mengenal mesin offset

Download Mengenal Mesin Offset

Post on 29-Nov-2014

337 views

Category:

Technology

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

  • 1. PROJEK WORK LEARNING Disusun Oleh: Febryna Margareta Christina (13) Lita Dewi Anggraini (19) Nisa Apriana (21)
  • 2. Macam-MacamKertas Bahan Baku Percetakan
  • 3. 1. NCR (Nice Carbon) Jenis kertas ini mengandung karbonis, dan umumnya dipakai untuk pembuatan jenis buku yang memerlukan adanya rangkap/duplikasi, minimal duplikasi : 2 ply (lapisan), cirinya bila anda menuliskan sesuatu pada bagian kertas yang paling atas maka tulisan tersebut akan tembus ke kertas yang dibawahnya karena semua lembaran kertas NCR ini mengandung karbon. Contoh penggunaan untuk nota atau faktur penjualan, form surat jalan, arsip arsip perusahaan dll. Jenis NCR ini terdiri dari ply (lapisan) atas yang biasa disebut NCR TOP, ply tengah disebut NCR MIDDLE, ply paling bawah disebut NCR BOTTOM.
  • 4. 2. Artpaper & Artcarton Kertas standar untuk pencetakan dengan mesin offset dan print digital dengan permukaan semi kilap (shiny). Kertas Artpaper ini sangat cocok untuk segala jenis cetakan Full Color /separasi warna. Untuk menambah kesan elegan pada cetakan dapat di tambahkan dengan Laminating Doff, Laminating Glossy dan Cetak UV (Ultra Vernish). Kertas dengan kete2labalan 120 gsm 400 gsm dan kegunaannya untuk membuat brosur, kartu nama, booklet, dan foster, dll.
  • 5. 3. Conqueror Tersedia 2 jenis Kertas Conqueror ; Conqueror laid brilliant & woven brilliant. Sekilas permukaan serat dan gelombang kertas ini mirip dengan kertas jenis Concord. Conqueror memiliki masa jenis lebih keras dari concord (lemas), serat-serat pada conqueror lebih beraturan. Berguna untuk amplop, stopmap, dan kartu nama.
  • 6. 4. Matt Paper Kertas yang hampir kelihatan sama dengan Artpaper, letak perbedaannya yakitu pada permukaan kertas Matt Paper tidak mengkilat (Semi Doff). Kertas Matt Paper ini sering dipakai untuk cetak majalah, dan jenis lainnya untuk menambah kesan doff pada permukaan cetak. Sangat cocok untuk jenis cetakan yang banyak memuat blok warna. Daya serap tinta pada kertas jenis ini lebih cepat dari kertas artpaper. Dari segi harga kertas Matt paper lebih mahal dari Artpaper.
  • 7. 5. Kertas Ivory Ivory mirip dengan Art carton / Artpaper, hanya saja ivory hanya mempunyai satu sisi warna putih cerah agak licin dan sedikit mengkilap (coated), sisi yang lain tanpa coating (Doff). Kertas Ivory banyak digunakan sebagai paper bag /tas kertas yang tebal, hang tag, label harga, dos-dos kosmetik karena gramasi kertas Ivory cukup tebal. Gramaturnya 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, 400 gr.
  • 8. 6. Concoard Kertas Concord mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis serta permukaan bergelombang (tidak beraturan). Jenis kertas concord lebih lembek dari kertas Conqueror (kertas import) sehingga jika kertas jenis ini di lipat maka akan kelihatan sedikit patah-patah pada texture nya, apalagi untuk yang jenis tebal. Tersedia 2 jenis ketebalan : Concord tipis (+ 120 gsm) dan Concord Tebal ( + 250 gsm ) dan berguna untuk amplop, kartu nama.
  • 9. 7. Kertas HVS Untuk jenis kertas ini tentu mudah bagi anda untuk mengenalinya karena sudah familiar dalam keseharian kita terutama dapat dijumpai pada penyedia jasa Fotocopy. Jenis kertas HVS ini tersedia dalam berbagai gramatur (ketebalan) mulai dari 58, 60, 70, 80, 100 gsm. Jenis kertas ini sering dipakai untuk cetak form, kop surat, arsip, buku dll.
  • 10. 8. Duplex (Coated) Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya, Jenis kertas Duplex ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non coated. Kertas Duplex umum dipakai sebagai alas buku jenis nota, pembuatan box packaging karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Biasa dicetak cuma 1 sisi. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400gr.
  • 11. Mesin Offset
  • 12. Mesin Offset
  • 13. Sejarah Mesin Offset Pada mulanya , Alois Senefelder yang berasal dari Bayern Jerman dan dilahirkan di Praha 06 november 1771 mempergunakan lembaga yang dietsa.Tetapi harga tembaga sangat mahal dan memerlukan waktu lama dalam menggosok pelat yang akan digunakan.Kemudian selanjutnya ada gagasan untuk menuangi batu yang ditulis dengan larutan sendawa sehingga gambar diatasnya akan ternaikan (muncul). Ia berhasil dan bagian yangterkena lemak dan sampingnya sedikit termakan oleh asam , akhirnya mencuat sekitar 1mm diatas bagian yang tidak termakan oleh asam.
  • 14. Pengertian Mesin Offset Offset berasal dari kata set-off (beralih), dimana lapisan tinta yang ada di pelat cetak tidak langsung dialihkan ke permukaan bahan cetak tetapi diberikan dulu kepada sebuah blanket sebagai perantaranya.
  • 15. Jenis-jenis Mesin Offset 1. Berdasarkan Warna a. Mesin Cetak 1 Warna. b. Mesin Offset 2 Warna. c. Mesin Offset 4 Warna. d. Mesin Offset Bolak-balik (Perfecting) 2. Berdasarkan Merk a. Sakurai Oliver b. Hamada c. Gestetner d. Heidelberg e. Ryobi f. Hashimoto g. Komori Machine h. Solna
  • 16. Keunggulan Mencetak dengan Mesin Offset 1. Kualitas warna cetak offset lebih bagus dan tahan lama ketimbang menggunakan cetak digital. 2. Mencetak dalam jumlah banyak harganya lebih murah daripada cetak digital. 3. Bisa mencetak di berbagai media kertas seperti kertas setebal 400gr, kertas bermotif, kertas daur ulang, kertas yang relatif tipis, dan mencetak di atas kertas berukuran 100 x 70 cm. 4. Bisa menggunakan tinta berwarna silver, emas. Jika menggunakan gradasi warna abu-abu atau grayscale, hasilnya akan lebih akurat dari cetak digital. 5. Hasil cetakannya tajam dan merata dengan tinta Full Block. Pencetakan tinta dengan cara block ini sering dipergunakan untuk pembuatan design type negatif.
  • 17. 6. Untuk hasil cetak pada jauh lebih tahan lama dan tidak cepat pudar warnanya daripada menggunakan mesin digital printing. 7. Dengan menggunakan mesin ini kita dapat mencetak di kertas yang tipis seperti Buku Nota, HVS dan lainnya. 8. Untuk Harga cetak dalam jumlah yang banyak akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan mesin digital printing. 9. Kita juga dapat menggunakan tinta berwarna Emas dan Silver serta apabila kita mencetak dengan warna gradiasi Abu-abu maka hasilnya akan lebih akurat daripada menggunakan mesin digital printing.
  • 18. MESIN TOKO
  • 19. Mesin Toko
  • 20. Pengertian Mesin Toko Mesin cetak ini cukup mungil, mesin ini diproduksi di Jepang, memiliki banyak type namun yang familier dan yang sering digunakan di Indonesia adalah Mesin Toko Type 810, mesin ini memiliki area cetak maksimal (21cm x 33cm), ukuran folio. Mesin ini bisa digunakan untuk mencetak satu warna, seperti nota, is buku, dll.
  • 21. MESIN UV
  • 22. Mesin UV