laporan kuliah kerja lapangan acs fix

Download Laporan Kuliah Kerja Lapangan Acs Fix

Post on 14-Oct-2015

311 views

Category:

Documents

24 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

LPJ

TRANSCRIPT

LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN

AEROFOOD ACS JAKARTA

Disusun oleh :

REGULER A Semester 4

JURUSAN D III GIZIPOLTEKKES KEMENKES SEMARANG

2013/2014KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan, rahmat, dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kuliah kerja Lapangan di Aerofood ACS Jakarta. Adapun penyusunan laporan ini merupakan salah satu penugasan mata kuliah Teknologi Pangan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Dengan selesainya tugas ini, penulis tak lupa menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, terutama kepada :1. Allah SWT yang senantiasa memberikan hidayah dan kesehatan sehingga penulis bisa menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.

2. Dosen-Dosen Teknologi Pangan yang senantiasa memberikan ilmunya, serta memberikan penugasan sehingga penulis bisa mendalami materi saat melakukan Praktek Kerja Lapangan khususnya di ACS.

3. Serta teman teman DIII GIZI Angkatan 22 khususnya Reguler A yang selalu memberikan bantuan, semangat dan dukungan sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.

Akhirnya semoga apa saja yang penulis kerjakan mendapat berkah dan ridho dari Allah SWT. Penulis mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun agar lebih baik lagi. Dan kepada semua pihak yang telah membantu semoga Allah yang pemurah memberikan imbalan yang setimpal. amin.

Semarang, Mei 2014

Penulis

Reguler AWAKTU DAN TUJUAN KUNJUNGAN

BAB I

PENDAHULUAN

A. Gambaran Umum

Selama pembelajaran praktik mahasiswa telah diberikan bekal mencirikan bahan-bahan yang telah mengalami kerusakan fisik, kimia maupun mikrobiologis/mikrobiologi, melakukan praktik aneka teknologi pengolahan pangan dan dampak dari pengolahan pangan tersebut terhadap nilai gizi pangan, memahami penggunaan bahan tambahan pangan dalam pengolahan pangan secara aman dan teknoloi pengemasan bahan pangan yang baik sehingga produk terlindungi dan lebih tahan lama.

Beberapa keterbatasan dialami dalam melakukan praktikum teknologi pangan dan beberapa teknologi yang terpaksa tidak dilakukan praktikum karena keterbatasan sarana dan sulitnya teknologi dilakukan, teknologi pengolahan pangan tersebut diantaranya adalah: pengolahan ekstrusi dan pengawetan dengan radiasi, pengeringan dengan metode semprot serta penggorengan dengan metode vakum. Selain itu praktikum kunjungan ini bertujuan untuk melihat aplikasi praktis teknologi pangan di industry pengolahan pangan yang diwujudkan dalam bentuk kunjungan industry.Pada evaluasi belajar akhir mata kuliah teknologi pangan mahasiswa dituntut untuk mampu mengaplikasikan hasil pembelajaran praktik dalam bentuk proposal proyek dengan output akhir adalah pembuatan produk inovasi menggunakan salah satu atau kombinasi beberapa teknologi yang sudah dipelajari termasuk penggunaan BTP dan pengemasan termasuk cara/proses meminimalkan penurunan zat gizi pada pengolahan tersebut.B. Tujuan Umum1. Memahami aplikasi teknik pengolahan pangan pada industry pengolahan pangan.2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan dengan realitas yang ada di lapangan serta dapat mengetahui berbagai permasalahan yang ada dan kemungkinan dapat menyelesaikannya.3. Memperluas wawasan, pengetahuan dan pengembangan cara berpikir secara logis dan sistematis.4. Melatih mahasiswa untuk bekerja mandiri dan beradaptasi di lingkungan kerja yang nantinya akan ditekuni sesuai profesinya.C. Tujuan Khusus

1. Melakukan kunjungan pada industry pengolahan pangan

2. Memahami aplikasi teknik pangan di industry pengolahan pangan

3. Melihat teknik pengolahan pangan yang tidak bisa dilakukan pada kegiatan praktikum tersrtuktur di laboratorium.

4. Mengetahui secara umum sejarah, perkembangan, struktur organisasi dan tenaga kerja di PT. AEROFOOD Aero Catering Service (ACS) Jakarta

5. Mempelajari seluruh proses produksi yang diterapkan oleh PT. AEROFOOD Aero Catering Service (ACS) - Jakarta. 6. Mempelajari seluruh aspek Ilmu dan Teknologi Pangan yang diterapkan di PT. AEROFOOD Aero Catering Service (ACS) - Jakarta yang meliputi tata letak dan peralatan yang digunakan, pemilihan bahan baku, proses produksi, pengendalian mutu, serta Sistem Jaminan Halal (SJH).D. Manfaat1. Bagi mahasiswaMahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman di dunia kerjaMahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta kreativitas.

2. Bagi jurusan Sebagai masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kurikulum yang dibuat sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja,

E. Jadwal Pelaksanaan

Kuliah Kerja Lapang (KKL) dilaksanakan tanggal 08 Mei 2014 di PT. Aerofood Aero Catering Service (ACS) Bandara Soekarno Hatta Jakarta.BAB II

GAMBARAN INDUSTRIA. AEROFOOD ACSPT Aerofood ACS berdiri pada 1974 dan sudah beberapa kali ganti nama. Sebagai perusahaan bertaraf internasional yang sangat memerhatikan aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan pelanggan, ACS sudah mengantongi Quility Management System (ISO22000- 2005 dan ISO 9001-2008), Sertifikat Halal MUI, Health Safety Environment Program dan Sistem Pengamanan International Aviantion Security.Aerofood ACS adalah salah satu perusahaan di bidang olahan makanan dan jasa. Olahan makanan tersebut hanya sebatas untuk industri, dan pesawat terbang. Oleh karena itu perusahaan ini juga memperhatikan masalah higiene dan sanitasi untuk menjaga keamanan pangan. Higiene dan sanitasi yang diberlakukan oleh ACS sangat ketat, mulai dari barang masuk hingga produk tersebut sudah siap untuk dikonsumsi oleh konsumen. Selain itu penanganan bahan mentah di ACS sesuai dengan prosedur yang ada, sehingga ACS sudah menerapkan HACCP dalam perusahaannya.

PT. ACS merupakan unit usaha dari PT. Aerowisata yang juga anak perusahaan Garuda Indonesia yang bergerak dalam bisnis catering untuk penerbangan. PT. Aero Catering Service (atau juga Aerofood) beroperasi sejak pada tahun 1974 hingga saat ini telah mempekerjakan sebanyak 1.365 karyawan.

Kantor pusat dan pusat produksi ACS di Jakarta berada di area Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng. Selain di Jakarta, PT. ACS juga memiliki cabang di berbagai kota di Indonesia diantaranya di Balikpapan, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

PT. AEROFOOD Aero Catering Service (ACS) termasuk industri catering berskala Internasional. Dengan adanya menu special yang ditawarkan AEROFOOD Aero Catering Service (ACS), maka akan menambah pengakuan konsumen bahwa catering ini dapat memberikan apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen. Bagi konsumen yang mempunyai kondisi khusus (penderita diabetes dan kolesterol), pola makannya bisa tetap terjaga. Selain itu, Sistem Jaminan Halal (SJH) juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk negeri ini adalah muslim, dimana seorang muslim sangat memperhatikan mengenai kehalalan makanan yang dikonsumsinya. Dengan adanya jaminan bahwa makanan tersebut halal, maka hak seorang muslim dapat dipenuhi sehingga kepercayaan konsumen muslim terhadap produk AEROFOOD Aero Catering Service (ACS) selalu terjaga.B. TUGAS

ACS (Aero Catering Service) adalah bagian dari anak perusahaan Garuda yang bergerak dalam usaha penyediaan catering atau makan dalam penerbangan. Seluruh cabang ACS saat ini mampu memproduksi sebanyak 55.000 porsi makanan setiap harinya. Sedangkan untuk ACS yang ada di Jakarta mampu memproduksi makanan sebanyak 38.000 porsi setiap harinya. Dalam proses produksinya, ACS telah menerapkan standar internasional sesuai dengan standar ISO 9001 2001 dan ISO 22000.

Untuk penerbangan Garuda, ACS juga menyiapkan makanan untuk pesanan khusus penumpang seperti : vegetarian meal, kosher meal, diabetic meal, gluten atau sugar free meal, low fat meal, soft diet meal dan low salt diet meal. Bagi penumpang Garuda yang akan memesan makanan khusus tersebut harus memesan pada saat melakukan reservasi. Pesanan makanan khusus dapat dilakukan sedikitnya tiga hari sebelum tanggal keberangatan.

C. PARTNER

Selain membuat makanan untuk penumpang airline, PT. ASC juga memproduksi makanan untuk grup-grup Hotel nasional dan internasional di Indonesia. Selain menyediakan makanan untuk seluruh penerbangan Garuda, ACS juga menyediakan makanan untuk penumpang pada airline lain baik airline domestik maupun airline internasional yang terbang dari Indonesia.

Airline-airline nasional yang dilayani oleh ACS diantaranya adalah Merpati Nusantara Airlines, Pelita Air Services, Bouraq, Star Air dan lain lain.

Sedangkan penerbangan internasional yang menjadi pelanggan PT. ACS saat ini ada sebanyak 28 perusahaan penerbangan diantaranya adalah : Air China, Cathay Pacific, China Airlines, EVA Air, Emirates, Japan Airlines, Malaysian Airlines, Qantas, Qatar Airways, Royal Brunei, Singapore Airlines, Thai Airways, dan lain lain.D. VALUES IFRESH

Aerofood ACS mendemonstrasikan komitmennya dengan menghadirkan layanan katering yang inovatif sebagai wujud implementasi dari konsep IFRESH (Integrity, Fast, Reliable, Effective & Efficient, Service Excellence and Hygiene). Lima elemen ini adalah rangkaiancorporate valueyang menjadi pegangan bagi karyawan dalam melaksanakan tugas mereka, dan lima elemen ini pulalah yang telah menghantarkan perusahaan untuk mencetak begitu banyak prestasi bisnis.

Integrity

Aerofood ACS selalu mengedepankan nilai kejujuran moral (moral uprightness) sebagai bagian integral dari bagaimana Aerofood ACS melakukan bisnis, mengaplikasikan nilai etis dalam kegiatan harian dan menguatkan rasa percaya para mitra dan customer.

Fast

Layanan premium Aerofood ACS dihadirkan dengan lekas dan hemat biaya, dengan tujuan secara konstan memberikan respon yang cepat dan akura