainnya sehingga dapat melahirkan varian baru dengan corak daun yang beragam. Tanaman Aglaonema atau jenis tanaman yang lebih akrab dengan sebutan sri rejeki oleh masyarakat Indonesia memiliki beragam spesies contohnya Red Silver, Chocin, Miss Thailand, Param Ruay dari beberapa spesies tanaman Aglaonema, jenis Pink Panther merupakan jenis spesies yang harganya masih mahal. Untuk spesies lain seperti Pride of Sumatera, Donna Carmen dan Lady Valentine harganya sudah dapat dijangkau oleh banyak orang. Tanaman hias Aglaonema memiliki kelebihan pada daunnya yang unik dan bervariasi.

TANAMAN HIAS PHILODENDRON

Banyak orang memprediksikan bahwa keberadaan bunga ini akan mampu mengeser dominasi Anthurium dan Aglaonema. Tanaman hias Philodendron merupakan tanaman hias keluarga Aracea. Dalam bahasa yunani Philodendron berarti cinta tidak hanya pada daun. Philodendron memiliki batang yang unik jenis dari bunga ini cukup banyak, namun dari berbagai jenis tanaman hias Philodendron, jenis cardinal black merupakan jenis yang paling banyak digemari. Jika dibandingkan jenis bunga Aglaonema dan Anthurium, Jenis bunga Philodendron lebih murah sehingga ini dapat dijadikan tanaman hias daun alternative yang siap untuk menghiasi taman dan ruangan anda.

CARA PERAWATAN TANAMAN HIAS PHILODENDRONUntuk perawatan yang tepat, adalah penting untuk memiliki pengetahuan dasar tentang kondisi pertumbuhan bahwa tanaman ini membutuhkan. Mereka lebih umum ditemukan di hutan dan hutan, serta tepi sungai dan rawa-rawa. Jadi, di habitat alami mereka, mereka tumbuh di daerah sebagian teduh dan lembab, tapi tanah tidak basah. Untuk alasan ini, mereka berkembang dalam terang, tetapi tidak langsung atau disebarkan sinar matahari. Mereka juga dapat mentolerir kondisi cahaya rendah, meskipun dapat mempengaruhi ukuran daun mereka. Tapi tetap saja, dibandingkan dengan banyak tanaman hias lain, mereka membutuhkan lebih sedikit cahaya dan karenanya, lebih mudah untuk tumbuh dalam ruangan. Jika mereka menerima langsung sinar matahari, maka daun akan terbakar pada akhirnya. Yang ideal kisaran suhu untuk pertumbuhan tanaman ini, 60-72 derajat Fahrenheit.Mereka lebih baik dikeringkan dan tanah yang kaya. Jadi, mereka bisa ditanam di pot tanah berkualitas tinggi. Sebuah pot campuran yang ideal untuk tanaman ini dapat dibuat dengan mencampur jumlah yang sama dari gambut, pasir dan tanah liat, dan sejumlah kecil potongan arang. Jika Anda akan untuk tumbuh mereka dalam pot, kemudian pilih pot yang sedikit lebih besar dari bola akar tanaman. Jika diperlukan, repotting bisa dilakukan, ketika akar tumbuh untuk membungkus di sekitar bagian bawah panci. Pohon dapat dilakukan sekali dalam setahun selama akhir musim dingin atau awal musim semi, yaitu sebelum musim tanam. Tempatkan beberapa saham di pot untuk memberikan dukungan ke pabrik, jika berbagai pendakian philodendron.

Mereka membutuhkan tanah yang lembab untuk berkembang dan penyiraman secara teratur sangat penting untuk pertumbuhan tanaman yang sehat. Namun, selama penyiraman dapat menyebabkan menguningnya daun. Oleh karena itu, pastikan untuk air mereka hanya ketika lapisan atas tanah kering. Tapi jangan menunggu seluruh tanah mengering. Secara umum, penyiraman sekali dalam seminggu sudah cukup. Sejauh kelembaban yang bersangkutan, mereka tumbuh di lingkungan yang lembab di habitat alami mereka. Oleh karena itu, gerimis secara berkala dapat memastikan kesehatan yang lebih baik dari tanaman. Mereka tidak memerlukan banyak makan. Namun, Anda dapat menggunakan pupuk semua tujuan jika diperlukan. Tapi, lebih baik untuk mencairkan pupuk sebelum mengaplikasikannya.

Jika tumbuh dengan baik, mereka dapat menjadi tambahan yang bagus untuk rumah dan dekorasi kantor. Varietas pendakian mereka dapat melihat khusus luar biasa dalam keranjang menggantung. Namun, tanaman ini beracun. Mereka berisi kristal kalsium oksalat, yang mengunyah bagian tanaman dapat menghasilkan sensasi terbakar di mulut, dan menyebabkan pembengkakan pada lidah, mulut dan kerongkongan. Tanaman ini juga beracun untuk hewan peliharaan, dan sebagainya, lebih baik untuk menjauhkan mereka dari tanaman ini.

TANAMAN HIAS DAUN SANSEVIERIA

Tanaman hias bunga Sansevieria memiliki model yang indah serta akarnya sangat kuat dalam mencegah erosi. Tanaman jenis ini harganya juga cukup tinggi, lekukan pada bagian daunnya membuatnya terlihat seksi, tanaman jenis ini sempat diburu oleh para pecinta bunga , bentuknya yang unik dan langka akan membuatnya semakin mahal di pasaran. Tanaman Sansevieria juga dikenal dengan sebutan lidah mertua. Mungkin yang menamakan tanaman ini lidah mertua karena bentuknya yang panjang yang menggambarkan mertua yang cerewet.Dibalik bentuknya daunnya yang panjang menjulur, tanaman Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias daun yang mampu menyerap racun dari udara atau yang dikenal dengan sebutan polutan, tanaman ini mampu membersihkan, menyerap dan menetralisir polutan di udara.

Dalam bahasa inggris tanaman ini dikenal dengan sebutan tanaman hias snake plant, mother-in-laws tongue, devils tongue, dibalik nama-namanya yang buruk tanaman ini memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan, yah mungkin sama dengan para mertua yang selalu memberikan kebahagiaan pada anak dan menantunya.

TANAMAN HIAS DAUN PURING

Tanaman puring atau dalam bahasa latinnya Codiaeum variegatum meruakan tanaman hias yang sangat populer. Tanaman purin juga di kenal dengan sebutan kroton yang banyak ditemui di pekarangan. Tanaman ini memiliki warna daun yang beragam merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Bentuk daun dari tanaman purin panjang oval dan bergelombang. Meskipun tanaman ini dulunya dainggap tidak berharga namun kini tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup lumayan dan akan banyak anda temukan jenis tanaman ini di perumahan-perumahan mewah. Jenis tanaman purin yang banyak menjadi incaran adalah jenis Red Aple, Logam, Oscar, Puring Anting Raja, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga dan jenis purin kura.

TANAMAN HIAS DAUN NEPENTHES ATAU KANTUNG SEMAR

Tanaman hias daun Nepenthes atau di Indonesia lebih dikenal dengan kantong semar merupakan jenis tanaman hias daun yang termasuk dalam familia monotipik tanaman ini memiliki banyak jenis, terdapat sekitar 200 jenis tanaman Nepenthes. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik memiliki kantong yang dapat menangkap serangga dan di plau Kalimantan merupakan daerah yang paling banyak memiliki jenis tanaman Nepenthes. Tanaman kantong semar Semar termasuk keluarga monotypic. Tanaman ini dulu banyak tumbuh di gunung dan kini banyak di pelihara di perumahan-perumahan mewah.Tanaman Kntong semar memiliki fungsi ganda, selain berfungsi sebagai hiasan juga dapat berfungsi sebagai pembasmi serangga. Tanaman Nepenthes memiliki kantong unik dan bercorak, mahalnya harga tanaman hias ini membuatnya sebagai tanaman yang banyak diburu di hutan Kalimantan.

TANAMAN HIAS DAUN KADAKA

Tahun lalu dari trand tanaman anthurium beralih ke tanaman hias daun Kadaka, ini merupakan jenis tanaman khas Indonesia berdaun tebal yang dapat ditemukan di hutan, hutan, tanaman ini dulunya banyak yang menganggapnya sebagai tanaman yang tidak berharga namun pada akhirnya tanaman ini diburu oleh banyak orang karena keindahannya. Banyak sekali jenis tanaman kadaka diantaranya yang laris di took-toko bunga adalah jenis Kadaka keriting, kadaka osaka dan kadaka ular. Tanaman ini merupakan tanaman jenis pakis dan biasa disebut sebagai pakis sarang burung, daun dari kadaka dapat tumbuh besar mencapai 25-35 cm berbentuk seperti bulu ayam besar yang halus. Letak keunikan dari tanaman hias daun kadaka adalah keunikan akan bentuk dan ukuran daun, semakin besar

Recommended

View more >