pp tp 2012 - 2013 · web viewpetunjuk pengisian data pondok pesantren tp 2012/2013. petunjuk umum....

25
PETUNJUK PENGISIAN DATA PONDOK PESANTREN TP 2012/2013 1 Petunjuk Umum. 1.1. Bacalah terlebih dahulu petunjuk pengisian ini sebelum mengisi formulir pendataan data pendidikan Islam TP 2012/2013 dengan seksama dan teliti. 1.2. Untuk Setiap satuan pendidikan RA, MI, MTs, MA, Diniyah Takmiliyah, dan Pondok Pesantren, WAJIB mengisi data detil Lembaga, data detil Pendidik dan Tenaga Kependidikan, data detil Peserta Didik dengan lengkap dan akurat. 1.3. Untuk satuan pendidikan TPQ, cukup mengisi data detil lembaga dengan lengkap dan akurat. 1.4. Data detil lembaga, data detil Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan data detil Peserta Didik adalah data TP 2012/2013 dengan kondisi siswa yang dinyatakan lulus untuk TP 2012/2013 masih dihitung sebagai data peserta didik. 1.5. Untuk Setiap karakter atau kata yang mengandung karakter petik (“atau ’) silahkan diganti dengan menggunakan karakter ` (dibawah tombol esc) . 1.6. Untuk data yang menanyakan jumlah, jika memang yang ditanyakan tidak memiliki jumlah atau nol cukup ditulis dengan angka 0 (nol) tidak perlu diberi tanda strip (-). Contoh jumlah ruang kelas rusak berat jika tidak memiliki cukup pada kolom tersebut ditulis angka 0 (nol). 1.7. Alur distribusi dan pengembalian data adalah sebagai berikut : 1.7.1. Distribusi Data : 1. Setelah menerima file dari Kemenag Pusat , silahkan Kanwil Kemenag Propinsi memilah data tersebut per Kabupaten/Kota untuk didistribusikan ke Kemenag Kabupaten/Kota. Maksimal 3 hari setelah menerima file dari Kemenag Pusat, data tersebut harus sudah terkirim semua ke Kemenag Kabupaten/Kota. 2. Setelah menerima file dari Kanwil Kemenag Propinsi, silahkan Kemenag Kabupaten/Kota memilah data tersebut per Lembaga/Satuan Pendidikan untuk didistribusikan ke masing-masing Lembaga/Satuan Pendidikan. Maksimal 3 hari setelah menerima file dari Kanwil Kemenag Propinsi, data tersebut harus sudah terkirim semua ke Lembaga/Satuan Pendidikan. 3. Setelah menerima file dari Kemenag Kabupaten/Kota, silahkan Lembaga/Satuan Pendidikan untuk melengkapi data sesuai dengan format yang dikirim dari Kemenag Pusat secara lengkap dan akurat sesuai dengan petunjuk pengisian . 1.7.2. Pengembalian Data : Subbag Sistem Informasi | 1

Upload: dinhnhan

Post on 08-Mar-2019

228 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

PETUNJUK PENGISIAN DATA PONDOK PESANTREN TP 2012/2013

1 Petunjuk Umum.1.1. Bacalah terlebih dahulu petunjuk pengisian ini sebelum mengisi formulir pendataan data

pendidikan Islam TP 2012/2013 dengan seksama dan teliti.1.2. Untuk Setiap satuan pendidikan RA, MI, MTs, MA, Diniyah Takmiliyah, dan Pondok

Pesantren, WAJIB mengisi data detil Lembaga, data detil Pendidik dan Tenaga Kependidikan, data detil Peserta Didik dengan lengkap dan akurat.

1.3. Untuk satuan pendidikan TPQ, cukup mengisi data detil lembaga dengan lengkap dan akurat.1.4. Data detil lembaga, data detil Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan data detil Peserta

Didik adalah data TP 2012/2013 dengan kondisi siswa yang dinyatakan lulus untuk TP 2012/2013 masih dihitung sebagai data peserta didik.

1.5. Untuk Setiap karakter atau kata yang mengandung karakter petik (“atau ’) silahkan diganti dengan menggunakan karakter ` (dibawah tombol esc).

1.6. Untuk data yang menanyakan jumlah, jika memang yang ditanyakan tidak memiliki jumlah atau nol cukup ditulis dengan angka 0 (nol) tidak perlu diberi tanda strip (-). Contoh jumlah ruang kelas rusak berat jika tidak memiliki cukup pada kolom tersebut ditulis angka 0 (nol).

1.7. Alur distribusi dan pengembalian data adalah sebagai berikut :1.7.1. Distribusi Data :

1. Setelah menerima file dari Kemenag Pusat , silahkan Kanwil Kemenag Propinsi memilah data tersebut per Kabupaten/Kota untuk didistribusikan ke Kemenag Kabupaten/Kota. Maksimal 3 hari setelah menerima file dari Kemenag Pusat, data tersebut harus sudah terkirim semua ke Kemenag Kabupaten/Kota.

2. Setelah menerima file dari Kanwil Kemenag Propinsi, silahkan Kemenag Kabupaten/Kota memilah data tersebut per Lembaga/Satuan Pendidikan untuk didistribusikan ke masing-masing Lembaga/Satuan Pendidikan. Maksimal 3 hari setelah menerima file dari Kanwil Kemenag Propinsi, data tersebut harus sudah terkirim semua ke Lembaga/Satuan Pendidikan.

3. Setelah menerima file dari Kemenag Kabupaten/Kota, silahkan Lembaga/Satuan Pendidikan untuk melengkapi data sesuai dengan format yang dikirim dari Kemenag Pusat secara lengkap dan akurat sesuai dengan petunjuk pengisian .

1.7.2. Pengembalian Data :1. Setelah Lembaga/Satuan Pendidikan menerima File dan melengkapinya sesuai

dengan petunjuk pengisian dan format yang dikirim dari Kemenag Pusat secara lengkap dan akurat, maksimal 5 hari setelah menerima file dari Kemenag Kabupaten/Kota, data tersebut semua sudah harus terkirim kembali ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

2. Setelah menerima file dari Lembaga/Satuan Pendidikan, silahkan Kemenag Kabupaten/Kota menyatukan kembali data dari masing-masing Lembaga/Satuan Pendidikan menjadi satu file sheet excel dan Operator Kemenag Kabupaten/Kota WAJIB memeriksa dan menyesuaikan dengan format yang dikirim dari Kemenag Pusat dan sesuai dengan petunjuk pengisian. Maksimal 5 hari setelah menerima file dari Lembaga/Satuan Pendidikan, data tersebut harus sudah terkirim semua ke Kanwil Kemenag Propinsi masing-masing.

3. Setelah menerima file dari Kemenag Kabupaten/Kota, silahkan Kanwil Kemenag Propinsi menyatukan kembali data dari masing-masing Kemenag Kabupaten/Kota menjadi satu file sheet excel dan Operator Kemenag Propinsi WAJIB memeriksa dan menyesuaikan dengan format yang dikirim dari Kemenag Pusat dan sesuai dengan petunjuk pengisian. Maksimal 5 hari setelah menerima file dari Kemenag Kabupaten/Kota, data tersebut harus sudah terkirim semua ke Kemenag Pusat dalam satu file sheet excel sesuai dengan format excel seperti saat diedarkan dari Kemenag Pusat.

Subbag Sistem Informasi | 1

2 Petunjuk Khusus.

2.1. Data Pondok Pesantren.

2.1.1. Detil Lembaga Pondok Pesantren.

1. Kolom A/ NSPP.

NSPP adalah Nomor Statistik PP yang dimiliki oleh Lembaga PP yang diterbitkan oleh Kemenag Kab/Kota dan nomor ini harus sesuai dengan Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam terbitan Kemenag Pusat Tahun 2009.

Contoh NSPP yang sesuai dengan Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam terbitan Kemenag Pusat Tahun 2009 adalah 510311010007.

2. Kolom B/Nama Lembaga.

Pada Kolom ini cukup tuliskan nama lembaga saudara tanpa perlu diberi label PP Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh nama PP. Nurul Huda cukup ditulis Nurul Huda.

3. Kolom C/Tipe.

Kolom tipe PP silahkan diisikan dengan pilihan sebagai berikut:

a. Salafiyah.b. Khalafiyah (Ashriyah).c. Kombinasi.

Contoh Tipe PP. Nurul Huda Salafiyah cukup Salafiyah.

4. Kolom D/Alamat.

Pada Kolom ini silahkan isikan alamat lengkap lokasi keberadaan satuan pendidikan tersebut berada.

Contoh penulisan Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756.

5. Kolom E/Kecamatan.

Kolom kecamatan ini silahkan isikan kecamatan keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Kluet Selatan.

6. Kolom F/Kabupaten/Kota.

Pada Kolom ini silahkan isikan Kabupaten/Kota keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan untuk Kabupaten Bogor cukup ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor ditulis Kota Bogor.

Subbag Sistem Informasi | 2

7. Kolom G/Propinsi.

Kolom propinsi ini silahkan isikan Propinsi keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Sumatera Barat.

8. Kolom H dan I/Titik Koordinat.

a. Kolom H/Latitude.

Isikan angka titik koordinat bumi Lintang Utara/Lintang Selatan dalam bentuk angka desimal bukan dalam bentuk angka derajat, menit, detik. Catatan untuk angka Lintang Selatan jangan lupa diberi tanda minus (-). Tanda koma(,) diganti menjadi tanda titik(.).

Contoh penulisan 3.12345 LS cukup ditulis -3.12345 pada kolom ini.

b. Kolom I/Longitude.

Isikan angka titik koordinat bumi Bujur Timur dalam bentuk angka desimal bukan dalam bentuk angka derajat, menit, detik. Catatan tanda koma(,) diganti menjadi tanda titik(.).

Contoh penulisan 101.12345 BT cukup ditulis 101.12345 pada kolom ini.

9. Kolom J s/d N / PP Penyelenggara Wajar Dikdas Salafiyah Tingkat Ula.

a. Kolom J/ Lembaga

Diisi Ya, jika menyelenggarakan Wajar Dikdas Salafiyah Tingkat Ula, dan Jika tidak menyelenggarakan tidak perlu diisi.

b. Kolom K/Jumlah Santri

Diisi jumlah santri peserta wajar dikdas salafiyah tingkat ula.

c. Kolom L/≤ SMA/MA

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≤ SMA/MA

d. Kolom M/S1

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan S1

e. Kolom N/≥S2

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≥S2

10. Kolom O s/d S /PP Penyelenggara Wajar Dikdas Salafiyah Tingkat Wustha.

a. Kolom O/ Lembaga

Subbag Sistem Informasi | 3

Diisi Ya, jika menyelenggarakan Wajar Dikdas Salafiyah Tingkat Wustha, dan Jika tidak menyelenggarakan tidak perlu diisi.

b. Kolom P/Jumlah Santri

Diisi jumlah santri peserta wajar dikdas salafiyah tingkat wustha.

c. Kolom Q/≤ SMA/MA

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≤ SMA/MA

d. Kolom R/S1

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan S1

e. Kolom S/≥S2

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≥S2

11. Kolom T s/d X/PP Penyelenggara Program Paket A

a. Kolom T/ Lembaga

Diisi Ya, jika menyelenggarakan Program Paket A, dan Jika tidak menyelenggarakan tidak perlu diisi.

b. Kolom U/Jumlah Santri

Diisi jumlah santri peserta Program Paket A.

c. Kolom V/≤ SMA/MA

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≤ SMA/MA

d. Kolom W/S1

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan S1

e. Kolom X/≥S2

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≥S2

12. Kolom Y s/d AC/PP Penyelenggara Program Paket B

a. Kolom Y/ Lembaga

Diisi Ya, jika menyelenggarakan Program Paket B, dan Jika tidak menyelenggarakan tidak perlu diisi.

b. Kolom Z/Jumlah Santri

Subbag Sistem Informasi | 4

Diisi jumlah santri peserta Program Paket B.

c. Kolom AA/≤ SMA/MA

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≤ SMA/MA

d. Kolom AB/S1

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan S1

e. Kolom AC/≥S2

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≥S2

13. Kolom AD s/d AH/PP Penyelenggara Program Paket C

a. Kolom AD/ Lembaga

Diisi Ya, jika menyelenggarakan Program Paket C, dan Jika tidak menyelenggarakan tidak perlu diisi.

b. Kolom AE/Jumlah Santri

Diisi jumlah santri peserta Program Paket C.

c. Kolom AF/≤ SMA/MA

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≤ SMA/MA

d. Kolom AG/S1

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan S1

e. Kolom AH/≥S2

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≥S2

14. Kolom AI S/d AN / PP Penyelenggara Muadalah

a. Kolom AI/ Tahun Berdiri

Diisi dengan Tahun berdiri dalam Tahun Masehi, contoh : 2005

b. Kolom AJ/Pengakuan

Kolom Pengakuan silahkan diisikan dengan pilihan sebagai berikut:

Kemenag, Kemendikbud, Al Azhar, Lembaga Lain.

Subbag Sistem Informasi | 5

c. Kolom AK/Jumlah Santri

Diisi jumlah santri Muadalah.

d. Kolom AL/≤ SMA/MA

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≤ SMA/MA

e. Kolom AM/S1

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan S1

f. Kolom AN/≥S2

Diisi jumlah Pendidik yang berpendidikan ≥S2

15. Kolom AO s/d BQ/ Sarana Pendukung Belajar

a. Kolom AO/ Luas Tanah (m2).

Isikan luas tanah PP dalam m2

b. Kolom AP/ Luas Bangunan (m2).

Isikan luas bangunan PP dalam m2

c. Kolom AQ/ R. Asrama Putra Baik.

Isikan jumlah unit Asrama Putra dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah Asrama Putra baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

d. Kolom AR / R. Asrama Putra Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit R. Asrama Putra dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. Asrama Putra rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

e. Kolom AS / R. Asrama Putra Rusak Berat.

Isikan jumlah unit R. Asrama Putra dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Subbag Sistem Informasi | 6

Contoh penulisan jumlah R. Asrama Putra rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

f. Kolom AT/ R. Asrama Putri Baik.

Isikan jumlah unit R. Asrama Putri dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah R. Asrama Putri baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

g. Kolom AU/ R. Asrama Putri Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit R. Asrama Putri dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. Asrama Putri rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

h. Kolom AV/ R. Asrama Putri Rusak Berat.

Isikan jumlah unit R. Asrama Putri dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. Asrama Putri rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

i. Kolom AW/Ruang Pengajian Baik.

Isikan jumlah unit Ruang Pengajian dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah Ruang Pengajian baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

j. Kolom AX/Ruang Bermain Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit Ruang Pengajian dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Ruang Pengajian rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

k. Kolom AY/ Ruang Pengajian Rusak Berat.

Isikan jumlah unit Ruang Pengajian dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Subbag Sistem Informasi | 7

Contoh penulisan jumlah Ruang Pengajian rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

l. Kolom AZ/Ruang Kyai Guru Baik.

Isikan jumlah unit Ruang Kyai dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah Ruang Kyai baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

m. Kolom BA/ Ruang Kyai Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit Ruang Kyai dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Ruang Kyai rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

n. Kolom BB/ Ruang Kyai Rusak Berat.

Isikan jumlah unit Ruang Kyai dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Ruang Kyai rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

o. Kolom BC/Ruang Ustadz Siswa Baik.

Isikan jumlah unit ruang ustadz dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah ruang ustadz baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

p. Kolom BD/Ruang Ustadz Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit ruang ustadz dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah ruang Ustadz rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

q. Kolom BE/Ruang Ustadz Rusak Berat.

Isikan jumlah unit ruang ustadz dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah ruang ustadz rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

Subbag Sistem Informasi | 8

r. Kolom BF/ R. TU/Adm Baik.

Isikan jumlah unit R. TU/Adm dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah R. TU/Adm baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

s. Kolom BG/ R. TU/Adm Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit R. TU/Adm dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. TU/Adm rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

t. Kolom BH/ R. TU/Adm Rusak Berat.

Isikan jumlah unit R. TU/Adm dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. TU/Adm rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

u. Kolom BI/ R. Perpustakaan Baik.

Isikan jumlah unit R. Perpustakaan dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah R. Perpustakaan baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

v. Kolom BJ/ R. Perpustakaan Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit R. Perpustakaan dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. Perpustakaan rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

w. Kolom BK/ R. Perpustakaan Rusak Berat.

Isikan jumlah unit R. Perpustakaan dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah R. Perpustakaan rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

x. Kolom BL/ Toliet Guru Baik.

Isikan jumlah unit Toliet Guru dalam kondisi baik.

Subbag Sistem Informasi | 9

Contoh penulisan jumlah Toliet Guru baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

y. Kolom BM/ Toliet Guru Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit Toliet Guru dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Toliet Guru rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

z. Kolom BN/ Toliet GuruRusak Berat.

Isikan jumlah unit Toliet Guru dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Toliet Guru rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

aa. Kolom BO/ Toliet Siswa Baik.

Isikan jumlah unit Toliet Siswa dalam kondisi baik.

Contoh penulisan jumlah Toliet Siswa baik ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

bb. Kolom BP/ Toliet Siswa Rusak Ringan.

Isikan jumlah unit Toliet Siswa dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Toliet Siswa rusak ringan ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

cc. Kolom BQ/ Toliet Siswa Rusak Berat.

Isikan jumlah unit Toliet Siswa dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan.

Contoh penulisan jumlah Toliet Siswa rusak berat ada 5 unit cukup ditulis 5 pada kolom ini.

2.1.2. Data Detil Pendidik dan Tenaga Kependidikan PP.

1. Kolom A/ NSPP.

Subbag Sistem Informasi | 10

NSPP adalah Nomor Statistik PP yang dimiliki oleh Lembaga PP yang diterbitkan oleh Kemenag Kab/Kota dan nomor ini harus sesuai dengan Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam terbitan Kemenag Pusat Tahun 2009.

Contoh NSPP yang sesuai dengan Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam terbitan Kemenag Pusat Tahun 2009 adalah 510311010007.

2. Kolom B/Nama Lembaga.

Pada Kolom ini cukup tuliskan nama lembaga saudara tanpa perlu diberi label PP Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata..

Contoh nama PP. Nurul Huda cukup ditulis Nurul Huda

3. Kolom C/Alamat.

Pada Kolom ini silahkan isikan alamat lengkap lokasi keberadaan satuan pendidikan tersebut berada.

Contoh penulisan Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756.

4. Kolom D/Kecamatan.

Kolom kecamatan ini silahkan isikan kecamatan keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Kluet Selatan.

5. Kolom E/Kabupaten/Kota.

Pada Kolom ini silahkan isikan Kabupaten/Kota keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan untuk Kabupaten Bogor cukup ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor ditulis Kota Bogor.

6. Kolom F/Propinsi.

Kolom propinsi ini silahkan isikan Propinsi keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Sumatera Barat.

7. Kolom G s/d J/Identitas Personalia.

a. Kolom G/NIP atau No. Karyawan.

Isikan NIP untuk pegawai dengan status PNS, sementara isikan atau samakan nilai NIP/No. Karyawan tersebut dengan nomor KTP/NIK untuk pegawai dengan status Non PNS.

b. Kolom H/Nama Lengkap.

Subbag Sistem Informasi | 11

Isikan Nama Lengkap PTK yang bekerja di satuan pendidikan tersebut secara lengkap berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Drs. Abdul Malik, M.Si.

c. Kolom I/NIK atau No. KTP.

Isikan nomor KTP/NIK PTK yang bekerja di satuan pendidikan tersebut secara lengkap. Catatan penulisan NIK/No. KTP tidak perlu menggunakan tanda titik (.).Contoh penulisan 3275092901750007

d. Kolom J/Tanggal Lahir.

Isikan tanggal lahir personal tersebut dengan format MM/DD/YYYY.

Contoh penulisan tanggal 17 Agustus 1945 cukup ditulis 08/17/1945 pada kolom ini.

e. Kolom K/Tempat Lahir.

Isikan tempat lahir personal tersebut sesuai yang tertera di KTP.

f. Kolom L/Jenis Kelamin.

Isikan Jenis kelamin dengan pilihan Laki-laki atau perempuan.

Contoh penulisan untuk Laki-laki cukup ditulis L. Sementara untuk Perempuan ditulis P.

g. Kolom M/NUPTK.

Isikan nomor NUPTK Personalia yang bekerja di satuan pendidikan tersebut secara lengkap. NUPTK ini adalah nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Pusat. Catatan penulisan NUPTK tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

Contoh penulisan 3275092901750007

h. Kolom N/Nama Ibu Kandung.

Isikan Nama Lengkap ibu kandung PTK yang bekerja di satuan pendidikan tersebut secara lengkap berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Siti Aminah.

i. Kolom T/Pendidikan Formal Terakhir Personal.

Subbag Sistem Informasi | 12

Isikan kolom pendidikan dengan jenjang pendidikan formal yang sudah diselesaikan oleh PTK tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. SD/MI 2. SMP/MTs3. SMA/SMK/MA 4. D15. D2 6. D37. D4 8. S19. S2 10. S3

Contoh penulisan untuk pendidikan SMA/SMK/MA ditulis SMA/SMK/MA.

8. Kolom P s/d S/Status Kepegawaian Personalia.

a. Kolom P/TMT.

Isikan TMT status kepegawaian terakhir yang dimiliki oleh PTK yang bersangkutan dengan format MM/DD/YYYY.

Contoh penulisan tanggal 17 Agustus 1945 cukup ditulis 08/17/1945 pada kolom ini.

b. Kolom Q/Status Kepegawaian.

Isikan kolom status kepegawaian PTK tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. Calon Pegawai Negeri Sipil 2. Pegawai Negeri Sipil3. Diperbantukan 4. Dipekerjakan5. Tetap 6. Tidak Tetap/Honor

Contoh penulisan untuk status kepegawaian Calon PNS ditulis Calon Pegawai Negeri Sipil.

c. Kolom R/Golongan.

Isikan kolom status kepegawaian PTK (Khusus dengan status kepegawaian PNS) tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. Golongan I/a 2. Golongan I/b3. Golongan I/c 4. Golongan I/d5. Golongan II/a 6. Golongan II/b7. Golongan II/c 8. Golongan II/d9. Golongan III/a 10. Golongan III/b11.

Golongan III/c 12. Golongan III/d

13.

Golongan IV/a 14. Golongan IV/b

15.

Golongan IV/c 16. Golongan IV/d

17.

Golongan IV/e

Contoh penulisan untuk golongan III/c ditulis III/c.

Subbag Sistem Informasi | 13

d. Kolom S/Lembaga yang mengangkat.

Isikan kolom lembaga yang mengangkat tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. Kementerian Agama 2. Pemerintah Daerah3. Kementerian Lainnya 4. Yayasan Penyelenggara Pendidikan5. Satuan Pendidikan

Contoh penulisan untuk yang mengangkat yayasan penyelenggara satuan pendidikan ybs ditulis Yayasan Penyelenggara Pendidikan .

9. Kolom T s/d V Informasi Ketugasan

a. Kolom T/Status Tugas Personal.

Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:1. Pendidik, jika berdasarkan SK tugas adalah sebagai pendidik.2. Tenaga Kependidikan, jika berdasarkan SK tugas adalah sebagai tenaga

kependidikan

Contoh penulisan untuk status tugas sebagai pendidik ditulis Pendidik .

b. Kolom U/ Tugas Pendidik.

Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:1. Kyai/Nyai,2. Badal Kyai,3. Ustadz,4. Lainnya

Contoh penulisan untuk tugas pendidik sebagai Ustadz ditulis Ustadz.

c. Kolom V/ Tugas Tenaga Kependidikan.

Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:1. Kepala Asrama,2. Pembina Santri,3. Pembina Kegiatan Usaha,4. Lainnya.Contoh penulisan untuk tugas tenaga kependidikan sebagai Kepala Asrama ditulis Kepala Asrama.

2.1.3. Data Detil Peserta Didik (Siswa) PP.

1. Kolom A/NSPP.

Subbag Sistem Informasi | 14

NSPP adalah Nomor Statistik PP yang dimiliki oleh Lembaga PP yang diterbitkan oleh Kemenag Kab/Kota dan nomor ini harus sesuai dengan Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam terbitan Kemenag Pusat Tahun 2009.

Contoh NSPP yang sesuai dengan Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam terbitan Kemenag Pusat Tahun 2009 adalah 510311010007.

2. Kolom B/Nama Lembaga.

Pada Kolom ini cukup tuliskan nama lembaga saudara tanpa perlu diberi label RA atau BA atau TA. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh nama PP. Nurul Huda cukup ditulis Nurul Huda.

3. Kolom C/Alamat.

Pada Kolom ini silahkan isikan alamat lengkap lokasi keberadaan satuan pendidikan tersebut berada. Contoh penulisan Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756.

4. Kolom D/Kecamatan.

Kolom kecamatan ini silahkan isikan kecamatan keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Kluet Selatan.

5. Kolom E/Kabupaten/Kota.

Pada Kolom ini silahkan isikan Kabupaten/Kota keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan untuk Kabupaten Bogor cukup ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor ditulis Kota Bogor.

6. Kolom F/Propinsi.

Kolom propinsi ini silahkan isikan Propinsi keberadaan alamat lokasi satuan pendidikan tersebut berada. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Sumatera Barat.

7. Kolom G s/d L/Informasi Pribadi Siswa.

a. Kolom G/NIS Lokal.

Isikan NIS Lokal dengan menggunakan kombinasi antara 12 NSPP lembaga + 4 digit nomor urut siswa ybs.

Subbag Sistem Informasi | 15

Contoh penulisan misal NSPP lembaga 510311010007 dengan nomor urut siswa 1, maka penulisan NIS lokal menjadi 5103110100070001

b. Kolom H/NIS Nasional.

Isikan Nomor Induk Siswa (NIS) Nasional dengan NIS Nasional yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Pusat.

Contoh penulisan 9961885158

c. Kolom I/Nama Lengkap.

Isikan Nama Lengkap peserta didik secara lengkap yang belajar di satuan pendidikan tersebut secara lengkap. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Siti Aminah.d. Kolom J/Jenis Kelamin.

Isikan Jenis kelamin dengan pilihan Laki-laki atau perempuan.

Contoh penulisan untuk Laki-laki cukup ditulis Lk. Sementara untuk Perempuan ditulis Pr.

e. Kolom K/Tempat Lahir.

Isikan tempat lahir peserta didik yang bersangkutan.

f. Kolom L/Tanggal Lahir Lahir.

Isikan tanggal lahir peserta didik tersebut dengan format MM/DD/YYYY.

Contoh penulisan tanggal 17 Agustus 1975 cukup ditulis 08/17/1975 pada kolom ini.

8. Kolom M s/d U/ Informasi Kategori Kebutuhan Khusus yang diperlukan Siswa.

a. Kolom M/Tuna Netra.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

b. Kolom N/Lamban Belajar.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

Subbag Sistem Informasi | 16

c. Kolom O/Tuna Rungu.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

d. Kolom P/Sulit Belajar.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

e. Kolom Q/Tuna Daksa.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

f. Kolom R/Gangguan Komunikasi.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

g. Kolom S/Tuna Laras.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

h. Kolom T/Tuna Grahita.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

i. Kolom U/Bakat Luar Biasa.

Isikan kolom ini dengan pilihan Ya, jika siswa memang termasuk dalam kategori kebutuhan khusus tersebut, Tidak jika sebaliknya

Subbag Sistem Informasi | 17

Contoh penulisan jika siswa tidak termasuk dalam kategori kebutuhan khusus ini, cukup ditulis Tidak pada kolom ini.

9. Kolom V s/d AA / Informasi Kegiatan Belajar Santri

a. Kolom V/Kategori Santri.

Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut:1. Mukim,2. Tidak Mukim.Contoh penulisan kategori santri mukim ditulis mukim.

b. Kolom W/Kategori Belajar.

Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut :

1. Hanya Belajar Mengaji.2. Belajar Mengaji dan Diniyah.3. Belajar Mengaji, Diniyah dan di Madrasah,4. Belajar Mengaji, Diniyah dan di Sekolah.

Contoh penulisan kategori belajar Hanya Belajar Mengaji ditulis Hanya Belajar Mengaji.

c. Kolom X/Mengikuti Pendidikan Wajar Dikdas

Isikan dengan pilihan "Ya" jika mengikuti, "Tidak", jika tidak mengikuti.Contoh penulisan Mengikuti Pendidikan Wajar Dikdas Ya ditulis Ya .

d. Kolom Y/Jenjang Wajar DikdasIsikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut :

1. Ula,2. Wustha.Contoh penulisan Jenjang Wajar Dikdas ula ditulis ula.

e. Kolom Z/ Mengikuti Pendidikan KesetaraanIsikan dengan pilihan "Ya" jika mengikuti, "Tidak", jika tidak mengikuti.Contoh penulisan Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Ya ditulis Ya .

f. Kolom AA/ Jenjang Pendidikan KesetaraanIsikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut :

1. Paket A.2. Paket B.

Subbag Sistem Informasi | 18

3. Paket C,Contoh penulisan Jenjang Pendidikan Paket A ditulis Paket A.

10. Kolom AB s/d AH / Informasi Orangtua Siswa.

a. Kolom AB/Nama Lengkap Ayah.

Isikan Nama Lengkap ayah dari peserta didik secara lengkap berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Drs. Abdul Malik, M.Si.

b. Kolom AC/Pendidikan Formal Ayah.

Isikan kolom pendidikan dengan jenjang pendidikan formal yang sudah diselesaikan oleh orangtua tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. SD/MI 2. SMP/MTs3. SMA/SMK/MA 4. D15. D2 6. D37. D4 8. S19. S2 10. S3

Contoh penulisan untuk pendidikan SMA/SMK/MA ditulis SMA/SMK/MA.

c. Kolom AD/Pekerjaan Ayah.

Isikan kolom pendidikan dengan jenjang pendidikan formal yang sudah diselesaikan oleh orangtua tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. Tidak Bekerja 2. Pensiunan3. PNS 4. TNI/Polisi5. Pengajar Honorer 6. Karyawan Swasta7. Pengusaha 8. Pedagang Eceran9. Buruh Tani 10. Nelayan11. Pekerja Pabrik 12. Sopir/Kondektur13. Tukang Bangunan 14. Lainnya

Contoh penulisan jika pekerjaan ayah adalah nelayan ditulis Nelayan.

d. Kolom AE/Nama Lengkap Ibu.

Isikan Nama Lengkap ibu dari peserta didik secara lengkap berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf capital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.

Contoh penulisan Dra. Siti Zuhroh, M.Si.

e. Kolom AF/Pendidikan Formal Ibu.

Subbag Sistem Informasi | 19

Isikan kolom pendidikan dengan jenjang pendidikan formal yang sudah diselesaikan oleh orangtua tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. SD/MI 2. SMP/MTs3. SMA/SMK/MA 4. D15. D2 6. D37. D4 8. S19. S2 10. S3

Contoh penulisan untuk pendidikan SMA/SMK/MA ditulis SMA/SMK/MA.

f. Kolom AG/Pekerjaan Ibu.

Isikan kolom pendidikan dengan jenjang pendidikan formal yang sudah diselesaikan oleh orangtua tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. Tidak Bekerja 2. Pensiunan3. PNS 4. TNI/Polisi5. Pengajar Honorer 6. Karyawan Swasta7. Pengusaha 8. Pedagang Eceran9. Buruh Tani 10. Nelayan11. Pekerja Pabrik 12. Sopir/Kondektur13. Tukang Bangunan 14. Lainnya

Contoh penulisan jika pekerjaan ibu adalah buruh pabrik ditulis Pekerja Pabrik.

g. Kolom AH/Penghasilan Orangtua

Penghasilan orangtua ini merupakan gabungan penghasilan antara penghasilan ayah dan ibu. Isikan kolom tersebut dengan pilihan sebagai berikut:

1. : kurang dari Rp 500.0002. : Rp 500.001 - Rp 1 juta3. : Rp 1.000.001 - Rp 2 juta4. : Rp 2.000.001 - Rp 3 juta5. : Rp 3.000.001 - Rp 5 juta6. : lebih dari Rp 5.000.000

Contoh penulisan jika penghasilan orangtua sebanyak Rp. 3.500.000/bulan ditulis Rp 3.000.001 - Rp 5 juta .

Subbag Sistem Informasi | 20