sistem informasi supplier barang industri pada pt...

11
1 SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT. VICTORINDO INTI CEMERLANG MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN DELPHI 2007 DAN SQL SERVER 2008 Yuliani Ahda Jurusan Sistem Informasi STMIK PalComTech Palembang Abstrak PT. Victorindo Inti Cemerlang dalam mengolah data supplier barang indsutri menggunakan Ms. Excel 2007, sistem seperti akan mempersulit dalam memeriksa data. Sistem Informasi Supplier Barang Industri digunakan untuk mempermudah PT. Victorindo Inti Cemerlang dalam mengolah data sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan. Rancangan Sistem Informasi Supplier Barang Industri pada PT. Victorindo Inti Cemerlang ini dibuat dengan menggunakan alat bantu pengembangan DFD yang merupakan alat bantu yang dapat menggambarkan arus data di dalam sistem dengan jelas, ERD yang menggambarkan beberapa file yang digunakan dalam sistem tersebut. Dalam penulisan ini telah dihasilkan sistem informasi supplier barang industry pada PT. Victorindo Inti Cemerlang. Sistem tersebut digunakan untuk membantu sistem informasi PT. Victorindo Inti Cemerlang serta menghasilkan laporan yang diperlukan oleh pengguna berupa laporan data permintaan penawaran, laporan surat penawaran, laporan surat pesanan, laporan data pembayaran, laporan data barang masuk, laporan data order pembelian, laporan permintaan pembelian. Kata kunci : Supplier Barang Industri, Delphi 2007 PENDAHULUAN PT. Victorindo Inti Cemerlang merupakan perusahaan pemasok, terutama barang barang industri yang didirikan pada tahun 2008. PT. Victorindo Inti Cemerlang terletak di Jl. Kutilang 1 No 11 D Rt 022 Rw 005 Palembang. PT. Victorindo Inti Cemerlang terdiri atas beberapa bagian yakni bagian pembelian, bagian pemasaran, bagian pembukuan, administrasi, logistik, bagian pembayaran dan driver. PT. Victorindo Inti Cemerlang sebagai pemasok barang industri telah melayani berbagai macam permintaan pelanggan seperti pengadaan plat besi lembaran, trolly industri, plate grid mesh, besi siku, pipa seamless dan lain sebagainya. Tabel 1.1 Data Paket Pekerjaan Perusahaan PT. Victorindo Inti Cemerlang pada 2012. No. Paket Pekerjaan Jumlah 1. Plate Bending Creusabro 8000 2 unit 2. Torishima Pump Eta 125 x 100 - 400 7 unit 3. Pipa Seamless A321 TP 316/316L 9 unit 4. Shaft Torishima SUS 420 4 unit 5. Hydrolic Hand Pallet KW 05 - 45 43 unit 6. Cotton Glove MSG 187 unit Total 252 unit Sumber : PT. Victorindo Inti Cemerlang 2012. Sistem yang digunakan pada PT. Victorindo Inti Cemerlang dalam pengolahan data supplier barang industri masih menggunakan Microsoft Excel 2007, sistem seperti ini akan sulit untuk melakukan evaluasi hasil kerja yang berguna untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan. Disamping itu, dari segi isi laporan yang digunakan oleh PT. Victorindo Inti Cemerlang banyak terdapat kolom kolom yang kosong dan tidak terpakai atau tidak diisi,

Upload: dothien

Post on 22-Mar-2019

231 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

1

SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT. VICTORINDOINTI CEMERLANG MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN

DELPHI 2007 DAN SQL SERVER 2008

Yuliani AhdaJurusan Sistem Informasi

STMIK PalComTech Palembang

Abstrak

PT. Victorindo Inti Cemerlang dalam mengolah data supplier barang indsutri menggunakanMs. Excel 2007, sistem seperti akan mempersulit dalam memeriksa data. Sistem InformasiSupplier Barang Industri digunakan untuk mempermudah PT. Victorindo Inti Cemerlang dalammengolah data sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan.Rancangan Sistem Informasi Supplier Barang Industri pada PT. Victorindo Inti Cemerlang inidibuat dengan menggunakan alat bantu pengembangan DFD yang merupakan alat bantu yangdapat menggambarkan arus data di dalam sistem dengan jelas, ERD yang menggambarkanbeberapa file yang digunakan dalam sistem tersebut. Dalam penulisan ini telah dihasilkansistem informasi supplier barang industry pada PT. Victorindo Inti Cemerlang. Sistem tersebutdigunakan untuk membantu sistem informasi PT. Victorindo Inti Cemerlang serta menghasilkanlaporan yang diperlukan oleh pengguna berupa laporan data permintaan penawaran, laporansurat penawaran, laporan surat pesanan, laporan data pembayaran, laporan data barangmasuk, laporan data order pembelian, laporan permintaan pembelian.Kata kunci : Supplier Barang Industri, Delphi 2007

PENDAHULUAN

PT. Victorindo Inti Cemerlang merupakan perusahaan pemasok, terutama barangbarang industri yang didirikan pada tahun 2008. PT. Victorindo Inti Cemerlang terletak di Jl.Kutilang 1 No 11 D Rt 022 Rw 005 Palembang. PT. Victorindo Inti Cemerlang terdiri atasbeberapa bagian yakni bagian pembelian, bagian pemasaran, bagian pembukuan,administrasi, logistik, bagian pembayaran dan driver. PT. Victorindo Inti Cemerlang sebagaipemasok barang industri telah melayani berbagai macam permintaan pelanggan sepertipengadaan plat besi lembaran, trolly industri, plate grid mesh, besi siku, pipa seamless danlain sebagainya. Tabel 1.1 Data Paket Pekerjaan Perusahaan PT. Victorindo Inti Cemerlangpada 2012.

No. Paket Pekerjaan Jumlah1. Plate Bending Creusabro 8000 2 unit

2. Torishima Pump Eta 125 x 100 - 400 7 unit

3. Pipa Seamless A321 TP 316/316L 9 unit

4. Shaft Torishima SUS 420 4 unit5. Hydrolic Hand Pallet KW 05 - 45 43 unit

6. Cotton Glove MSG 187 unit

Total 252 unitSumber : PT. Victorindo Inti Cemerlang 2012.

Sistem yang digunakan pada PT. Victorindo Inti Cemerlang dalam pengolahan datasupplier barang industri masih menggunakan Microsoft Excel 2007, sistem seperti ini akansulit untuk melakukan evaluasi hasil kerja yang berguna untuk perbaikan dan peningkatanmutu pelayanan. Disamping itu, dari segi isi laporan yang digunakan oleh PT. Victorindo IntiCemerlang banyak terdapat kolom kolom yang kosong dan tidak terpakai atau tidak diisi,

Page 2: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

2

seharusnya isi laporan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga laporan yang dihasilkan lebihrapi. Sistem semacam ini juga akan mempersulit untuk memeriksa data permintaan barangindustri antara yang telah terpenuhi dan yang belum terpenuhi.

LANDASAN TEORI

Sistem InformasiMenurut Fatta (2007:9), Sistem Informasi adalah suatu alat untuk menyajikan

informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya.

Konsep Dasar Pemasok/SupplierMenurut Daryanto (2011:110), Tujuan utama dari pemasaran adalah meningkatkan

kesadaran (akan keberadaan) produk (barang) atau jasa yang ditawarkan perusahaan dikalangan khalayak maupun pasar segmen.

Konsep Dasar Delphi 2007Menurut Tim Wahana Komputer (2009:2), Delphi 2007 adalah salah satu software

aplikasi pemrograman yang menduduki peringkat 50 besar dunia dikarenakan Delphimempunyai banyak fasilitas dan mudah dipelajari dan digunakan. Program Delphi 2007adalah sebuah program untuk membuat aplikasi aplikasi berbasis Windows. Aplikasi berbasisWindows merupakan aplikasi yang dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows.

Konsep Dasar SQL Server 2008Menurut Tim Wahana Komputer (2010:2), SQL Server 2008 adalah sebuah terobosan

baru dari Microsoft dalam bidang database. SQL Server adalah sebuah DBMS (DatabaseManagement System) yang dibuat oleh Microsoft untuk ikut berkecimpung dalam persaingandunia pengolahan data menyusul pendahulunya seperi IBM dan Oracle.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Pemodelan Kebutuhan fungsionalStatement of Purpose (Ruang Lingkup)

Ruang lingkup sistem ini meliputi pengolahan data induk barang, pengolahan datainduk pelanggan, mencatat data penawaran, mencatat data persediaan, mencatat datapembayaran serta pembuatan laporan. Pemakai perangkat lunak ini adalah BagianAdministrasi, Bagian Logistik, Bagian Pembayaran.

Data Flow Diagram (DFD)DFD merupakan alat yang dapat menggambarkan arus data didalam sistem dengan

terstruktur dan jelas. Lebih lanjut DFD juga merupakan dokumentasi dari sistem yang baik.Langkah-langkah dalam membuat data flow diagram dibagi menjadi beberapa tahap atautingkatan konstruksi DFD, yaitu sebagai berikut :

Diagram KonteksDiagram konteks adalah diagram yang menggambarkan bagian besar dari aliran arus

data aplikasi pengolahan data jasa konstruksi bangunan pada PT. Victorindo Inti Cemerlang,dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Page 3: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

3

Gambar 1. Diagram Konteks

Diagram Level 0Diagram level 0 adalah diagram yang menujukkan semua proses utama yang

menyusun keseluruhan sistem, diagram ini dapat dilihat pada gambar 2.

Page 4: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

4

Gambar 2. Diagram Level 0

Diagram Level 1 Proses 1Diagram level 1 diciptakan dari setiap proses utama dari level 0. Level ini

menunjukkan proses-proses internal yang menyususn setiap proses-proses utama dalam level0. Diagram ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Page 5: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

5

Gambar 3. Diagram Level 1 Proses 1

Entity Relationship Diagram (ERD)Berikut ini adalah gambar Entity Relationship Diagram (ERD) yang berisi komponen

himpunan entitas dan himpunan relasi. Diagram ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Gambar 4. Entity Relationship Diagram

Page 6: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

6

Hasil RancanganMenu Form Login

Menu merupakan form yang digunakan pengguna dalam proses pembuatan sisteminformasi supplier barang industri pada PT. Victorindo Inti Cemerlang, terdiri dari :

Form Menu Login UserForm Menu login user merupakan tampilan password, dan hak akses yang berfungsi

untuk menjaga kerahasiaan data PT. Victorindo Inti Cemerlang. Adapun tampilan form menulogin user seperti pada gambar 5.

Gambar 5. Tampilan Form User Login

Tampilan Form Menu SupplierMasukan data supplier ini berfungsi untuk memasukkan data supplier pada PT.

Vicorindo Inti Cemerlang, adapun masukan supplier seperti gambar 6. berikut ini:

Gambar 6. Tampilan Form Supplier

Page 7: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

7

Tampilan Form Menu LogistikMasukan barang ini berfungsi untuk memasukkan data barang pada PT. Victorindo

Inti Cemerlang, adapun masukan barang seperti gambar 7. berikut ini:

Gambar 7. Tampilan Form Barang

Tampilan Form Menu Permintaan PenawaranMasukan permintaan penawaran ini berfungsi untuk memasukkan data permintaan

penawaran, adapun masukan permintaan penawaran seperti gambar 8.

Gambar 8. Tampilan Form Permintaan Penawaran

Tampilan Form Menu Surat PenawaranMasukan surat penawaran ini berfungsi untuk memasukkan data surat, adapun

masukan surat penawaran seperti gambar 9. berikut ini:

Page 8: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

8

Gambar 9. Tampilan Form Surat Penawaran

Tampilan Form Menu Surat PesananMasukan surat pesanan ini berfungsi untuk memasukkan data surat pesanan pada PT.

Victorindo Inti Cemerlang adapun masukan surat pesanan seperti gambar 10. berikut ini:

Gambar 10. Tampilan Form Surat Pesanan

Tampilan Form Menu PembayaranMasukan pembayaran ini berfungsi untuk memasukkan data pembayaran pada PT.

Victorindo Inti Cemerlang, adapun masukan pembayaran seperti gambar 11. berikut ini:

Page 9: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

9

Gambar 11. Tampilan Form Pembayaran

Tampilan Form Menu Barang MasukMasukan barang masuk ini berfungsi untuk memasukkan data barang masuk pada PT.

Victorindo Inti Cemerlang, adapun masukan barang masuk seperti gambar 12 berikut ini:

Gambar 12. Tampilan Form Barang Masuk

Tampilan Form Menu Permintaan PembelianMasukan permintaan pembelian ini berfungsi untuk memasukkan data permintaan

pembelian, adapun masukan permintaan pembelian seperti gambar 13.

Page 10: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

10

Gambar 13. Tampilan Form Permintaan Pembelian

Tampilan Form Menu Order PermintaanMasukan order pembelian ini berfungsi untuk memasukkan data order, adapun

masukan order pembelian seperti gambar 14. berikut ini:

Gambar 14. Tampilan Form Order Pembelian

PENUTUP

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan serta analisa dan pembahasan yangtelah diuraikan tentang Sistem Informasi Supplier Barang Industri pada PT. Victorindo IntiCemerlang terdapat beberapa masalah sebagai berikut: Pengolahan data pada PT. VictorindoInti Cemerlang sebelumnya menggunakan Microsoft Excel 2007 dimana sistem inimempersulit PT. Victorindo Inti Cemerlang dalam melakukan evaluasi hasil kerja gunapeningkatan mutu pelayanan, disamping itu sistem seperti ini juga mempersulit melakukanpemeriksaan antara permintaan yang telah terpenuhi dan yang belum terpenuhi dan Sisteminformasi yang baru dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data supplier barangindustri, memberikan informasi yang cepat mengenai data supplier dan menghasilkan laporanyang dibutuhkan oleh PT. Victorindo Inti Cemerlang secara cepat dan akurat.

Page 11: SISTEM INFORMASI SUPPLIER BARANG INDUSTRI PADA PT ...news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2014/10/Jurnal_Yuliani_Adha...Konsep Dasar SQL Server 2008 Menurut Tim Wahana Komputer (2010:

11

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, 2012. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung : CV. Yrama Widya

Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. AndiOffset

Tim Wahana Komputer.2009. Aplikasi cerdas menggunakan Delphi. Yogyakarta: CV.Andi Ofset

Tim Wahana Komputer. 2010. SQL Server 2008 Express. Semarang: CV. Andi Ofset