laporan ojt minggu ke 5.docx

Click here to load reader

Post on 14-Sep-2015

305 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

On The Job TrainingPT. NAJATIM DOCKYARDJl. Nilam Barat Baru 43 Surabaya 60177 Jawa Timur

LAPORAN HARIANON THE JOB TRAININGPOLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KAPAL

MINGGU KE : V

Nama Mahasiswa : Deni Sukteo NRP : 6312030009 Nama Pembimbing : Pranowo Sidi ST,MT Perusahaan Tempat OJT : PT Najatim DockyardHari : Senin Tanggal : 16 Maret 2015Tempat : LESTARI PERMAI

1.KEGIATANPerbaikan plat lambung kapal KM LESTARI PERMAI

2.KONSEP TEORI & UMUMReplating (Pengantian Plat)Sering terjadi kapal mengalami perubahan bentuk, perubahan konstruksi, getaran yang berlebih, dan kebocoran lambung bawah air. Umumnya dialami oleh kapal kapal yang baru selesai menjalani pekerjaan replating. Standart dari plat yang harus di ganti menurut BKI adalah 20% dari plat awal. Pekerjaan pekerjaan yang seharusnya dihindari atau tidak dilakukan pada saat replating plat, adalah sebagai berikut :1. Doubling plat, ini akan berakibat instabilitas, karena pembebanan yang tidak seimbang pada sisi portside atau starboard side kapal.2. Membuka plat lama dan gading gading terlalu banyak, sebelum pemasangan plat baru dan jangan melakukan bending plat ditempat, seperti melakuan memukul mukul plat, memasang plat, karena akan berakibatkan terjadinya perubahan bentuk pada hull (deformation).

Pekerjaan pekerjaan yang harus dilaksanakan pada saat replating adalah sebagai berikut :1. Membuat supporting pada pondasi main engine dan bracket, sebelum membuka intermediate, propeller shaft dan melakukan pekerjaan replating plat dibawah kamar mesin, agar rate engine mouting tetap terjaga dan memudahkan pekerjaan cen tering/ aligment, antara main engine dan propeller shaft setelah pekerjaan replating dibawah kamar mesin selesai dilakukan.2. Menguji kekedapan las pada sambunggan sabunggan plat dengan teliti dan melakuakan centering, aligment dua kali, diatas dock pekerjaan pemasangan, dan diatas air pekerjaan pengencangan, kerena akan terjadi perbedaan temperature dan tekanan yang signifikan antara diatas dock dan diatas air laut.

3.PROSEDUR KEGIATANLangkah langkah replating plat Adapun langkah dalam replating plat pada kapal KM LESTARI PERMAI sebagai berikut antara lain :1. Sebelum melakukan proses replating plat , ketebalan plat kapal sudah di test (test ketebalan plat mengunakan test magnetic).2. Setelah dilakukan test magnetic akan diketahui plat mana yang harus diganti atau tidak. 3. Plat yang mempunyai ketebalan kurang 20% dari ketebalan plat semula dilakukan pemotongan

4.DOKUMENTASI KEGIATANFotoKeterangan

Proses pemotongan plat lambung kapal dengan menggunakan blander las secara vertical.

Poses pemotongan plat secara horizontal dilakuakn di setiap satu jarak frame frame kapal.

Proses pembentukan/ penempatan plat dengan lambung kapal dengan memanasi plat dengan menggunakan blander las.

Proses pengelasan plat pada lambung kapal bagian luar

LAPORAN HARIANON THE JOB TRAININGPOLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KAPAL

MINGGU KE : V

Nama Mahasiswa : Deni Sukteo NRP : 6312030009 Nama Pembimbing : Pranowo Sidi ST,MT Perusahaan Tempat OJT : PT Najatim DockyardHari : Selasa Tanggal : 17 Maret 2015Tempat : LESTARI PERMAI

1.KEGIATANOverhoul main engine pada kapal KM. LESTARI PERMAI

2.KONSEP TEORI & UMUMOverhaul adalah proses pembongkaran/ perbaikan engine secara menyeluruh. Overhaul pada kapal dilakukan tiap 5 tahun, overhaul bisa dilakukan waktu itu juga dikarekan engine mengalami kerusakan sehingga perlu dilakukan proses tersebut. Waktu yang dibutuhkan engine untuk melakukan proses overhaul atau TBO (time between overhaul) yaitu 32.000 jam atau lebih. Kebanyakan pemilik kapal saat ini telah memiliki pengalaman positif tentang system overhaul berbasis kondisi mesin atau CBO.

Sistem overhaul berbasis kondisi mesin atau CBO CBO untuk torakSystem overhaul yang melihat dari kondisi torak ini dilakukan/ ditentukan tiap 12.000/16.000 jam untuk saat ini dianggap terlalu kuno. Kebutuhan untuk melakukan overhaul biasanya tidak terlalu dipusingkan, dan perpanjangan sampai 32.000 jam saat ini memang dimungkinkan. Akan tetapi, masalahnya cukup luas, dan banyak factor yang harus ditentukan untuk kebutuhan akan overhaul.

Factor- factor yang paling penting untuk melakukan overhaul torak adalah : Keausan pegas torak Luas maksimum korosi karena panas yang diizinkan pada tengah- tenga dari puncak torsi (tempat dimana biasanya paling tinggi) masing masing sepanjang 9/12/15 mm untuk mesin yang diameter silinder 80/90/98 cm. Pegas-pegas toraknya lengket/ mancet, patah, bocor. Tanda- tanda gesekan paksa makro pada permukaan-permukaan gesek dari pegas torak.

Pemeriksaan dan pencatatan dari kondisi dan keausan silider yang sebenarnya harus dilakukan secara teratur sehingga bias mengenali dengan baik perkembangan keasusan normal dari silinder. Pada awalnya jarak waktu/intervalnya harus pendek, misalnya setiap dua atau tiga minggu. Interval pemeriksaan bisa diperpanjang setelah yakin bahwa tidak ada sesuatu yang menyimpang.

CBO untuk katup katup gas buangKatup gas buang yang menggunakan dudukan W (W-seat) dan batang katup terbuat dari bahan Nimonic ataupun DuraSpindle, jangka waktu overhaulnya telah meningkat lebih dari 32.000 jam. Kombinasi dari W-seat/Nimonic spindle dan W-seat/DuraSpindle yang terpasang pada mesin MAN jenis S60MC menunjukkan kondisi yang sangat baik sekali setelah beroperasi selama 25.500 dan 33.900 jam tanpa overhaul.

Untuk perapat (seal) batang katup gas buang, rancang bangun yang diberi nama Tinggi permukaan Minyak yang Terkontrol atau COL (Controlled Oil Level) seperti terlihat di Gambar No.1, berdasarkan hasil sejumlah unit pengetesan pada mesin-mesin berdiameter 98, 90 dan 60 cm juga menunjukkan bahwa jangka waktu overhaul dari seal batang katup bisa diperpanjang sampai 30.000-35.000 jam. Hal ini digambarkan pada Gambar No.2, yang memperlihatkan sebuah pemeriksaan terbuka (open-up) pada mesin jenis K98.

3.PROSEDUR KEGIATANLangkah langkah pembongkarann main engine/ mesin diesel (Overhauld)

Hal hal penting yang harus diperhatikan dalam membongkar silinder head adalah :1. Pastikan mesin diesel dalam kondisi dingin2. Air pendingin harus dalam kondisi kosong, caranya dengan mengedrain air pendingin.3. Pastikan semua koneksi pipa ke silinder head harus terlepas semua.4. Posisikan Top Dead Center (TDC) pada silinder head yang mau dilepas.5. Lepas baut silinder head dengan special tools.6. Angkat silinder head.

Berikut adalah langkah langkah dalam membongkar pasang silinder head :1. Siapkan manual books pemeliharaan melepas cylinder head.2. Drain/ keluarkan air pendingin Jaket Water 3. Tutup stop krain air pendingin Jaket Water4. Lepas tutup cover cylinder head5. Lepas exhaust manifold6. Lepas intake manifold7. Lepas L boch8. Lepas indicator cock9. Tutup stop kran BBM10. Lepas pipa injector11. Lepas pipa udara start12. Lepas pipa air jaket water yang berhubungan dengan cylinder head.13. Lepas roker arm dan komponen komponennya.14. Lepas cover pengaman komponen diatas cylinder head15. Lepas baut cylinder head16. Setelah baut cylinder head dilepas cylinder head diangkat dan diturunkan.17. Lepas spring valve intake maupun exhaust, selanjutnya lepas cashing valve exhaust kemudian setelah valve intake dilepas dibersihkan dan diukur sesuai petunjuk manual books.18. Rakit kembali chasing valve exhaust, valve intake dirakit pasa cylinder head19. Lepas starting valve selanjutnya dibersihkan dan diukur setelah selesai dirakit kembali dan dipasang pada cylinder head.20. Bersihkan injector dan ditest tekanannya sesuai standar, kalau tekanannya tidak sesuai dibongkar kemudian sesuaikan tekanannya selanjutnya pasang kembali pada cylinder head.21. Setelah komponen komponen sylinder head dirakit, cek kembali ikatan ikatannya.22. Sebelum dipasang cylinder head bloknya dibersihkan dan cek ring cylinder head.23. Ingatlah waktu memasang cylinder head jangan pasang dulu exhuse manifold maupun intake manifold, elboch maupun komponen yang menghambat waktu mengikat cylinder head karena kalau dipasang cylinder head tidak dapat rapat mengakibatakan kompresi bocor ada toleransi untuk memasang intake manifold dengan syarat bautnya asal bias masuk saja, bautnya jangan terlalu dalam/ rapat.24. Pasang kembali cylinder head, ikatlah sesuai manual books.25. Pasang kembali perangkat/ komponen komponennya dan stel valve intake maupun exhaust, clearance sesuai dengan manuala books.26. Setelah pekerjaan seleasi cek kembali semua ikatan ikatan pada komponen cylinder head dan yakinkan tidak ada tools yang ketinggalan.27. Buka kembali stop kran air pendingin untuk pengisian. Dan buka kran stop BBM selanjutnya jalankan pompa air pendingin untuk membuang angin dan cek kalau ada kebocoran.28. Yakinkan kondisi mesin siap operasi.

4.DOKUMENTASI KEGIATANFotoKeterangan

Main engine 6 cylinder kapal lestari permai

Pengagkatan cylinder head dengan menggunakan katrol

Membersihkan kotoran yang melekat pada cylinder head.

LAPORAN HARIANON THE JOB TRAININGPOLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KAPAL

MINGGU KE : V