rancangan sistem basisdatapengelolaan bahan perpustakaan rancangan sistem basisdatapengelolaan bahan

Download RANCANGAN SISTEM BASISDATAPENGELOLAAN BAHAN PERPUSTAKAAN rancangan sistem basisdatapengelolaan bahan

Post on 24-Feb-2020

0 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • RANCANGAN SISTEM BASISDATA PENGELOLAAN BAHAN PERPUSTAKAAN LANGKA FORMAT DIGITAL

    DI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

    ALFA HUSNA

    SEKOLAH PASCASARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR

    BOGOR 2011

  • PERNYATAAN MENGENAI TUGAS AKHIR DAN SUMBER INFORMASI

    Dengan ini saya menyatakan bahwa tugas akhir Rancangan Sistem Basisdata Pengelolaan Bahan Perpustakaan Langka Format Digital di Perpustakaan Nasional RI adalah karya saya dengan arahan komisi pembimbing dan belum dijadikan bentuk apapun kepada Perguruan Tinggi manapun. Sumber informasi yang berasal atau dikutip dari karya yang diterbitkan maupun tidak diterbitkan dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam Daftar Pustaka di bagian akhir tugas akhir ini.

    Alfa Husna

    NRP G652080055

    Bogor, Maret 2011

  • ABSTRACT

    ALFA HUSNA Database System Design for Management of Rare Library Materials in Digital Format at National Library of Indonesia. Under direction of BADOLLAHI MUSTAFA and ENDANG PURNAMA GIRI.

    Digitization of the rare library materials at the National Library of Indonesia has been done since 2001. The result of the digitization is reported in a spreadsheet form. Since the result of the digitization is reported in a spreadsheet form, the data is not integrated, can not be accessed easily, and could be redundant. As a consequence, an accurate data may not be obtained. Anticipating this condition, we need a new system to improve the old one. This research was conducted to design a database system that manage the rare library materials in a digital format at the Division of the Digital Transformation, National Library of Indonesia. The system used to design was the System Development Life Cycle (SDLC). The SDLC has six steps, but only the first four steps were used in this design: feasibilty study, systems investigation, systems analysis, and systems design. This research generated five tables which were connected each other and one table of the user. The five tables are table of the printed collection, table of the nonprinted collection, table of the CD, table of the Map, and table of the Photograph. The table of the printed collection was consisting of the Article of Binding Magazine, the Rare Book, the Rare Magazine, and the Ancient Manuscript. The table of nonprinted collecton was the Audio and the Audiovisual. The result of the research suggested that the new system can be implemented soon.

    Keywords: Digitization, Rare Library Materials, National Library of Indonesia, Systems Design, Database, SDLC

  • RINGKASAN

    ALFA HUSNA. Rancangan Sistem Basisdata Pengelolaan Bahan Perpustakaan Langka Format Digital di Perpustakaan Nasional RI. Dibimbing oleh BADOLLAHI MUSTAFA dan ENDANG PURNAMA GIRI .

    Penerapan teknologi informasi saat ini telah menyebar ke hampir semua bidang tidak terkecuali di bidang perpustakaan. Perkembangan mutakhir adalah dengan munculnya perpustakaan digital (digital library) yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pengaksesan karena berorientasi pada data digital dan media jaringan komputer (internet). Untuk menjembatani hal tersebut, perlu dilakukan alih media ke bentuk digital. Kegiatan alih media digital di Perpustakaan Nasional RI dirintis sejak berdirinya Bidang Transformasi Digital sejak tahun 2001. Dalam melaksanakan kegiatan alih media digital terdapat kendala yang ditemui yaitu pada saat pengelolaan hasil alih media digital. Berdasarkan observasi dan pengamatan selama ini yang terjadi adalah belum didatanya bahan koleksi yang telah dialihmedia dalam basisdata. Pendataan hanya dilakukan oleh koordinator masing-masing kegiatan dalam bentuk dokumen spreadsheet sehingga tidak adanya keterpaduan data. Hal ini dapat berakibat adanya kemungkinan redundansi data, kurangnya keakuratan data,dan adanya kesulitan dalam sharing data. Mengantispaasi hal tersebut perlu adanya suatu sistem basisdata untuk pengelolaan hasil alih media digital.

    Penelitian ini bertujuan merancang sistem basisdata untuk pengelolaan bahan perpustakaan langka format digital di Perpustakaan Nasional RI. Metode dalam merancang sistem ini menggunakan pendekatan System Development Life Cycle (SDLC). Metode SDLC memiliki enam tahapan yaitu: feasibility study, systems investigation, systems analysis, systems design, implementation, dan yang terakhir adalah review dan maintenance. Dalam penelitian ini tidak semua tahapan dilakukan, hanya sampai tahapan desain sistem sesuai dengan tema penelitian ini yaitu membahas tentang rancangan sistem. Sehingga tahapan penelitian ini meliputi feasibility study (studi kelayakan), system investigation (investigasi sistem), systems analysis (analisis sistem), dan systems design (desain sistem).

    Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem dengan nama Sistem Informasi Koleksi Langka Format Digital (SIKLFD). Sistem ini menghasilkan enam tabel, yaitu: satu tabel User yang berdiri sendiri dan lima tabel yang saling terkait, yaitu: tabel koleksi Tercetak, tabel koleksi Noncetak, tabel CD, tabel Peta, dan tabel Foto. Tabel koleksi Tercetak terdiri dari Artikel Majalah Terjilid, Buku Langka, Majalah Langka, dan Naskah Kuno. Tabel koleksi Noncetak terdiri dari Audio dan Audio Visual. Pengelompokkan tersebut didasarkan pada kemiripan dan banyaknya kesamaan karakter pada masing-masing koleksi tersebut.

    Pada masing-masing jenis koleksi dalam Sistem Informasi Koleksi Langka Format Digital terdapat empat fasilitas yang terdiri dari tambah data, telusur data, laporan, dan cetak. Menu tambah data berfungsi untuk memasukkan data-data koleksi yang sudah dialihmedia digital. Menu telusur data akan menampilkan data koleksi yang telah diinput ke dalam form tambah data. Menu laporan akan menampilkan laporan hasil tambah data yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Menu cetak berfungsi mencetak semua hasil tambah data berdasarkan pilihan yang diinginkan.

    Desain antarmuka dalam sistem ini menggunakan nuansa biru yang sesuai dengan warna logo Perpustakaan Nasional RI yang berwarna biru, memiliki makna

  • sifat tenang dan memberikan kesan kedalaman sehingga dapat tenang berpikir, dan kedalaman ilmu pengetahuan yang menjadi landasan pengabdian kepada masyarakat, nusa dan bangsa.

    Rancangan sistem basisdata pengelolaan bahan perpustakaan langka format digital ini agar segera diimplementasikan sehingga bermanfaat. Sebelum implementasi diadakan pelatihan terlebih dahulu agar sistem dapat berjalan baik.

    Kata kunci: Alih media digital, Bahan Perpustakaan Langka, Perpustakaan Nasional RI, Desain Sistem, Basisdata, SDLC

  • © Hak cipta milik IPB, tahun 2011

    Hak cipta dilindungi Undang-undang

    1. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh karya tulis ini tanpa mencantumkan atau menyebutkan sumber a. Pengutipan hanya untuk kepentingan pendidikan, penelitian,

    penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah

    b. Pengutipan tidak merugikan kepentingan yang wajar IPB

    2. Dilarang mengumumkan dan memperbanyak sebagian atau seluruh karya tulis dalam bentuk apapun tanpa izin IPB

  • RANCANGAN SISTEM BASISDATA PENGELOLAAN BAHAN PERPUSTAKAAN LANGKA FORMAT DIGITAL

    DI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

    ALFA HUSNA

    Tugas Akhir Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar

    Magister Profesional pada Program Studi Teknologi Informasi untuk Perpustakaan

    SEKOLAH PASCASARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR

    BOGOR 2011

  • Penguji Luar Komisi pada Ujian Tugas Akhir: Rindang Karyadin, S.T., M.Kom

  • Judul Tugas Akhir : Rancangan Sistem Basisdata Pengelolaan Bahan Perpustakaan Langka Format Digital di Perpustakaan Nasional RI

    Nama : Alfa Husna NRP : G652080055 Program Studi : Teknologi Informasi untuk Perpustakaan

    Drs. Badollahi Mustafa, M.Lib Endang Purnama Giri, S.Kom., M. Kom

    Anggota

    Aziz Kustiyo, S.Si., M. Kom Prof. Dr. Ir. Khairil A. Notodiputro, MS

    Tanggal ujian: 28 Februari 2011 Tanggal lulus :

    Ketua Anggota

    Dekan Sekolah PascasarjanaKetua Program Studi Teknologi Informasi untuk Perpustakaan

    Menyetujui, Komisi Pembimbing

    Diketahui

  • PRAKATA Alhamdulillah kehadirat Illahi atas segala karunia dan hidayah-Nya sehingga

    karya ilmiah ini berhasil diselesaikan. Judul dalam penelitian yang dilaksanakan sejak bulan Januari 2010 s.d. Januari 2011 adalah Rancangan Sistem Basisdata Pengelolaan Bahan Perpustakaan Langka Format Digital di Perpustakaan Nasional RI dapat diselesaikan dengan baik.

    Terima kasih diucapkan kepada Bapak Drs. Badollahi Mustafa, M.Lib dan Bapak Endang Purnama Giri, S.Kom, M.Kom selaku komisi pembimbing yang telah banyak memberi arahan dan dukungan, Bapak Aziz Kustiyo, S.Si. M.Kom. sebagai ketua Program Studi MTP serta Bapak Rindang Karyadin, S.T., M.Kom selaku penguji luar komisi. Disamping itu, penghargaan dan terima kasih kepada Kepala Bidang Transformasi Digital yang telah memberi izin untuk penelitian ini. Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada Abdul Wakhid dan rekan-rekan di Bidang Transformasi Digital lainnya yang telah membantu dalam penelitian ini, teman-teman seperjuangan angkatan 2 tahun 2008 di MTP, Pak Ruchyan, dan rekan-rekan lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu atas doa dan dukungannya. Ungkapan terima kasih yang tak terhingga penulis berikan kepada Suami tercinta, Joko Prasetio dan Putri tercinta, Azka Dzakiyyah, Ibu dan Bapak serta seluruh keluarga atas segala pengorbanan, doa dan kasih sayangnya sehingga penulis dapat menyelesaikan studi.

    Semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi kemajuan perpustakaan umumnya dan Perpustakaan Nasional RI khususnya, s

Recommended

View more >