muhammad faishal adnan

Click here to load reader

Post on 08-Apr-2017

169 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Macam macam kabel jaringan

Ternyata ilmu itu sangatlah sederhana ,Sama sederhananya seperti power point yang saya buat .Ilmu juga tidak bisa dilihat dari bentuk,ukuran,atou dilihat dari siapa kita mendapatkannya .Ilmu tidak dapat diukur juga tidak dapat dilihat .Ada pepatah mengatakan carilah ilmu sampai kenegri china ,bukan berarti kita harus mencari ilmu itu di negri cina ,tetapi kita harus bersungguh sungguh dalam mencari ilmu .Maka dari itu janganlah kalian bersantai-santai atau berleha-leha dalam mencari ilmu .

SLAMAT MEMBACA DAN MEMPELAJARINYAMunurut saya :

Disusun oleh :[email protected]

[email protected]

@theofaishal

Macam macam kabel jaringan

Macam macam kabel jaringanKabel COAXIAL

Kabel UTP (Unshield Twistwd Pair )

Kabel STP (Shield Twistwd Pair)

Kabel FIBER OPTIK

Kabel COAKSIALMerupakan kabel jaringan yang dilapisi dengan 2 tingkat isolasi. Pada isolasi yang pertama terdapat seraut konduktor yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengurangi pengaruh elektromagnetik,isolasi yang kedua terdapat plastic yang berfungsi sebagai pelindung untuk menghindari goresan dari kabel .

Karakteristik Kabel COAXIAL :Kabel ini memiliki pelindung interferensi ,maksimal bandwhit bisa sampai 100 Mbps , maksimal penjang kabel sampai 500 meter ,soket konektor yang digunakan jenis BNC (bayonet naval conector) ,biaya menggunakan kabel ini relatif murah dibandingkan demgan kabel UTP ,topologi jaringan yang umum digunakan kabel coaxial adalah topologi BUS ,dan cara instalasi kabel ini sederhana .

Keuntungannya :Jarak maksimum kabel lebih panjang dibanding UTP .Lebih murah dibandingkan dengan FIBER OPTIK .Memiliki kemampuan menolak noise yang cukup baik .Kekurangannya :Tebal ,sehingga agak sulit dalam instalasi dibandingkan dengan twisted pair .Jika kedua ujung tidak di ground (dilakukan dengan cara memastikan adanya koneksi elektrik yang baik/solid dikedua ujungnya) dengan baik ,maka akan mengakibatkan masalah .Pengertian dan Karakteristik COAXIAL

Kabel UTPMerupakan Kabel jaringan untuk menyalurkan jaringan internet,dan di dalam kabel UTP ini di dalamnya ada 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni yang memiliki dua kabel yang diputar enam kali per-inchi,yang tidak dilengkapi shield(pelindung internal) untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten.kabel ini sangat umum digunakan banyak orang karena harganya murah .

Karakteristik Kabel UTP :Kabel ini tidak memiliki pelindung interferensi sepeti kabel kabel yang lain ,memiliki maksimal bandwhit sampai 100 Mbps ,maksimal panjang kanel sampai 100 meter lebih pendek dari kabel coaxial ,sokek yang digunakan oleh kabel UTP adalah RJ 45 (registered jack) ,biaya menggunakan kabel ini relatif murah jika bibandingkan dengan menggunkan kabel FO ,topologi yang sering digunakan adalah topologi STAR ,Extented STAR,dan TREE ,instalasi kabel ini mudah ,bagi yang sudah berpengalaman .

Keuntungannya :Sangan mudah di install .Lebih murah dibandingkan tipe yanglain .Memiliki diameter yang kecil sehingga memudahkan dalam membuat saluran kabel .Kekuranganya :Lebih mudah terkena interferensi elektromagnetik dan noise .Jarak maksimum panjang kabel lebih kecil dibandingkan dengan kabel COAXIAL . Pengertian dan Karakteristik UTP

Kabel STP (shield twisted pair)Merupakan Kabel jaringan yang sama seperti Kabel UTP tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.

Karakteristik Kabel UTP :Kabel ini memiliki pelindung interferensi sepeti kabel kabel yang lain ,memiliki maksimal bandwhit sampai 100 Mbps ,maksimal panjang kanel sampai 100 meter lebih pendek dari kabel coaxial dan sama seperti UTP ,soket yang digunakan oleh kabel STP adalah RJ 45 (registered jack) sama seperti UTP ,biaya menggunakan kabel ini relatif mahal atau lebih mahal dibanding UTP,topologi yang sering digunakan ada dua yaitu topologi SRAT dan RING ,instalasi kabel ini lebih sulit dibandingkan kabel UTP .

Kegunaannya :kabel ini digunakan untuk jaringan data ,dan digunakan pada token ring IBM ,pembungkus kabel ini dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI .Kelemahannya :Attenuasi meningkat pada frekwensi tinggi ,kelemahan menurun sehingga tidak dapat mengkonfersasi timbulnya crosstalk dan sinyal noise .

Pengertian dan Karakteristik STP

Kabel FIBER OPTIK :merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung. Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain.Karakteristik kabel PIBER OPTIK :Kabel ini memiliki pelindung inter ferensi sepeti kabel kabel yang lain ,memiliki maksimal bandwhit 100 Mbps sampai 1 Gbps ,maksimal panjang kabel 2000 meter bahkan lebih dan lebih panjang dari kabel kabel yang lainnya ,soket yang digunakan oleh kabel FO adalah ST (spring loaded twist) ,biaya menggunakan kabel ini relatif mahal atau lebih mahal jika dibandingkan dengan STP,UTP,dan COAXCIAL ,topologi yang sering digunakan ada dua yaitu topologi BUS dan STAR ,instalasi kabel ini paling rumit dan sulit dibandingkan kabel UTP .

Keuntungannya :Dapat menjangkau sampai riban meter .Tahan terhadap interferensi elektro gelombang magnetik .Kapasitas trans misinga sangat bersar .Kualitas lebih bagus dari sistem komunikasi lainnya .Kelemahannya :Sulit membuat terminal pada kabel serat .Penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian tinggi Akan ada kemungkinan kehilangan sinyal ,pengiriman ketujuan yang berbeda-beda dapat mempengarhi besarnya informasi yang dikirim .FO masih sulit untuk disatukan dan ketika telah mencapai titik akhir maka FO harus diterima secara akurat yang menghasilkan transmisi yang jernih .Komponon komponen FO masih sangat mahal .

Pengertian dan Karakteristik FIBER OPTIK

Tutorial pemasangan coaxial

Tutorial pemasangan UTP

Tutorial pemasangan fiber optik

Maaf jika persentasi power poin yang saya buat standar dansangat sederhana, dikarnakan saya baru belajar .Mudah mudahan persentasi yang saya buat berarti untuk anda ,atau juga bisa menjadi tambahan untuk anda .Tolong beri masukan jika ada kata kata yang kurang tepat atau juga menurut anda salah ,jadi saya berharap kita bisa sama sama memberi masukan dan arahan (itung itung belajar bareng hehehe) .

Terima kasih atas perhatiannyaselesai