pertemuan 14

Download Pertemuan 14

Post on 08-Jul-2015

136 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Mata Kuliah

Mata Kuliah

SISTEM OPERASI

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMPUTER (PTIK)JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSARSystem ProgramSystem program menyediakan lingkungan yang memungkinkan pengembangan program dan eksekusi berjalan dengan baik.Dapatdikategorikan:

Manajemen/manipulasi berkas. Membuat, menghapus, copy, rename, print, memanipulasi berkas dan direktori.Informasi status. Beberapa program meminta informasi tentang tanggal, jam, jumlah memori Dan disk yang tersedia,jumlah pengguna dan informasi lain yang sejenis.Modifikasi berkas. Membuat berkas dan memodifikasi isi berkas yang disimpan pada disk atau tape.

LanjutPendukung bahasa pemrograman. Kadang kala kompilator, assembler, interpreter dari bahasa pemrograman diberikan kepada pengguna dengan bantuan sistem operasi.Loading dan eksekusi program. Ketika program di-assembly atau dikompilasi, program tersebut harus di-load ke dalam memori untuk dieksekusi. Untuk itu sistem harus menyediakan absolute loaders,reloca table loaders,linkage editors,dan overlayloaders.Komunikasi Menyediakan mekanisme komunikasi antara proses, pengguna, dan sistem komputer yang berbeda. Sehingga pengguna bisa mengirim pesan, browse web pages, mengirim e-mail, atau mentransfer berkas.System CallsBiasanya tersedia sebagai instruksi bahasa assembly. Beberapa sistem mengizinkan system callsdibuat langsung dari program bahasa tingkat tinggi. Beberapa bahasa pemrograman (contoh: C,C++)telah didefenisikan untuk menggantikan bahasa assembly untuk sistem pemrograman.

Tiga metoda dalam memberikan parameter kepada sistem operasi:Melaluiregister.Menyimpan parameter dalam block atau tabel pada memori dan alamat block tersebut diberikan sebagai parameter dalam register.Menyimpan parameter (push) ke dalam stack oleh program, dan melakukan pop off pada stack Oleh sistem operasi.Jenis System CallsSystem Calls Manajemen Proses System Calls Manajemen Berkas System Calls Manajemen PerantiSystem Calls Informasi/PemeliharaanSystem Calls KomunikasiSystem Calls Manajemen ProsesSystem Call untuk manajemen proses diperlukan untuk mengatur proses-proses yang sedang berjalan. Kita dapat melihat penggunaan system calls untuk manajemen proses pada Sistem Operasi Unix. Contoh yang paling baik untuk melihat bagaimana system call bekerja untuk manajemen proses adalah Fork. Fork adalah satu satunya cara untuk membuat sebuah proses baru pada sistem Unix. Fork membuat duplikasi yang mirip dengan proses aslinya, termasuk file descriptor, register,dan lainnya.System Calls Manajemen PerantiSistem ini sering disebut dengan device manager. Menyediakan device driver yang umum sehinggaoperasi Input/output dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada perangkat keras, CD-ROM dan floppydisk.Manajemen Penyimpanan SekunderSystem calls yang berhubungan dengan berkas sangat diperlukan. Seperti ketika kita ingin membuat atau menghapus suatu berkas. Atau ketika ingin membuka atau menutup suatu berkas yang telahada, membaca berkas tersebut, dan menulis berkas itu. System calls juga diperlukan ketika kita ingin mengetahui atribut dari suatu berkas atau ketika kita juga ingin merubah atribut tersebut. Yangtermasuk atribut berkas adalah nama berkas, jenis berkas, danlain-lain.

Ada juga system calls yang menyediakan mekanisme lain yang berhubungan dengan direktori atau sistem berkas secara keseluruhan. Jadi bukan hanya berhubungan dengan satu spesifik berkas.Contohnya membuat atau menghapus suatu direktori, danlain-lain.System Calls Manajemen PerantiProgram yang sedang dijalankan kadang kala memerlukan tambahan sumber daya. Jika banyak pengguna yang menggunakan sistem, maka jika memerlukan tambahan sumber daya maka harus meminta peranti terlebih dahulu. Dan setelah selesai penggunakannnya harus dilepaskan kembali. Ketika sebuah peranti telah diminta dan dialokasikan maka peranti tersebut bisa dibaca, ditulis, atau direposisi. System Calls Informasi/PemeliharaanBeberapa system calls disediakan untuk membantu pertukaran informasi antara pengguna dan sistemoperasi. Contohnya system calls untuk meminta dan mengatur waktu dan tanggal. Atau meminta informasi tentang sistem itu sendiri, seperti jumlah pengguna, jumlah memori dan disk yang masihbisa digunakan, dan lain-lain. Ada juga system calls untuk meminta informasi tentang proses yang disimpan oleh sistem dan system calls untuk merubah (reset) informasi tersebut.System Calls Komunikasi

Message-passing.Pertukaran informasi dilakukan melalui fasilitas komunikasi antar proses yang disediakan oleh sistem operasi. Shared-memory. Proses menggunakan memori yang bisa digunakan oleh berbagai proses untuk pertukaran informasi dengan membaca dan menulis data pada memori tersebut.Dua Model KomunikasiTerima kasih