keterbukaan informasi kepada pemegang saham informasi... · keterbukaan informasi kepada pemegang...

Download KETERBUKAAN INFORMASI KEPADA PEMEGANG SAHAM INFORMASI... · keterbukaan informasi kepada pemegang saham

Post on 30-May-2019

214 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

1

KETERBUKAAN INFORMASI KEPADA PEMEGANG SAHAM

PT CENTRATAMA TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK (PERSEROAN)

KETERBUKAAN INFORMASI INI DITUJUKAN KEPADA PEMEGANG SAHAM PERSEROAN DALAM RANGKA MEMENUHI (I) PERATURAN BAPEPAM-LK NO. IX.E.2 TENTANG TRANSAKSI MATERIAL DAN PERUBAHAN KEGIATAN USAHA UTAMA, (II) PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NO. 32/POJK.04/2014 TENTANG RENCANA DAN PENYELENGGARAAN RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN TERBUKA, DAN (III) PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NO. 32/POJK.04/2015 TENTANG PENAMBAHAN MODAL PERUSAHAAN TERBUKA DENGAN MEMBERIKAN HAK MEMESAN EFEK TERLEBIH DAHULU.

INFORMASI SEBAGAIMANA TERCANTUM DALAM KETERBUKAAN INFORMASI INI PENTING UNTUK DIBACA DAN DIPERHATIKAN OLEH PEMEGANG SAHAM PERSEROAN. JIKA ANDA MENGALAMI KESULITAN UNTUK MEMAHAMI INFORMASI SEBAGAIMANA TERCANTUM DALAM KETERBUKAAN INFORMASI INI, SEBAIKNYA ANDA BERKONSULTASI DENGAN PERANTARA PEDAGANG EFEK, MANAJER INVESTASI, PENASIHAT HUKUM, AKUNTAN PUBLIK ATAU PENASIHAT PROFESIONAL LAINNYA.

PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Kegiatan Usaha:

Perdagangan Jasa dan Investasi Menara Telekomunikasi melalui Entitas Anak.

Berkedudukan di Jakarta, Indonesia

Kantor Pusat: Menara Citicon Lantai 15

JL. Letjen S. Parman Kav. 72 Jakarta 11410 Telp. (021) 2253 4000 Fax. (021) 2253 4999

Website: www.centratama.com Email: cti@centratama.com

KETERBUKAAN INFORMASI INI PENTING UNTUK DIBACA DAN DIPERHATIKAN OLEH PEMEGANG SAHAM PERSEROAN UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN MENGENAI TRANSAKSI MATERIAL.

DIREKSI PERSEROAN MENYAMPAIKAN INFORMASI SEBAGAIMANA TERCANTUM DALAM KETERBUKAAN INFORMASI INI DENGAN MAKSUD UNTUK MEMBERIKAN INFORMASI MAUPUN GAMBARAN YANG LEBIH LENGKAP KEPADA PARA PEMEGANG SAHAM PERSEROAN MENGENAI TRANSAKSI SEBAGAI BAGIAN DARI KEPATUHAN PERSEROAN ATAS PERATURAN BAPEPAM-LK NO.IX.E.2.

mailto:cti@centratama.com

2

DIREKSI DAN DEWAN KOMISARIS PERSEROAN BAIK SECARA SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, MENYATAKAN BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN DAN KELENGKAPAN SELURUH INFORMASI ATAU FAKTA MATERIAL SEBAGAIMANA DIUNGKAPKAN DI DALAM KETERBUKAAN INFORMASI INI, DAN MENEGASKAN BAHWA SETELAH MELAKUKAN PENELITIAN SECARA SEKSAMA DAN SEPANJANG SEPENGETAHUAN DAN KEYAKINAN MEREKA, MENEGASKAN BAHWA INFORMASI ATAU FAKTA MATERIAL YANG TERDAPAT DALAM KETERBUKAAN INFORMASI INI ADALAH BENAR DAN TIDAK ADA INFORMASI ATAU FAKTA MATERIAL LAIN YANG TIDAK DIUNGKAPKAN ATAU DIHILANGKAN SEHINGGA MENYEBABKAN INFORMASI ATAU FAKTA MATERIAL YANG DIBERIKAN DALAM KETERBUKAAN INFORMASI INI MENJADI TIDAK BENAR DAN ATAU MENYESATKAN.

Keterbukaan Informasi ini diterbitkan di Jakarta, 9 November 2016

3

TANGGAL-TANGGAL PENTING DAN PRAKIRAAN JADWAL WAKTU

1. Pemberitahuan Rencana RUPSLB kepada OJK

28 September 2016

2. Iklan Pengumuman Rencana Penyelenggaraan RUPSLB

5 Oktober 2016

3. Penyampaian Dokumen Keterbukaan Informasi kepada OJK

5 Oktober 2016

4. Pengumuman Keterbukaan Informasi melalui surat kabar

5 Oktober 2016

5. Tanggal Penentuan Daftar Pemegang Saham yang Berhak Hadir Dalam RUPSLB

19 Oktober 2016

6. Iklan Panggilan RUPSLB

20 Oktober 2016

7. Tambahan Informasi atas Keterbukaan Informasi

9 November 2016

8. Tanggal Penyelenggaraan RUPSLB

11 November 2016

9. Pengumuman Ringkasan Risalah RUPSLB pada 2 (dua) surat kabar

15 November 2016

10. Penyampaian kepada OJK atas pengumuman Ringkasan Risalah RUPSLB

17 November 2016

4

DEFINISI Akuntan Publik berarti Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja (firma anggota Ernst & Young Global Limited) selaku auditor independen, yang melakukan audit atas Laporan Keuangan Konsolidasian Interim Perseroan dan Entitas Anaknya tanggal 31 Juli 2016 dan untuk periode tujuh bulan yang berakhir pada tanggal tersebut dan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan dan Entitas Anaknya tanggal 31 Desember 2015 dan untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut.

Bapepam-LK berarti Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan.

Clover berarti Clover Universal Enterprise Ltd.

CMI berarti PT Centratama Menara Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan dijalankan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Barat, yang merupakan Entitas Anak Perseroan.

Direktur berarti anggota Direksi Perseroan yang sedang menjabat pada tanggal Keterbukaan Informasi ini.

Entitas Anak berarti perusahaan-perusahaan yang: (i) kepemilikan atas saham-sahamnya baik secara langsung maupun tidak langsung dikuasai oleh Perseroan dalam jumlah setidaknya 50% dari total saham yang dikeluarkan dalam perusahaan yang bersangkutan, dan (ii) yang laporan keuangannya dikonsolidasikan dengan Perseroan sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia.

Emerging berarti Emerging Asia Finance Limited.

FSI berarti PT Fastel Sarana Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan dijalankan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Selatan, di mana sebanyak 99,99% dari seluruh modal ditempatkan dan disetornya dimiliki oleh MAC.

HMETD berarti Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, adalah hak yang melekat pada saham yang memberikan kesempatan pemegang saham yang bersangkutan untuk membeli saham dan/atau Efek Bersifat Ekuitas lainnya baik yang dapat dikonversikan menjadi saham atau yang memberikan hak untuk membeli saham, sebelum ditawarkan kepada Pihak lain.

Hutang Pemegang Saham berarti transaksi pemberian hutang pemegang saham dari Perseroan kepada NQI yang dilakukan segera setelah penutupan transaksi yang diuraikan dalam NQI-CSPA.

Kemenkumham berarti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Keterbukaan Informasi berarti Keterbukaan informasi ini yang disampaikan kepada Pemegang Saham Perseroan dalam rangka pemenuhan (i) Peraturan Bapepam-LK No.IX.E.2; (ii) Peraturan OJK No. 32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka, dan (iii) Peraturan OJK No.32/POJK.04/2015 tentang Penambahan Modal Perusahaan Terbuka Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu.

Komisaris berarti anggota Dewan Komisaris Perseroan yang sedang menjabat pada tanggal Keterbukaan Informasi ini.

MAC berarti PT MAC Sarana Djaya, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan dijalankan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Pusat, di mana sebanyak 99,9944% dari seluruh modal ditempatkan dan disetornya dimiliki oleh NQI.

MAC-CSPA berarti Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Condition Sale and Purchase Agreement) tanggal 3 Oktober 2016 antara Perseroan dan Muhammad Fitno sehubungan dengan 500.000 saham seri B di MAC.

5

NQI berarti PT Network Quality Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan dan dijalankan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta Selatan, di mana sebanyak 100% dari seluruh modal ditempatkan dan disetornya dimiliki oleh Pemegang Saham Penjual.

NQI-CSPA berarti Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Condition Sale and Purchase Agreement) tanggal 3 Oktober 2016 antara Perseroan, CMI, dan Pemegang Saham Penjual sehubungan dengan 100% saham-saham di NQI.

OJK berarti Otoritas Jasa Keuangan.

Pembelian Saham MAC berarti pembelian 500.000 lembar saham Seri B milik Muhammad Fitno oleh Perseroan berdasarkan MAC-CSPA.

Pembelian Saham NQI berarti pembelian seluruh saham-saham milik Pemegang Saham Penjual di NQI oleh Perseroan dan CMI berdasarkan NQI-CSPA.

Pemegang Saham Penjual berarti Sugiman Halim dan Muhammad Fitno.

Peraturan Bapepam-LK No. IX.E.1 berarti Peraturan Bapepam-LK No. IX.E.1, Lampiran Keputusan Ketua Bapepam-LK No. Kep-412/BL/2009 tanggal 25 November 2009 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan Transaksi Tertentu.

Peraturan Bapepam-LK No. IX.E.2 berarti Peraturan Bapepam-LK No. IX.E.2, Lampiran Keputusan Ketua Bapepam-LK No. Kep-614/BL/2011 tanggal 28 November 2011 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha Utama.

Perjanjian Fasilitas NQI berarti Facility Agreement tanggal 27 September 2013 sebagaimana diubah beberapa kali, yang di buat oleh dan antara NQI sebagai debitur, Pemegang Saham Penjual dan Koyum Hendrawan sebagai penjamin, dan Emerging Asia Finance Limited sebagai kreditur.

Perseroan berarti PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk, suatu perseroan terbatas terbuka yang sahamnya tercatat pada Bursa Efek Indonesia, yang didirikan dan dijalankan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, berkedudukan di Jakarta.

PUT III berarti Penawaran Umum Terbatas III dengan memberikan HMETD oleh Perseroan.

Rencana Transaksi berarti Pembelian Saham NQI yang diikuti dengan Pembelian Saham MAC dan pemberian Hutang Pemegang Saham oleh Perseroan kepada NQI guna membayar seluruh hutang NQI berikut bunga-bunga dan denda-denda kepada Emerging berdasarkan Perjanjian Fasilitas NQI dikarenakan terjadinya perubahan pengendalian dalam NQI sebagai akibat dari Pembelian Saham NQI. Pembelian Saham NQI, Pembelian Saham MAC dan pemberian Hutang Pemegang Saham adalah satu kesatuan rangkaian transaksi.

Rp berarti Rupiah, yang merupakan mata uang yang sah dari Republik Indonesia.

RUPS berarti Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan.

RUPSLB berarti Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan.

6

BAB I. UMUM Perseroan didirikan dengan nama PT Centrindo Utama pada tahun 1988 yang selanjutnya di ubah menjadi PT Centrin Online Tbk pada tahun 2000 sehubungan dengan penawaran umum perdana a

Recommended

View more >