sosiologi kelas x (2)

Click here to load reader

Post on 23-Jan-2017

184 views

Category:

Education

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

Members:

Bella Salsabillah Diffa Mulki S Mindo Joshua M. Dede Ramadhan M. Herdyan Mayfiando Oscar Yuda Daud

PengertianPerilaku menyimpang adalah Perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.PERILAKU MENYIMPANG

Bentuk Menurut Edwin M. Lemert, penyimpangan terbagi menjadi 2 bentuk :Perilaku Menyimpang Primer (primary peviation)Penyimpangan yang masih dapat diterima di masyarakat.Contoh : Menunggak bayaran SPP, membuang sampah sembarangan.

Perilaku Menyimpang Sekunder (secondary peviation)Penyimpangan yang tidak bisa ditolerir, sudah mengarah pada kriminalitas.Contoh : Pemerkosaan, pembunuhan, perampokan.

Menurut Pelakunya, penyimpangan terbagi menjadi 2 :Individu Penyimpangan yang dilakukan oleh individu.Contoh : Berbohong, bandel.

Kelompok Penyimpangan yang dilakukan oleh kelompok.Contoh : Aksi terorisme.

Sebab Sosialisasi yang Tidak SempurnaPerilaku menyimpang tersebut di sebabkan oleh lingkungan terdekat disekitar. Ciri prosesnya, 1). Keluarga broken home 2). Perilaku & sifat orang tua 3). Lingkungan hunian yang ideal atau nyaman

Sosialisasi Subkultur MenyimpangPerilaku yag dinilai bertentangan dengan tata tertib masyarakat.Contoh : Kelompok penjudi, pemakai narkoba

Longgar/Tidaknya Nilai dan NormaNorma dan nilai sosial yang berlaku di suatu masyarakat akan berbeda dengan norma dan nilai sosial masyarakat yang berlaku pada tempat lain.

Teori

TEORI ANOMIERobert K. Merton menganggap anomie (kekacauan) disebabkan karena adanya ketidak harmonisan antara tujuan budaya dengan cara cara yang dipakai. Individu melakukan perilaku menyimpang karena keterpaksaan.

TEORI DIFFERENTIAL ASSOCIATIONMenurut Edwin H. Sutherland, penyimpangan bersumber pada pergaualan yang berbeda, bergaul dengan orang orang yang menyimpang.

TEORI KONTROLTravis Hirschi menganggap bahwa teori ini dibangun atas dasar pandangan bahwa manusia cenderung tidak patuh pada norma dan melakukan pelanggaran.

TEORI LABELINGMenurut Edwin M. Lemert, seseorang menjadi menyimpang karena proses labeling berupa julukan. Karena tanggapan orang lain dengan cap negatif kepada dirinya, dan ia menganggap bahwa dirinya menyimpang, dan akhirnya ia pun menganut gaya hidup menyimpang.

THANKYOU