gizi dan makanan

Download Gizi Dan Makanan

Post on 25-Nov-2015

24 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Oleh :Suzaenu Rofik, S.Pd.I

  • Rasulullah saw. bersabda:Sesungguhnya jasad kamu memiliki hak yang harus kamu penuhi. (HR. Bukhari dan Muslim).Hak tubuh adalah diberi makan ketika lapar, diistirahatkan ketika lelah, dibersihkan ketika kotor, dijaga dari hal-hal yang menyakiti, dipelihara dari virus penyakit, diobati ketika sakit, dan tidak dibebani dengan sesuatu ketika ia tidak mampu.

  • Sumber gizi dan akibat kekurangan giziUntuk keperluan pertumbuhan badan dan pembinaan kesehatan, manusia membutuhkan zat-zat vital di dalam dirinya, antara lain karbohidrat, lemak, protein, vitamin-vitamin, dan mineral-mineral. Sebagian zat-zat tersebut berasal dari hewani dan nabati.Dari hewan-hewan itu yag dapat dimakan adalah daging, lemak, dan telur, serta yang dapat diminum adalah susunya. Dalam daging inilah terdapat zat-zat yang dibutuhkan dalam pembinaan kesehatan, seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, dan zat besi.Karena itulah, maka makanan harus tersusun atas dasar gizi supaya cukup memberi zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan salah satu zat yang penting akan menimbulkan ketidaknormalan tubuh.

  • Makanan yang memberikan energi berasal dari karbohidrat (makanan utama) seperti beras dan sejenisnya, sedangkan protein diperoleh dari daging dan kacang-kacangan. Kekurangan protein pada anak-anak mengakibatkan kelambatan pertumbuhan fisik, kurang semangat, dan sebagainya.Dalam daging ditemukan vitamn A, antara lain terdapat pada hati dan ginjal. Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan sakit rabun senja, dimana penderita tidak dapat melihat dengan jelas pada hari mulai gelap. Kekurangan vitamin A juga menimbulkan kelainan pada kelenjar air mata, kulit menjadi keras, kelenjar air mata berkurang fungsinya sehingga pada selaput bening mata timbul luka yang dapat membawa kebutaan.

  • Dari hasil penelitian dan analisis para ahli kesehatan dan kedokteran memberikan bahan yang semakin menambah keyakinan akan kemurahan Allah yang telah menciptakan hewan-hewan yang halal sebagai sumber protein dan vitamin.Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka, maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. (QS. Yasin: 72)

  • Manfaat gizi bagi kesehatan tubuhManfaat dari setiap gizi yang terkandung dalam makanan secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:1.ProteinTubuh memanfaatkan protein untuk pertumbuhan jaringan otak, jaringan kulit, sistem hotmonal, sistem otot dan jaringan rambut. Kelebihan protein akan dibakar di dalam tubuh dan diubah menjadi energi.2.KarbohidratKarbohidrat dibutuhkan tubuh sebaga sumber energi yang digunakan untuk bergerak dan berakticitas. Kelebihan karbohidrat disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak.3.LemakLemak juga digunakan sebagai sumber energi untuk bergerak dan beraktivitas. Lapisan lemak berfungsi pula untuk melindungi tubuh, misalnya dari benturan, dan rangsangan kimia. Kelebihan lemak disimpan di bawah jaringan kulit sebagai isolator.

  • 4. MineralMineral-mineral penting, seperti kalsium, khlor, zat besi, yodium, dan magnesium dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan tulang dan darah, membantu memperbaiki sistem peredaran darah, sistem otot, dan sistem syaraf. Mineral juga dimanfaatkan untuk menyalurkan energi dari jaringan sel tubuh dan enzim.5.Air Air merupakan unsur terpenting dalam tubuh. Lebih dari 70% bagian tubuh manusia merupakan air. Air dimanfaatkan oelh tubuh sebagai sarana untuk berbagai reaksi kimia yang terjadi pada metabolisme, dan pembuangan dari sisa-sisa pembakaran energi.

  • VitaminSetiap vitamin mempunyai fungsi sendiri-sendiri dalam mengatur proses pertumbuhan dan proses metabolisme. Fungsi setiap vitamin secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut: a. vitamin Avitamin A berfungsi membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh, melindungi kulit dan selaput lendir, serta memperbaiki daya penglihatan. Kekurangan vitamin A menyebabkan gangguan pada kulit, mudah terkena infeksi dan menghambat pertumbuhan jaringan tubuh. Selain itu juga dapat menyebabkan sel tubuh menjadi kering dan keras sehingga merusak kornea mata dan mengakibatkan kebutaan.

  • b. Vitamin BVitamin B dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-sel darah merah, memelihara jaringan kulit, dan selaput lendir. Juga dibutuhkan untuk proses melepaskan energi dari makanan. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan memperlambat pertumbuhan jaringan tubuh.c. Vitamin CVitamin C dubuthkan dan berperan penting dalam pembentukan gigi, tulang, pembuluh darah dan pembentukan protein penghubung sel atau kolagen yang sehat. Kekurangan vitamin C dapat menghambat pertumbuhan tubuh serta dapat memunculkan berbagai macam penyakit kulit. Karen tergolong vitamin yang larut dalam air, kelebihan vitamin C tidak tersimpan di dalam tubuh tetapi dikeluarkan melalui keringat, air seni, dan cairan lain yang keluar.

  • d. Vitamin DVitamin D berfungsi membantu mengatur kalsium dan fosfor yang sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Vitamin D diproduksi dalam tubuh ketika badan terkena sinar matahari. Vitamin D merupakan vitamin penting untuk balita agar terhindar dari rachitis dan kerusakan gigi. Itu sebabnya banyak orang tua yang menjemur balitanya pada pagi hari.e. Vitamin EVitamin ini merupakan vitamin yang sangat berpengaruh dalam pembentukan sistem reproduksi dan dan membantu penyembuhan luka di kulit. Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai zat anti oksidasi, melindungi vitamin-vitamin lain, dan melindungi asam lemak tak jenuh.

  • MAKANAN / MINUMAN

  • Makanan atau thaam dalam bahasa al quran adalah segala sesuatu yang dimakan atau dicicipi. Oleh karena itu, minuman pun termasuk dalam pengertian thaam. Al quran surat al baqarah ayat 249 menggunakan kata syariba (minum) dan yatham (makan) untuk objek yang berkaitan dengan air minum.Bahasa al quran menggunakan kata akala dalam berbagai bentuk menunjuk pada aktivitas makan. Tetapi kata tersebut tidak digunakannya semata-mata dalam arti memasukkan sesuatu ke tenggorokan, tetapi ia berarti juga segala aktivitas dan usaha. Misalnya dalam surat al nisa : 4;Dan serahkanlah maskawin kepada wanita-wanita (yang kamu kawin), sebagai pemberian dengan penuh ketulusan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepadamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambil/ gunakanlah) pemberian itu, (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.Diketahui semua pihak bahwa maskawin tidak harus bahkan tidak lazim berupa makanan, namun demikian ayat ini menggunakan kata makan untuk penggunaan maskawin tersebut.

  • Semua ayat yang didahului oleh panggilan mesra Allah untuk ajakan makan, baik yang ditujukan kepada seluruh manusia, rasul maupun kepada orang mukmin selau dirangkaikan dengan kata halal atau dan thayyibah (baik). Ini menunjukkan bahwa makanan yang terbaik adalah yang memenuhi kedua sifat tersebut.Kata halal berasal dari akar kata yang berarti lepas atau tidak terikat. Sesuatu yang halal adalah yang terlepas dari ikatan bahaya duniawi dan ukhrawi. Karena itu kata halal juga berarti boleh.Kata thayyib dari segi bahasa berarti lezat, baik, sehat, menentramkan, dan paling utama. Pakar tafsir ketika menjelaskan kata ini dalam konteks perintah makan menyatakan bahwa ia berarti makanan yang tidak kotor dari segi dzatnya atau rusak (kedaluwarsa), atau dicampuri benda najis. Ada juga yang mengartikan sebagai makanan yang mengundang selera bagi yang akan memakannya dan tidak membahayakan fisik dan akalnya.

  • Kita dapat berkata bahwa kata thayyib dalam makanan adalah makanan yang sehat, proporsional dan aman.1. Makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki zat gizi yang cukup dan seimbang. Dalam al quran disebutkan sekian banyak jenis makanan yang sekaligus dianjurkan untuk dimakan, misalnya padi-padian (QS. Al sajdah; 27), pangan hewani (QS. Ghafir; 79), ikan (QS. An nahl; 140, buah-buahan (QS. Al muminun; 19 dan al anam; 141), lemak dan minyak (QS. Al muminun; 21), madu (QS. An nahl; 69). Dan lain-lain.2. Proporsional, dalam arti sesuai dengan kebutuhan pemakan, tidak berlebih dan tidak kurang.QS. Al araf; 31. Makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak senang terhadap orang yang berlebih-lebihan.

  • Aman. Tuntunan akan perlunya makanan yang aman, antara lain dipahami dari firman Allah dalam surat al maidah; 88:Dan makanlah dari apa yang direzekikan Allah kepada kamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu percaya terhadap-Nya.Takwa dari segi bahasa berarti keterhindaran, yakni keterhindaran dari siksa Tuhan, baik di dunia maupun di akhirat. Siksa Tuhan di dunia adalah akibat pelanggaran terhadap hukum-hukum Tuhan yang berlaku di alam ini, sedangkan siksa-Nya adalah akibat dari pelanggaran hukum-hukum syariat. Hukum Tuhan di dunia yang berkaitan dengan makanan, misalnya siapa yang makan makanan yang kotor atau berkuman maka ia akan sakit. Jika semikian perintah bertakwa pada sisi duniawinya dalam konteks makanan, menuntut agar setiap makanan yang dicerna tidak mengakibatkan penyakit, atau dengan kata lain memberi keamanan bagi pemakannya.

  • Pengecualian atau pengharaman harus bersumber dari Allah baik melalui al quran atau rasul sedang pengecualian itu lahir dan disebabkan oleh kondisi manusia karena ada makanan yang memberi dampak negatif terhadap jiwa raganya.Apa yang halal dimakan?Al quran menyatakan;Dia (Allah) menciptakan untuk kamu apa yang ada dibumi seluruhnya. QS. Al baqarah ; 29.Dan Dia (Allah) yang telah menundukkan untuk kamu segala yang ada di langit dan di bumi semua bersumber dari-Nya. QS. Al jatsiyah : 13.Bertitik tolak dari kedua ayat tersebut dan beberapa ayat lain para ulama berkesimpulan bahwa pada prinsipnya segala sesuatu yang ada di alam raya ini adalah halal untuk digunakan sehingga makanan yang terdap