sintesis protein

Click here to load reader

Post on 25-Jun-2015

877 views

Category:

Documents

21 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Sintesis Protein1. 2.

Transkripsi Translasi

Mekanisme Sintesis Protein

Bahan baku utama sintesis protein adalah gen Gen dalam bentuk DNA terdapat di dalam nukleus, sedangkan sintesis protein terjadi di ribosom. Jadi, DNA memerlukan perantara yang dapat membawa pesan ke ribosom Perantara tersebut adalah RNAd yg dihasilkan melalui transkripsi. Kemudian, pesan yang dibawa RNAd akan diterjemahkan oleh RNAt dalam proses translasi

1. Transkripsi

1. 2. 3.

Transkripsi adalah proses sintesis RNA yang menggunakan DNA sebagai cetakan Proses ini terjadi di nukleus. Dan berlangsung melalui 3 tahap. Inisiasi (permulaan) Elongasi (pemanjangan) Terminasi (penghentian)

Inisiasi Transkripsi diawali dengan melekatnya RNA polimerase pada bagian yang disebut promotor. Transkripsi hanya terjadi di sepanjang rentangan DNA tertentu yang disebut unit transkripsi. Elongasi Enzim RNA polimerase bergerak di sepanjang unit transkripsi DNA dan membuka double helix DNA, lalu menambahkan nukleotida di ujung 3 molekul RNA sehingga pada sintesis RNA berlangsung, double helix DNA terbentuk kembali. Terminasi Transkripsi berlangsung hingga RNA polimerase sampai ujung pita DNA (terminator).

Lalu RNA polimerase lepas dan RNAd yang terbentuk juga dilepaskan dari cetakan. RNA yang dihasilkan meninggalkan nukleus menuju ribosom.

2. Translasi

Translasi adalah proses penerjemahan urutan nukleotida atau kodon yang ada pada molekul RNAd menjadi rangkaian asam-asam amino yang menyusun suatu polipeptida atau protein. Penerjemahnya adalah RNAt. RNAt berfungsi mentransfer asam amino dari sitoplasma ke ribosom

Proses Translasi

Setelah RNAd ditranskripsikan, RNAd meninggalkan nukleus dan menuju ribosom di sitoplasma. Setelah sampai di ribosom, 3 nukleutida dari RNAt (antikodon) berpasangan dengan 3 basa dari RNAd (kodon). Informasi genetik akan ditranslasi kodon demi kodon. RNAt bergantian datang sambil membawa asam amino. Asam amino tersebut ditambahkan pada rantai polipeptida. RNAt yang telah melepaskan asam amino, kembali ke sitoplasma untuk mengulangi fungsinya.

Proses translasi juga melalui 3 tahap, yaitu inisiasi, elongasi dan terminasi

Proses inisiasi meliputi peletakan subunit ribosom kecil ke RNAd dan molekul RNAt met (metionin) berpasangan dengan kodon AUG (kodon start). Pada subunit ribosom besar, memiliki 3 sisi pelekatan: P untuk peptida, A untuk asam amino, E untuk tempat keluar RNAt. Pada proses elongasi, RNAt yang sesuai masuk ke sisi A. polipeptida pindah ke asam amino dari RNAt. Kemudian, RNAd dan RNAt yang membawa peptida bergeser ke sisi P. RNAt lama pindah ke sisi E. Proses terminasi terjadi ketika mencapai kodon stop. kodon stop tidak mengkode suatu asam amino tetapi hanya sebagai tanda untuk menghentikan translasi.

Watch this video

Kode GenetikaSuatu pengkodean urutan triplet basa nitrogen DNA dan RNA pada proses sintesis protein. Setiap kode triplet basa nitrogen menghasilkan satu asam amino