perkembangan peserta didik group presentation1

Click here to load reader

Post on 11-Apr-2017

396 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Slide 1

BY

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

PRESENTATION

PERKEMBANGAN EMOSI REMAJAA.Pengertian EmosiEmosi adalah : suatu keadaan jiwa yang jewarnai tingkah laku / suatu reaksi psikologis yang ditampilkan dalam bentuk tingka laku gembira,bahagia,sedih,berani,takut,marah,muak,haru,cinta dan sebagainya.

B.Jenis dan ciri-ciri emosiMenurut para ahli1.jenis emosi

b.Luella (1963 )a.Emosi marah,akan timbul jika remaja tersebut direndahkan,dipermalukan,dihina,atau dipojokkan dihadapan kawannya,b.Emosi takut,ketakutan itu banyak menyangkut dengan ujian yang akan diikuti,sakit,kekurangan uang,rendahnya prestasi,kesepian,diejek,dll.

c.emosi cintaemosi ini telah ada semenjak masa bayi rasa cinta diarahkan pada orang tua terutama pada ibu.pada masa kanak-kanak (3-5 tahun) rasa cinta diarahkan pada orang tua yang berbeda jenis kelamin,misalnya anak laki-laki akan jatuh cinta pada ibunya dan anak perempuan pada ayahnya.pada masa remaja arah dan objek cintaitu berubah yaitu trhadap teman sebaya yang berlawanan jenis.

2.ciri-ciri emosia.emosi mudah meluap (tinggi)b.Mudah muncul emosi negatif.Emosi negatif dapat berakibat :a.Depresi atau sedih yang mendalamb.Mudah pingsan karena terlalu sensitif dan perasac.Mudah tersinggung dan sensitif erhadap orang laind.Sering cemas karena terlalu banyak memikirkan bahaya / kegagalane.Sering ragu-ragu dalam memutuskan sesuatau.

Mandiri dalam arti emosional,bertanggung jawab atas masalahnya sendiri dan bertanggung jawab atas orang lain.Mampu menerima diri sendiri dan orang lain apa adanya.Mampu menampilkan ekpresi emosi sesuaimdengan situasi dan kondisi yang ada.

Mampu mengendalikan emosi-emosi negatif,sehingga pemunculannya tidak impulsif.3.Ciri kematangan Emosi Remaja

Ciri-ciri ketidakmatangan emosi

D.UPAYA ORANG TUA DAN GURU MENGEMBANGKAN EMOSI REMAJABeberapa cara untuk meredam emosi :Berfikir positifMencoba menghargai pendapat dan kelebihan orang lainBersabar dan menjadi pemaafMencoba belajar memahami karakteristik orang lainIntrospeksi dan mencoba melihat apabila kejadian yang sama terjadi pada diri sendiri,mereka dapat merasakannyaAlih perhatian

Thanks for attention...