landscape edisi pesta 2014

Click here to load reader

Post on 06-Apr-2016

228 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

  • Forum Aspirasi Mahasiswa FTSP

    Buletin Mahasiswa FTSP

    PESTAEDISI KHUSUS

    Kurangnya Persiapan Kuliah Perdana 2014Awal Buruk DPM UII

    Bendera Organisasi Eksternal Berkibar Kembali

    SOLID / LANDSCAPE EDISI SEPTEMBER 2014

  • SEP 20

    14LA

    ND

    SCAP

    E2

    Alamat Redaksi: Jalan Kaliurang Km 14,5 Kampus Terpadu FTSP UII Basement, Yogyakarta 55581. 08572929867 | [email protected] fax 895330

    @solidftspuii | Instagram @solidftspuii

    DA

    FTAR

    ISI

    foto /ilustrasi

    Laporan UtamaBENDERA ORGANISASI EKS 4

    Laporan KhususKURANGNYA PERSIAPAN 6

    Secara teknis, kehadiran organisasi eksternal di Kuliah Perdana pada tanggal 1 September diperbolehkan. Akan tetapi, di tubuh DPMU sendiri terjadi beda pendapat. Menurut Muham-mad Redho Teguh yang menjabat sebagai Ketua DPMU, meskipun DPMU tidak mengeluarkan larangan bagi organisasi eksternal untuk membuka stand, DPMU juga tidak berhak memberikan izin. Hal ini dikarenakan DPMU hanya sebagai tamu undangan di Kuliah Per-dana, bukan sebagai penyelenggara, sehingga kewenangan untuk memberikan izin ada pada rektorat

    Banyaknya Mahasiswa Baru yang tidak mendapatkan kursi saat mengikuti Kuliah Perdana (Kuper), menggambarkan ketidaksiapan panitia dalam melaksanakan Kuliah Perdana. Tidak hanya masalah kuantitas yang membludak saja, panitia Kuper pun kecolongan karna kurangnya pengawasan terhadap mahasiswa baru, sehingga banyak mahasiswa baru yang kedapatan merokok saat Kuliah Per-dana berlangsung.

    DAFTAR ISI

    SAPAAN

    2 10 133 11 148 12 15

    DAFTAR ISISapaan Redaksi

    OPINIAwal Buruk DPMU

    SASTRAJanji

    EDITORIALSurat Pembaca

    KAMPUSIANAAda Apa Di Prapesta

    POLLINGPesta Di Mata Maba

    IKLAN IPTEKPiranti PencegahKecelakaan Kerja

    GALERIPESTA 2014

    Alhamdulillahi Rabbil Alamin. Puji Syukur kami panjatkan atas rahmat Allah SWT yang telah memberikan kami semua kesehatan hingga bisa

    menyelesaikan LANDSCAPE edisi khusus PESTA ini. Kami menyadari keterbatasan waktu yang ada menjadikan buletin ini kurang matang. Meski begitu, LANDSCAPE edisi khusus PESTA ini merupakan salah satu wujud dari tanggung jawab kami, terlepas dari segala kekura- ngannya. Semoga dengan segala ketidaksempurnaan itu, LANDSCAPE bisa memberikan informasi seputar PESTA yang bermanfaat bagi ka-lian para pembaca. Terakhir, selamat datang mahasiswa-mahasiswi baru Universitas Islam Indonesia angkatan 2014. Semoga kelak kalian bergabung bersama kami untuk menjadi pemimpin negeri ini. Salam PERSMA!

    PEMIMPIN UMUMArya Praditya Gunawan

    PIMPINAN BIRO UMUMPutri Sihospi

    PEMIMPIN REDAKSIAndi Mufly M.M

    REDAKTUR PELAKSANAFathia R.N HusnaREDAKTUR FOTOIqbal Ramadhan

    REDAKTUR LAYOUTDAN ILUSTRASI

    Arifin Agus SOsi Novenda SPIMPINAN P3

    Helmy Badar NahdiM. Arief Guswandi

    REPORTERTim magang SOLID

  • SEP

    20

    14LA

    ND

    SCA

    PE

    3ED

    ITO

    RIA

    L

    Rangkaian acara PESTA (Pesona Taaruf) tahun ini mengalami cukup banyak perubahan signifikan. Salah satu yang dibanggakan adalah adanya Pra-Pes-ta yang bertujuan untuk mendekatkan maba-miba serta untuk mempermudah mereka untuk mem-buat atribut. Sehari sebelum rangkaian acara Pesta tersebut, Kuliah Perdana terlebih dahulu diadakan di Auditorium Kahar Mudzakir. Namun adanya or-ganisasi eksternal yang turut hadir di acara tahu-nan tersebut cukup menuai tanda tanya. Meskipun Surat Keputusan (SK) Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (DPM UII) menyatakan bahwa wilayah boulevard harus bersih

    dari tanggal 2 hingga 4 September, namun adanya organisasi eksternal tetap diperdebatkan. Pasaln-ya, untuk mendirikan stand di area boulevard ha-rus seizin rektorat. Organisasi Eksternal mengaku sudah mengantongi izin dari DPMU, yang sejatinya tidak memiliki kewenangan untuk memberikan izin pada saat Kuliah Perdana. Akan tetapi, dari tubuh DPMU sendiri terjadi beda pendapat. Di satu pihak tidak mengakui adanya izin, dari pihak lain merasa organisasi eksternal memang pantas dipersilakan untuk memeriahkan acara asalkan bukan di tanggal 2, 3, dan 4 September.

    EDITORIAL

    SURATDARI : Erika Dian Puspita (Komisi 2 DPMU)UNTUK : Rektorat

    PESTA tahun 2014 ini sudah terlihat baik dengan adan-ya hal-hal baru yang ditampilkan. Namun terlalu ban-yak tambahan mahasiswa secara mendadak sempat menyulitkan panitia penyelenggara. Harapannya rek-torat dapat berkoordinasi secara baik dengan panitia penyelenggara.

    DARI : Maba Fakultas HukumUNTUK : Panitia Pesta

    Kritik: Tempat kurang memadai Terlalu pagi banget. Kapan sara-pan? Kelaperan ini anak orang!

  • LANDSCA

    PE

    4 SEP

    2014

    Oleh: Sofiati Mukrimah | Foto: M. Irfan Ardiansyah, Sofiati MukrimahReporter: M. Irfan Ardiansyah, Yosi Mutiara Pertiwi, Lutfiana Rahmasari

    Bendera OrganisasiEksternal Berkibar Lagi

    LAPORANUTAMA

    Perbedaan regulasi dari DPM Universitas (DPMU) periode sebelumnya (2013-2014) dan seka-rang (2014-2015) dimanfaatkan or-ganisasi eksternal untuk turut serta mempromosikan lembaganya saat Kuliah Perdana. Mengacu pada surat DPMU periode 2013-2014 NO:39/B/SEK/DPMU/UII/VII/2013 menyatakan bahwa H-7 sampai H+7 kegiatan Pes-ta, organisasi eksternal dilarang atas pengajuan izin pemasangan spanduk dan hal yang bisa disamakan dengan itu di sekitar kampus. Sedangkan, kuliah perdana tahun 2014 ini la-rangan tersebut hanya pada waktu pelaksanaan rangkaian acara Pesta 2014 terhitung tanggal 2-4 Septem-

    ber 2014 yang mengacu pada su-rat keputusan (SK) DPM U NO: 012/KPTS/DPMUII/VIII/2014. Tahun ini bener-bener kita buat surat tertu-lis bahwa pada tanggal 2, 3, 4 tidak boleh ada eksternal, apapun itu, jelas Erika Dian Puspita dari Komisi 2 (Bagian Eksternal) DPMU.

    Berdasarkan keterangan tersebut, secara teknis, kehadiran organisa-si eksternal di Kuliah Perdana pada tanggal 1 September diperbolehkan. Akan tetapi, di tubuh DPMU sendiri terjadi beda pendapat. Menurut Mu-hammad Redho Teguh yang menja-bat sebagai Ketua DPMU, meskipun DPMU tidak mengeluarkan larangan bagi organisasi eksternal untuk mem-

    buka stand, DPMU juga tidak berhak memberikan izin. Hal ini dikarenakan DPMU hanya sebagai tamu undan-gan di Kuliah Perdana, bukan sebagai penyelenggara, sehingga kewenan-gan untuk memberikan izin ada pada rektorat. Yang kita atur adalah untuk kegiatan Pesta. Untuk hari ini (Kuliah Perdana) sebenarnya adalah kapa-sitas rektorat karena mereka yang punya hajat. Mereka udah izin belum dengan rektorat? Kalau belum berarti itu ilegal.

    Namun dari pihak organisasi ek-sternal sendiri menegaskan telah mengantongi izin dari DPMU. Per-himpunan Mahasiswa Islam Indone-sia (PMII) mengaku didatangi anggo-

    Bendera HMI berkibar di depanAuditorium Kahar Muzakir

    Berarti itu tipu-tipu kawan-kawan, tipu tipu itu. Nggak ada satu pun kami mengeluarkan surat (izin), jelas itu ilegal - Redho Ketua DPMU

    LAP

    UT

  • LANDSCAPE

    5 S

    EP 2

    014

    Wakil Rektor 3, Abdul Jamil ketika diwawancarai

    ta komisi 2 DPMU dan diberikan izin. Begitu juga dengan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAM-MI).

    Pemberian izin oleh Komisi 2 Eksternal itu sesuai dengan ketera- ngan Nabhani Yustisi dari Komisi 2 Eksternal UII. Menurut Nabhani Yus-tisi, adanya organisasi eksternal pada saat Kuliah Perdana sah-sah saja. Di luar 2, 3, 4 (September) kita mem-persilahkan teman-teman dari eks-tra untuk membuka stand, ujar pria yang sering disapa Boni ini.

    Ketika disinggung masalah ke-wenangan DPMU untuk mengeluar-kan izin, pria yang disapa Boni ini ber-dalih soal adanya koordinasi antara rektorat dan DPMU. Sebenar- nya bisa untuk mengeluarkan izin atau tidak selama kita berkoordinasi sama rektorat.

    Redho sendiri tetap bersikeras bahwa DPMU tidak memberi izin kehadiran organisasi eksternal saat Kuliah Perdana karena memang bu-kan wewenangnya. Berarti itu tipu-tipu kawan-kawan, tipu tipu itu. Ng-gak ada satu pun kami mengeluarkan surat (izin), jelas itu ilegal, tegasnya.

    Elfin Philma Sakti selaku Sekretaris Jenderal DPMU Ia sangat menyayang-kan adanya organisasi eksternal yang ada pada saat Kuliah Perdana, namun Elfin pun mengakui kemungkinan adanya kesalahpahaman di dalam DPMU, Tapi kalau misalnya dari aku sih bisa menegaskan bahwasanya be-lum ada rapat internal dari kita me- ngenai perizinan.

    Permasalahan ini seolah terus ter-ulang. Muhammad Ade Zikri dari De-wan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) tidak menginginkan hal seperti ini terjadi. Ini kan acara internal, se-harusnya lebih ditekankan lembaga internal. Yang cukup mengejutkan, Ade mengaku mendengar isu soal Ketua DPMU yang ikut mengibarkan bendera HMI. Sangat disayangkan karena denger-denger juga Ketua DPMU juga ikut mengibarkan bend-era HMI.

    Tidak berbeda dengan Ade, Demisioner Komisi 2 DPM U periode 2013-2014 Ari Wibowo mengaku

    hal serupa juga terjadi di tahun lalu. Pas jaman kami juga kena, kecolon-gan juga juga pada kuliah perdana. Walaupun dia merupakan anggota organisasi eksternal, pria yang akrab disapa Ari Kopi ini tetap tidak setuju dengan kehadiran mereka saat Kuliah Perdana. Ngapain juga nyuruh me- reka masuk. Kan ini acara internal.

    Berkaitan dengan masalah per-izinan tersebut, Arief Rahman men-jelaskan bahwa penggunaan boule-vard harus atas seizin Badan Wakaf. Iya harus. Semua yang berkaitan dengan boulevard harus meminta izin di badan wakaf.

    Menanggapi hal ini, Abdul Jamil menyambut baik adanya orga- nisasi eksternal saat Kuliah Perdana. Ya, bagus. Cukup bagus tadi dinamikan-ya cukup luar biasa. Tadi saya lihat. Menurutnya, yang terpenting dari adanya organisasi ek

View more