ppt kerajaan demak dan kerajaan banten

Click here to load reader

Download PPT kerajaan Demak dan kerajaan Banten

Post on 15-Apr-2017

284 views

Category:

Education

35 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Aggota kelompok :

Kerajaan Demak

LETAK GEOGRAFISTerletak di Jawa Tengah. Kerajaan demak merupakan kerajaan islam pertama di pulau jawa. Yang didirikan oleh raden patah pada tahun 1500-1550. yang pada awalnya mendapat bantuan dari para bupati di daerah pesisir pulau Jawa. Sebelumnya kerajaan ini bernama bintoro Wilayah kekuasaan demak : Jepara, Tuban, Sedayu Palembang, Jambi dan beberapa daerah di Kalimantan

FAKT0R BERDIRINYA KERAJAAN DEMAKJatuhnya malaka ke tangan Portugis yang menyebabkan para pedagang islam mecari persinggahan dan perdagangan baruRaden Patah merupakan keturunan raja terakhir Kerajaan MajapahitRaden Patah mendapat dukungan dari para wali yang sangat dihormatiBanyak adipati di pesisir yang tidak puas terhadap majapahit sehingga mendukung raden patahMundur dan runtuhnya majapahitJatuhnya pusaka kerajaan Majapahit sebagai lambang kekuasaan kepada Raden Patah

KEHIDUPAN P0LITIKMenurut kitab babad tanah jawi ia merupakan keturunan raja terakhir majapahit (raja Brawijaya V dan seorang putri dari cina). Pada masa pemerintahannya islam mengalami perkembangan pesat karena gencarnya dakwah oleh para wali dan bantuan dari daerah pesisir. Dimasa ini dibangun masjid agung demak. Ia juga memberi bantuan ke kerajaan malaka. Raden Patah wafat pada 1518 M.

1). Raden Patah (1500-1518)

2). Adipati Unus (1518-1521)Memiliki julukan Pangeran Sabrang Lor .Pati unus memerintah tidak lebih dari 3 tahun,karena gugur dalam penyerangan mengusir portugis dari kerajaan Malaka.

3). Sultan trenggono Dilantik oleh sunan gunung jati dengan gelar sultan ahmad abdul arifin. Pada masa inilah pucak kejayaan dan agama islam berkembang lebih luas. Ia mengiri fatahillah kebanten untuk menaklukkan banten dan pajajaran.Kemudian ia berupaya untuk menaklukkan pasuruan, namun ia gugur dalam menaklukkan wilayah pasuruan 1546.

KEHIDUPAN EK0N0MI DAN BUDAYA Kerajaan Demak membangun perekonomian dari basis pertanian, dan karena demak menaklukkan banyak pelabuhan penting dipantai utara seperti Jepara, Tuban, Sedayu dan Gresiksehingga demak menjadi penghubung penghasil rempsh Imdonesia bagian baratdan Timur.Pengaruh budaya islam di Indonesia tersebar luas berkat bantuan para wali, tidak hanya dipulau jawa namun juga disumatra, kalimantan, sulawesi dan maluku. Salah satu peninggalannya adalah masjid Agung Demak yang tiangnya terbuat dari pecahan kayu yg disebut soko tatal, selain itu juga ada sekaten yang digunakan sunan gunung jati untuk menarik masyarakat memeluk islam

Beberapa peninggalan lainnya :1.Makam sunan Kalijaga

Kentongan dan bedug

KEMUNDURANBerikut ini adalah penyebab kemunduran Kerajaan Demak:

a. Setelah Sultan Trenggono, terjadi perebutan kekuasaan antara Pangeran Seda di Lepen dan Sunan Prawoto (putra Sultan Trenggana)

b. Raden Patah kurang menarik simpati orang-orang pedalaman dan bekas rakyat Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Banten

Terletak di daerah banten, yaitu diujung barat pulau jawa.Banten menjadi penguasa jalur pelayaran dan perdagangan yang melalui selat sunda.posisi ini membuat Banten menjadi kerajaan besar dan merupakan saingan VOC di Batavia.

LETAK GE0GRAFIS

KEHIDUPAN P0LITIK

1). Hasanuddin (1552-1570)Raja pertama Banten, penyiaran agama islam dan hubungan perdagangan berkembang luas. Dan menjalin hubungan yang baik dengan kerajaan Indrapura di Sumatra.

2). Panembahan Yusuf (1570-1580)Merupakan putra dari Hasanuddin.Ia berusaha menaklukkan Pakuan Ibu kota kerajaan Pajajaran. baru pada tahun 1579 berhasil menaklukkan wilayah Pakuan, dan wafat pada tahun 1580.

3.) Maulana MuhammadSaat itu ia masih berumur 9 tahun sehinnga pemerintahan di pimpin oleh sebuah badan perwalian yang terdiri dari kali dan empat menteri. Mangkubumi mendampingi Maulana Muhammad cukup umur memimpin. Setelah sekian lama ia melancarkan penyerangan terhadap Kerajaan Palembang, sayangnya ia gugur4). Abu MufakirIa masih berumur 5 bulan sehingga pemerintahan dijalankan oleh mangkubumi Pangeran Renamanggala. Pada tahun 1624 mangkubumi meninggal dan banten mulai mengalami kemunduran karena VOC sudah menguasai Batavia

5). Sultan Ageng TirtayasaPada masa pemerintahan inilah Kerajaan Banten mencapai puncak kejayaannya. Berupaya memperluas wilayahnya dan mengusir belanda dari Batavia. Ia juga berhasil memajukan perdagangan. Sehingga banten menjadi bandar internasionalPada tahun 1671 ia mengangkat putranya sultan haji sebagai raja pembantu. Sultan haji menjalin hubungan dengan belada.Melihat hal tersebut Sultan Ageng Tirtayasa menarik kembali takhta, namun sultan Haji mempertahankan takhtanya dengan dibantu oleh belanda, sehingga terjadilah peperangan saudara yang manyebabkan sultan Ageng Tirtayasa tertangkap dan dipenjarakan di Batavia sampai ia wafat tahun 1692.

KEHIDUPAN EK0N0MI DAN BUDAYABanten bertumpu pada perdagangan dikarenakan :Kedudukan banten yang sangat strategis di tepi Selat SundaMemiliki bahan ekspor penting, yaitu lada sehingga menjadi daya tarik yang kuat bagi pedagang asingKerajaan banten terletak diteluk banten dan pelabuhannya memenuhi syarat sbg pelabuhan dagang yang baikJatuhnya malaka ke tangan portugis mendukung pedagang islam mencari daerah baru dijawa baratKerajaan Banten meninggalkan Masjid Agung Banten yang dibangun pada abad ke-16 M. menara nya mirip mercusuarSelain itu juga ada gapura di Kaibon, Banten, Istana model Eropa.

KEMUNDURANPenyebab kemunduran Kerajaan Pajang yaitu:

a. Sultan Hadiwijaya sakit dan wafat.b. Pemerintahan Arya Pangiri disibukkan dengan balas dendam terhadap Kerajaan Mataram Islam.c. Pangeran Benawa bersekutu dengan Sutawijaya menyerbu Kerajaan Pajang.d. Perang Kerajaan Pajang melawan Kerajaan Mataram Islam dan Jipang berakhir kekalahan Arya Pangiri.e. Tidak ada pengganti tahta kerajaan setelah Pangeran Benawa.f. Sutawijaya sendiri mendirikan Kerajaan Mataram Islam.

View more