makalah muskuloskeletal

Download makalah muskuloskeletal

Post on 31-Oct-2015

638 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

jfheufrEyhjgugu

TRANSCRIPT

BAB IIISIII.1 MUSKULOSKELETALII.1.1 Pengertian MuskuloskeletalMuskuloskeletal terdiri dari kata : Muscle = otot Skeletal= rangka

Otot(muscle)Jaringan tubuh yang berfungsi mengubah energi kimia menjadi kerja mekanik sebagai respons tubuh terhadap perubahan lingkungan.

Rangka(skeletal)bagian tubuh yang terdiri dari tulang, sendi, dan tulang rawan (kartilago) sbg tempat menempelnya otot dan memungkinkan tubuh untuk mempertahankan sikap dan posisi

Jadi, sistem muskuloskeletal merupakan sistem tubuh yang terdiri dari otot (muskulo) dan tulang-tulang yang membentuk rangka (skelet). Otot adalah jaringan tubuh yang mempunyai kemampuan mengubah energi kimia menjadi energi mekanik (gerak). Sedangkan rangka adalah bagian tubuh yang terdiri dari tulang-tulang yang memungkinkan tubuh mempertahankan bentuk, sikap dan posisi.

II.1.2 Anatomi dan Fisiologi MuskuloskoletalII.1.2.1 Anatomi Otot (muskulo)II.1.2.1.1 Otot RangkaOtot bagian ini dibagi menjadi 5 bagian:1. Otot pundak kepala, dibagi menjadi 2 bagian:a. Muskulus frontalis, fungsinya mengerutkan dahi dan menarik dahi mata.b. Oksipitalis terletak dibagian belakang, fungsinya menarik kulit ke belakang.2. Otot wajah terbagi atas:a. Muskulus rektus okuli/otot mata.b. Muskulus oblikus okuli/otot bola mata, fungsinya memutar mata.c. Muskulus orbikularis okuli/otot lingkar mata terdapat di sekeliling mata, fungsinya sebagai menutup mata atau otot sfingter mata.d. Muskulus levator palpebra superior terdapat pada kelopak mata. Fungsinya menarik, mengangkat kelopak mata atas pada waktu membuka mata.3. Otot mulut/bibir dan pipi, terbagi atas :a. Muskulus triangularis dan muskulus orbikularis oris/otot sudut mulut, fungsinya menarik sudut mulut kebawah.b. Muskulus quadratus labii superior, otot bibir atas mempunyai origo pinggir lekuk mata menuju bibir atas dan hidung.c. Muskulus kuadratus labii inferior, terdapat pada dagu merupakan kelanjutan pada otot leher. Fungsinya menarik bibir ke bawah atau membentuk mimik muka kebawah.d. Muskulus buksinator, membentuk dinding samping rongga mulut. Origo pada taju mandibula dan insersi muskulus orbikularis oris. Fungsinya untuk menahan makanan waktu mengunyah.e. Muskulus zigomatikus/otot pipi, fungsinya untuk mengangkat dagu mulut ke atas waktu senyum.4. Otot mengunyah/otot yang bekerja waktu mengunyah terbagi atas :a. Muskulus maseter, fungsinya mengangkut rahang bawah pada waktu mulut terbuka.b. Muskulus temporalis, fungsinya menarik rahang bawah ke atas dan ke belakang.c. Muskulus peterigoid internus dan eksternus, fungsinya menarik rahang bawah ke depan.

5. Otot lidah, sangat berguna dalam membantu panca indra dalam mengunyah. terbagi atas:a. Muskulus genioglosus, fungsinya mendorong lidah ke depan.b. Muskulus stiloglolus, fungsinya menarik lidah ke atas dan ke belakang.B. Otot leherBagian otot ini dibagi menjadi 3 bagian:1. Muskulus platisma, terdapat di samping leher menutupi sampai bagian dada. Fungsinya menekan mandibula, menarik bibir ke bawah dan mengerutkan kulit bibir.2. Muskulus sternokleidomastoid di samping kiri kanan leher ada suatu tendo sangat kuat. Fungsinya menarik kepala ke samping, ke kiri, dan ke kanan, memutar kepala dan kalau keduanya bekerja sama merupakan fleksi kepala ke depan di samping itu sebagai alat bantu pernafasan.3. Muskulus longisimus kapitis, terdiri dari splenius dan semispinalis kapitis. Ketiga otot ini terdapat di belakang leher, terbentang dari belakang kepala ke prosesus spinalis korakoid. Fungsinya untuk menarik kepala belakang dan menggelengkan kepala.

C. Otot bahuOtot bahu hanya meliputi sebuah sendi saja dan membungkus tulang pangkal lengan dan tulang belikat akromion yang teraba dari luar.1. M. Deltoid (otot segitiga), otot ini membentuk lengkung bahu dan berpangkal dibagian sisi tulang selangka ujung bahu, balung tulang belikat dan diafise tulang pangkal lengan. Di antara otot ini dan taju besar tulang pangkal lengan terdapat kandung lendir. Fungsinya mengangkat lengan sampai mendatar.

2. M. Subskapularis (otot depan tulang belikat) otot ini mulai dari bagian depan tulang belikat, menuju taju kecil tulang pangkal lengan, di bawah uratnya terdapat kandung lendir. Fungsinya menengahkan dan memutar tulang humerus ke dalam.3. M. Supraspinatus (otot atas balung tulang belikat). Otot ini berpangkal di lekuk sebelah atas menuju ke taju besar tulang pangkal lengan. Fungsinya mengangkat lengan.4. M. Infraspinatus (otot bawah balung tulang belikat). Otot ini berpangkal di lekuk sebelah bawah balung tulang belikat dan menuju ke taju besar tulang pangkal lengan. Fungsinya memutar lengan ke luar.5. M. Teres mayor (otot lengan bulat besar). Otot ini berpangkal di siku bawah tulang belikat dan menuju ke taju kecil tulang pangkal lengan. Diantara otot lengan bulat kecil dan otot lengan bulat besar terdapat kepala yang panjang dari muskulus trisepbraki. Fungsinya bias memutar lengan ke dalam.6. M. Teres minor (otot lengan belikat kecil). Otot ini berpangkal di siku sebelag luar tulang belikat dan menuju ke taju besar tulang pangkal lengan. Fungsinya memutar lengan keluar.

D. Otot dadaTerdiri atas:1. Otot dada besar (muskulus pektoralis mayor). Pangkal terdapat di ujung tengah tulang selangka, tulang dada dan rawan iga. Fungsinya dapat memutar lengan ke dalam dan menengahkan lengan, menarik lengan melalui dada, merapatkan lengan ke dalam.2. Otot dada kecil (muskulus pektoralis minor). Terdapat di bawah otot dada besar, berpangkal di iga III,IV,dan V menuju ke prosesus korakoid. Fungsinya menaikkan tulang belikat dan menekan bahu.3. Otot bawah selangka (muskulus subklavikula). terdapat diantara tulang selangka dan ujung iga I, bagian dada atas sebelah bawah os.klavikula. fungsinya menetapkan tulang selangka di sendi sebelah tulang dada dan menekan sendi bahu ke bawah dank e depan.4. Otot gergaji depan (muskulus seratus anterior).berpangkal di iga I sampai IX dan mennuju ke sisi tengah tulang belikat, tetapi yang terbanyak menuju ke bawah.5. Otot dada sejati yaitu otot-otot sela iga luar dan otot-otot sela dalam.Fungsinya mengangkat dan menurunkan iga waktu bernafas. E. Otot perut Terdiri atas:1. Muskulus abdominis internal (dinding perut), garis di tengah dinding perut di namakan linea alba, otot sebelah luar (muskulus abdominis eksternal). Otot yang tebal di namakan oponeurosis, membentuk kandung otot yang terdapat di sebelah kiri dan kanan linea itu.2. Lapisan sebelah luar sekali di bentuk otot miring luar (muskulus obliqus eksternus abdominis). Berpangkal pada iga V sampai iga yang bawah sekali. Serabut ototnya yang sebelah belakang menuju ke tepi tulang panggul (Krista iliaka). Serabut yang depan menuju linea alba. Serabut yang tengah membentuk ikat yang terbentuk dari spina iliaka anterior superior ke simpisis.3. Lapisan ke dua di bawah otot di bentuk oleh otot perut dalam (M. Obliqus internus abdominis). Serabut miring menuju ke atas dan ketengah. Aponeurosis terbagi dua dan ikut membentuk kandung otot perut lurus sebelah depan dan belakang muskulus rektus abdominis, otot perut lurus mulai dari pedang rawan iga III di bawah dan menuju ke simfisis. Otot ini mempunyai empat buah urat melintang.4. Muskulus transverses abdominis, merupakan xipoid menuju artikule ke kosta III terus ke simfisis. otot ini membentuk empat buah urat yang bentuknya melintang di bungkus oleh muskulus rektus abdominis dan otot vagina.5. Otot yang masuk ke dalam formasi bagian bawah dinding perut atau dinding abdominal posterior : a. Muskulus psoas, terletak dibelakang diafragma bagian bawah mediastinum, berhubungan dengan kuadratus lumborum didalamnnya terdapat arteri, vena dan kelenjar Limfe.b. Muskulus iliakus, terdapat pada sisi tulang ileum sebelah belakang berfungsi menopang sekum, dan sebelah depan menyentuh kolon desendens.

F. Otot punggung Otot punggung (bagian belakang tubuh), otot ini dibagi menjadi 3 bagian :1. Otot yang ikut menggerakkan lengana. Trapezius (otot kerudung). Terdapat disemua ruas-ruas tulang punggung. Berpangkal ditulang kepala belakang. Fungsinya : mengangkat dan menarik sendi bahu. Bagian atas menarik scapula ke baguian medial dan yang bawah menarik kebagian lateral.b. Muskulus latisimus dorsi (otot punggung lebar), berpangkal pada rual tulang punggung yang kelima dari bawah fasia limboid, tepi tulang punggung dan iga III di bwah, gunanya menutupi ketiak bagian belakan g, menengahkan dan memutar tulang pangkal lengan kedalam.

c. Muskulus rumboi d (otot belah ketupat), berpangkal dari taju duri, dari tulang leher V, ruas tulang punggung V, disini menuju kepinggir tengah tulang belikat. Gunanya menggerakkan tulang belikat ke atas dan ketengah.

2. Otot antara ruas tulang belakang dan iga. Otot yang bekerja menggerakkan tulang iga atau otot bantu pernapasan, terdidir dari 2 otot, yaitu :a. Muskulus seratus posterior inferior (otot gergaji belakang bawah). Terletak dibawah otot punggung lebar, berpangkal di fasia lumbodorsalis dan menuju ke iga V dari bawah. Gunanya menarik tulang iga ke bawah pada waktu bernafas.b. Muskulus seratus posterior superior, terletak dibawah otot belah ketupat dan berpangkal diruas tulang leher keenam dan ketuju dari ruas tulang punggung yang kedua. Gunanya menarik tulang iga ke atas waktu inspirasi.

3. Otot punggung sejatia. Muskulus interspinalis transversi dan muskulus semispinalis, terdapat di antara kiri-kanan prosesus transversus dan prosesus spina. Fungsinya untuk sikap dan pergerakan tulang belakang.b. Muskulus sakrospinalis (muskulus erector spina), terletak di samping ruas tulang belakang kiri dan kanan. Fungsinya memelihara dan menjaga kedudukan kolumna vertebra dan pergerakan dari ruas tulang belakang.c. Muskulus quadrates lumborum, terletak di antara krista iliaka dan os kosta, terdiri dari 2 lapisan; fleksi dari vertebra lumbalis dan di samping itu juga murupakan dinding bagian belakang rongga perut.

G. Otot pangkal lengan atas1. Otot-otot ketul (flek