makna dan sejarah agama islam

Download Makna Dan Sejarah Agama Islam

If you can't read please download the document

Post on 25-Jun-2015

1.843 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

MAKNA DAN SEJARAH AGAMA ISLAMHOME GROUP 3 MPK AGAMA Karina Luthfia Khairunissa Permata Hati Melody Febriana Andardewi Muhamad Reza Prabowo Muhammad Reza Al Hakim Nabella Qisthina

PROSES PENCIPTAAN MANUSIA KE DUNIA

QS: Al-Muminun ayat 12-14: "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik.

TUJUAN DICIPTAKAN MANUSIAQS: Al-Baqarah:34. Manusia diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya QS: Az-Zariyat:56 untuk beribadah kepada Allah SWT

TAHAPAN PERJALANAN MANUSIA

PENGERTIAN AGAMAMenurut bahasa Sanskerta Arab Inggris

Menurut istilah

Dalam AlQuran disebut dalam istilah al-millah dan al-din

AGAMA SEBAGAI PEDOMAN DAN BATASANQS: Ali Imran:19 - Islam agama yang sempurna dan diridhai Allah QS: As-Saff:9 - Islam sebagai pedoman Pedoman Agama Islam -> Al-Quran dan Hadits - Membatasi dengan mengatur agar tetap berada di jalan yang benar, tanpa bersifat mengekang terhadap kehidupan sehari-hari.

PENGERTIAN DAN KARAKTER ISLAM

PENGERTIAN AGAMA ISLAMAslama-yuslimu-islaman

ISLAMKetaatan Tunduk dan patuh

Menyerah kan diri Agama atau peraturan-peraturan Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi dan Rasul-Nya sebagai petunjuk bagi umat manusia agar mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

TUJUH KARAKTER ISLAMAl Rabbaniyah Al Insaniyah

Al Syumuliah

Karakter Islam

Al Wasatiyah

Al Jamu Baina

Al Wudhu

Al Waqiyah

Al Quran Hadis Ijtihad

SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM

AL QURANWahyu Allah Diturunkan pertama kali pada 17 ramadhan di Gua Hira 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari. 30 juz, 144 surat, 6236 ayat Istimewa : berlaku sepanjang masa firman dengan bahasa yang indah Disampaikan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril.

Menampakka n diri sebagai laki-laki tampan

Wahyu datang seperti gemerincing lonceng Malaikat Jibril menampakka n diri sebenarnya

Malaikat Jibril meresapkan wahyu

Cara Penyampaian Al-Quran

Al QuranPembenar kitab-kitab suci sebelumnya Fungsi Al-Quran Sebagai obat penyakit (jiwa) Pemberi kabar gembira

Pembimbing dan sebagai pedoman untuk manusia

Furqan, pembeda yang baik dan buruk

HADISPerkataan, perbuatan dan takrir dari Nabi Muhammad SAW Berfungsi untuk: 1. Menguraikan isi Al Quran yang global secara singkat dan terperinci 2. Penguat hukum ajaran yang terdapat dalam Al Quran

IJTIHADHarus dilakukan oleh orang yang memiliki ilmu agama islam yang luas Orang yang melakukan Ijtihad disebut Mujtahid Didasari dari Al Quran dan Hadis Fungsi Ijtihad adalah untuk menentukan hukum dari sesuatu hal yang baru dan belum dijelaskan terperinci dalam Al Quran dan Hadis.

JENIS IJTIHAD

Ijma Kesepakatan seluruh ulama dan ahli ijtihad untuk suatu masalah yang berkaitan dengan syariat. Qiyas Menetapkan hukum dan membandingkannya dengan yang lain. Istikhsan Penetapan hukum dengan penyimpangan dari hukum umum ke khusus untuk mencapai kemanfaatan Istishab Menghukumi perkara setelah mempertimbangkan permasalahan Maslahah Murshalah Perkara-perkara yang perlu dilakukan demi kemaslahatan manusia. Sududz Dzariah Tindakan memutuskan suatu yang mubah menjadi makruh atau haram demi kepentingan umat. Urf Perbuatan yang dilakukan terus, bisa berupa perkataan atau perbuatan.

RUANG LINGKUP AJARAN AGAMA ISLAM

RUANG LINGKUP AJARAN AGAMA ISLAMAqidah Syariah Akhlak

Ruang lingkup ajaran agama Islam

Aqidah

Syariah (pokok ajaran Allah)

Akhlak

Berkaitan dengan keimanan, berkaitan dengan hal eskatologi, dijadikan landasan berpikir

Habluminallah

Habluminannas

Ibadah (mahdhah dan ghairu mahdhah)

Muamalah (mengatur hubungan antar manusia)

Perilaku dibangun atas hati nurani. Dibedakan menjadi mahmudah dan mazmumah.

ASAL USUL DAN PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM

ASAL-USUL DAN PERKEMBANGAN AGAMA ISLAM

Perkembangan agama Islam dibagi menjadi 5 periode Periode Nabi Muhammad SAW Periode khulafaurrasyidin Periode Bani Umayah Periode Bani Abbasiyah Periode Turki Usmani dan kemunduran Islam

ASAL-USUL AGAMA ISLAM Agama Islam diturunkan di Mekah melalu Nabi Muhammad. Pertama kali diturunkan di Gua Hira, 17 Ramadhan saat Nabi Muhammad berkhalwat. Wahyu kedua memberikan tugas kepada Nabi Muhammad untuk menyebarkan agama Islam. Allah memerintahkan Nabi Muhammad SAW berdakwah secara terang-terangan. Setelah dakwah secara terang-terangan, Agama Islam pun mulai tersebar luas dan berkembang.

PERKEMBANGAN AGAMA ISLAMPeriode Nabi Muhammad SAW dibagi menjadi dua periode penting yaitu periode Mekah dan periode Madinah

Periode MekahDakwah secara sembunyisembunyi Dakwah secara terangteranganBerhasil mengajak 29 laki-laki, 7 perempuan dari keluarga dan sahabat 182 orang masuk Islam setelah dikumpulkan di Shafa Selama 3 tahun

Menghadapi hinaan, siksaan, pemboikotan

Berhijrah sebagai solusi

Habsyah Thaif Yatsrib

Sejak 16 Rabiulawal tahun 1 Hijriah atau 28 Juli 622 M

Periode MadinahMasa pemerintahan berlangsungpembi naan sosial , ekono mi, pendi dikan, dakw ah dan perta hana n Mengha dadapi berbaga i peperan gan. Seperti Perang Badar, Uhud, Khanda k. Berhasil menaklukk an Mekkah dan mulai mengirim utusan maupun surat pada pimpinan Romawi, Persia dan Yamamah.

Awal pemerintahan, mengambil langkah strategisMemba ngun masjid Nabawi (pusat dakwah, politik pemerin tahan dan ibadah Mem per saud ara kan Muha jirin dan Ansh ar Piaga m madin ah untuk meper satuka n etnis, suku, agama untuk menjag a kehar monisa n

Peme rinta han berd asark an Al Qura n

Jumlah muslim bertam bah menjadi 10.000 orang akhir tahun 6H.

BERAKHIRNYA PERIODE NABI MUHAMMAD SAW Pemerintahan Nabi Muhammad SAW berakhir saat beliau berumur 63 tahun. Haji wada dilakukan oleh Nabi Muhammad pada tanggal 5 Dzulhijah 10 H atau 632 M. Nabi Muhammad wafat pada tanggal 12 Rabiul awal 11 H atau 8 Juni 632 M di rumah Aisyah. Sayangnya, sepeninggal Nabi Muhammad SAW, banyak terjadi pemberontakan dan umat yang keluar dari Islam.

PERIODE KHULAFAURRASYIDINPeriode ini dibagi menjadi empat sub-periode, yaitu : 1. Masa Abu Bakar as-siddiq 2. Masa Umar bin Khattab 3. Masa Usman bin Affan 4. Masa Ali bin Abi Thalib

Abu Bakar (2 tahun)

Permasalahan internal : banyak umat yang murtad, banyak yang tidak patuh pada pemerintah, nabi palsu, lalaikan kewajiban zakat Ekspansi wilayah : Hirrah di Irak oleh Khalid bin Walid Dan Syria

Diselesaika n dengan perang

Ekspansi wilayah : Jazirah Arabia, Palestina, Syria, senagian besar Persia, Mesir

Umar bin Khattab 1323H/634644M

Membagi pemerintahan menjadi 8 provinsi : Mekah, Madinah, Syria, Jazirah, Basrah, Kufah, Palestina, Mesir Mendirikan beberapa departemen yang mengatur pembayaran gaji dan pajak, mendirikan baitul mal, membangun jawatan kepolisian, dan mendirikan pengadilan.

Usman bin Affan (2335H/644655M) Dibunuh kaum pemberontak

Ekspansi wilayah : Armenia, Tunisia, Cyprus, Rhodes, bagian tersisa dari Persia, Transoxania, dan Tabaristan. Membangun sarana dan prasarana : Bendungan, pengatur irigasi, jalan, jembatan, masjid, memperluas Masjid Nabawi Mengambil kebijakan : Mencopot gubernur kurang memenuhi syarat, menarik kembali tanah hadiah dari pemerintahan sebelumnya untuk negara, memberlakukan sistem distribusi pajak untuk orang Islam Pemberontakan Muawiyah bin Abi Sufyan Pecahnya Islam menjadi : pendukung Ali, pendukung Muawiyah, netral (Murjiah), menolak semuanya (Khawarij)

Ali bin Abi Thalib (3541H/655661M)

Terjadi perang Shiffin diakhiri tahkim

PERIODE BANI UMAYAH Sistem pemerintahan dengan sistem monarki hereditas selama kurang lebih 90 tahun. Pendiri dinasti ini adalah Muawiyah bin Abi Sufyan (661-680M). Puncak kejayaan pada pemerintahan Umar bin Abdul Aziz (717-720M). Ekspansi wilayah sampai ke Spanyol, Afrika Utara, Palestina, Syria, Jazirah Arabia, Irak, sebagian Asia kecil, Persia, Rurkmenia, Uzbek dan Kirgis di Asia Tengah. Kemajuan pemerintahan Islam terlihat pada banyaknya pos penjagaan dengan fasilitas lengkap, banyaknya karya yang diterjemahkan dalam bahasa yunani dan latin, dan mulai dicetaknya uang, serta penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa resmi.

BANI ABBASIYAH Didirikan oleh Abdullah As-Shaffah. Dibagi menjadi lima periode : 1. Periode pengaruh Persia pertama (750-847M) 2. Periode pengaruh Turki pertama (847-945M) 3. Periode kekuasaan Bani Buwaih dalam pemerintahan Abbasiyah (945-1055M) 4. Periode kekuasaan Bani Saljuk dalam pemerintahan Abbasiyah (1055-1194M) 5. Periode bebas dari pengaruh dinasti lain (1194-1258M)

PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN MASA ABBASIYAH :

SELAMA

Peningkatan sektor pertanian dan pertambangan sebagai pembangun perekonomian terbesar (masa al-Mahdi) Pembangunan rumah sakit, lembaga pendidikan dokter, farmasi. (masa Harun al-Rasyid) Pembangunan Bait al-Hikmah, pusat penerjemahan buku asing digunakan sebagai perguruan tinggi dan perpustakaan besar. (masa al-Mamun) Banyak berbagai ilmu yang berkembang seperti ilmu kedokteran (Ibnu Sina dan al-Razi), optik (Alhazen), matematika (Muhammad bin Musa al-Khawarizmi, filsafat, teologi, sastra, seni, dan lain-lain. Adanya 7 perawi hadis sakhih (Imam Bukhari, Imam Tirmidzi,dll)

PERIODE TURKI USMANI DAN MULAI MUNDURNYA PERKEMBANGAN ISLAM

Tiga kerajaan besar yaitu Usma