laporan bioteknologi pangan

Download Laporan bioteknologi pangan

Post on 23-Oct-2015

134 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

pembuatan pisang asam dan yakult

TRANSCRIPT

LAPORAN PRAKTIKUMBIOTEKNOLOGI DAN BIOPROSES

DISUSUN OLEH:

Nama: Nur Azizah Ameliah ZainNIM: 432 11 026Pembimbing: Muh. Saleh S.TP,M.Si

TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRIJURUSAN TEKNIK KIMIAPOLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG2013

KATA PENGANTARPuji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya sehinggakami dapat menyelesaikan Laporan Praktikum ini dengan judul: Pembuatan Yakult dan Pisang Asam dan Pembuatan dan Uji aktivitas Enzim Amilase.Dalam proses penyusunan Laporan ini, kami banyak memperoleh bantuan khususnya dari dosen pembimbing, sehingga Laporan ini dapat terselesaikan. Kami menyadari bahwa hasil yang dicapai dalam penulisan Laporan ini masih mengandung berbagai kelemahan dan kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan Laporan ini. Semoga Laporan ini dapat menjadi sumbangan yang berharga bagi semua pihak.Akhirnya,dengan segala kerendahan hati kami mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada seluruh pihak yang telah membantu khususnya pada dosen pembimbing dalam penulisanLaporanini.Semoga Allah SWT meridhoi dan memberkati segala usaha kita.Amin.

DAFTAR ISIKata PengantariDaftar IsiiiBAB 1. PEMBUATAN YAKULT DAN PISANG ASAMA. Tujuan1B. Perincian Kerja1C. Alat dan Bahan1D. Dasar Teori2E. Prosedur Kerja6F. Data Pengamatan8G. Perhitungan9H. Pembahasan11I. Kesimpulan12BAB 2. PEMBUATAN DAN UJI AKTIVITAS ENZIM - AMILASEA. Tujuan13B. Perincian Kerja13C. Alat dan Bahan13D. Dasar Teori14E. Prosedur Kerja17F. Data Pengamatan19G. Perhitungan19H. Pembahasan20I. Kesimpulan22DAFTAR PUSTAKA23

PERCOBAAN 1PISANG ASAM DAN YAKULTA. TUJUAN : Dapat menerapkan metode pembuatan Yogurt dan Pisang Asam dengan benar Dapat menghasilkan Produk yang Higienis

B. PERINCIAN KERJA : Pembuatan yakult Pembuatan buah asam Fermentasi Titrasi

C. ALAT DAN BAHAN : ALAT : Pipet ukur Bulb Kotak Steril Semprot alkohol Aluminium foil Beker gelas besar Kemasan gelas air mineral Erlenmeyer Gelas kimia 500 ml Pembakar spirtus BAHAN : Pisang susu Susu skim cair Yakult Alkohol

D. DASAR TEORI :Yakult adalah minuman susu fermentasi,yang dibuatdengan cara memfermentasisusu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain:Pada tahun 1930, almarhum Dr.Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult,telahberhasilmengkulturkanberbagaijenisbakteriasamlaktatdanmemilihsatujenisbakteriyangbersifatpalingtahanterhadap cairan pencernaan.Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strainbaru yang unggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapatmenaklukkan berbagai hambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedusehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalamusus manusia.Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan caramengaktifkan sel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, danmengurangi jumlah bakteri yang merugikan. Prinsip pembuatan yoghurt dan yakultPrinsip pembuatan yoghurt adalahfermentasi susu dengan menggunakan bakteriLactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Kedua macam bakteritersebut akan menguraikanlaktosa(gula susu) menjadi asam laktat dan berbagaikomponen aroma dan citarasa. Lactobacillus bulgaricus lebih berperan padapembentukan aroma, sedangkan Streptococcus thermophilus lebih berperan padapembentukan citarasa yoghurt. Yoghurt yang baik mempunyai total asam laktatsekitar 0,85-0,95%. Sedangkan derajat keasaman (pH) yang sebaiknya dicapai olehyoghurt adalah sekitar 4,5. Pembuatan yogurt isbandi mudah karena mengandalkanbakteri apa saja yang ada pada susu segar saat itu, terutama bakteri asam laktatpembuat yogurt

a. Sejarah Yakult

Yakult(Yakuruto?) adalah minumanprobiotikmiripyogurtyang dibuat dari fermentasiskimmed milkdanguladengan bakteriLactobacillus casei. KarenaL. Casei Shirotadapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandungbakteri yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat. Namanya berasal darijahurto, bahasaEsperantountuk yoghurt.Yakult ditemukan oleh doktorMinoru Shirotapada1930. Pada1935, ia mendirikanYakult Honsha Co., Ltd.(Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha?) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteriBifidobacteriumbreve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obatkemotrapiirinotecan.Yakult juga memiliki salah satu timbisbolterbesar di Jepang,Tokyo Yakult Swallows.Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual diJepang,Asia,Australia,Amerika Latin, danEropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.

b.Manfaat YakultDengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5 milyar bakteriLactobacillus caseiShirota strain hidup kedalam usus kita. Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpun dimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjaga kesehatan usus. Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:1.Mencegah gangguan pencernaan2.Meningkatkan daya tahan tubuh3.Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus4.Mengurangi racun dalam usus5. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.

c.Pembuatan YakultYakult dibuat dengan cara memfermentasi campuran susu bubuk skim dan glukosa menggunakan bakteriLactobacillus caseiShirota strain, bakteri unggul hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang diteruskan sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research.Yakult dibuat dari bahan-bahan:1. bakteriLactobacillus caseiShirota strain hidup2. susu bubuk skim3. sukrosa dan glukosa.4. perisa5. airYakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena: asam laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya.Pembuatannya secara hygienis. Penyimpanannya pada suhu dibawah 10C

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan :Pisang (Musa paradisiaca )..buah yang satu ini sangat populer dikalangan kita, selain karna mudah didapat , murah, buah ini juga banyak kandungan vitaminnya. Pisang (Banana) adalah pohon jenis Terna (pohon dengan batang yang lunak dan tidak berkayu) dari suku Musaceae dengan batang yang kuat, dan daun-daun yang besar memanjang dan berwarna hijau tua. Buah pohon ini nampak dalam bentuk sisir-sisir, yang tiap sisirnya berisi (10 20) pisang, dan dalam buahnya tidak terdapat biji. Pisang merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang. Konon buah ini berasal dari asia tenggara kemudian buah ini mulai menyebar ke benua bagian barat. Dan perlu diketahui bahwa indonesia merupakan salah satu negara penghasil pisang terbanyak, yaitu pada urutan ke empat dunia.

Kandungan PisangPisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

E. PROSEDUR KERJA :

Disiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, kemudian disiapkan lat yaitu 6 buah botol minuman bekas dan 6 buah kemasan gelas air mineral dicuci bersih.

Pembuatan YakultDimasukkan sebanyak 600 ml susu skim ke dalam beker gelas besar. Ditambahkan gula lalu diaduk sampai rata. Dipipet susu skim yang ada di dalam beker gelas ke dalam 6 buah botol minuman dengan volume masing-masing 100 ml. Botol lalu ditutup rapat, kemudian dilakukan pasteurisasi pada susu dengan memanaskan diatas air mendidih selama 15 menit. Diangkat dan didinginkan di dalam baskom yang berisi air es.

Pembuatan pisang asamPisang dikupas dan dihaluskan. Pisang yang telah halus kemudian dimasukkan ke dalam beker gelas besar. Ditambahkan gula lalu diaduk hingga rata. Dipipet 87,5 ml yakult dan dicampurkan ke dalam pisang. Beker gelas yang berisi pisang kemudian ditutup dengan aluminium foil. Dilakukan pasteurisasi pada pisang sama seperti pada susu skim.

Proses FermentasiBotol-botol yang berisi susu serta beker gelas yang berisi pisang yang telah dipasteurisasi dimasukkan ke dalam kotak steril. Sebelumnya, kotak steril disemprot alkohol terlebih dahulu dan alkohol juga disemprotkan pada tangan agar tangan steril. Aluminium foil pembungkus beker gelas dibuka lalu diambil pisang di dalamnya dan di masukkan ke dalam 6 buah kemasan gelas air mineral. Gelas lalu ditutup dengan aluminium foil. Yakult juga dipipet dan dimasukkan ke dalam setiap botol minuman yang berisi susu yang telah dipasteurisasi dengan volume masing-masing 1 ml. Botol lalu ditutup rapat. Disimpan selama 2 hari. Produk kemudian dicicipi rasanya mulai dari hari pertama hingga ketiga setelah penyimpanan selama 2 hari. Diamati perubahan rasa dan penampakan yang terjadi pada produk.

Titrasi NaOHDitimbang pisang asam yang diamati pada hari I, II, III masing-masing 10 gram dan dipipet 10 ml yakult yang telah diamati pada hari I, II, III dan diletakkan ke dalam Erlenmeyer. Ditambahkan aquades dan dilarutkan hingga mencapai volume 150 ml. Ditambahkan 2-3 tetes indicator PP. Dititrasi dengan NaOH 0,1 N. Diamati hingga terjadi perubahan warna. Dicatat volume titrasinya

F. DATA PEN