hadits nabi

Download Hadits Nabi

Post on 24-Feb-2016

143 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Studi islam 1. Hadits Nabi. Akibat Jujur dan Khianat. dakwatuna. Kejujuran mendatangkan rezeki , khianat membawa pada kemiskinan ( Riwayat Ad- Dailami ). Syarah / Penjelasan. Sifat jujur dapat membawa rezeki & sikap khianat atau dusta dapat menyebabkan kemiskinan . - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

Slide 1

Hadits Nabi

Studi islam 1Akibat Jujur dan Khianat

dakwatunaKejujuran mendatangkan rezeki, khianat membawa pada kemiskinan(Riwayat Ad-Dailami)

Syarah/PenjelasanSifat jujur dapat membawa rezeki & sikap khianat atau dusta dapat menyebabkan kemiskinan. Bilamana seseorang berdagang dengan jujur maka dagangannya akan laku sehingga usahanya terus berlangsung dan berkembang, kemudian rezeki datang kepadanya secara berlimpah.

Sedangkan bila seseorang dalam usahanya berbuat tidak jujur alias khianat maka usahanya itu pasti bangkrut karena orang-orang tidak mau percaya lagi kepadanya. Apabila usahanya bangkrut maka ia akan jatuh menjadi orang yang miskin.Berlaku Jujur, Meninggalkan Dusta

Berlaku jujurlah kalian karena kejujuran itu menunjukkan ketaatan dan ketakwaan itu mengantar kalian ke surga. Seseorang yang senantiasa berlaku jujur dan berusaha mencari kejujuran niscaya dicatat di sisi Allah sebagai seorang yang jujur. Dan waspadalah oleh kalian dusta, sebab dusta itu perbuatan durhaka, sedangkan durhaka mengantar kalian ke neraka. Seseorang yang senantiasa berdusta dan mencari-cari kedustaan niscaya akan dicatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta. (Riwayat Bukhari)

Syarah/PenjelasanHadits ini menganjurkan untuk berbuat jujur dan meninggalkan segala bentuk dusta dan kebohongan.

Jujur Pintu Surga, Dusta Pintu NerakaMediaislam netJujurlah kalian, sesungguhnya jujur itu salah satu pintu surga, dan hati-hatilah kalian terhadap dusta karena dusta itu adalah salah satu pintu neraka(Riwayat Al-Khatib melalui Abu Bakrah)

Syarah/PenjelasanJujur dapat mengantarkan pelakunya ke dalam surga tidak heran bila disebutkan dalam hadits ini bahwa jujur merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu surga.

Dan dusta dapat menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka, karena itu dalam riwayat ini dikatakan bahwa dusta merupakan salah satu dari pintu-pintu neraka.

Memanfaatkan H a r t aTiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan. Malaikat yang satu lagi berdoa:Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya). (Mutafaqalaih)

Harta yang diinfakkan seseorang, pahalanya tidak akan putus walaupun orang tersebut sudah meninggal dunia.Allah akan melipatgandakan pahalanya beratus-ratus lipatan.Syarah/Penjelasan

perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.(Al-Baqarah : 261)

Untuk itu sisihkanlah harta yang kita miliki untuk diinfakkan di jalan Allah. Agar kita terus didoakan oleh malaikat setiap paginya. Dan terhindar dari kerusakan karena kita bakhil.

Orang Kaya yang SesungguhnyaKaya yang sesungguhnya bukan karena banyaknya harta, tetapi kaya yang sesungguhnya adalah kaya jiwa. (Riwayat Bukhari & Muslim melalui Abu Hurairah r.a.)

Syarah/PenjelasanOrang yang miskin jiwanya akan selalu merasa kurangAllah meletakkan kemiskinan itu di hadapannya, sehingga merasa tidak pernah cukup. Oleh sebab itu jagalah jiwamu jangan sampai miskin. Orang yang kaya jiwanya selalu mensyukuri karunia Allah berapapun yang dia dapat.