halawatul iman

Download Halawatul Iman

Post on 30-Jan-2016

93 views

Category:

Documents

8 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Halawatul Iman

TRANSCRIPT

Assalaamualaikum ukhty

Assalaamualaikum PaluJembatan Ponulele, Palu Barat1Sekilas tentang saya..Nama :Shade RahmawatiAsal :Jombang, Jawa TimurTTL :Jombang, 15 April 1990Pekerjaan : Pengajar di Jurusan Teknik Kelautan ITSCurrent activity: Doctoral student at Hiroshima UniversityPhone: +81080-8084-4283E-mail: shade.rahmawati@gmail.comManisnya ImanPengantar..

Moral bagus, attitude bagus, etos kerja bagus, logika juga jalan, tapi ga ada peganganKultur perfeksionis4Suicide in Japan

Tiga hal yang jika ada di dalam diri seseorang, maka dia akan merasakan manisnya iman, yaitu: Jika Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai daripada yang lainnya, mencintai seseorang karena Allah, dan tidak suka kembali kepada kekafiran sebagaimana tidak sukanya jika dilemparkan ke dalam neraka. (HR. Bukhari dalam Al Iman)Tiga hal yang jika ada di dalam diri seseorang, maka dia akan merasakan manisnya iman, yaitu: Jika Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai daripada yang lainnya, mencintai seseorang karena Allah, dan tidak suka kembali kepada kekafiran sebagaimana tidak sukanya jika dilemparkan ke dalam neraka. (HR. Bukhari dalam Al Iman) Istilah ini disebut isti'arah takhyiliyyah. Semacam majas metafora dalam bahasa Indonesia.Ibnu Hajar Al-Asqalani dalamFathul Bari: tidak semua orang bisa merasakannya.Ia hanya didapatkan oleh orang-orang yang imannya "sehat".Sebutkan makanan tradisional Palu: Kaledo. Saat Iman tidak terasa manis. Jika rasa adalah masalah selera, maka ada yg salah dg selera kita.7Manisnya iman ( )merasakan lezatnya ketaatan dan memiliki daya tahan menghadapi rintangan dalam menggapai ridha Allah, lebih mengutamakan ridha-Nya dari pada kesenangan dunia, dan merasakan lezatnya kecintaan kepada Allah dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnyaWahai Rasulullah, aku mecintaimu sebagaimana aku mencintai diriku sendiri! kata Umar.Tidak, Umar. Yang benar adalah engkau mencintai diriku melebihi engkau mencintai dirimu sendiri,Baiklah. Ya Rasulullah, aku mencintaimu melebihi cintaku pada diriku sendiri,Itu baru benar, wahai Umar, ucap Nabi Muhammad saw.

Sejarah telah membuktikan, bahwa Umar memang mencintai sang nabi lebih di atas dirinya sendiri.Kalau sudah cintaDitindih batu besar pun aku sanggup..Bilal

Aku merana luar biasa, sebelum berjumpa denganmu..Thauban

Makanan terlezat yg belum pernah ia cicipi pun diberikan pada Rasulullah.BarirahRela berpulang perang tanpa ghanimah.- Kaum ansharBarirah, budak perempuan yg dibebaskan Siti AisyahPerang Hunain10~ sedikit pengingatKarena kita mencintai Allah dan Rasul-Nya, kita marah pada saat beliau dihinakanKarena kita mencintai Allah dan Rasul-Nya, kita balas mereka dengan produktivitas. Bukan dengan kekerasan, apalagi pembunuhan!

Dan mencintai seseorang semata-mata karena Allah

AusKhazrajGenerasi pertama umat ini adalah generasi yang sukses dalam membina cinta karena Allah ini. Maka dengan cinta lillah, suku Aus dan Khazraj yang semula bermusuhan menjadi bersaudara di bawah satu bendera: Ansar. Pada saat itu, mereka merasakan manisnya iman. Lalu, muhajirin dan anshar yang belum pernah bersua pun, tiba-tiba menjadi saling berbagi. Membagi harta menjadi dua, membagi kebun dan rumah agar bisa sama-sama hidup layak dalam perjuangan bersama. Pada saat itu, mereka merasakan manisnya iman.12 Dan mencintai seseorang semata-mata karena Allah

MakkahMadinah13

Dan benci kembali kepada kekufuran sebagaimana bencinya ia jika dilempar ke dalam api nerakaMushab bin Umair, seorang pemuda yg pada masa jahiliahnyaGanteng dan perlenteBerpakaian mewah dan harumNamun setelah masuk Islam, beliau meninggalkan semua keduniawian yang berpotensi mengembalikan kejahiliahan.Bahkan pada saat wafat, kain kafanyang digunakan tidak mampu untuk menutupi seluruh tubuhnya.

Jika dua hal yang pertama adalah pekerjaan mencintai, hal ketiga yang membawa manisnya iman ini adalah pekerjaan sebaliknya: membenci. Yakni membenci kekufuran. Khususnya kekufuran yang telah ditinggalkannya dan diganti dengan Islam.14Hikmah dari cerita pengantar?