tanaman hias bougenville

Click here to load reader

Download Tanaman Hias Bougenville

Post on 09-Jan-2017

974 views

Category:

Environment

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Tanaman Hias Bougenvil

BougenvilleTanaman Hias Bunga

KELOMPOK IAlif ReinaldiDimas AndikaElvira FebrianiDinda Ayu WidianiFanny Kurniawati PutriSri IndrianiSuci Wulandari

BOUGENVILLEBunga bougenville (Bougainvillea) atau disebut bunga kertas adalah tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah. Berasal dari Amerika Selatan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna.

Perawatan Bougenville mudah, tidak memerlukan waktu yang lama karena spesies tumbuhan ini sangat sesuai ditanam di kawasan beriklim tropis dan khatulistiwa dan bisa tumbuh hingga 10 meter tingginya. Batang tanaman bunga ini agak keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang-cabang.Selain itu, tanaman ini juga mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar dan berbentuk bujur tirus yang mampu membentuk rimbunan pokok di kawasan halaman rumah atau juga sebagai tumbuhan pagar di kawasan yang menarik.

Cara Membudidayakan Bougenville

Mencangkok BougenvilleBerikut caranya :Pilih batang utama untuk bibit. Pilih tangkai dengan ukuran yang tepat dan mempunyai daun yang tidak terlalu rimbun, pilihlah batang yang telah cukup tua, ditandai dengan batang yang beralur dan terdapat bercak.Kupas tangkai secara melingkar hingga lapisan kambium dengan panjang kurang lebih 10 cm. Bungkus dengan tanah dan humus, dan dibiarkan kurang lebih 3 minggu agar tumbuh akar pada cangkokan tersebut.Jika tangkai yang dicangkok telah tumbuh akar dan bertunas, potong cangkokan tersebut dengan potongan miring tajam.

4. Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Media tanam tersebut dimasukkan dalam pot yang mempunyai kedalaman 30 cm. Masukkan cangkokan bougenville tersebut sedalam 10 cm setelah bungkus cangkok dibuka dengan hati-hati.5. Jika telah tumbuh tunas baru, biarkan tumbuh. Jika ingin membuat tanaman bougenville ini mempunyai bunga beraneka warna, potong tunas muda tersebut dengan potongan miring, kemudia sambung dengan tunas dari jenis bunga bougenville yang lain. Pastikan sambungan terikat kuat dan dalam posisi yang tepat. Tutup sambungan dengan plastik agar tidak kemasukan air. Kurang lebih 15 hari, tunas tersebut telah tersambung dengan baik,

Perawatan bunga bougenville sangat mudah. Lakukan pemangkasan secara teratur untuk membentuk atau menjaga penampilan tanaman. Pemupukan sebenarnya bukan sebuah keharusan. Banyak bunga bougenville yang tumbuh dengan baik meskipun tidak pernah dipupuk. Hanya saja, tempatkan tanaman ini pada area yang mendapat sinar matahari langsung. Kecukupan suplai air melalui penyiraman akan membuat tanaman ini tumbuh subur.

Memperbanyak Bougenville dengan Cara Stek1. Potong tangkai secara miring dan tajam. Siapkan media tanam berupa gabungan tanah gembur dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Lalu masukkan ke dalam pot yang berukuran kedalaman 30 cm.2. Masukan batang stek sedalam kira kira 10 cm ke dalam adonan tanah, dengan bagian runcing menghadap ke dalam atau di bawah.

3. Pakailah pupuk ZPT untuk mengoptimalkan pertumbuhan.4. Gunakan pagar bambu untuk menjaga posisi batang tetap tegak dan lindungi dari sinar matahari di siang hari, namun pada pagi hari biarkan bibit baru ini mendapat pancaran teduh dari sinar matahari pagi selama kurang lebih 2 jam. Pada hari ke 10 akan muncul tunas dan akar muda.

Mengkreasikan Bunga BougenvilleTunas tunas pada bibit bagian batang bawah bisa di sambung dengan tangkai tangkai muda dari jenis Bougenville lain sehingga akan menghasilkan aneka bunga yang berwarna warni.Caranya menyambung tunas Bougenville adalah:1. Memotong miring pucuk tunas muda dari salah satu pohon Bougenville aneka warna. Lalu sambungkan dengan tunas muda pada batang bawah di atas, pastikan sambungan cukup tepat dan tidak longgar.2. Ikat dengan erat dan tutup dengan plastik basah atau sabut kulit kelapa. Gantilah plastik setiap 4 hari sekitar 15 hari. Tunggu sampai sambungan ini menjadi kokoh dan mengeras, barulah anda melepas plastik pada sambungan.

Kreasi Bunga Tanaman Hias Bougenville

Merawat Tunas Bougenville1. Untuk perawatan pasca penyambungan, kurangi suplai air atau dihentikan sama sekali suplai air selama beberapa hari agar daun daun mudah mengering.2. Daun mulai mengering dan rontok dalam waktu 3 4 hari. Sisa dari daun daun rontok inilah yang akan menjadi cikal bakal pembentukan bunga baru. Setelah daun rontok, siram kembali pohon Bougenville. Fungsinya sebagai pemancing dan mempercepat tumbuhnya bunga.3. Bunga Bougenville membutuhkan suplai sinar matahari dengan intensitas cukup tinggi untuk memudahkan proses fotosintesis. Sebaiknya letakkan tanaman ini di tempat terbuka yang mudah terkena sinar matahari.

4. Anda dapat mulai menata tampilan rumpun bunga Bougenville dengan cara rutin memangkasnya sesuai bentuk yang diinginkan. Pemangkasan secara berkala adalah sangat baik untuk memunculkan bunga yang rimbun secara optimal.5. Pemupukan sebenarnya bukan hal penting, namun bunga Bougenville mudah tumbuh merumpun jika memperoleh suplai pupuk yang cukup. Kecukupan pupuk dapat membantu menutrisi tanaman sehingga mengaktifkan tanaman untuk segera berbunga dengan lebat.

CARA MENANAM BOUGENVILLE DI DALAM POT1. Kurangi ranting dan daunnya (bisa di potong sesuai dengan bentukan yang diinginkan)2. Akar dipotong sesuai kebutuhan, sehingga sesuai dengan volume pot yang digunakan.3. Siapkan Media dengan campuran tanah,pasir/ sekam padi, pupuk kandang/kompos (perbandingan2:1:1)4. Sebelum di tanam sebaiknya bagian akar/ pangkal batang di rendam zat perangsang tumbuh akar misalnya Rootone-F

5. Padatkan media kemudian lakukan penyiraman sampai jenuh6. Jika anda menanam hanya 1, simpan di tempat yang tidak kena sinar matahari, namun jika banyak sebaiknya membuat sungkup dari plastik sehingga walau sinar matahari masuk kelembabannya tetap erjaga7. Setelah tumbuh tunas keluarkan tanaman dari sungkup8. Berikan terlebih dahulu pupuk daun

Sumberhttp://bitofknittery.com/cara-menanam-dan-merawat-bunga-bougenville/345/http://www.teruskan.com/39480/teknik-budidaya-bunga-bougenville.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Bougenvillehttp://teknologi--tepat-guna.blogspot.com/2013/08/cara-membungakan-dan-menanam-bougenvil.html

Terimakasih Kepada:

Allah SWTOrangtua kamiIbu Sri X IPS 3 (MIX3GA MAGISTRA)Sumber-sumber