kisah singkat 25 nabi dan rosul

of 44 /44
TUGAS AGAMA KUMPULAN KISAH SINGKAT 25 NABI DAN ROSUL Disusun Oleh : ANINDITA NURUL FAUZIAH KELAS : XI IPA 8 NO : 05

Upload: anindita-fauziah

Post on 02-Jan-2016

2.940 views

Category:

Documents


4 download

DESCRIPTION

Tugas Agama kelas XI tentang sejarah singkat 25 nabi dan rosul

TRANSCRIPT

Page 1: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

TUGAS AGAMA

KUMPULAN KISAH SINGKAT 25 NABI DAN ROSUL

Disusun Oleh :

ANINDITA NURUL FAUZIAH

KELAS : XI IPA 8 NO : 05

SMA NEGERI 1 KLATEN

2013/2014

Page 2: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

DAFTAR ISI

1. Kisah Nabi Adam Alaihissalam........................................................................... 3

2. Kisah Nabi Idris Alaihissalam............................................................................. 4

3. Kisah Nabi Nuh Alaihissalam.............................................................................. 5

4. Kisah Nabi Hud Alaihissalam.............................................................................. 6

5. Kisah Nabi Saleh Alaihissalam............................................................................ 7

6. Kisah Nabi Ibrahim Alaihissalam........................................................................ 9

7. Kisah Nabi Ismail Alaihissalam........................................................................... 10

8. Kisah Nabi Luth Alaihissalam............................................................................. 11

9. Kisah Nabi Ishaq Alaihissalam............................................................................ 12

10. Kisah Nabi Ya’qub Alaihissalam......................................................................... 13

11. Kisah Nabi Yusuf Alaihissalam........................................................................... 14

12. Kisah Nabi Ayyub Alaihissalam.......................................................................... 16

13. Kisah Nabi Zulkifli Alaihissalam........................................................................ 17

14. Kisah Nabi Syu’aib Alaihissalam........................................................................ 18

15. Kisah Nabi Musa Alaihissalam............................................................................ 19

16. Kisah Nabi Harun Alaihissalam........................................................................... 21

17. Kisah Nabi Daud Alaihissalam............................................................................ 22

18. Kisah Nabi Sulaiman Alaihissalam..................................................................... 23

19. Kisah Nabi Ilyas Alaihissalam............................................................................. 25

20. Kisah Nabi Ilyasa Alaihissalam........................................................................... 25

21. Kisah Nabi Yunus Alaihissalam.......................................................................... 25

22. Kisah Nabi Zakariya Alaihissalam...................................................................... 27

23. Kisah Nabi Yahya Alaihissalam.......................................................................... 28

24. Kisah Nabi Isa Alaihissalam................................................................................ 29

25. Kisah Nabi Muhammad S.A.W........................................................................... 30

2

Page 3: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

1. Kisah Nabi Adam Alaihissalam

Nabi Adam a.s. adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah s.w.t. dari pada tanah, dibentuk dengan sedemikian rupa dengan sebaik-baiknya bentuk, kemudian ditiupkan roh kehidupan kedalam-nya. Sebelumnya, Tuhan telah pula menciptakan setan dari pada api yang sangat panas dan Malaikat dari Cahaya. Lalu Allah menyuruh agar mereka semua sujud kepada Adam. Maka bersujudlah semua Malaikat kecuali iblis yang sombong. Iblis pun diusir dari syurga dengan menyimpan kebencian dan dendam pada manusia. Karena Adam merasa kesepian, maka Allah menciptakan seorang manusia (wanita) untuk menjadi teman Adam, yaitu Hawa. Adam dan Hawa diperkenankan berdiam didalam syurga dan boleh makan apa saja kecuali dilarang mendekati sebuah pohon kayu (pohon Khuldi). Jika Adam dan Hawa melanggar larangan itu, maka mereka menjadi orang-orang yang aniaya.

Setan yang mendendam terhadap Adam, berdaya upaya untuk menggoda Adam. Mereka memperdaya Adam dan Hawa dengan kata-kata "Allah melarang kalian makan buah ini adalah supaya kau tidak dapat menjadi Malaikat dan agar kau tidak kekal tinggal didalam syurga". Untuk mengukuhkan tipu dayanya, setan bersumpah atas nama Allah. Akhirnya tergelincirlah Adam dan Hawa. Mereka terbujuk oleh tipu daya setan.

Sesuai dengan rencana Allah untuk menjadikan Adam sebagai khalifah dimuka bumi, maka keduanya pun diturunkan kebumi dengan berlainan tempat yang jaraknya sangat jauh. Mereka pun saling mencari, Sehingga akhirnya bertemu setelah lama sekali berpisah, yaitu dipadang Arafah. Bahkan sampai sekarang para jemaah Haji diwajibkan untuk wuquf (berhenti) ditempat tersebut sebagai salah satu rukun Haji.

Selama hidupnya Hawa melahirkan sebanyak dua puluh satu kali. Setiap kali melahirkan selalu kembar, terdiri dari seorang anak lelaki dan seorang anak perempuan. Kecuali yang terakhir yang kemudian menjadi Nabi, Syits namanya. Hal yang terjadi diantara anak Nabi Adam a.s. yang bernama Iqlima, yang mana Iqlima merupakan seorang wanita yang tercantik dari pada Labuda. Iqlima lahir kembar dengan Qabil, dan Labuda lahir kembar dengan Habil. Qabil tetap ingin menikahi saudaranya yaitu Iqlima, akan tetapi ayahnya Nabi Adam a.s. menolak keputusan Qabil tersebut. Karena Iqlima harus dikawinkan dengan Habil.

Munculah nafsu untuk membunuh pada diri Qabil, yaitu untuk membunuh Habil. Setelah Qabil membunuh Habil maka Qabil pun merasa bingung dan bagaimana cara menyelengarakan mayat saudaranya itu. Dikala ia kebingungan maka Allah s.w.t. memperlihatkan kepadanya dua ekor burung gagak berkelahi dan seekor diantaranya mati terbunuh, maka yang masih hidup menggali tanah lalu bangkai kawannya itu dikuburkan kedalam lubang yang kemudian ditimbuninya. Melihat perbuatan burung itu, Qabil dapat menguburkan mayat saudaranya. Itu menjadikan Habil adalah manusia yang petama kali meninggal dimuka bumi ini.Nabi Adam a.s. wafat pada usia seribu tahun dan setahun kemudian meninggal dunia pula istrinya (Hawa). Sebagian riwayat mengatakan Nabi Adam a.s. dimakamkan berdekatan dengan istrinya. Didalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhori "Sesungguhnya Allah s.w.t. menjadikan Nabi Adam a.s. pada hari Jum'at, diturunkan ke bumi pada hari Jum'at dan memakan buah Khuldi serta bertobat kepada  Allah s.w.t. pada hari Jum'at dan wafat pada hari Jum'at"

3

Page 4: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

2. Kisah Nabi Idris Alaihissalam

Kepada Nabi Idris a.s. ini, Allah s.w.t. menurunkan 30 shahifah (lembaran) yang berisi petunjuk-petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya, yaitu keturunan Qabil yang durhaka kepada Allah s.w.t.

Nabi Idris a.s. adalah orang pertama yang pandai menulis dan membaca ilmu hitung, ilmu perbintangan (falak), ilmu jahit menjahit, dan ilmu merancak kuda serta memerangi orang-orang yang durhaka kepada Allah s.w.t.  Beliau tidak lalai sedikitpun dari mengingat Allah walaupun beliau sedang sibuk menghadapi soal-soal kepentingannya sehari-hari. 

Nabi Idris a.s. merupakan seorang yang gagah berani dan beliau seorang yang memiliki kekuatan yang luar biasa sehingga dapat memerangi orang-orang yang durhaka kepada Allah dan beliau diberikan gelar As Adul Usud yang artinya Singa dari segala Singa. Allah pun telah memberikannya derajat yang tinggi.

Sebagai mana ahli tafsir sebagian mengatakan, maka takala terbuka bagi Nabi Idris a.s untuk berkenalan kepada Malaikat timbullah dalam hati Nabi Idris a.s. untuk melihat alam gaib (naik keatas langit) maka keinginan Nabi Idris a.s. ini dikabulkan oleh Allah s.w.t.sehingga naiklah Nabi Idris a.s. ke langit.

Diriwayatkan oleh Bukhori dari Anas bin Malik, di kala Nabi Muhammad s.a.w. dan Malaikat Jibril melalui suatu tempat pada malam Isra dan Mi'raj, Nabi Muhammad telah bertemu dengan Nabi Idris dan bertanya kepada Jibril "siapakah dia?" malaikat Jibrilpun menjawab "dialah Idris".

Dalam Al Quran terdapat 2 ayat yang menyebutkan tentang Nabi Idris Alaihissalam, yaitu surat Maryam ayat 56 dan 57.

–ooOoo–

4

Page 5: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

3. Kisah Nabi Nuh Alaihissalam

Setelah berabad-abad berlalu dari masa Nabi Idris, dan moral manusia sudah terlalu jauh menyimpang dari kebenaran, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan seorang nabi bernama Nuh. Ia merupakan keturunan ke-9 dari Nabi Adam Alaihissalam. Ia diangkat menjadi nabi dan rasul pada usia 480 tahun. Ia menjalankan misinya selama lima abad dan meninggal dalam usia 950 tahun.

Nabi Nuh terkenal sebagai nabi yang fasih berbicara, bijaksana, dan sabar dalam menjalankan tugas risalahnya. Namun demikian, ia hanya mendapatkan pengikut antara 70 sampai 80 orang, itu pun hanya dari kalangan orang-orang lemah.

Melihat kaumnya yang keras kepala, Nabi Nuh Alaihissalam berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala supaya kaumnya itu ditimpa musibah. Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengabulkan doa Nabi Nuh Alaihissalam dan memerintahkan ia dan pengikutnya untuk membuat perahu. Segeralah Nabi Nuh Alaihissalam dan pengikutnya membuat perahu di atas bukit. Kaumnya yang keras kepala, termasuk seorang anaknya yang bernama Kana’an, terus mengolok-olok perbuatan Nabi Nuh Alaihissalam dan kaumnya ini. Di antara mereka bahkan ada yang berani buang kotoran di dalam kapal yang belum selesai dibuat itu ketika Nabi Nuh dan pengikutnya sedang tidak ada disana. Namun akibatnya perut mereka yang buang kotoran itu menjadi sakit. Tak seorang pun bisa menyembuhkannya. Dengan merengek-rengek mereka meminta Nabi Nuh untuk mengobatinya. Nabi Nuh hanya menyuruh mereka membersihkan kapal yang mereka kotori, setelah itu mereka pun sembuh dari sakit perutnya.

Setelah perahu Nabi Nuh Alaihissalam selesai, Nabi Nuh mengajak seluruh pengikutnya naik ke atas kapal. Nabi Nuh juga membawa seluruh jenis binatang masing-masing sepasang untuk tiap jenis. Ini supaya kelak jenis hewan tsb bisa berkembang biak kembali dan tidak ikut punah.

Setelah itu, azab Allah Subhanahu Wa Ta’ala berupa banjir besar yang dahsyat menghanyutkan seluruh kaumnya. Putra Nabi Nuh Alaihissalam, Kana’an, termasuk di antara mereka. Dari atas geladak kapal, didorong oleh hati kecilnya, Nabi Nuh Alaihissalam berteriak memanggil anaknya dan menyuruhnya bertobat, namun Kana’an tetap menolak sehingga akhirnya ia pun tenggelam.

Nabi Nuh Alaihissalam sangat bersedih dan menyesali sikap putranya yang tetap keras kepala sampai saat terakhir menjelang ajalnya. Ia menyampaikan kegundahan perasaannya ini pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Namun Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberinya peringatan, bahwa meskipun putranya itu adalah keturunannya sendiri, tapi ia termasuk kafir karena mengingkari ajarannya.

Setelah kaum yang durhaka itu musnah, azab Allah Subhanahu Wa Ta’ala pun berhenti. Kapal Nabi Nuh Alaihissalam tertambat di sebuah bukit. Kisah Nabi Nuh Alaihissalam termuat di Al Qur’an dalam 43 ayat, 28 ayat diantaranya terdapat dalam surat Nuh.

–ooOoo—

5

Page 6: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

4. Kisah Nabi Hud Alaihissalam

Nabi Hud Alaihissalam turun di tengah-tengah kaum Aad yang terkenal memiliki fisik tegar dan berotot kuat. Namun moral mereka sangat buruk, di antara mereka berlaku hukum rimba, siapa kuat, dialah yang menang. Kaum ini hidup di negeri Ahqaf, yaitu antara Yaman dan Umman. Mereka adalah kaum penyembah berhala-berhala bernama Shamud, Shada, dan Al Haba. Kejahatan dan kemaksiatan mereka benar-benar keterlaluan.

Nabi Hud adalah seorang yang berlapang dada, berbudi tinggi, pengasih, penyantun, sabar namun cerdas dan tegas. Beliau adalah keturunan Sam bin Nuh Alaihissalam, putra Nabi Nuh. Beliau diutus ke tengah-tengah kaumnya untuk menegakkan kembali ajaran yang benar. Namun imbauan Nabi Hud Alaihissalam agar kaumnya sadar dan melangkah di jalan Allah tidak diindahkan, sehingga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan azab dalam 2 tahap.

Tahap pertama berupa kekeringan yang hebat. Nabi Hud Alaihissalam berusaha meyakinkan mereka bahwa itu adalah azab Allah dan akan dicabut jika mereka bertobat dan beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kaum Aad tetap tidak percaya sehingga turunlah azab kedua berupa bencana angin topan yang dahsyat selama 7 malah 8 hari yang memusnahkan semua ternak dan tanaman. Bencana itu membinasakan kaum Aad yang congkak. Hanya Nabi Hud Alaihissalam dan kaumnya yang selamat dari azab tsb.

Dalam Al Qur’an, kisah Nabi Hud Alaihissalam terdapat dalam 68 ayat yang tertera dalam 10 surat, diantaranya surat Hûd: 50-60.

–ooOoo—

6

Page 7: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

5. Nabi Saleh Alaihissalam

Nabi Saleh Alaihissalam, menurut silsilah, beliau adalah putra dari‘Ubaidah bin Tsamud bin ‘Amir bin Iram bin Sam bin Nuh Alaihissalam. Ia diutus ke tengah-tengah bangsa Tsamud yang hidup di bekas reruntuhan kaum Aad. Bangsa Tsamud ternyata lebih pandai daripada kaum Aad. Setelah kaum Aad binasa, negeri mereka menjadi tandus dan kering. Kemudian negeri ini dibangun kembali oleh kaumTsamud, sehingga bagai disulap menjadi negeri yang hijau dan makmur.

Akan tetapi seperti kaum pendahulunya, kaum Tsamud pun menjadi sombong dan lupa diri. Hukum rimba berlaku lagi, mereka yang kuat menekan mereka yang lemah. Mereka pun tidak mau mendengarkan dakwah Nabi Saleh Alaihissalam.

Mukjizat Nabi Saleh Alaihissalam

Kaum Tsamud menantang Nabi Saleh Alaihissalam menunjukkan mukjizat yang dikaruniakan Tuhan kepadanya. Menghadapi tuntutan yang demikian, tak ada jalan lain bagi Nabi Saleh kecuali memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar memberikan mukjizat kepadanya. Allah mengabulkan doanya. Nabi Saleh Alaihissalam kemudian mengajak kaumnya pergi ke kaki gunung. Orang-orang itu mengikuti ajakan Nabi Saleh, tapi sebenarnya bukan karena mereka mempercayai Nabi Saleh, melainkan karena mereka berharap agar Nabi Saleh tak dapat mengeluarkan mukjizat, dengan demikian mereka dapat mengolok-olok dan menghina Nabi Saleh.

Tetapi betapa terkejutnya orang-orang kafir itu. Tak lama setelah mereka berkumpul di kaki gunung, muncullah seekor unta betina dari perut sebuah batu karang besar. Unta itu besar dan gemuk, belum pernah mereka melihat unta sebagus itu.

Nabi Saleh kemudian berpesan pada kaumnya, “Inilah unta mukjizat dari Tuhanku. Unta ini boleh kalian peras susunya setiap hari. Susunya tidak akan habis-habis. Tetapi perhatikan pesanku, unta ini harus dibiarkan berkeliaran bebas, tak seorang pun boleh mengganggunya. Unta ini berhak meminum air di sumur, bergantian dengan penduduk. Jika hari ini unta ini minum, maka tak seorang pun dari penduduk boleh mengambil air sumur. Sebaliknya esok harinya, para penduduk boleh mengambil air sumur dan unta ini tidak minum air itu sedikit pun juga.”

Kedurhakaan kaum Tsamud

Tetapi rupanya keberadaan unta yang membawa berkah air susu ini membuat orang-orang kafir menjadi iri kepada Nabi Saleh. Mereka lalu mengadakan sayembara, siapa yang berani membunuh unta Nabi Saleh akan mendapatkan hadiah berupa gadis cantik. Tersebutlah dua orang pemuda yang nekad mengikuti sayembara ini. Mereka sudah sepakat akan menikmati hadiah gadis cantik itu bersama-sama. Sungguh mesum niat kedua pemuda ini.

Demikianlah ketika unta itu baru saja minum di salah satu sumur penduduk, salah seorang dari pemuda itu melepaskan anak panah, tepat mengenai kaki unta.

7

Page 8: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Unta itu berlari kesakitan, namun pemuda yang seorang lagi yang sudah siap dengan golok di tangan segera menghabisi unta itu. Mereka berhasil membunuh unta itu, dan memperoleh hadiah yang sudah dijanjikan.

Setelah unta itu mati, orang-orang kafir merasa lega. Mereka dengan berani menantang Nabi Saleh, “Hai Saleh, unta yang kau banggakan itu sekarang sudah kami bunuh. Kenapa tidak ada balasan siksa bagi kami? Kalau kau memang utusan Allah, tentunya kau dapat mendatangkan siksa yang kau ancamkan kepada kami!”

Berkata Nabi Saleh, “Kalian benar-benar telah berbuat dosa. Sekarang kalian boleh bersenang-senang selama 3 hari. Sesudah lewat 3 hari, maka datanglah ancaman yang dijanjikan Allah kepadamu.”

Waktu 3 hari itu sebenarnya adalah kesempatan bagi bangsa Tsamud untuk bertobat, tetapi mereka malah mengejek Nabi Saleh dan menganggapnya hanya membual. Belum sampai 3 hari mereka datang lagi kepada Nabi Saleh dan berkata, “Hai Saleh, kenapa tidak kau percepat datangnya siksa itu kepada kami?”

Nabi Saleh menjawab, “Wahai kaumku, mengapa kalian meminta disegerakan datangnya siksa? Bukan malah meminta kebaikan? Mengapa kalian tidak meminta ampun kepada Allah, semoha kalian diberi ampun.”

Azab bagi kesombongan Kaum Tsamud

Diam-diam orang-orang kafir itu merasa takut. Bukankah ucapan Nabi Saleh selalu terbukti kebenarannya? Bagaimana kalau siksa itu benar-benar datang kepada mereka?Maka untuk mencegah datangnya siksa itu, sehari sebelum waktu yang dijanjikan, mereka mengadakan rapat gelap. Mereka bermaksud membunuh Nabi Saleh agar siksa itu tak jadi diturunkan. Sungguh bodoh akal mereka dan sungguh keji tindakan mereka. Apakah mereka mengira siksaan Allah dapat dibatalkan hanya karena mereka membunuh utusan-Nya?

Maha Suci Allah yang Maha Pengasih, Dia melindungi hamba-Nya, Nabi Saleh Alaihissalam. Beliau selamat dari rencana pembunuhan yang keji itu. Sedang untuk kaum Tsamu sendiri, akibat kedurhakaan mereka, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan azab yang sangat mengerikan. Bangsa Tsamud disambar petir yang meledak dan menggelegar membelah angkasa. Bumi juga ikut murka atas kesombongan bangsa yang ingkar itu. Gempa yang dahsyat telah menghancurkan dan memporak-porandakan tempat tinggal mereka yang megah dan besar. Sebelum azab diturunkan, atas kuasa Allah Nabi Saleh Alaihissalam dan keluarnya mengungsi ke Ramlah, sebuah tempat di Palestina.

Kisah Nabi Saleh Alaihissalam termuat di Al Qur’an dalam 73 ayat yang tersebar di 11 surat, diantaranya surat Al-A’râf: 73-79, Hûd: 61-68, dan Al-Qamar: 23-32.

–ooOoo–

8

Page 9: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

6. Nabi Ibrahim Alaihissalam

Nabi Ibrahim a.s. adalah anak Azar yang merupakan keturunan Sam bin Nuh. Pada masa itu Raja Namrud yang bertahta dinegri Mausul mengeluarkan undang-undang yang memerintahkan agar setiap anak lelaki yang lahir di negri Mausul dibunuh. Keadaan ini sama dengan Nabi Musa a.s. namun berkat rahmat Allah s.w.t. nabi Ibrahim a.s. lahir dengan selamat. Oleh orang tuanya nabi Ibrahim disembunyikan didalam gua, dan atas izin Allah s.w.t. Nabi Ibrahim tidak mati, padahal tidak seorang pun yang memeliharanya dan tidak seekor binatang buas pun yang mengganggunya. Bila lapar dan haus, diisap ujung jarinya maka keluarlah air susu.

Pada usianya yang semakin meningkat, Nabi Ibrahim a.s. mulai bertanya-tanya pada dirinya sendiri, mengapa berhala-berhala yang terbuat dari batu dan tidak mampu berbuat apa-apa itu disembah dan dipuja-puja oleh kaumnya. Pada suatu hari, Raja Namrud beserta orang banyak pergi berburu. Nabi Ibrahim a.s. memasuki tempat berhala-berhala mereka dan menghancurkan semua berhala itu, kecuali satu yang tetap ditinggalkannya utuh, yaitu berhala yang paling besar. Dileher berhala yang paling besar itu dikalungkannya kampak yang barusan digunakan untuk menghancurkan berhala-berhala yang lainnya. 

Sepulangnya dari berburu dan Raja Namrud beserta pengiringnya mengetahui bahwa berhala mereka telah hancur, maka marahlah mereka. Dan tidak salah lagi, mereka menuduh Nabi Ibrahim a.s. lah yang telah melakukannya, karena beliaulah yang gigih menentang penyembahan berhala itu. Nabi Ibrahim a.s. ditangkap dan dihadapkan kepada raja Namrud. 

Sang Raja bertanya "Hai Ibrahim! kamukah yang telah menghancurkan berhala-berhala itu?"

Nabi Ibrahim tanpa ragu-ragu menjawab "Bukan aku yang menghancurkannya, tetapi berhala yang paling besar itu. Buktinya kampak penghancur berhala itu masih tergantung dilehernya!"

Sang Raja berkata "Mana mungkin berhala itu dapat melakukan seperti yang kau katakan!?"

Nabi Ibrahim menjawab "Nach kalau begitu mengapa kalian menyembah berhala yang tidak mampu berbuat apa-apa itu?"

Hal ini membuat raja Namrud semakin murka dan memerintahkan agar Nabi Ibrahim a.s. dijatuhi hukuman mati dengan dibakar. Akan tetapi Allah s.w.t. kembali memperlihatkan kekuasaanya, dan Allah s.w.t. berfirman kepada api "Hai Api! hendaklah menjadi dingin dan selamatkanlah Ibrahim!" (s. Al-Anbiya ayat 69) Setelah api padam, keluarlah Nabi Ibrahim a.s. tanpa mengalami cedera sedikitpun. Karena tetap ingkar kepada Allah s.w.t. maka Allah menghukum raja Namrud beserta pengikut-pengikutnya dengan nyamuk-nyamuk yang sangat luar biasa banyaknya. Nyamuk-nyamuk itu memasuki dan menggigit tubuh raja Namrud dan pengikutnya, memasuki lubang telinga, hidung, dan lain-lain. Raja Namrud sendiripun mati dengan cara siksaan yang demikian.

Nabi Ibrahim a.s. memiliki isteri dua orang, yaitu Siti Hajar dan Siti Sarah. Dari Siti Hajar Nabi Ibrahim a.s. memiliki anak yang bernama Ismail, sedangkan dari Siti Sarah Nabi Ibrahim a.s. memiliki anak bernama Ishak. Siti Sarah baru melahirkan anaknya setelah usianya lanjut.

 

9

Page 10: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

7. Nabi Ismail Alaihissalam

Nabi Ibrahim mengasingkan Hajar dan anaknya

Dengan kelahiran bayi Ismail, Siti Sarah, istri pertama Nabi Ibrahim Alaihissalam, berangsur-angsur merasa cemburu sehingga ia meminta kepada suaminya agar memindahkan Hajar dan anaknya ke suatu tempat yang jauh. Atas wahyu dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Ibrahim Alaihissalam memenuhi kehendak istrinya. Ia kemudian memindahkan Hajar dan bayinya ke tengah padang pasir di Mekah, dekat sebuah bangunan suci yang kemudian dikenal sebagai Ka’bah. Ia kemudian meninggalkan keduanya di tempat itu karena harus kembali ke Palestina untuk menemui Sarah. Dalam perjalanan pulang itu Ibrahim tak henti-hentinya memanjatkan doa memohon keselamatan bagi istri dan putra yang ditinggalkannya.

Mukjizat Air Zamzam

Setelah makanan yang ditinggalkan habis, Hajar bersusah payah mencari air. Atas pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala melalui malaikat Jibril, tiba-tiba di dekat Ismail muncul sebuah mata air yang bening. Mata air itulah yang dikenal sebagai sumur zamzam dan masih ada hingga saat ini.

Ismail yang sudah beranjak remaja sangat menggembirakan hati Ibrahim, namun kegembiraan itu tiba-tiba buyar karena perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala lewat mimpinya yang meminta agar anak kesayangannya itu disembelih. Mula-mula Ibrahim sangat sedih menerima mimpi itu, namun sebagai orang yang saleh dan taat ia berniat menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala tsb dan kemudian menyampaikan berita itu kepada putranya. Tanpa ragu, Ismail meminta ayahnya untuk melaksanakan perintah itu.

Pada akhirnya, ketika hal tsb dilaksanakan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengganti Ismail dengan seekor kambing. Peristiwa ini selalu diperingati setiap tahun dengan anjuran menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha.

Nabi Ismail Alaihissalam menikah dengan seorang anak pendatang baru di kawasan sumur zamzam. Anak itu berasal dari suku Jurhum. Ia kemudian menjadi penjaga sumur zamzam yang semakin hari semakin ramai dikunjungi orang. Menurut riwayat, Nabi Ismail Alaihissalam meninggal dalam usia 137 tahun.

Kisah Nabi Ismail Alaihissalam yang tidak bisa dilepaskan dari kisah Nabi Ibrahim Alaihissalam diceritakan di Al Qur’an dalam 30 ayat yang tersebar dalam 5 surat, diantaranya adalah surat Ibrâhîm: 35-40, dan Al-Baqarah: 124-129.

–ooOoo–

10

Page 11: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

8. Nabi Luth Alaihissalam

Nabi Luth a.s. adalah saudara laki-laki Nabi Ibrahim a.s. Beliau diutus oleh Allah s.w.t. ke negri Sadum (Palestina). Penduduknya sangat durhaka kepada Allah s.w.t. dan mereka mempunyai budi pekerti yang sangat buruk sekali. Mereka memutuskan perkawinan untuk perkembangan keturunan, seorang lelaki tidak mau mengawini seorang perempuan, akan tetapi sebaliknya mereka menginginkan seorang lelaki harus mengawini seorang lelaki juga.

Pekerjaan mereka adalah merampok hak orang, menganiaya dan apabila dinasehati atau dipertakuti dengan siksaan Allah s.w.t. segera mereka akan menjawab "Datangkanlah siksaan Allah itu hai Luth, jika sekiranya engkau orang yang benar"

Sebelum negri Nabi Luth a.s. dimusnahkan, datanglah beberapa Malaikat yang menyerupai seorang laki-laki yang tampan ke rumah Nabi Luth a.s. Beliau merasa susah hati karena takut kalau tamu-tamunya itu diganggu oleh kaumnya yang sangat keji perbuatannya. Dan kebetulan mereka sedang mengintai tamu-tamu Nabi Luth a.s. itu, dan segera mereka datang kepada Nabi Luth a.s. dan langsung meminta tamu laki-laki yang tampan itu agar segera diberikan untuk memuaskan kesenangan terkutuk mereka masing-masing. Seraya Nabi Luth a.s. menjawab "Wahai kaumku, janganlah kamu mengganggu tamu-tamuku agar engkau mengawininya. Jika engkau mau biarlah aku carikan isteri (wanita) yang halal untuk engkau kawini, dan mengapa engkau sekalian tidak berpikir?"

Seraya mereka menjawab "Hai Luth, sebagaimana engkau sudah mengetahui bahwa aku tidak suka kepada para wanita"

Demikianlah negri kaum Nabi Luth a.s. dimusnahkan oleh Allah s.w.t. dan sebelumnya itu Nabi Luth a.s. dan pengikut-pengikutnya yang beriman telah berpindah (hijrah) ke daerah lain dengan mendapat keselamatan dan lindungan dari Allah s.w.t. kecuali isteri dari Nabi Luth a.s. dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal dibinasakan.

Kisah azab terhadap kaum Nabi Luth Alaihissalam terdapat dalam surat Al Anbiyâ: 74-75, Hûd: 82-83, dan Al-Qamar: 33-38.

Daerah yang ditimpa siksaan atas kaum Nabi Luth Alaihissalam adalah daerah yang kita kenal sekarang sebagai Laut Mati atau Danau Luth.

–ooOoo—

11

Page 12: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

9. Nabi Ishaq Alaihissalam

Nabi Ishaq Alaihissalam adalah salah satu putra Nabi Ibrahim Alaihissalam dari istrinya yang bernama Sarah. Ishaq adalah kata dalam bahasa Ibrani yang berarti tertawa. Dalam Al Qur’an dikisahkan bahwa Sarah tertawa ketika mendapat keterangan bahwa dirinya akan memperoleh seorang anak laki-laki, sementara usianya sudah sangat lanjut, yaitu 90 tahun.

Tatkala Ibrahim merasa ajalnya hampir tiba, Ishaq belum menikah. Ibrahim tidak ingin menikahkan ia dengan wanita Kana’an yang tidak mengenal Allah dan asing di dalam keluarganya. Oleh sebab itu ia menugaskan seorang pelayan agar pergi ke Harran, Irak, dan membawa seorang perempuan dari keluarganya. Perempuan itu adalah Rafqah binti Batuwael bin Nahur. Nahur adalah saudara Ibrahim Alaihissalam, sehingga Rafqah adalah putri kemenakan Ibrahim Alaihissalam. Perempuan itu kemudian dinikahkan dengan Ishaq.

Setelah 20 tahun menikah, Ishaq dikaruniai 2 anak kembar, yang pertama diberi nama Al-Aish, yang kedua keluar dengan memegangi kaki saudaranya sehingga ia diberi nama Ya’qub.

Nabi Ishaq Alaihissalam meninggal dalam usia 180 tahun dan dimakamkan di gua tempat ayahnya, Nabi Ibrahim Alaihissalam, dimakamkan, yaitu di kota Al-Khalil.

Kisah Nabi Ishaq Alaihissalam terdapat di Al Qur’an dalam surat Hûd: 69-74, Maryam: 49, dan As-Saffât: 112-113.

–ooOoo—

12

Page 13: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

10. Ya’qub Alaihissalam

Nabi Ya’qub Alaihissalam adalah putra Nabi Ishaq Alaihissalam, dan ia memiliki saudara kembar bernama Aish. Ayahnya lebih menyayangi Aish saudaranya karena ia lahir lebih dulu, sedang ibunya lebih menyayanginya karena ia lebih kecil.

Suatu hari, Ishaq menginginkan suatu makanan, ia meminta Aish untuk mengambilkannya. Namun atas suruhan ibunya, Ya’qublah yang lebih dulu mengambilkan makanan itu untuknya. Setelah Ya’qub melayaninya, Ishaq lalu mendoakannya, “Mudah-mudahan engkau menurunkan nabi-nabi dan raja-raja.”

Doa nabi adalah doa yang mustajab, dan memang kita ketahui dalam sejarah bahwa keturunan Ya’qub kelak akan melahirkan banyak para nabi dan raja.

Keturunan Ya’qub Alaihissalam

Laban memiliki dua orang puteri, yang pertama bernama Leah, dan yang kedua bernama Rahel. Sebenarnya Ya’qub ingin menikah dengan Rahel, karena ia lebih cantik. Akan tetapi Laban mengatakan bahwa bukanlah kebiasaan mereka menikahkan yang kecil sebelum yang besar. Jika Ya’qub ingin menikahi Rahel maka ia harus menikahi Leah lebih dahulu, kemudian bekerja selama 7 tahun kepada Laban agar dapat meminang Rahel. Saat itu hukum menikahi dua gadis sekandung diperbolehkan. Kepada masing-masing puterinya, Laban memberi seorang sahaya perempuan. Kepada Leah ia memberikan sahaya perempuan bernama Zulfa, dan kepada Rahel ia memberikan sahaya perempuan bernama Balhah. Leah dan Rahel kemudian memberikan sahaya mereka untuk diperistri pula oleh Ya’qub, sehingga istri Ya’qub menjadi 4 orang.

Dari keempat istrinya ini Ya’qub Alaihissalam memperoleh 12 orang anak lelaki. Dari istrinya Leah, ia dikaruniai Ruben, Syam’un, Lewi, Yahuda,Yasakir, dan Zabulon. Dari istrinya Rahel, ia dikaruniai Yusuf dan Bunyamin. Dari istrinya Balhah, ia dikaruniai Daan dan Naftali. Dari istrinya Zulfa, ia dikarunian Jaad dan Asyir. Maka seluruh Bani Israil berasal dari putra-putra Ya’qub yang berjumlah 12 orang.

Dalam sibith-sibith ini kelak diturunkan para nabi, antara lain:

Sibith Lewi, di kalangan mereka terdapat Nabi Musa, Harun, Ilyas, dan Ilyasa.Sibith Yahuda, di kalangan mereka terdapat Nabi Daud , Sulaiman, Zakaria, Yahya, Isa. Sibith Bunyamin, di kalangan mereka terdapat Nabi Yunus.

Dalam Al Qur’an, kisah Nabi Ya’qub Alaihissalam secara tersendiri tidak ditemui, namun namanya disebut dalam kaitannya dengan nabi-nabi lain, diantaranya Nabi Ibrahim Alaihissalam (kakeknya), dan Nabi Yusuf Alaihissalam (putranya).

–ooOoo–

13

Page 14: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

11. Nabi Yusuf Alaihissalam

Putra tersayang Nabi Ya’qub Alaihissalam

Nabi Yusuf Alaihissalam adalah salah satu dari 12 orang putra Nabi Ya’qub Alaihissalam. Rasa sayang Ya’qub yang berlebihan terhadapnya membuat saudara-saudaranya menjadi iri hati terhadapnya. Lebih dari itu, wajah Yusuf pun jauh lebih tampan dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain. Suatu hari Yusuf bermimpi tentang 11 bintang, matahari dan bulan, turun dari langit dan bersujud di depannya. Ia menceritakan mimpinya ini kepada ayahnya. Ya’qub sangat gembira mendengar cerita itu dan menyatakan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan memberikan kemuliaan, ilmu, dan kenikmatan hidup yang mewah bagi putranya.

Yusuf kecil diajak bermain-main oleh kakak-kakaknya, Ketika sampai di suatu tempat, mereka menceburkan Yusuf ke dalam sebuah sumur yang dalam. Baju Yusuf dikoyak-koyak dan dilumuri darah kambing. Kemudian dengan wajah sedih mereka menyampaikan berita pada ayah mereka bahwa Yusuf telah tewas dimakan serigala.

Tanpa sepengetahuan saudara-saudaranya, Yusuf ditolong oleh seorang kafilah yang lewat di tempat itu. Ia kemudian dibawa ke Mesir untuk dijual sebagai budak hingga akhirnya dibeli oleh keluarga pembesar Mesir yang bernama Kitfir. Wajah Yusuf yang sangat tampan itu membuat istri pembesar yang bernama Zulaikha terpikat. Suatu ketika pada saat suaminya tidak ada di rumah, Zulaikha mengajak Yusuf untuk berbuat tidak senonoh, akan tetapi Yusuf menolak ajakan tsb sehingga terjadilah ketegangan. Sementara kejadian itu berlangsung, suami Zulaikha datang dan Zulaikha memutarbalikkan fakta dengan mengatakan bahwa Yusuf telah berlaku tidak senonoh terhadapnya. Pembesar itu sangat murka, namun belum sempat ia berbuat sesuatu terhadap Yusuf tiba-tiba bayi yang ada di sekitar tempat itu berbicara dengan fasihnya. Bayi itu mengatakan bahwa jika kemeja Yusuf robek di bagian depan maka Yusuflah yang bersalah, tetapi kalau kemejanya robek di bagian belakang, maka Zulaikha yang bersalah. Setelah pembesar itu memeriksa, ternyata yang robek adalah kemeja bagian belakang Yusuf. Dengan demikian Yusuf pun selamat.

Kecerdasan Yusuf menafsirkan mimpi

Nabi Yusuf Alaihissalam dikaruniai oleh Allah kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Saat Yusuf Alaihissalam di penjara, suatu hari dua orang teman sepenjaranya bercerita padanya tentang mimpi mereka. yang pertama adalah kepala tukang pembuat minuman bernama Nabu, bermimpi bahwa ia melihat dirinya memeras anggur untuk membuat arak. Orang kedua adalah kepala tukang roti bernama Malhab, bermimpi bahwa ia melihat dirinya memikul roti di atas kepalanya, yang mana kepalanya itu dimakan oleh burung-burung.

14

Page 15: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Yusuf pun menafsirkan mimpi mereka, ia berkata kepada kedua orang itu, “Wahai engkau kepala tukang minuman, bergembiralah, engkau akan memberi minum tuanmu dengan khamar, yang berarti engkau akan dibebaskan lantaran engkau tidak terbukti terlibat persekongkolan melawan raja.

Adapun engkau hai kepala tukang roti, maafkan aku dengan terpaksa aku mengatakan bahwa engkau akan dihukum mati dengan cara disalib, dan burung-burung akan memakan sebagian kepalamu, karena engkau terbukti terlibat persekongkolan melawan raja. Semua yang diramalkan Yusuf benar-benar terjadi, dan kepala minuman akhirnya menerima kebebasannya.

Pada suatu hari, raja mengalami mimpi yang sangat menggelisahkan dan menakutkan dirinya. Ia lalu mengumpulkan dukun-dukun dan orang-orang pintar untuk meminta mereka menafsirkan mimpinya. Ia berkata, “Sesungguhnya aku telah bermimpi melihat 7 ekor sapi gemuk dimakan oleh 7 ekor sapi kurus, dan aku bermimpi pula melihat 7 batang gandum hijau dan 7 batang gandum kering, maka terangkanlah takwil mimpi itu jika kalian mampu menafsirkannya.”

Yusuf pun mulai menerangkan arti mimpi raja. Bukan hanya itu, ia menerangkan pula pemecahan kesulitan yang timbul dari arti mimpinya. Ia berkata, “Mesir akan mengalami 7 tahun yang subur, maka pada tahun-tahun itu hendaklah kamu menanami tanahmu dengan gandum dan sya’ir, kemudian hasil panenannya kamu simpan dalam batang-batang gandumnya, dan jangan boros dalam pemakaian, gunakan sekedar yang dibutuhkan saja. Setelah itu akan datang 7 tahun yang kering dimana kamu akan memakan persediaan gandum yang kamu simpan, dan jangan pula dihabiskan, supaya dapat digunakan sebagai bibit untuk tahun-tahun berikutnya.Setelah lewat tahun-tahun kering ini, akan datang satu tahun yang subur dimana turun hujan dan tanah akan menghasilkan biji-bijian yang banyak dan sari buah-buahan seperti anggur dan zaitun.”

Akhirnya Yusuf pun dapat berkumpul kembali dengan kedua orangtua dan saudara-saudaranya di Mesir. Ya’qub dan anak-anaknya telah diliputi rasa hormat kepada Yusuf yang telah diberi kemuliaan oleh Allah. Mereka pun memberikan penghormatan kepadanya dengan cara menundukkan kepala sesuai dengan adat pada masa itu dalam menghormati pembesar yang berkuasa.

Melihat ini, Yusuf teringat akan mimpinya dulu ketika ia masih kecil, maka ia berkata kepada ayahnya, “Inilah tafsir mimpiku yang dulu kuceritakan kepadamu, ketika di dalam mimpi aku melihat 11 bintang serta matahari dan bulan bersujud kepadaku.”

Kisah mengharukan berkumpulnya Yusuf dengan keluarganya ini terdapat dalam surat Yûsuf: 83-101.

–ooOoo–

15

Page 16: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

12. Nabi Ayyub Alaihissalam

Nabi Ayyub Alaihissalam adalah putra dari Aish bin Ishaq Alaihissalam bin Ibrahim Alaihissalam. Sebagaimana disebutkan dalam kisah Nabi Yaqub Alaihissalam, Aish adalah saudara kembar Nabi Yaqub Alaihissalam, jadi Nabi Ayyub masih kemenakan Nabi Yaqub Alaihissalam dan sepupu Nabi Yusuf Alaihissalam. Nabi Ayyub a.s. adalah putra Nabi Ishak a.s. Beliau adalah Nabi yang kaya raya yang memiliki banyak anak dan harta benda, serta pemurah pada fakir miskin dan membantu anak yatim. Beliau juga terkenal sebagai seorang yang tabah dan sabar.

Walaupun Nabi Ayyub a.s. kaya raya akan tetapi beliau tetap teguh beriman pada Allah s.w.t. Itulah sebabnya setan ingin menggoda Nabi Ayyub a.s. agar lemah iman.

Beliau mula-mula mendapat cobaan dengan musnahnya harta beliau hingga jadi miskin, namun beliau tetap tabah. Kemudian Nabi Ayyub a.s. mendapat cobaan lagi dengan meninggalnya putra-putra beliau, dan beliaupun tetap tabah menghadapi cobaan ini. Cobaan selanjutnya beliau jatuh sakit berat, sehingga kerabat dan sanak keluarga menjauhi beliau. Begitu juga karena digoda setan, istri beliau yang bernama Rahmah meninggalkan beliau pula dalam keadaan sakit berat.

Dalam keadaan sakit itu beliau berniat akan memukul istri beliau itu bila telah sembuh nanti. Dan atas kekuasaan Allah s.w.t. Nabi Ayyub a.s. dapat sembuh lagi seperti sedia kala. Istri beliau datang pula dan beliau akan melaksanakan janji untuk memukul istrinya sebanyak 100 kali. Lalu beliau mengumpulkan lidi sebanyak 100 dipa dan memukulnya kepada istri beliau sekaligus dan pelan. Nabi Ayyub a.s. tidak memukul istrinya berturut-turut, tetapi memukulnya sekaligus dengan 100 kali.

Istri beliau sebenarnya wanita yang baik dan taat, dia berbuat demikian karena digoda setan. Selanjutnya mereka hidup dengan umat mereka dengan aman dan damai serta mendapat berkat dari Allah s.w.t.

Kisah Nabi Ayyub Alaihissalam ini merupakan teladan bagi hamba-hamba-Nya dalam hal kesabaran dan keteguhan iman. Riwayat Nabi Ayyub Alaihissalam terdapat dalam surat Al-Anbiyâ: 83-84 dan suratSâd: 41-44.

–ooOoo—

16

Page 17: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

13. Nabi Zulkifli Alaihissalam

Nama aslinya ialah Basyar, anak Nabi Ayyub Alaihissalam dari istrinya Rahmah. Seperti ayahnya, Zulkifli juga mempunyai sifat yang sabar dan teguh dalam pendirian. Ia hidup di sebuah negara yang dipimpin oleh seorang Raja yang arif bijaksana. Pada suatu hari Raja tsb mengumpulkan rakyatnya dan bertanya, “Siapakah yang sanggup berlaku sabar, jika siang berpuasa dan jika malam beribadah?” Tak ada seorang pun yang berani menyatakan kesanggupannya. Akhirnya anak muda bernama Basyar mengacungkan tangan dan berkata ia sanggup melakukan itu. Sejak saat itulah ia dipanggil dengan Zulkifli yang artinya sanggup.

Nabi Zulkifli Alaihissalam juga seorang raja. Di waktu malam ia beribadah dan di waktu siang ia berpuasa. Ia juga diangkat menjadi hakim. Tidurnya di waktu malam sangat sedikit sekali. Pada suatu malam, ketika ia hendak pergi tidur ada seorang tamu yang hendak mengganggunya. Mestinya saat itu adalah saat beristirahat bagi Zulkifli, tapi ia melayani tamunya dengan sabar.

Memang demikianlah adanya. Zulkifli adalah Nabi yang sabar, selalu mempergunakan akal sehatnya, tidak pernah marah kepada para tamunya. Dikisahkan bahwa suatu hari terjadi peperangan antara negerinya dengan pemberontak yang durhaka kepada Allah. Raja Zulkifli memerintahkan prajurit dan rakyatnya untuk pergi ke medan juang. Tapi apa yang terjadi? Ternyata rakyatnya takut berperang. Mereka takut mati.

Rakyatnya hanya mau berperang jika Zulkifli mau mendoakan kepada Allah agar Allah menjamin hidup mereka, agar mereka tidak mati. Mendengar itu Zulkifli tidak lantas marah, bahkan ia pun bersedia memenuhi permintaan rakyatnya untuk berdoa kepada Allah. Maka Allah mewahyukan kepadanya, “Aku telah mengetahui permintaan mereka, dan aku mendengar doamu. Semua itu akan Kukabulkan.”

Akhirnya dalam peperangan itu mereka memperoleh kemenangan, dan sesuai janji Allah, tidak satu pun dari mereka yang mati di medan juang.

–ooOoo—

17

Page 18: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

14. Nabi Syu’aib Alaihissalam

Syu’aib adalah salah satu dari 4 nabi bangsa Arab. Tiga nabi lainnya adalah Hud, Saleh, dan Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam. Ia seorang nabi yang dijuluki juru pidato karena kecakapan dan kefasihannya dalam berdakwah. Nabi Syu’aib Alaihissalam diutus ke tengah kaum Madyan yang tinggal di Ma’an, suatu daerah di pinggir Syam (sekarang Suriah), yang berbatasan dengan Hijjaz dan dekat Danau Luth. Sesuai namanya, bangsa Madyan adalah bangsa Arab yang bernasab dari Madyan bin Ibrahim Alaihissalam. Kaum ini menyembah Aikah, yaitu sebidang tanah padang pasir yang ditumbuhi sejumlah pohon.

Masyarakat Madyan terkenal korup dan menjalankan praktek-praktek perdagangan yang curang. Mereka menggunakan alat ukur yang besar kalau membeli dan menggunakan alat ukur yang kecil kalau menjual, sehingga kekayaan bertumpuk pada segelintir orang saja. Dalam kondisi demikian, Nabi Syu’aib Alaihissalam memperingatkan kaumnya agar meninggalkan praktek-praktek yang curang itu, tetapi ia ditanggapi dengan kasar, bahkan mereka mengancam akan menyiksa dan merajamnya jika ia tidak mau menghentikan dakwahnya.

Akhirnya Nabi Syu’aib Alaihissalam dan pengikutnya pindah ke negeri lain, karena penduduk Madyan sudah tidak bisa diharapkan lagi. Beberapa saat setelah Nabi Syu’aib dan pengikutnya pergi, tiba-tiba penduduk Madyan dikejutkan oleh adanya gempa maha dahsyat sehingga mereka mati bergelimpangan.

Nabi Syu’aib dan pengikutnya pindah ke negeri Aikah sesuai petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang memang menugaskannya berdakwah disana. Ternyata penduduk Aikah juga sama durhakanya dengan penduduk Madyan. Mereka menolak ajakan Nabi Syu’aib untuk menyembah Allah. Mereka bahkan mengejek dan menantang Nabi Syu’aib agar mensegerakan azab yang dijanjikan Allah. Karena kedurhakaan mereka ini, akhirnya turunlah azab Allah Subhanahu Wa Ta’ala berupa iklim panas yang membakar dan menyesakkan dada. Dengan sia-sia kaumnya lari kesana-kemari mencari tempat perlindungan.

Saat mereka kebingungan, tiba-tiba muncul segumpal awan hitam. Orang-orang menyangka bahwa itu adalah awan pertolongan. Ketika kaum durhaka itu bernaung di bawahnya, tiba-tiba awan itu mengeluarkan gemuruh yang dahsyat dan menghancurkan mereka semua. Binasalah kaum yang durhaka itu. Satu pun tak ada yang tersisa. Hanya Nabi Syu’aib Alaihissalam dan para pengikutnya yang bisa selamat berkat rahmat dan perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kisah Nabi Syu’aib Alaihissalam diceritakan dalam surat Asy-Syu’arâ’: 176-191, Hûd: 84-95, Al-A’râf: 85-93, dan Al-Hijr: 78-79.

–ooOoo–

18

Page 19: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

15. Nabi Musa Alaihissalam

Nabi Musa a.s. adalah anak laki-laki Imran dan bersaudara dengan Nabi Harun a.s. Nabi Musa a.s. dilahirkan sewaktu Raja Fir'aun lah yang memegang kekuasaan pemerintahan di negri Mesir pada waktu itu. Dimasa itu Raja Fir'aun mengeluarkan undang-undangnya setiap bayi laki-laki lahir dari Bani Israil harus segera dibunuh. Pemerintahan Fir'aun sangat zhalim, dan dia mengaku dirinya adalah Tuhan. Kalau tidak mau menuruti perintahnya maka akan dihukum mati.

Pada suatu hari Fir'aun bermimpi bahwa negri Mesir terbakar habis, rakyatnya banyak yang mati, kecuali orang-orang Bani Israil yang tinggal saja. Setelah itu Fir'aun memerintahkan ahli-ahli nujumnya untuk menta'wilkan mimpinya itu. Dan setelah mendengar arti mimpinya itu bahwa negri Mesir akan dijatuhkan kekuasaanya dengan seorang laki-laki dari Bani Israil. Kemudian Raja Fir'aun memerintahkan petugas-petugasnya untuk memeriksa setiap rumah dan mengeluarkan undang-undangnya untuk membunuh setiap bayi laki-laki Bani Israil.

Pada masa itulah Nabi Musa a.s. dilahirkan, Allah s.w.t. menurunkan ilham kepada ibu Nabi Musa agar menghayutkan anaknya yang masih bayi itu kesungai Nil dengan sebuah peti. Dengan kodrat Allah s.w.t. peti itu ditemukan oleh istri Fir'aun yang sedang mandi ditepian sungai itu. Siti Asiah istri Fir'aun sangat gembira dan menunjukan Musa yang masih bayi itu kepada suaminya. Fir'aun yang curiga bahwa bayi itu yang akan meruntuhkan kerajaannya bermaksud akan membunuhnya, akan tetapi dicegah oleh istrinya sendiri.

Setelah Musa menjadi dewasa, Allah s.w.t. menganugrahkan kepadanya pangkat kenabian, kecerdasan dan pengetahuan yang banyak. Suatu hari ketika Nabi Musa a.s. sedang berada  didalam kota dimana penduduknya tidak mengenal akan dirinya, bertemulah beliau dengan dua orang yang sedang berkelahi, yaitu seorang Bani Israil dan seorang Qubti. Nabi Musa a.s. berusaha mendamaikan namun si Qubti tidak mau, dan Nabi Musa memukul si Qubti itu, langsung mati hanya dengan sekali pukul.

Dalam pada itu datanglah seorang lelaki dengan tergesa-gesa dan memberitahukan Musa bahwa para pembesar Mesir telah bersepakat untuk membunuh Musa, karena rahasianya membunuh orang telah diketahui. Maka Musa dengan penuh kekhawatiran keluarlah dari negri Mesir. 

Singkat cerita bertemulah Nabi Musa dengan Nabi Syu'aib, dan Pada suatu hari Nabi Syu'aib a.s. berkata "Aku bermaksud akan menikahkan kau dengan salah seorang anakku. Yang menjadi maskawinmu adalah pekerjaan mu selama delapan tahun, tetapi terserah jika kau akan mencukupkannya menjadi sepuluh tahun, aku tidak akan memaksa dan memberatkanmu" Musa menyetujui perjanjian itu, maka menikahlah beliau dengan seorang anak dari Nabi Syu'aib a.s.

Suatu ketika, pada saat Nabi Musa a.s. sedang melakukan perjalanan malam beserta istrinya menuju Mesir, dari kejauhan Nabi Musa a.s. melihat api. Dan setelah Nabi Musa a.s. mendekati api tersebut, beliau sangat heran karena api tersebut melekat pada sebuah pohon, sedangkan pohon tersebut tidak terbakar dan api pun tidak padam. Ketika itu Nabi Musa a.s. mendengar suara yang merupakan wahyu Illahi "Takala Musa sampai ketempat api itu, lalu dia diseru dari tepi lembah sebelah kanan ditempat yang diberkahi dari sebatang pohon kayu yaitu

19

Page 20: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

"Hai Musa! sesungguhnya Aku adalah Allah Tuhan semesta alam" ( s. Al-Qashash ayat 30 )

Peristiwa tersebut terjadi dibukit Thursina, dibukit itu pulalah Nabi Musa a.s. menerima mukjizat dari Allah s.w.t. yaitu tongkat yang bisa berubah menjadi ular bila dilemparkan dan tanganya yang bisa bercahaya putih. Kedua mukjizat itulah nantinya yang akan dipergunakan melawan Fir'aun. Dan Allah pun mengangkat Harun saudara dari Nabi Musa a.s. menjadi Nabi pula untuk membantu Musa dalam menegakan kebenaran Allah s.w.t.

Bilamana Nabi Musa a.s. melemparkan tongkatnya, maka berubahlah menjadi ular besar yang menelan habis ular-ular ciptaan para ahli sihir Fir'aun. Menyaksikan kejadian itu, maka bersujudlah para ahli sihir itu kepada Musa dan menyatakan bahwa mereka beriman kepada Allah s.w.t. Dan diantara mereka yang beriman itu termasuk juga Siti Asiah yang merupakan istri Fir'aun itu sendiri. Bukan main murkanya Fir'aun, orang-orang yang beriman itu disiksanya sampai menemui ajal.

Nabi Musa a.s. bersama pengikutnya lari meninggalkan mesir dikejar oleh balatentara Fir'aun. Ketika sampai dilaut merah, Nabi Musa a.s. memukulkan tongkatnya sehingga laut terbelah dua. Nabi Musa a.s. dan pengikutnya berhasil menyebrangi Laut Merah melalui jalan yang tersibak itu sehingga menjadi jalan darat. Sementara itu Fir'aun dan balatentaranya terus mengejar, namun sampai dipertengahan laut, air lautpun bertemu kembali. Maka binasalah Fir'aun dan balatentaranya.

Walaupun Fir'aun telah binasa, namun banyak jiwa rakyatnya yang masih kafir. Pada waktu Nabi Musa a.s. pergi ke bukit Thursina untuk menerima wahyu Allah selama 40 malam, maka dipercayakan para pengikutnya kepada Nabi Harun a.s. Dan diantara mereka ada seorang yang bernama Samiri yang membuat patung sapi dari emas. Kedalam mulut patung sapi itu dimasukannya tanah bekas tapak kaki kuda Malaikat Jibril sehingga patung sapi tersebut dapat berbicara. Lalu Samiri berkata kepada kaumnya "Hai kaumku! inilah Tuhan kita yang patut kita sembah!" lalu merekapun tersesat karena menyembah patung sapi tersebut.

Lalu Nabi Musa a.s. kembali kepada kaumnya dengan marah dan bersedih "Aku sudah melarang mereka berkali-kali" sahut Nabi Harun a.s. Kemarahan Nabi Musa a.s. pun hilang, lalu beliau mengusir Samiri dan membakar patung anak Sapi itu. Mereka baru akan percaya bila mereka telah melihat dengan jelas, lalu Nabi Musa a.s. memilih tujuh puluh orang laki-laki untuk mengikuti-nya kebukit Thursina untuk menerima wahyu Allah. Namun disana petir menyambar mereka, sehingga mereka semua mati. Lalu Allah s.w.t. menghidupkan mereka kembali.

Suatu ketika, umat Nabi Musa a.s. merasa kehausan dipadang pasir. Setelah mencari kesana kemari tidak juga didapatkan, merekapun meminta tolong kepada Nabi Musa a.s. agar memintakan air kepada Tuhan. Lalu Nabi Musa a.s. memukulkan tongkatnya keatas batu, maka terpancarlah 12 mata air untuk 12 kaum. Nabi Musa a.s. meninggal dunia di padang Tih pada usia 120 tahun, setelah sebelumnya telah meninggal dunia terlebih dahulu Nabi Harun a.s.

–ooOoo—

20

Page 21: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

16. Nabi Harun Alaihissalam

Nabi Harus Alaihissalam diutus oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk membantu tugas kerasulan Nabi Musa Alaihissalam. Dalam berbicara, ia lebih cakap daripada Nabi Musa Alaihissalam. Ketika Nabi Musa Alaihissalam pergi ke Bukit Sina untuk menerima wahyu, umatnya dititipkan kepada Nabi Harus Alaihissalam. Namun setelah Nabi Musa Alaihissalam kembali, ia mendapati mereka telah menyembah patung anak sapi. Melihat itu, Musa sangat marah dan bersedih hati. Dalam Al Qur’an diceritakan:

Dan tatkala Musa telah kembali kepada kaumnya dengan marah dan sedih hati berkatalah dia: Alangkah buruknya perbuatan yang kamu kerjakan sesudah kepergianku! Apakah kamu hendak mendahului janji Rabbmu? Dan Musa melemparkan luh-luh (Taurat) itu dan memegang (rambut) kepala saudaranya (Harun) sambil menariknya ke arahnya. Harun berkata: Hai anak ibuku, sesungguhnya kaum ini telah menganggapku lemah dan hampir-hampir mereka mau membunuhku, sebab itu janganlah kamu menjadikan musuh-musuh gembira melihatku, dan janganlah kamu masukkan aku ke dalam golongan orang-orang yang zalim. (QS Al-A’râf: 150)

Akhirnya Musa pun sadar, ia lalu berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala seperti tersebut dalam Al Qur’an:

Musa berdoa: Ya Rabbku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang di antara para penyayang. (QS Al-A’râf: 151)

Nabi Harun Alaihissalam wafat sebelum Nabi Musa Alaihissalam. Ia dikuburkan oleh Nabi Musa Alaihissalam di Bukit Hur di Gurun Sinai.

–ooOoo–

21

Page 22: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

17. Nabi Daud Alaihissalam

Nabi Daud a.s. adalah putra dari Yasa. Beliau masih keturunan Bani Israil. Kaum Bani Israil sudah tidak memiliki pemimpin sejak wafatnya Nabi Musa a.s. Ketika itu ada seorang Nabi Syamuel dan atas perintah nya diangkatlah seorang pemimpin bagi Bani Israil yaitu Thalut.

Dimasa itu terdapat seorang Raja yang kejam bernama Djalut. Lalu Thalut memimpin peperangan melawan Raja Djalut yang kejam dan Zalim itu. Ketika akan berperang Daud yang masih kecil itupun disuruh ayahnya pergi berperang bersama tiga saudaranya. Daud membawa lima buah batu kecil dan cambuk yang terbuat dari tali, dan dia tidak mau menggunakan pedang yang diberikan kepadanya.

Pasukan Thalut berangkat ke medan perang, ditengah perjalanan mereka harus melewati sebuah sungai. Thalut berkata "Wahai pasukanku jangan kamu minum air sungai itu". Namun banyak yang meminum air sungai. Mereka yang meminum tidak kuat dan takut pergi berperang, hanya mereka yang beriman dan mendengar nasehat Thalutlah yang berangkat.

Dengan gagah berani pasukan Thalut berperang melawan pasukan Raja Djalut. Dan Raja Djalut menentang berduel satu lawan satu, maka Daudlah yang muncul kedepan. Raja Djalut tertawa terbahak-bahak melihat anak kecil yang menentangnya. Daud melemparkan cambuknya yang biasa digunakannya untuk mengusir anjing atau binatang lainnya. Cambuknya melilit leher Raja Djalut, lalu Daud menarik cambuknya hingga Raja Djalut terplanting dari atas kudanya.

Dan Daud melemparkan batu yang sudah dipersiapkannya itu tepat mengenai kedua mata Raja Djalut hingga pecah. Daudpun mengambil pedang Raja Djalut yang terjatuh itu dan memenggal leher Raja Djalut, tamatlah riwayat Raja yang kejam dan zalim itu.

Pasukan Thalut bergembira dan terpesona akan keahlian Daud yang masih kecil itu, mereka mengangkat Daud beramai-ramai karena gembiranya.

Thalut menjadi Raja dan memerintah Bani Israil dengan bijaksana, dan setelah Raja Thalut meninggal dunia maka beliau digantikan oleh Nabi Daud a.s. yang kemudian menjadi Raja Bani Israil sekaligus diutus Allah untuk menjadi Rasul.

Beliau memimpin kaumnya dengan bijaksana dan damai, Allah s.w.t. telah pula memberikan beberapa mukjizat pada Nabi Daud a.s. yaitu suaranya yang sangat merdu. Jika beliau membaca zabur dengan nyanyian yang merdu, maka bagi orang yang sedang sakit dan mendengarkannya maka akan sembuhlah dia.

–ooOoo—

 

22

Page 23: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

18. Nabi Sulaiman Alaihissalam

Nabi Sulaiman adalah putra Nabi Daud. Sejak usia muda sudah nampak kecerdasan dan kebijaksanaan di bidang hukum. Jika seseorang tidak puas mendapat pengadilan itu dipimpin Nabi Sulaiman.

Sesudah Nabi Daud meninggal dunia, Nabi Sulaiman diangkat sebagai penggantinya. Beberapa keistimewaan Nabi Sulaiman ialah bisa berbicara dengan binatang, menguasai jin dan setan. Sedangkan angin menjadi kendaraan yang melaju cepat. Perjalanannya dari pagi hingga sore hari sama dengan perjalanan satu bulan bagi orang biasa.

Pada suatu hari Nabi Sulaiman mengadakan apel besar bagi seluruh bara tentaranya. Baik dari golongan jin, setan, binatang dan manusia diperintahkan sama berkumpul menghadap Nabi Sulaiman.

Semua sudah hadir kecuali seekor burung ‘bernama Hud-Hud.“Mengapa burung Hud-Hud terlambat datang, “Kata Nabi Sulaiman. “Sungguh,

jika tidak bisa memberi alasan yang jelas atas keterlambatannya ini, sebagai hukuman untuknya saya akan menyembelihnya.”

Tak berapa lama kemudian burung itu datang dan bersujud di hadapan Nabi Sulaiman. Hampir saja burung itu terkena hukuman kalau tidak segera mengajukan alasan kenapa ia terlambat datang.

“Ampunilah keterlambatan hamba ini Tuanku, ”kata burung hud-hud, “hamba memang terlambat, tetapi hamba membawa kabar yang amat penting. Di negeri Saba hiduplah seorang Ratu yang bernama Bulqis. Ia mempunyai singgasana yang agung. Kerajaannya luas dan rakyatnya hidup makmur. Namun sayang, mereka tidak menyembah kepada Allah. Mereka disesatkan setan sehingga mereka menyembah matahari.”

“Ya, aku percaya pada berita yang kau bawa itu. “Kata Nabi Sulaiman. “Aka tetapi aku akan menyelidiki kebenaran beritamu. Bawalah suratku untuk Ratu Bulqis. Kalau sudah diterima sembunyilah kau dicelah-celah jendela dan dengarkanlah apa yang akan dilakukan Ratu Bulqis. Burung Hud-Hud terbang lagi ke negeri Saba. Ia menyerahkan surat Nabi Sulaiman kepada  Ratu Bulqis lalu bersembunyi dibalik celah jendela.

Ratu Bulqis membaca surat itu. “Surat ini datang dari Sulaiman. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Jangalah kamu berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” Setelah membaca surat itu, Ratu Bulqis memanggil abdi dan penasihatnya untuk bermusyawarah. Ratu Bulqis tidak ingin terjadi peperangan yang hanya merusak keindahan istana dan merugikan rakyat. Maka dalam musyawarah itu, Ratu Bulqis akan mengirimkan hadiah kepada Sulaiman melalui utusannya.

Berangkatlah utusan Ratu Bulqis ke Palestina dengan membawa berbagai haadiah yang mahal mahal. Ketika mereka sudah sampai di istana Sulaiman mereka tercengang, Kerajaan Saba tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan kemegahan kerajaan Sulaiaman. Ketika para utusan itu hendak menyerahkan hadiah, Nabi Sulaiman menolak. Karena ia sudah memiliki harta benda yang jauh lebih baik daripada hadiah yang yang diberikan Ratu Bulqis. Ia hanya meminta kedatangan Ratu Bulqis agar ratu itu memeluk agama islam dan meninggalkan penyembahan terhadap matahari. Jika menurut maka Kerajaan Saba akan selamat, Jika membangkang maka Sulaiman akan mengarahkan bala tentaranya yang tidak mungkin akan dilawan Ratu Bulqis.

23

Page 24: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Para utusan itu segera kembali ke Negeri Saba. Mereka melaporkan segala apa yang dilihatnya tentang Sulaiman dan Kerajaannya yang jauh lebih besar, megah dan kuat daripada negeri Saba. Akhirnya diputuskan bahwa Ratu Bulqis akan datang memenuhi perintah Nabi Sulaiman.

Dengan diiringi ribuan prajurit Ratu Bulqis penguasa negeri Saba datang menemui Nabi Sulaiman di Palestina. Ia benar benar tercengang, tak habis pikir, betapa hebat Nabi Sulaiman. Negeri Saba Tidak ada artinya dibanding kerajaan Nabi Sulaiman. Ratu Bulqis merasa malu bila mengingat betapa dahulu ia telah mengirim hadiah kepada Nabi Sulaiman untuk melunakkan hatinya agar Sulaiman tidak menyerang Negeri Saba.

Sebelum Ratu Bulqis datang tahtanya sudah datang mendahuluinya. Nabi Suaiman berkata “ Serupa inikah tahtamu?” “Ya, Seperti kepunyaanku.” Kata Ratu Bulqis seraya memeriksa singgasana tahta kerajaanya. Akhirnya ia yakin bahwa tahta itu memang mliknya sendiri walaupun sudh dirubah sedikit warnyanya.

Kini bertambah yakinlah ia bahwa Sulaiman itu seorang Nabi, Seorang Rasul utusan Allah yang dikaruniai kekuasaan luar biasa besarnya sehingga mampu memindahkan tahta kerajaannya dalam waktu singkat.

Memang tahta itu milik Ratu Bulqis nabi Sulaiman telah dibantu anak buahnya bernama Ashif Bin Barkiya yaitu seorang yang memeiliki ilmu dan hikmah. Kemampuanya memeindahkan tahta kerajaan Ratu Bulqis lebih cepat kemampuan jin ifrit yang menjanjikan tahta itu pindah sebelum nabi Sulaiman berdiri dari tempat duduknya.

Ashif Bin Barkiya mampu memindahkan tahta itu hanya dalam waktu 1 kedipan mata. Berkata Ratu Bulqis : “ Sesungguhnya saya telah mengetahui kekuasaan Allah dan kebeneran kenabianmu sebelum ini. Tahta tat kala datang burung Hud-Hud membawa surat darimu. Sejak itu kami beriman. Yang menghalang halangi kami untuk mengatakan keimanan kami adalah karena kami hidup ditengah tengah kaum yang sudah mendalam kekufurannya. Itulah yang membuat kami menyembunyikan keimanan kami hingga saat ini datang menghadap kepadamu.”

Nabi Sulaiman tersenyum lalu mempersilakan Ratu Bulqis memasuki istananya. Lantai istana itu tebuat dari kaca tipis yang dibawahnya dialiri air. Ratu Bulqis mengira diajak kealiran sungai maka ia menyingkapkan kainnya sehingga tampaklah betis kakinya.

Nabi Sulaiman segera memberitahukan bahwa lantai itu terbuat dari kaca putih yang tipis. Ratu Bulqis tersipu malu. Serta merta ia bersujud dan menyatakan keimanannya kepada Allah.

“Ya, Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat dzolim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam.”

Demikiannya akhirnya Ratu Bulqis menikkah dengan Nabi Sulaiman dan hidup berbahagia hingga akhir hayatnya.

Hampir tidak seorangpun yang mengetahuinya kematian Nabi Sulaiman. Baik dari golongan jin, maupun dari golongan manusia.Kematian nabi Sulaiman baru diketahui setelah tongkat yang digunakannya bersandar rapuh dimakan rayap dan

beliau jatuh tersungkur dilantai.Do’a Nabi Sulaiman dikabulkan Allah yaitu tidak ada seorang pun yang

memiliki kerajan besar kaya raya seperti Kerajaan Nabi Sulaiman.Walaupun kaya raya dan berkuasa Nabi Sulaiman tetap tunduk patuh kepada

perintah Allah.

 

24

Page 25: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

–ooOoo–

19. Nabi Ilyas Alaihissalam

Nabi Ilyas Alaihissalam adalah keturunan ke-4 dari Nabi Harun

Alaihissalam. Ia diutus oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada kaumnya,

Bani Israil, yang menyembah patung berhala bernamaBa’al. Berulang

kali Nabi Ilyas Alaihissalam memperingatkan kaumnya, namun mereka

tetap durhaka.

Karena itulah Allah Subhanahu Wa Ta’ala menurunkan musibah

kekeringan selama bertahun-tahun, sehingga mereka baru tersadar

bahwa seruan Nabi Ilyas Alaihissalam itu benar. Setelah kaumnya

tersadar, Nabi Ilyas Alaihissalam berdoa kepada Allah Subhanahu Wa

Ta’ala agar musibah kekeringan itu dihentikan. Namun setelah musibah

itu berhenti, dan perekonomian mereka memulih, mereka kembali

durhaka kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Akhirnya kaum Nabi Ilyas

Alaihissalam kembali ditimpa musibah yang lebih berat daripada

sebelumnya, yaitu gempa bumi yang dahsyat sehingga mereka mati

bergelimpangan.

 

–ooOoo—

 

20. Nabi Ilyasa Alaihissalam

Setelah Nabi Ilyas Alaihissalam meninggal dunia, ia digantikan oleh anak

angkatnya yang bernama Ilyasa. Nabi Ilyasa Alaihissalam melanjutkan

misi ayah angkatnya dan kaumnya kembali taat kepadanya. Selama masa

kepemimpinan Nabi Ilyasa ini kaum Bani Israil hidup rukun, tentram,

makmur, karena berbakti dan bertakwa kepada Allah. Akan tetapi

setelah ia wafat, kaumnya kembali durhaka. Akhirnya kaumnya dilanda

kesengsaraan, dan pada saat-saat seperti itu lahirlah Nabi Yunus

Alaihissalam.

 

–ooOoo—

21. Nabi Yunus Alaihissalam

Nabi Yunus bin Mata diutus oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk

menghadapi penduduk Ninawa, suatu kaum yang keras kepala,

25

Page 26: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

penyembah berhala, dan suka melakukan kejahatan. Berulang kali Nabi

Yunus Alaihissalam memperingatkan mereka, tetapi mereka tidak mau

berubah, apalagi karena Nabi Yunus Alaihissalam bukan dari kaum

mereka. Hanya ada 2 orang yang bersedia menjadi pengikutnya,

yaitu Rubil dan Tanuh. Rubil adalah seorang yang alim bijaksana, sedang

Tanuh adalah seorang yang tenang dan sederhana.

Nabi Yunus Alaihissalam meninggalkan kaumnya

Karena tak mendapat sambutan yang baik dari penduduk Ninawa, Nabi

Yunus memberi ultimatum pada kaumnya, jika dalam tempo 30 hari

mereka tidak mau insyaf, tidak bertaubat kepada Allah, maka akan

diturunkan siksa. Akan tetapi Allah mencela batas waktu yang ditetapkan

Nabi Yunus, dan memerintahnya untuk menambahnya menjadi 40 hari.

Nabi Yunus pun menuruti perintah Allah, dan mengabarkan pada

kaumnya bahwa batas waktu mereka diubah menjadi 40 hari. Tetapi

rupanya kaumnya tidak menggubris tenggang waktu itu. Mereka malah

menantang dan berani menunggu datangnya siksa itu.

Karena kesal, Nabi Yunus lalu pergi meninggalkan penduduk Ninawa

menuju suatu tempat. Sepeninggal Nabi Yunus Alaihissalam, setelah 40

hari tiba-tiba muncullah awan gelap di pagi hari, semakin siang mereka

melihat cahaya merah seperti api hendak turun dari langit. Mereka

sangat ketakutan. Berbondong-bondong mereka mencari Nabi Yunus,

tapi tak ada seorang pun yang tau dimana keberadaannya.

Mereka lalu bertobat dan berdoa dengan khusyu kepada Allah. Semua

orang, baik laki-laki maupun perempuan, tak ketinggalan juga anak-anak

saling menangis dan mengembalikan barang-barang rampasan kepada

pemiliknya. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala menerima taubat mereka,

dan mencabut kembali azab-Nya.

Nabi Yunus Alaihissalam dalam perut ikan

Setelah meninggalkan kaum Ninawa, Nabi Yunus Alaihissalam tiba di

suatu tempat di pinggir laut. Disana ia menjumpai sejumlah orang yang

bergegas naik perahu. Nabi Yunus meminta izin pada mereka agar

diperbolehkan ikut, dan mereka mengizinkannya. Namun ketika berada

di tengah laut tiba-tiba badai menerjang. Sang Nahkoda meminta salah

satu dari penumpang untuk turun agar yang lain terselamatkan. Setelah

diundi berkali-kali, selalu nama Nabi Yunus Alaihissalam yang keluar,

sehingga ia pun pasrah. Ia menganggap bahwa itu sudah kehendak Allah

Subhanahu Wa Ta’ala, dan ia pun terjun ke laut.

26

Page 27: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Begitu melompat ke laut, tiba-tiba seekor ikan besar menelannya dan

membawanya ke pantai. Di dalam perut ikan itu Nabi Yunus menyadari

kesalahannya telah meninggalkan kaumnya. Ia pun berdoa dan bertaubat

kepada Allah memohon ampunannya. Atas kesungguhan doanya, maka

sesampainya di pantai, Nabi Yunus dikeluarkan kembali dari perut ikan

dalam keadaan sakit dan lemah. Setelah Allah mengembalikan kesehatan

dan kekuatannya, Nabi Yunus Alaihissalam mendapat wahyu agar

kembali ke Ninawa untuk membina kaumnya yang sudah sadar itu.

Kisah Nabi Yunus Alaihissalam terdapat di Al Qur’an dalam suratYûnus:

98, As-Saffât: 139-148, dan Al-Anbiyâ: 87-88.

 

22.Nabi Zakaria Alaihissalam

Nabi Zakaria Alaihissalam mendambakan seorang anak

Nabi Zakaria Alaihissalam adalah pemimpin Bani Israil. Ia sangat

mendambakan seorang anak, namun ia merasa pesimis karena usianya

yang sudah sangat lanjut. Nabi Zakaria Alaihissalam lalu berdoa kepada

Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberi seorang anak. Akhirnya doanya

terkabul. Di usianya yang ke-90, ia dikaruniai anak laki-laki yang diberi

nama Yahya.

Ketika mendengar kabar yang dibawa oleh malaikat bahwa ia akan

dikaruniai anak dan istrinya akan segera mengandung, Zakaria sempat

merasa tidak yakin, lalu ia memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

agar diberi tanda untuk mengetahui bilamana istrinya telah hamil. Maka

Allah memberitahukan kepadanya bahwa tandanya ialah dia tidak akan

dapat berbicara dengan manusia dan bertukar pikiran kecuali dengan

isyarat tangan, mata, menggoyangkan kepala atau semacam itu, dan hal

itu berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Selama 3 hari itu,

hendaklah ia memperbanyak tasbih di waktu pagi dan petang, karena

meskipun tidak dapat berbicara dengan orang lain, namun ia tetap dapat

beribadah dan bertasbih.

Kisah ini tedapat dalam surat Maryam: 7-11.

Kelahiran Maryam binti Imran

Zakaria adalah paman dan wali pemelihara Maryam binti Imran. Imran

adalah salah seorang penguasa dan Ulama Bani Israil yang meninggal

dunia ketika Maryam masih dalam kandungan ibunya. Maryam adalah

gadis suci yang setiap hari selalu beribadah kepada Allah Subhanahu Wa

Ta’ala di mihrabnya di Baitulmakdis. Sesuai nazar yang diucapkan ibunya

27

Page 28: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

sejak Maryam masih dalam kandungan, hak pemeliharaan Maryam

diperoleh Nabi Zakaria Alaihissalam melalui undian karena begitu

banyaknya ulama Bani Israil yang ingin menjadi wali gadis suci itu.

Ketika memelihara Maryam, banyak keanehan yang dialami Nabi Zakaria

Alaihissalam yang semakin meyakinkannya bahwa Maryam berada dalam

pemeliharaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Antara lain Nabi Zakaria

Alaihissalam menyaksikan bahwa dalam mihrab Maryam terdapat buah-

buahan musim panas, padahal tidak seorang pun dapat masuk kesana,

lagipula saat itu adalah musim dingin. Maryam mengatakan bahwa buah-

buahan itu datang dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kisah kelahiran Maryam dan pemeliharaan Nabi Zakaria Alaihissalam

terhadapnya terdapat dalam surat Ãli-’Imrân: 35-37 dan 42-44.

Wafatnya Nabi Zakaria Alaihissalam

Yahya putra Zakaria meninggal lebih dulu daripada ayahnya. Setelah

kematian Yahya, perhatian orang-orang yang beriman beralih kepada

Nabi Zakaria Alaihissalam yang sudah tua. Mereka meminta pendapat

tentang masalah pernikahan antara ayah dan kemenakan yang ingin

dilakukan oleh Raja Hirodus, namun sama seperti Nabi Yahya

Alaihissalam, Nabi Zakaria Alaihissalam juga tetap berpegang teguh

pada syariat Taurat bahwa pernikahan semacam itu diharamkan.

Akibat sikapnya ini, Raja Hirodus menjadi marah dan memerintahkan

prajuritnya untuk menangkap Nabi Zakaria Alaihissalam. Namun rakyat

melindungi nabi yang sudah berusia lanjut itu. Sampai pada suatu hari,

Nabi Zakaria Alaihissalam bersembunyi di sebuat hutan, mendadak

hutan itu dikepung oleh bala tentara Hirodus yang dibantu tentara

Romawi. Nabi Zakaria Alaihissalam melihat sebuah pohon besar yang

bagian tengahnya membelah. Masuklah ia ke dalam pohon itu, sehingga

tentara Hirodus tak dapat menemukannya.

Tetapi iblis yang menyerupai wujud manusia memberitahukan tempat

persembunyian Nabi Zakaria Alaihissalam ini kepada tentara Hirodus.

Para prajurit itu sebenarnya tidak terlalu percaya, namun mereka

menggergaji pula pohon yang dimaksud. Mendadak dari pohon itu keluar

darah. Dengan demikian mereka mengira telah membunuh Nabi Zakaria

Alaihissalam.

Benarkah demikian? Hanya Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang Maha Tahu

apa sebenarnya yang telah menimpa diri Nabi Zakaria Alaihissalam.

 

28

Page 29: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

–ooOoo—

 

23. Nabi Yahya Alaihissalam

Nabi Yahya Alaihissalam adalah putra tunggal Nabi Zakaria Alaihissalam.

Meskipun ia dilahirkan oleh pasangan yang sudah sangat tua, namun ia

tetap tumbuh sebagai manusia yang normal dan sehat. Kisah kelahiran

Nabi Yahya Alaihissalam terdapat dalam surat Ali-’Imrân: 38-41.

Oleh kaumnya, Nabi Yahya Alaihissalam dikenal sebagai orang alim,

menguasai soal-soal keagamaan, dan hapal kitab Taurat, dan menjadi

hakim dalam hukum agama. Dalam usahanya menegakkan kebenaran,

Yahya dikenal sangat berani.

Pada masa itu, Hirodus, penguasa Palestina, merencanakan menikah

dengan kemenakannya sendiri, Hirodia. Hirodia sendiri merasa senang

jika diperistri oleh seorang raja. Ia adalah seorang gadis yang haus

kekuasan dan harta.

Yahya melarang pernikahan ini karena bertentangan dengan syariat

kitab Taurat dan Zabur. Seluruh istana pun gempar, mereka setuju

dengan pendapat Yahya. Raja menjadi malu dan murka. Ia dan Hirodia

berusaha mencari jalan untuk membungkam mulut Yahya, bahkan bila

perlu membunuhnya.

Maka suatu hari, dengan berdandan cantik Hirodia datang menemui

Yahya di rumahnya. Ia mencoba merayu Yahya untuk melakukan

perbuatan mesum. Ia berharap sesudah melakukan perbuatan nista itu

Yahya akan menjadi penurut dan tidak lagi menentang pernikahannya

dengan Raja Hirodus. Tentu saja rayuan ini ditolak dengan tegas oleh

Yahya. Pemuda itu tidak tergoda sedikit pun, bahkan sebaliknya ia

merasa jijik dengan sikap Hirodia yang sangat tidak bermoral itu. Ia

mengusir Hirodia dengan suara sangat keras seolah menggelegar di

telinga Hirodia. Hirodia merasa malu dan terhina sekali, karenanya ia

merasa dendam dan sangat membenci Yahya.

Ia lalu memfitnah Yahya dengan mengadu kepada Hirodus bahwa Yahya

telah mencoba memperkosanya. Tentu saja fitnahan Hirodia ini

membakar kemarahan Raja Hirodus. Ia mengutus bala tentaranya untuk

memenggal kepala Yahya. Para tentara itu sebenarnya keberatan, namun

jika menolak mereka diancam dengan hukuman yang sangat berat. Maka

dengan segala cara mereka berusaha menangkap Yahya, membawanya

ke penjara dan memenggal kepalanya disana.

29

Page 30: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Nabi Yahya Alaihissalam dikenal sebagai seorang pembabtis, yaitu

memandikan orang-orang berdosa yang bertaubat di tepi sungaiYordan.

Pemandian itu bukan berarti mensucikan dosa, melainkan hanya sebagai

tanda bahwa orang yang dimandikan telah bertaubat. Jadi taubatnya

inilah yang insya Allah akan mensucikan dosanya.

–ooOoo—

24. Nabi Isa Alaihissalam

Nabi Isa as adalah anak Maryam, ia tidak mempunyai ayah. Pada suatu ketika, ketika Maryam berada di sebuah Mihrab, datanglah Malaikat Jibril memberitahukan bahwa Maryam akan memperoleh seorang anak yang shaleh. Tentu saja Maryam sangat terkejut, karena ia belum mempunyai suami. Namun memang demikianlah kehendak Allah, lalu malaikat Jibril meniupkan roh suci ke dalam kandungannya, maka Maryam pun hamil. Sebagaimana termaktub dalam QS. Maryam : 19 - 21.

Sangat berat penderitaan Maryam, dalam keadaan mengandung ia selalu diperolok- olokkan dan dihina. Setelah bayinya lahir, untuk melindungi anaknya maka Maryam pindah ke Mesir bersama saudaranya Yusuf Nazar. Setelah 12 tahun mereka pun kembali ke Negeri Syam.

Pada usia 30 tahun Isa diangkat menjadi Rasul Allah untuk menyerukan kebenaran Allah swt kepada bani Israil. Allah mengajarkan Al-Kitab, hikmah (ilmu) taurat dan injil, dan menjadi rasul kepada bani Israil kepadanya pula Allah memberikan mukjizat berupa :

-Mampu menjadikan burung dari tanah;

-Dapat menyembuhkan orang buta;

-Menyembuhkan penyakit kusta;

-Menerangkan apa yang disimpan dan dimakan di rumah- rumah, dan

-Menurunkan makanan dari langit.

Diantara sahabat-sahabatnabi Isa as ada seorang yang murtad bernama Yahuza Iskarius. Dalam melaksanakan tugas menegakkan kebenaran Allah, nabi Isa as mendapat tantangan keras dari orang-orang kafir. Mereka mencari orang yang sanggup menangkap nabi Isa as dengan upah yang besar. Yahuza Iskarius, murid yang murtad inilah yang sanggup melaksanakan pekerjaan itu. Pada waktu nabi Isa sudah terkurung di suatu tempat oleh tentara kerajaan yang diperintah oleh raja Hirdaus yang kafir, Allah swt telah mengangkat nabi Isa as ke alam ghaib (tempat yang dimuliakan Allah).

Pada waktu itu usia nabi Isa 33 tahun, kemudian Allah menjadikan Yahuza Iskarius yang mirip dengan Isa tertangkap dan disalib oleh orang-orang kafir.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah.

30

Page 31: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Wassalamualaikum Wr. Wb.

–ooOoo–

25. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam adalah nabi pembawa risalah Islam, rasul terakhir penutup rangkaian nabi-nabi dan rasul-rasul Allah Subhanahu Wa Ta’ala di muka bumi. Ia adalah salah seorang dari yang tertinggi di antara 5 rasul yang termasuk dalam golongan Ulul Azmi atau mereka yang mempunyai keteguhan hati (QS. 46: 35). Keempat rasul lainnya dalam Ulul Azmi tsb ialah Ibrahim Alaihissalam, Musa Alaihissalam, Isa Alaihissalam, dan Nuh Alaihissalam.

Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 20 April 571 Masehi/12 Rabiul Awwal tahun Gajah atau Amul Fiil .

Disebut demikian karena pada tahun itu Raja Abrahah datang ke Mekah bersama bala tentaranya dengan menunggang gajah hendak menghancurkan Ka’bah.Tetapi atas kuasa Allah SWT Raja biadab itu beserta bala tentaranya hancur lebur dengan dikirim-Nya burung Ababil yang membawa batu dari Neraka.Ayah Nabi Muhammad SAW bernama Abdullah bin Abdul Muthalib , sedang ibu Beliau bernama Aminah. Sang Ayah wafat ketika Nabi Muhammad SAW masih dalam kandungan ( 6 bulan ).Sedang sang ibu wafat ketika Nabi Muhammad SAW berumur 6 tahun . Selanjutnya beliau diasuh oleh sang kakek yang bernama Abdul Muthalib , yang tidak lama langsung meninggal , ketika Nabi Muhammad SAW berumur 8 tahun . Setelah sang kakek yaitu Abdul Muthalib wafat , beliau diasuh pamannya yaitu Abu Thalib ,kasih sayang pamannya sangat besar karena Nabi Muhammad SAW memiliki sifat yang baik dan terpuji . Ketika Nabi Muhammad SAW berumur 14 tahun sang paman mengajak-Nya berdagang ke Syams.

Peristiwa itu terkenal dalam sejarah Islam karena tanda-tanda kenabian mulai diketahui ada pada dalam diri Nabi Muhammad SAW . Tanda-tanda itu diketahui oleh seorang pendeta Nasrani yang bernama Buhaira . Pendeta tersebut berpesan kepada Abu Thalib untuk menjaga keponakannya tersebut dengan baik .

Sejak kecil hingga dewasa Nabi Muhammad SAW telah dikenal sebagai orang yang jujur,tidak pernah berkata kotor,tidak pernah berbohong,dan tidak pernah melakukan maksiat.Karena kejujurannya dalam berkata dan bersikap itulah kemudian beliau diberi gelar al-Amin oleh kaumnya yang berarti “orang yang terpercaya”.

Pada usia 40 tahun saat Nabi Muhammad SAW sedang menyendiri atau bertahanuts atau berkhalwat atau bertapa di Gua Hiro . Beliau ingin mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Tepatnya pada tanggal 17 RAMADHAN , datanglah Malaikat Jibril membawa wahyu yang pertama yaitu surah / surat Al-Alaq ayat 1-5 .

31

Page 32: Kisah Singkat 25 Nabi dan Rosul

September 21, 2013

KISAH SINGKAT 25 nabi dan rosul

Hal ini menjadi tanda bahwa Nabi Muhammad SAW telah diangkat sebagai seorang nabi atau rasul ALLAHSWT. Dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW pada awalnya mendapat tentangan dari kaumnya hingga beliau mendapat wahyu hijrah ke Madinah .

Nabi Muhammad SAW bukan hanya seorang nabi dan rosul semata melainkan adalah seorang kepala negara yang ahli akan tata negara , panglima perang yang tangguh,seorang suami dan ayah yang teladan. Sesudah terjadi berbagai peperangandengan kaum kafir , akhirnya Mekah dapat direbut kembali ke tangan muslimin ,sebagai kota suci . Dengan jatuhnya kota Mekah ,maka segera berakhirlah tugas kenabian beliau selama kurang lebih 13 tahun di Mekah dan 10 tahun di Madinah .

Sesudah melaksanakan haji wada’ Beliau menghadap ALLAH SWT pada usia 63 tahun yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun 11 Hijriah atau tanggal 8 Juni 632 M , Dan Beliau di makamkan di Madinah.

32