jaringan ikat

Click here to load reader

Post on 19-Jul-2015

63 views

Category:

Science

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

Jaringan Ikat

Jaringan IkatFajar AdityaFitranita Rica A.Frisalia B. DiniNovena Berliana P. R.Revy A. A. A.Royan Dani K.Theodore Floresando A. R. T.PengertianKomponen Jaringan IkatFungsiJenis-JenisJaringan ikat AreolarJaringan ikat AdiposaTendonLigamenJaringan tulang rawanTulangJaringan darahJaringan limfePengertian Jaringan IkatPengetianJaringan ikat atau jaringan penyambung merupakan jaringan yang berada berdekatan dengan yang lainnya. Yang berkembang dari jaringan mesenkim (yang berkembang dari jaringan mesoderm).Komponen Jaringan IkatKomponen Jaringan IkatJaringan ikat memiliki dua komponen dasar yaitu:MatriksSel-sel penyusun jaringan ikat.

MatriksMatriks adalah materi dasar untuk melekatkan sesuatu.Matriks sendiri masih terbagi lagi menjadi 2 yaitu serat dan bahan dasar.Serat. Serat ada 3 macamSerat KolagenSerat ElastinSerat Retikuler

1.Perbedaan Serat Penyusun Jaringan IkatKolagenElastinRetikulerProtein penyusunProtein kolagenProtein elastinProtein kolagenSifatKuat, tidak elastis, mudah robek tetapi daya regang tinggiSangat elastis (mirip karet)Kuat, kurang lentur tapi daya regang tinggiBentukTidak bercabang, lebih tebal dari serat retikulerUntaian panjangTipis, pendek, halus, dan bercabang.(Lebih kecil dari serat kolagen)Masih dilapisi glikoproteinWarnaPutihKuning-Bahan dasarBahan dasar penyusun matriks adalah:Asam mukopolisakarida yang mengandung asam hialuronatkondroitin sulfat.Asam Hialuronat berfungsi sbg pengikat air, pelumas dan peredam benturan, juga berfungsi sebagai media yang dilalui oleh bahan makanan dan zat buangan antar sel.- Semakin banyak kandungan asam hialuronat, matriks menjadi lentur.- Sebaliknya, semakin banyak kondroitin sulfat, matriks menjadi kaku.- Bahan dasar ini berbentuk larutan homogen setengah cair.Sel-sel Penyusun Terdiri dari:Sel Fibroblas: sel berbentuk serat yang berfungsi utk sekresi proteinSel Lemak/Adiposa: sel khusus untuk menyimpan lemak.Sel Plasma : sel yang memproduksi antibodi untuk antigenMakrofag : sel yang bentuknya berubah-ubah, bersifat fagosit (pemakan) zat-zat buangan, sel-sel mati, & bakteri.Sel Tiang (Mast cell): sel yang memproduksi1) Heparin = antikoagulan yang berperan dalam pembekuan darah.2) Histamin = zat akibat reaksi sel tiang terhadap antigen yang sesuai, berperan dalam meningkatkan permeabilitas darah.2.Peran/Fungsi Jaringan IkatPeranMenutup organ-organ seperti kapsul dan memisahkan organ menjadi lapisan-lapisan = AreolarMenghubungkan jaringan yag satu dengan lainnya = Tendon and ligamentsPenyokong dan pergerakan= BonesPenyimpan = FatPelumas/Insulation =FatPenghantar = BloodPerlindungan = Bone, cells of the immune system.

Jenis-Jenis Jaringan IkatJaringan Ikat AreolarDi dalam matriks , terdapat sel berbentuk tidak beraturan dan dua jenis serat , yaitu serat putih dan serat kuning . Sel dan serat terbesar pada matriks, saling bersebrangan satu sama lain . Jaringan ikat areolar merupakan jaringan ikat dengan penyebaran terluas dalam tubuh . Jaringan tersebut berfungsi mengikat kulit dengan bagian di bawahnya.1.JARINGAN IKAT AREOLAR

Jaringan Ikat Adiposa Pada jaringan ikat adiposa , terdapat sel dandua jenis serat , yaitu putih dan kuning . Sel mengalami modifikasi untuk menyimpan lemak . Setiap sel tersusun dari vakuola besar terisi lemak dikelilingi oleh sitoplasma . Jaringan adiposa terdapat terdapat di bawah kulit , sekitar organ internal , dan sumsum tulang kuning . Fungsinya sebagai pengisi jaringan , menyimpan lemak , dan menjaga suhu agar tetap hangat .2.Jaringan Ikat Adiposa

TendonTendon adalah jaringan ikat yang memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi yang menghubungkan otot dengan tulang. Mirip dengan ligamen, tendon juga terutama terdiri dari serat kolagen. Tendon secara struktural dirancang untuk menahan jumlah tinggi tegangan otot dan mereka bekerja sama dengan otot untuk mengerahkan kekuatan dalam yang digunakan untuk menarik hal-hal ke arah tubuh. Selain serat kolagen padat, tendon juga terdiri dari elastin, glikoprotein berat glikosilasi, kalsium, mangan dan tembaga.Tendon bertindak sebagai katrol, membawa kekuatan tarik dari otot ke tulang, menggunakan tulang sebagai dukungan solid untuk memindahkan otot.3.LigamenLigamen adalah pita jaringan yang elastis yang tersusun dari serat kuning. Ligamen menghubungkan salah satu tulang dengan tulang lainnya. Ligamen adalah bagian penting dari apa yang memungkinkan sebagian besar sendi untuk bergerak, membantu mengontrol rentang gerak, dan menstabilkan mereka sehingga tulang bergerak dalam keselarasan.

4.

Tulang RawanTulang rawan pada trakea dan telinga

Tulang rawan pada sendi5.Tulang rawan merupakan jaringan pengikat padat khusus yang terdiri atas sel kondrosit, dan matriks. Matrriks tulang rawan terdiri atas sabut-sabut protein yang terbenam di dalam bahan dasar amorf. Berdasarkan atas komposisi matriksnya ada 3 macam tulang rawan, yaitu :tulang rawan hialin, yang terdapat terutama pada dinding saluran pernafasan dan ujung-ujung persendian;tulang rawan elastis misalnya pada epiglotis, aurikulam dan tuba auditiva; dantulang rawan fibrosa yang terdapat pada anulus fibrosus, diskus intervertebralis, simfisis pubis dan insersio tendo-tulang.

Tulang rawan hialin

Tulang yang berwarna putih sedikit kebiru-biruanmengandung serat-serat kolagen dan chondrosit. Tulang rawan hialin dapat kita temukan pada laring, trakea, bronkus, ujung-ujung tulang panjang, tulang rusuk bagian depan, cuping hidung dan rangka janin.

Keterangan:1.Kondrosit2.Lakuna3.Inti kondrosit4.Kapsul tulang rawan5.Matriks territorial6.Matriks interteritorialTulang rawan elastis

Tulang yang mengandung serabut-serabut elastis. Tulang rawan elastis dapat kita temukan pada daun telinga, tuba eustachii (pada telinga) dan laring.

Gambar struktur tulang rawan elastis

Keterangan:1.Matriks serat elastin2.Kondrosit3.Serat elastin4.Perikondrium5.Kondrosit kecil dan besar6.Nukleus kondrositTulang rawan fibrosa

Tulang yang mengandung banyak sekali bundel-bundel serat kolagen sehingga tulang rawan fibrosa sangat kuat dan lebih kaku. Tulang ini dapat kita temukan pada discus diantara tulang vertebrae dan pada simfisis pubis diantara 2 tulang pubis.

Keterangan:1.Lakuna2.Inti kondrosit3.Deretan kondrosit4.Kondrosit5.Serat kolagen6.MatriksTulang Sejati

Jaringan tulang sejati (osteon) adalah jaringan ikat yang tersusun atas sel-sel tulang (osteosit) yang berkembang dari bakal sel tulang (osteoblas). Osteosit terletak di dalam lakuna. Antara satu osteosit dengan osteosit lainnya di dalam lakuna terhubungkan oleh saluran halus yang disebut kanalikuli. Lakuna dan osteositnya tersusun secara konsentris (melingkar) disebut lamela. Di tengah lamela terdapat saluran sentral mikroskopis disebut Saluran Havers yang mengandung pembuluh darah (vena, arteri, kapiler), saraf, dan pembuluh getah bening (limfe). Antara saluran Havers saling terhubungkan oleh Saluran Volkman.4.DarahMeskipun memiliki fungsi yang berbeda, darah masuk ke dalam pengelompokan jaringan ikat karena memiliki matriks ekstraselular. Matriks pada darah tersusun atas plasma darah dan sel-sel darah. Plasma darah terususun atas air, garam, dan berbagai protein. Di dalam plasma darah terletak sel-sel darah yang terdiri atas sel darah merah (eritrosit) dan sel darah putih (leukosit). Selain itu, di dalam plasma darah terdapat keping darah (trombosit).4.

Fungsi utama darah yaitu sebagai berikutEritrosit berperan mengikat dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Trombosit berperan dalam proses pembekuan darah. Leukosit berperan dalam sistem pertahanan tubuh.Pengangkut zat makananPengangku produk ekskresiPengatur suhuPerlindungan dari penyakitPenyembuhan lukaEritrosit dan trombosit melakukan fungsi utamanya di dalam pembuluh darah. Sebaliknya, leukosit melakukan fungsi utamanya di luar pembuluh darah.

LimfaLimfa merupakan jenis jaringan ikat cairan. Limfa terdiri atas plasma, terutama sel darah putih. Limfa tidak mengandung sel darah merah dan keping darah. Limfa merupakan cairan yang mengelilingi sel tubuh. Limfa berfungsi membantu dalam pertukaran zat antara darah dan cairan jaringan.

4.PERBEDAAN LIMFA DAN DARAH