sejarah seni rupa indonesia

Click here to load reader

Post on 23-Jul-2015

128 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KELOMPOK 1

KELOMPOK 1Erli Ningtyas{ 11 }Fakhrul Rizal A{ 12 }Novia Fitria A{ 20 }Suci Lestari W{ 28 }Winda Dwiyanti{ 31 }

SEJARAH SENI RUPA INDONESIA

Zaman PaleolitikumDanZaman Mesolitikum

Zaman NeolitikumZaman LogamZaman Hindu-BudhaZaman IslamZaman MegalitikumZAMAN PALEOLITIKUM

3PENGERTIAN ZAMAN PALEOLITIKUMAdalah Zaman dimana alat-alat batu buatan manusia masih dikerjakan secara kasar, tidak diasah. Periode ini disebut masa food gathering (mengumpulkan makanan), manusianya masih hidup secara nomaden (berpindah-pindah) dan belum tahu bercocok tanam.

Terdapat dua kebudayaan yang merupakan patokan zaman ini, yaitu:Kebudayaan Pacitan (Pithecanthropus)Kebudayaan Ngandong, Blora (Homo Wajakinensis dan Homo Soloensis)

CIRI-CIRI ZAMAN PALEOLITIKUM1. Jenis ManusiaBerdasarkan penemuan fosil manusia purba, jenis manusia purba hidup pada zaman Paleolitikum adalah Pithecanthropus Erectus, Homo Wajakensis, Meganthropus paleojavanicus, dan Homo Soliensis. Fosil ini ditemukan di aliran sungai Bengawan Solo.

2. KebudayaanBerdasarkan daerah penemuannya maka alat-alat kebudayaan Paleolithikum tersebut dapat dikelompokan menjadi kebudayaan pacitan dan kebudayaan ngandong.

PENINGGALAN ZAMAN PALEOLITIKUMKapak Genggam

Nama hasil budaya : Kapak genggam Fungsi :- Mencongkel umbi-umbian- Pemecah tulang 2. Kapak Perimbas

Nama hasil budaya : Kapak perimbasFungsi :- untuk merimbas kayu, - memahat tulang dan sebagai senjata. 3. Alat-alat dari tulang binatang atau tanduk rusaNama Hasil Budaya : Tulang binatang/Tanduk Rusa.Fungsi :untuk mengorek ubi dan keladi dari dalam tanah. sebagai alat untuk menangkap ikan.

84. Flakes

Nama hasil budaya : FlakesFungsi :- untuk berburu- menangkap ikan- mengumpulkan ubi dan buah-buahan5. kAPAK batu pada zaman paleolitikum yang ditemukan di jawa

KARYA-KARYA ZAMAN PALEOLITIKUM1. SENI BANGUNAN

2. SENI LUKIS

3. SENI PATUNG

ZAMAN MESOLITIKUM

PENGERTIAN ZAMAN MESOLITIKUM Mesolitikum (Bahasa Yunani: mesos "tengah", lithos batu) atau "Zaman Batu Pertengahan" adalah suatu periode dalam perkembangan teknologi manusia, antara Paleolitik atau Zaman Batu Tua dan Neolitik atau Zaman Batu Muda.

Pada zaman mesolitikum di Indonesia, manusia hidup tidak jauh berbeda dengan zaman paleolitikum, yaitu dengan berburu dan menangkap ikan, namun manusia pada masa itu juga mulai mempunyai tempat tinggal agak tetap dan bercocok tanam secara sederhana. Tempat tinggal yang mereka pilih umumnya berlokasi di tepi pantai (kjokkenmoddinger) dan goa-goa (abris sous roche) sehingga di lokasi-lokasi tersebut banyak ditemukan berkas-berkas kebudayaan manusia pada zaman itu.

CIRI-CIRI ZAMAN MESOLITIKUMa. Nomaden dan masih melakukan food gathering (mengumpulkan makanan)b. Alat-alat yang dihasilkan nyaris sama dengan zaman palaeolithikum yakni masih merupakan alat-alat batu kasar.c. Ditemukannya bukit-bukit kerang di pinggir pantai yang disebut Kjoken Mondinger (sampah dapur)c. Alat-alat zaman mesolithikum antara lain: Kapak genggam (Pebble), Kapak pendek (hache Courte) Pipisan (batu-batu penggiling) dan kapak-kapak dari batu kali yang dibelah.d. Alat-alat diatas banyak ditemukan di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Flores.e. Alat-alat kebudayaan Mesolithikum yang ditemukan di gua Lawa Sampung, Jawa Timur yang disebut Abris Sous Roche antara lain: Flakes (Alat serpih),ujung mata panah, pipisan, kapak persegi dan alat-alat dari tulang.

PENINGGALAN ZAMAN MESOLITIKUM

Berikut ini gambar-gambar peninggalan dari zaman Mesolitikum yang ditemukan pada situs pemakaman di Thviec, Saint-Pierre-Quiberon, Bretagne, Perancis. Koleksi Musum de Toulouse.1. Peble/kapak sumatera

Nama hasil budaya : Kapak sumatera Fungsi :- Mencongkel umbi-umbian- Pemecah tulang 2.Abris sous roche (gua tempat tinggal)

Nama hasil budaya : Gua tempat tinggalFungsi : sebagai tempat perlindungan dari cuaca dan binatang buasKarya-karya zaman mesolitikum1. SENI LUKIS

2. Seni Kerajinan

3. GUA ZAMAN MESOLITIKUM

TERIMA KASIH