mekanisme penghantaran impuls

Download MeKaNisMe PeNgHaNtaRaN iMpuLs

Post on 14-Jul-2015

574 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

menyajikan materi tentang mekanisme penghantaran impuls, gerak biasa, dan gerak refleks

TRANSCRIPT

Assalamualaikum Wr Wb

Mekanisme Penghantaran Impuls, Gerak Biasa, dan Gerak RefleksDisusun oleh: Nama : Arina Hukmu Adila Kelas : XI IPA 4 No. Presensi : 08

Mekanisme Penghantaran Impuls

Impuls Melalui Sel SarafPenghantaran impuls melalui serabut saraf dapat terjadi karena adanya perbedaan potensial listrik antara bagian dalam dan bagian luar sel. Pada saat sel dalam keadaan istirahat, muatan listrik di bagian dalam negatif sekitar -60 mV dan bagian luar bermuatan positif. Keadaan ini disebut potensial istirahat.

Jika rangsangan (stimulus) diberikan pada akson, maka akan terjadi pembalikan perbedaan potensial listrik sesaat. Bagian dalam menjadi positif sekitar +60 mV dan bagian luar bermuatan negatif. Peristiwa ini disebut potensial kerja. Perubahan potensial (depolarisasi) ini merambat di sepanjang serabut saraf.

Setelah impuls lewat, untuk sementara waktu serabut saraf tidak dapat dilalui oleh impuls, karena terjadi perpindahan dari potensial kerja ke potensial istirahat. Dibutuhkan waktu sekitar 1/500 sampai 1/1000 detik untuk pemulihan ke posisi semula.

Impuls Melalui SinapsisTitik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain dinamakan sinapsis. Setiap terminal akson membengkak membentuk tonjolan sinapsis. Di dalam sitoplasma tonjolan sinapsis terdapat struktur kumpulan membran kecil berisi neurotransmitter; yang disebut vesikula sinapsis.

Peranan penting neurotransmitter yaitu merambatkan impuls saraf ke saraf yang lain. Neurotransmitter ada berbagai macam, antara lain asetilkolin (pada sinapsis di seluruh tubuh), noradrenalin ( pada sistem saraf simpatetik), dan dopamin serta serotinin (pada otak). Apabila neurotransmitter tidak berfungsi, maka impuls tidak dapat merambat ke sel saraf yang lain.

Jika impuls sampai di bonggol sinapsis, maka vesikula sinapsis akan mendekati dan melebur dengan membran prasinapsis. Kemudian vesikula sinapsis akan melepaskan neurotransmitter. Neurotransmitter menyeberangkan impuls dari neuron prasinapsis ke neuron postsinapsis melalui celah sinapsis. Neurotransmitter mengakibatkan terjadinya depolarisasi pada membran postsinapsis dan terjadinya potensial kerja.

Dengan demikian, impuls saraf menyeberangi celah sinapsis dengan cara perpindahan zatzatzat kimia, untuk kemudian dilanjutkan pada sel saraf berikutnya dengan cara rambatan potensial kerja.

Gerak Biasa

Rangsangan Otak

Reseptorsaraf motor

saraf sensorik

Efektor

Gerak Refleks

Rangsangan Pusat Saraf

Reseptorsaraf motor

saraf sensori

Efektor

Terima Kasih

Wassalamualaikum Wr Wb