hematite fix

Download Hematite Fix

Post on 04-Dec-2015

212 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Hematite Fix

TRANSCRIPT

HEMATITE

Hematite yang mempunyai rumus Kimia Fe2O3 (Iron Oxide) merupakan kelas (Class) Oxides dan Hydroxides dari kelompok (Group)Hematite. Hematite merupakan campuran dari 70% besi yang bercampur dengan 30% oksigen (Fe2O3). Asosiasi mineral dari Hematite yaitu jasper (variasi quartz) dalam kumpulan formasi besi (BIF atau tiger iron), dipyramidal quartz, rutile, dan pyrite.

Kata Hematite berasal dari bahasa dari bahasa Yunani haimatites, artinya menyerupai darah, ini dikarenakan warnanya yang merah pada bentuk bubuknya. Selain berwarna merah, Hematite mempunyai berbagai macam warna dari yang berwarna hitam untuk baja atau perak abu-abu (pada beberapa bentuk), coklat sampai coklat kemerahan (pada bentuk earthy), ada juga yang menyebut Hematite merupakan bijih besi yang berwarna merah kehitam-hitaman. Kesimpulan bahwa Hematite berwarna abu-abu sebagaimana banyak ditemui di Meridiani Planun merupakan indikator mineral dari keberadaan air di Mars pada masa lalu. Hal ini berdasarkan kenyataan ditemukannya deposit mineral ini pada air terjun atau mata air panas bermineral di Bumi.

Kilap Hematite merupakan kilap logam (metallic) atau dull dalam bentuk earthy dan oolitic. Goresnya berwarna merah gelap sampai coklat-merah. Sedangkan ceratnya berwarna merah darah sampai merah kecoklatan pada bentuk earthy, merah terang sampai merah tua.Morfologi kristaldari Hematite yaitu biasanya berbentuk kristal tabular dari tipis hingga tebal, terkadang prismatik atau scalenohedral, rhombohedral, terkadang membentuk kembaran, memproduksi kristal yang pseudocubic, granular, friable sampai kompak, concretionary, micaceous (specular), botryoidal, masif, earthy atau oolitic, blocky, sering ditemukan pada pertumbuhan kristal subparallel, bisa juga berbentuk masa columnar yang kompak atau berserat, kadang bersifat memancarkan cahaya, terdapat pada masa yang reniformdengan pecahan yang halus, botryoidal, serta stalactitic. Karakteristik lainnya yaitu pada lamellae yang tipis bersifat elastis, bersifat magnetic setelah dipanaskan.Sistem Kristal dari Hematite adalah Trigonal, sedangkan pecahannya berupa irregular/uneven, conchoidal. Namun Hematite tidak mempunyai belahan. Seperti magnet ferrite lainnya, Hematite mempunyai sifat mekanik yang kuat dan tidak mudah terkorosi dengan kekerasan 5-6 skala mohs karena memiliki ketahanan kimia yang baik terhadap lingkungan dan mempunyai berat jenis 4,9-5,26 (sedikit diatas rata-rata untuk mineral logam). Sifat Optik dari Hematite yaitu optik = 1.746, = 1.748, = 1.756.

Batu ini sebenarnya banyak ditemukan didaerah Brazil, Eropa, Mexico, Australia dan Amerika, dimana terdapat pada tambang didekat pegunungan yang konon sering terjadi banjir lahar ratusan tahun yang lalu (Volcanic activity). Selain itu juga ditemukan di Inggris dan daerah Danau Superior di USA dan Kanada.Hematite banyak digunakan sebagai material awal pada pembentukan senyawa magnet ferrite (Smallman, 1999), Hematite merupakan salah satu jenis magnet ferrite dan termasuk dalam golongan oksida sederhana (Skomski, 1999). Material ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan magnet kelas tak permanen (soft magnet) dan magnet permanen (hard magnet).

Disamping itu magnet ferrit mempunyai koersivitas magnetik sangat stabil terhadap pengaruh medan luar serta temperatur yang cukup baik (Priyono, 2004). Hematite mempunyai titik lebur yang tinggi, yaitu sekitar 1350C (Cornell,2003). Sifat Hematite yang elektronegatif membuat material ini stabil dan tidak mudah bereaksi dengan senyawa lain. Sifat tersebut menyebabkan dibutuhkan temperatur yang tinggi untuk memecah ikatan Fe dalam proses substitusi.Penyebaran Hematite meluas dalam berbagai batuan dan semua umur dan bentuk, penting untuk bijih besi. Ia mungkin terjadi sebagai hasil sublimasi dalam hubungannya dengankegiatan gunung api. Terjadi dalam endapan-endapan metamorfosa kontak dan sebagai mineral pengiring dalam granit.Ia ditemukan dalam batu pasir merah sebagai material penyemen.Lingkungan geologi dari Hematite yaitu daerah magmatik, hidrotermal, metamorfik, sedimen, pada tubuh bijih yang besar biasanya merupakan asal sedimentasinya, ditemukan di tubuh bijih tingkat tinggi pada batuan metamorf akibat proses metasomatisme kontak, sesekali merupakan sublimasi pada batuan beku ekstrusif (lava) sebagai hasil dari aktifitas volkanik, terdapat pada formasi lapisan besi, dan penemuan khasnya yaitu pada tempat-tempat yang dapat menampung air atau sumber air panas seperti di daerah Yellowstone (mineral ini dapat mengendap bersama air dan terkumpul pada lapisan bawah danau, sumber air panas, atau tempat penampungan air lainnya). Sedangkan lingkungan terbentuknya Hematite yaitu di dalam batuan metamorfik karena metasomatisma kontak, dan adakalanya sebagai suatu produk sublimasi lava pada proses vulkanik.

Kegunaan dari batu Hematite antara lain sebagai bijih besi yang sangat penting dan sebagai contoh mineral. Warnanya yang merah darah itu (dalam bentuk bubuk) dapat digunakan dengan baik untuk zat warna (pigment). Gambar Batu Hematite

RIFQIYATUN NURIYAH

120321419992