strategi pemasaran hasil pertanian

Download Strategi Pemasaran Hasil Pertanian

Post on 18-Jul-2015

995 views

Category:

Internet

8 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PowerPoint Presentation

MARUFMARTEN DUMGAIRMATHEUS BOLI SEKANGNURDINOMRI BIN MIKAEL

STRATEGI PEMASARAN HASIL PERTANIAN

Strategi Pemasaran Hasil Pertanian

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan Produk Pertanian.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran (marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).

Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.Pengertian Hasil Pertanian

Hasil pertanian adalah produk yang diperoleh atau hasil panen dari usaha bercocok tanam, peternakan, perikanan dan juga kehutanan baik dalam bentuk segar maupun dalam bentuk olahan5Permasalahan Spesifik Pemasaran hasil Pertanian

1. Karakteristik hasil pertanianMudah rusak (perishability), musiman, butuh ruang yang banyak (bulkiness), dan tidak seragam (non homogenity)2. Jumlah produsen60 juta petani menghasilkan berbagai produk pertanian yang berbeda dengan jumlah yang relatif kecil3. Karakteristik konsumenKarakteristik konsumen yg brbeda ditunjukkan oleh permintaan individu yg berbeda dan dapat berubah sepanjang waktu4. Perbedaan tempatHarga produk pertanian bervariasi antar daerah; petani sulit mengikuti perkembangan harga karena keterbatasan transportasi, informasi, dsb.5. Efisiensi pemasaranSetiap produk sebisa mungkin dijual dengan biaya terendah.

FUNGSI FUNGSI PEMASARAN

Fungsi Pemasaran : kegiatan utama yang khusus dilaksanakan untuk menyelesaikan proses pemasaran.

Klasifikasi Fungsi Pemasaran :

1. FUNGSI PENYIMPANANAlasan utama produk2 pertanian perlu penyimpanan:Produk bersifat musiman, perlu keseimbangan antara periode panen dan periode paceklik.Adanya permintaan untuk produk2 yg berbeda sepanjang tahun dan konsumen bersedia membayar biaya penyimpanan agar produk tersedia sepanjang tahun.Perlu waktu untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen.Perlu carryover stocks (stok persediaan) u/ musim berikutnya.

FUNSI FUNSI PEMASARAN

Umumnya, penyimpanan dalam jangka waktu yang lama menyebabkan kualitas bahan pangan menurun dan pengurangan berat (menyusut) sehingga jadi lebih tidak menguntungkan.

Namun ada juga produk-produk pertanian yang mengalami perbaikan melalui penyimpanan, seperti keju dan anggur.

Kondisi yg perlu dipertimbangkan dalam penyimpanan: Penyimpanan sangat penting dilakukan u/ komoditi yang dipanen & dipasarkan dalam jangka waktu pendek.Penyimpanan kurang begitu penting u/ produk2 yg dipasarkan sepanjang tahun & melimpah pada waktu tertentu.Penyimpanan semakin kurang penting u/ produk2 yg dipasarkan dalam kuantitas yg relatif seragam sepanjang tahun.FUNGSI FUNGSI PEMASARAN

b. Area Pasar yang DilayaniPetani/produsen akan mengirimkan produk-produk mereka ke tempat yang menawarkan harga bersih tertinggi (harga dikurangi biaya transportasi).

c. Bentuk Produk yang DipasarkanAkan semakin murah memindahkan produk yg diproses (processed product) jika terletak di daerah produksi mentah. Contoh : pabrik2 pengolahan susu menjadi mentega / keju biasanya terletak di wilayah produksi susu.

Produk2 dengan biaya transportasi tertinggi akan diproduksi di daerah yang paling dekat dengan pasar. Contoh : penyuplai susu cair. Urutan dari zona terdekat sampai terjauh :

Penyuplai susu cairPenyuplai creamPenyuplai mentega/ kejuFUNGSI FUNGSI PEMASARAN

2. FUNGSI TRANSPORTASITujuan utama: menjadikan suatu produk berguna dengan memindahkannya dari tempat proses produksi (produsen) ke konsumen. Perhatian utamanya waktu dan biaya.

Faktor2 yang mempengaruhi biaya transportasi :a. Jarak antara Lokasi Produksi dan KonsumenBiaya transportasi per unit produk

JarakKereta apiKapalbac5 Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan

1Mengenali PelangganLakukan identifikasi terhadap target pasar anda. Misalnya, jika usaha anda bergerak dalam pemasaran fashion Korea, anda bisa membidik kalangan remaja yang identik dengan demam Korea.

Jika usaha anda bergerak dalam pemasaran sepatu, anda bisa membidik para wanita dengan rentang umur 20-35 tahun. Identifikasi yang tepat dapat mempermudah anda dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan menghindarkan anda dari pembuangan biaya dan waktu yang sia-sia.

3Melakukan Promosi

3Memilih Lokasi Yang Strategis

Pemilihan lokasi tersebut merupakan salah satu strategi kita untuk menjaring pelanggan. Karena itu, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan tepat agar usaha kita dapat dijangkau oleh pelanggan.143Menggunakan Internet Marketing

Anda dapat menampilkan produk usaha anda pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen. Dengan menggunakan internet marketing, anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

4Menjalin Hubungan Dengan Konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhiryang harus andapegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

SUKSES SELALU

SUKSES SELALU