renstra fh 2014

Download RENSTRA FH 2014

If you can't read please download the document

Upload: ajixjibon

Post on 14-Nov-2015

252 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

RENSTRA FH 2014

TRANSCRIPT

5

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI(UNDARIS)

KATA PENGANTARAssalamualaikum Wr. Wb.Segala Puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan segala karunia-Nya, Sholawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, sahabat dan ahlul baitnya serta terlimpahkan kepada kita, Amin.Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kami merasa bangga karena perumusan Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Hukum (FH) Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) ini telah selesai. RENSTRA FH UNDARIS merupakan salah satu program kerja yang disusun untuk memberikan pedoman / gambaran umum bagi segenap Civitas Akademika tentang rencana strategis yang akan dilaksanakan dan dikembangkan sesuai visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan.FH UNDARIS mempunyai komitmen untuk melaksanakan standar yang ditetapkan di dalam penjaminan mutu pendidikan tinggi khususnya UNDARIS, sehingga selalu dapat mengikuti perkembangan dan tidak ketinggalan dalam menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas. Berkaitan dengan isu kebijakan pembangunan pendidikan di Indonesia serta kebijakan pemerintah dalam era otonomi disajikan pula beberapa strategi pengembangan yang terkait dengan Strategi Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten/ Kota, khususnya di bidang pembangunan sumber daya manusia dan perusahaan, lembaga dan organisasi yang terkait.RENSTRA FH UNDARIS ini diharapkan memberikan konstribusi bagi pembangunan pendidikan tinggi di Indonesia dan dapat menarik partisipatif aktif pemerintah Provinsi, Kabupaten/ kota, perusahaan, lembaga dan organisasi yang terkait terhadap perkembangan FH UNDARIS yang juga merupakan aset daerah Provinsi Jawa Tengah dan Negara Indonesia. Atas segala perhatian dan kerjasama yang dibangun khususnya dengan fakultas di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun swasta, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten / kota, perusahaan, lembaga dan organisasi terkait kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih. Waalaikum Salam Wr. Wb.

Ungaran, 6 Desember 2012Dekan

Wiwik Pratiwi, SH. MHum.

DAFTAR ISI

Halaman Judul 1Kata Pengantar 2Daftar Isi 3SEJARAH FAKULTAS HUKUM UNDARIS 4TUJUAN DAN SASARAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGI 4VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN FAKULTAS HUKUM 4Visi 5Misi 5Tujuan 5Sasaran 5STRATEGI PENCAPAIAN 5ANALISIS KETERKAITAN ANTARA VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN FAKULTAS HUKUM UNDARIS 6

PROGRAM PENGEMBANGAN. 7Program pengembangan visi misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian

Tri Dharma Perguruan Tinggi Fakultas Hukum UNDARIS 7Program Peningkatan Relevansi Lulusan 7Program Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia 7Program Peningkatan Sumber Daya Belajar7Program Relevansi Peningkatan Kualitas Penelitian Dan Pengembangan,

Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kerjasama 7Program Penguatan Kompetensi Lulusan Berwawasan dan Profesional 8Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Profesional Berbasis

Kompetensi Hukum. 8STANDAR INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM PENGEMBANGAN 9Lampiran: Tim Penyusun

SEJARAH FAKULTAS HUKUM UNDARISFakultas Hukum (FH) Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) Ungaran merupakan salah satu fakultas di lingkungan UNDARIS yang didirikan pada 24 Rabiul Akhir 1401 H bertepatan dengan tanggal 19 Februari tahun 1983. Kegiatan perkuliahan waktu itu diselenggarakan dibeberapa tempat, antara lain yang pertama di gedung Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Widya Praja Ungaran di Jl. Diponegoro Ungaran yang saat ini menjadi gedung Bank Jateng Cabang Ungaran, SD Sidomulyo III hingga akhirnya pindah ke kampus Jabal Ulum di Jl. Tentara Pelajar No. 13 Ungaran saat ini.

Perkembangan status Fakultas Hukum diawali dengan pemberian status Terdaftar untuk Program Studi Hukum Keperdataan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0681 dan kemudian status Diakui untuk Jurusan Hukum Keperdataan melalui Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 250/Dikti/Kep/1993. Pada tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 066/BAN-PT AK-IV/V/2000 tentang hasil Penilaian Badan Akreditasi Nasional bahwa Fakultas Hukum Undaris dengan Program Studi Ilmu Hukum memperoleh Akreditasi dengan nilai B.Pada tahun 2005 berdasarkan hasil Keputusan rapat pleno anggota Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tanggal 29 September 2005, maka keluarlah surat keputusan dari BAN PT Nomor 016/BAN-PT/Ak-IX/S1/IX/2005 tertanggal 30 September 2005 mengenai Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana (S 1) di Perguruan Tinggi. Dalam surat keputusan tersebut, Fakultas Hukum Undaris dinyatakan terakreditasi dengan nilai B.Pada tahun 2008 berdasarkan surat ijin yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan Nomor 905/D/T/2008 tertanggal 24 Maret 2008 mengenai Ijin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum (S 2) pada Undaris, maka diselenggarakanlah Program Studi Ilmu Hukum untuk jenjang Magister (S 2).Dengan dikeluarkannya Keputusan BAN-PT Nomor 031/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010 tertanggal 17 Desember 2010 tentang Status, Nilai, Peringkat dan Masa Berlaku Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi, maka Fakultas Hukum Undaris saat ini meraih peringkat akreditasi B yang berlaku sampai dengan bulan September 2015.

TUJUAN DAN SASARAN PENYUSUNAN RENCANA STRATEGISTujuan penyusunan RENSTRA FH UNDARIS adalah sebagai pedoman dalam mengembangkan dan mengukur kinerja FH UNDARIS dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sasaran penyusunan rencana strategis ini untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, produktifitas dan akuntabilitas serta transparansi dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT).Untuk selanjutnya RENSTRA ini akan dipakai sebagai pedoman dalam mengembangkan Fakultas Hukum UNDARIS pada Tahun 2012-2016. Penyusunan RENSTRA ini berpedoman pada RENSTRA UNDARIS, dan merupakan pernyataan resmi untuk menyatukan bahasa dan persepsi di dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan FH UNDARIS.

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN FAKULTAS HUKUMBerdasarkan RENSTRA UNDARIS, maka dirumuskan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Hukum UNDARIS sebagai berikut.

Visi Mengembangkan pendidikan ilmu hukum untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berakhlaqul karimah dengan ketrampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dan seni yang berbasis kemasyarakatan.

Misi Memajukan dan mengembangkan pendidikan tinggi Ilmu Hukum yang mendorong prestasi setinggi-tingginya, yang berorientasi pada nilai-nilai keislaman, otonomi daerah, penjaminan mutu dan pengelolaan secara terpadu.

Melaksanakan pendidikan tinggi bidang ilmu hukum yang efektif dan efisien guna mempersiapkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan bidang hukum sehingga mampu memecahkan persoalan-persoalan hukum yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan bangsa.

TujuanBerdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka Fakultas Hukum Undaris mempunyai tujuan sebagai berikut :

Membentuk lulusan pendidikan tinggi ilmu hukum yang berkualitas, profesional terampil pada bidangnya;Beriman dan bertaqwa serta menguasai Ilmu Pengetahuan bidang hukum,Mampu secara mandiri mengembangkan Ilmu Pengetahuannya, khususnya bidang hukum dan menerapkannya sesuai tuntutan zaman serta kebutuhan pembangunan masyarakat.Sasaran Untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran FH UNDARIS tersebut, maka untuk mewujudkannya dibutuhkan beberapa strategi sebagai berikut :

Terwujudnya proses pendidikan dan pembelajaran hukum yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.Terwujudnya pusat kajian pengembangan hukum yang relevan dengan pembelajaran dan kebutuhan masyarakat. Terwujudnya lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Standar Mutu Lulusan Adapun standar mutu lulusan sesuai dengan Dokumen Manual Mutu Akademik UNDARIS adalah sebagai berikut:Standar IP Kumulatip kelulusan: 3,00Standar waktu penyelesaian tugas akhir (skripsi): 6 bulanStandar waktu penyelesaian studi: 8 semesterStandar waktu tunggu untuk memperoleh pekerjaan pertama: 3 bulanStandar TOEFL-like mahasiswa: 400Standar gaji pertama lulusan: Rp. 2.000.000,00. (UMK prop. Jateng).Standar Nilai Akreditas Program Studi Ilmu Hukum: 350

STRATEGI PENCAPAIAN.

Untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Hukum UNDARIS tersebut, maka strategi pencapaian untuk mewujudkannya dikembangkan sebagai berikut. Memperluas akses pendidikan (ilmu) hukum.Meningkatkan hasil dan pengembangan (ilmu) hukumMengembangkan dan menguatkan kelembagaan program ilmu hukum.Menguatkan implementasi manajemen dan tata kelola sumber daya di Fakultas Hukum (FH) UNDARIS

ANALISIS KETERKAITAN ANTARA VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN FAKULTAS HUKUM UNDARIS.

Tabel 1. Keterkaitan antara Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian Fakultas Hukum UNDARIS tahun 2012 2016

VisiMisiTujuanSasaranStrategiMenjadi pusat kajian dan pengembangan Ilmu Hukum yang bermuara pada sumber daya manusia yang unggul, berkepribadian Islam dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional.

Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran berbasis ilmu hokumMeningkatkan proses pendidikan dan pembelajaran Ilmu Hukum.Terwujudnya proses pendidikan dan pembelajaran ilmu Hukum yang relevan dengan kebutuhan masyarakatMemperluas akses pendidikan ilmu Hukum

Menjadi pusat kajian dan pengembangan ilmu hokumMeningkatkan kualitas kajian dan pembelajaran ilmu HukumTerwujudnya pusat kajian, pengembangan ilmu Hukum yang relevan dengan pembelajaran dan kebutuhan masyarakatMeningkatkan hasil dan pengembangan ilmu Hukum

Menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, serta memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan masyarakatMewujudkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT yang memiliki kompetensi yang sesuai kebutuhan masyarakatTerwujudnya lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan masyarakat.Mengembangkan dan menguatkan kelembagaan program ilmu Hukum

Menguatkan implementasi manajemen dan tata kelola sumber daya Fakultas Hukum (FH) UNDARIS

PROGRAM PENGEMBANGAN.

Program pengembangan visi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi Fakultas Hukum (FH) UNDARIS.Program pencitraan pendidikan ilmu Hukum.Sosialisasi visi, misi Tri Dharma Perguruan Tinggi Fakultas Hukum UNDARIS.Program Optimalisasi manajemen tata kelola Fakultas Hukum UNDARIS.Program peningkatan relevansi lulusan.Program peningkatan kompetensi dosen.Program peningkatan relevansi kurikulum berbasis Ilmu Hukum.Program peningkatan strategi pembelajaran berbasis Ilmu Hukum.Program peningkatan sumber daya belajar.Peningkatan kapasitas sumber daya kelas (simulasi dan laboratorium).Kelas : buku dan buku ajar berbasis kelas, kelas berbasis multimedia (staff, non staff, graduate, non graduate).Laboratorium : Simulasi, buku berwujud presentasi film, ruang praktek hukum. Program relevansi peningkatan kualitas kajian, pengembangan dan kerjasama.Program penguatan kompetensi lulusan berwawasan dan profesional.Program penguatan kompetensi lulusan berbasis ilmu Hukum.Peningkatan relevansi kompetisi sesuai dengan ilmu Hukum.

STANDAR INDIKATOR KEBERHASILAN PROGRAM PENGEMBANGAN

NoProgramAktivitasStandarIndikatorSatuanTahun Capaian

20122013201420152016123456789101

Program pengembangan visi misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi Fakultas Hukum UNDARIS diperinci sebagai berikut.

Program pencitraan pendidikan Ilmu Hukum.Sosialisasi pendidikan Ilmu Hukum ke civitas akademika.Event/th22222

Sosialisasi pendidikan Ilmu Hukum ke masyarakatEvent/th22222

Sosialisasi pendidikan Ilmu Hukum melalui webEvent/th1212121212

Sosialisasi visi, misi tujuan dan sasaran Tri Dharma Perguruan Tinggi Fakultas Hukum UNDARIS.Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran ke civitas akademikaEvent/th22222

Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran ke masyarakatEvent/th22222

Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran melalui webEvent/th12121212122

1Program Optimalisasi Manajemen Tata Kelola Fakultas Hukum UNDARIS.

2Re-akreditasi program studi ilmu hukumUpdate Dokumen akreditasiprogress75%75%75%100%100%

Nilai akreditasiindeksBBBAA

Penguatan dan pengembangan program studi yang sudah adaProgram Pasca Sarjana (S2) MH.Program studi11112

Program Sarjana (S1)Program studi11111

Peningkatan Pelayanan Mahasiswa

3Ketersediaan SOP pelayanan akademikEks67

Kesesuaian implementasi SOP pelayanan akademikindeks50%50%100%100%100%

45678910

Jumlah layanan administrasi akademik (KRS, KHS, Transkip nilai, surat keterangan) kepada mahasiswa indeks50%75%100%100%100%

Efektifitas layanan administrasi akademik (KRS, KHS, Transkip nilai, surat keterangan) kepada mahasiswa indek50%75%100%100%100%

Efisien layanan administrasi akademik (KRS, KHS, Transkip nilai, surat keterangan) kepada mahasiswa indek50%75%100%100%100%

Peningkatan Pelayanan Pembelajaran (standarisasi)Ketersediaan SOP pelayanan pembelajaran eks-1111

Kesesuaian implementasi SOPindeks-50%100%100%100%

Peningkatan Pelayanan Administrasi keuangan, asset, dllKetersediaan SOP pelayanan administrasi keuanganEks-1111

Kesesuaian implementasi SOPindeks-50%100%100%100%3

1

Program peningkatan relevansi lulusan

2Program peningkatan relevansi kurikulum berbasis Ilmu Hukum.

Ketersediaan SOP pengembangan kurikulum eks-1111

Kesesuaian implementasi SOP pengembangan kurikulumindeks-50%100%100%100%

Ketersediaan dokumen update kurikulum berbasis ilmu Hukumeks-1111

Evaluasi dokumen kurikulum berbasis ilmu Hukum%-50100100100

345678910

Program peningkatan strategi pembelajaran berbasis ilmu Hukum.Metode pembelajaran (presentasi berbasis teknologi informasi)%100100100100100

Metode pembelajaran simulasi berbasis teknologi informasi%2525506075

Update RPKS%5075100100100

Update buku ajar%2550100100100

Metode pembelajaran praktek berbasis teknologi informasi%5075100100100%

Metode evaluasi pembelajaran praktek berbasis teknologi informasi%50751001001004

1Program peningkatan sumber daya belajar.

2Program pengembangan kelas berbasis multimedia (sound system)Ketersediaan SOP Pembelajaran berbasis multimediaEks--111

Kesesuaian implementasi SOP pembelajaran berbasis multimediaIndek25%50%75%85%100%

Ketersediaan kelas berbasis multimediakelas50%50%75%85%100%

Program Peningkatan sumber daya belajar alternative (computer leraning)

Ketersediaan SOP sumber belajar alternative (computer leraning)Eks-1111

Jumlah softcopy sumber belajarEks1002505007501000

Jumlah buku textEks150

160170180190

Jumlah JurnalEks2025303540

Jumlah hand bookEks5055606570

Jumlah skripsiEks211021902236+?

345678910

Jumlah ProcedingEks02468

Jumlah thesisEks202455

Jumlah desertasieks1012141618

Penyediaan bandwithbps512K512K1M1M2M

Penyediaan server e-learningUnit11111

Konektifitas jumlah kelas dengan server e-learningkoneksi66666

Program peningkatan pembelajaran laboratorium (simulasi sesuai kompetensi pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, produksi & operasional).Ketersediaan SOP pembelajaran laboratoriumEks-1111

Kesesuaian implementasi SOP pembelajaran laboratorium%-25507590

Jumlah laboratorium sesuai kompetensiunit11234

Jumlah buku pedoman praktikumEks

1012151720

Rasio pelayanan laboratoriumAlat praktikum1:31:31:21:21:2

Program peningkatan kuliah praktek. Ketersediaan SOP Praktek Kerja LapanganEks11111

Ketersediaan SOP Kuliah Kerja NyataEks111115

1

Program relevansi peningkatan kualitas penelitian & pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama2

Meningkatkan penelitian dan pengembangan

3Ketersediaan SOP penelitian Eks11111

Jumlah Penelitian lokal sesuai kompetensiPenelitian/th66666

Jumlah Penelitian nasional sesuai kompetensiPenelitian/th22667

Jumlah Penelitian internasional sesuai kompetensiPenelitian/th-1124

45678910

Jumlah penelitian yang terpublikasi di jurnal nasionalTerpublikasi/th6681012

Jumlah penelitian yang terpublikasi di jurnal internasionalTerpublikasi/th-1224

Meningkatkan kajian pengabdian kepada masyarakatKetersediaan SOP pengabdian kepada masyarakatEks11111

Jumlah pengabdian kepada masyarakat tingkat lokal Pengabdian/th66666

Jumlah pengabdian kepada masyarakat tingkat nasional Pengabdian11111

Meningkatkan kerjasama dengan InstitusiKetersediaan SOP kerjasama Eks11111

Jumlah kerja sama dengan InstitusiMOU3035404550

Implementasi kerja sama dengan Institusiterimplementasi810152030

Jumlah kerja sama dalam negeriKerjasama68101215

Jumlah kerja sama luar negeriKerjasama-1111

Jumlah implementasi kerjasama dalam negeriTerimplementasi68101215

Jumlah implementasi kerjasama luar negeriTerimplementasi-11116

1Program penguatan kompetensi lulusan berwawasan dan profesional.

2

Kemampuan Berbahasa Inggris.Program peningkatan kompetensi berkomunikasiSkor TOEFLIndeks400400400400400

PKMPKM234610

Pelatihan jurnalisEvent11224

Pelatihan kepemimpinanEvent11125

Pelatihan kewirausahaanEvent125710

345678910

Program peningkatan kompetensi interpersonal yang IslamiPesantren kilatEvent11111

Bimbingan karirEvent11111

Pendidikan karakterEvent11111

Pendidikan anti narkobaEvent12333

Pendidikan anti korupsiEvent11111

Khatam Al-Quran/MTQEvent11111

Program pengembangan sumber daya manusia professional berbasis kompetensi HukumKetersediaan SOP Pengembangan Sumber Daya Manusia ProfesionalEvent11111

Kompetisi Peradilan semuEvent11111

Kegiatan Pelatihan Peradilan Semuevent1012151515

TIM PENYUSUN RENSTRA FAKULTAS HUKUM UNDARISTAHUN 2012-2016

Ketua:Wiwik Pratiwi, S.H., M HumSekretaris:Pramono, SH MH Ani Farida,SH MHumStaf Ahli: Imam Sukrisno, ST, M.KomAnggota:DR.Tri Susilowati SH.MHum Hermien Subekti, SH. MHPembantu Umum: H.Ardi Mawardi, S.... Achmad Jatmiko, Amd.