fotografi kampus

Click here to load reader

Post on 26-Jul-2016

246 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Buku kumpulan foto tugas semester #1 mahasiswa komunikasi UPJ, Tangerang, Indonesia. Disusun oleh sang dosen Yoki Yusanto.

TRANSCRIPT

  • AZINAR ISMAIL @2016

  • #1 Semester Fotografi Bergerak

    EditorYoki Yusanto

    Artistik/Tata LetakM Azinar Ismail

    Diterbitkan oleh CV. Anugerah Sejahtera KreasindoHak Cipta dilindungi Undang-Undang

    ISBN: 978-602-73967-0-8

    Dilarang keras menerjemahkan, memfotokopi, atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit

    Alamat Penerbit: Kantor Pengelola Rukan Bintaro Jl. Bintaro Utama Sektor 3A, Tangerang Selatan 15224 Telp/Fax : (021) 2932 7572

    Sanksi Pelanggaran Pasal 113 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta

    (1) Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).

    (2) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

    (3) Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

    (4) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang dilakukan dalam bentuk pembajakan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah).

    Profil EditorYoki Yusanto, lahir di Kabupaten Bandung, 3 Mei 1979,

    Kini sedang menempuh pendidikan Program Doktor Ilmu Komunikasi (S-3) Universitas Padjadjaran, Jatinangor

    Sumedang, Jawa Barat. Menyelesaikan Sarjana Ilmu Komunikasi, kajian Jurnalistik di Universitas Islam Bandung tahun 2001 dan Master Ilmu Komunikasi di FIKOM UNPAD tahun 2011. Kini mengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang- Banten dan Dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pernah menulis buku Kasepuhan Cisungsang, Komunikasi Intra Budaya bersama Henriana Hatra Wijaya dan Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin.

    AZINAR ISMAIL @2016

  • i#1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Alhamdullilahi Rabbilalamin. Selesai sudah buku Fotografi yang memuat karya mahasiswa semester 3 Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Jaya. Selama satu semester mempelajari fotografi di mata kuliah Fotografi. Para mahasiswa yang antusias berkarya dan berkorban waktu serta biaya, untuk mengerjakan tugas fotografi.

    Buku fotografi ini seluruhnya adalah hasil kegiatan para mahasiswa dalam berkarya. Diiringi dengan proses-proses yang tidak sederhana, dari memulai mengenal peralatan fotografi yang kini sudah digital. Mempelajari tentang komposisi, mempelajari warna, mempelajari titik fokus dan pencahayaan, serta momentum-momentum fotografi dalam karya jurnalistik.

    Mahasiswa tidak diam dalam memotret, mereka bergerak dari satu tempat ke tempat lain, dari waktu demi waktu dan tugas yang diberikan saat perkuliah berlangsung. #1 Semester Fotografi Bergerak adalah cerminan bahwa memotret itu harus bergerak tidak diam di tempat, penuh kemalasan. Karya foto yang baik, dimulai ketika akan bergerak ke sebuah lokasi di mana kita memotret dengan bahagia.

    Nampak sederhana karya ini, namun begitu banyak pengalaman yang diraih oleh para fotografer yang pada dasarnya adalah mahasiswa yang sedang mengampu mata kuliah fotografi.

    Tentang #1 Semester Fotografi Bergerak

    i

    #1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    Kata Pengantar

    AZINAR ISMAIL @2016

  • ii

    #1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    Ada kebebasan dalam berkarya, dalam buku ini semua karya diberikan kebebasan tidak sesuai tema, namun karakter-karakter yang membentuk karya foto itu ada pada diri fotografernya sendiri. Kebebasan berpikir dan berkarya dijamin seratus persen.

    Buku ini adalah sebagai penghargaan bagi para fotografer yang sudah berkarya nyata. Di dalam buku ini tidak ada karya yang bagus dan buruk, namun ketika keberanian untuk memotret sudah tertanam itulah modal awal mahasiswa yang mengampu mata kuliah fotografi menjadi lebih percaya diri.

    Selain karya jurnalistik foto, disajikan juga karya essai foto dan karya ekspresi diri di studio foto yang dilaksanakan saat praktikum di laboratorium fotografi di lantai 5 kampus Universitas Pembangunan Jaya.

    Meskipun buku ini sederhana, namun saya berharap menjadi dokumentasi yang berarti dan sebagai ajang pembuktian keberanian berkarya mahasiswa, tanpa ragu memotret. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya.

    Wassalamualaikum Warahamatulahi Wabarakatuh.

    Tangerang Selatan, 12 Januari 2016

    Dosen Fotografi Program Studi Ilmu KomunikasiYoki Yusanto, S.Sos, M.I.Kom

    ii

    #1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    AZINAR ISMAIL @2016

  • iii

    #1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    Perkembangan dunia fotografi saat ini begitu pesat seiring perkembangan teknologi yang turut mendukung terciptanya karya fotografi yang menarik. Fotografi menjadi komponen yang penting dalam berbagai sektor, khususnya bidang komunikasi. Tanpa kita sadari, karya fotografi yang baik menyimpan berbagai informasi berharga yang apabila ditelaah lebih dalam karya tersebut tidak hanya gambar tidak bergerak, namun sarat akan pesan.

    Dunia komunikasi khususnya bidang public relations dan jurnalistik sangat erat kaitannya dengan karya fotografi yang informatif. Fotografi menduduki posisi yang penting dalam penyampaian informasi yang disebarkan oleh seorang public relations (PR) dan bagi seorang jurnalis. Seorang PR dan jurnalis tidak hanya terampil dalam membuat tulisan, mereka dituntut harus cakap dalam mengahasilkan karya fotografi. Oleh karena itu, mahasiswa yang duduk di bangku perkuliahan dan memilih jurusan komunikasi hendaknya diberi bekal yang cukup mengenai fotografi, mengingat pentingnya pemahaman teori dan keahlian bidang tersebut di dunia industri komunikasi.

    SambutanKetua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya

    iiiAZINAR ISMAIL @2016

  • iv

    #1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menjadikan fotografi sebagai salah satu mata kuliah wajib untuk memupuk keahlian mahasiswa sehingga mampu menghasilkan karya fotografi yang baik. Buku ini merupakan bentuk dukungan dan penghargaan yang berharga atas hasil karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ yang telah menghasilkan karya yang baik atas bimbingan tiada henti dari Bapak Yoki Yusanto. Adanya kesulitan dan halangan tidak membuat mahasiswa menyerah untuk menghasilkan karya yang bermanfaat.

    Semoga mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ mampu memaksimalkan keahlian fotografinya di berbagai bidang komunikasi dan menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang banyak.

    Tangerang Selatan, 22 Januari 2016

    Reni Dyanasari, S.I.Kom, M.SiKetua Prodi Ilmu Komunikasi UPJ

    AZINAR ISMAIL @2016

  • v#1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    Teori Dasar dalam memotret, untuk menciptakan foto yang memiliki daya tarik. Dalam latihan memotret, aturan komposisi jangan pernah lelah untuk dicoba, Komposisi adalah jembatan untuk setiap karya foto, yang merupakan Benang Merah untuk menyatukan karya-karya foto yang Anda hasilkan, meskipun subjeknya berbeda.

    Dengan Komposisi dapat menciptakan nuansa yang sama. Komposisi membuat hasil karya tidak monoton, Sembilan bagian yang sama besar dalam bidang bidik kamera. Menjadi penting di mana terdapat dua garis vertikal dan dua garis horizontal. Aturan sepertiga bagian, Anda harus menempatkan elemen penting di sepanjang garis ini, atau di mana elemen itu saling berpotongan. Jika Anda menempatkan subjek utama seperti pada aturan sepertiga bagian, akan tercipta foto yang menarik. Namun, komposisi ini akan menyisakan ruang kosong yang memberi kesan kosong. Anda perlu menyeimbangkan memasukan objek lain yang kurang penting untuk mengisi ruang kosong tersebut.

    Secara alamiah Anda akan melihat garis-garis pada foto. Dengan menempatkan garis-garis pada komposisi,

    Anda bisa memengaruhi cara melihat foto yang Anda hasilkan. Kita seakan menjelajah ke dalam foto tersebut. Ada berbagai macam garis, seperti garis lurus, diagonal, kurva, zig-zag, lingkaran, lengkung, dan sebagainya. Setiap garis bisa dipakai memperkuat komposisi foto.

    Kita dikelilingi oleh bentuk simetris dan pola, baik secara alami ataupun buatan. Bentuk-bentuk ini bsa dipakai untuk membuat komposisi yang menonjol dan mencuri pandang. Caranya merusak bentuk simetris atau berpola ini.

    Dalam memotret kita akan dihadapkan pada Sudut Pandang, Fotografer di mana ada penekanan dan arahan fokus terhadap gambar yang dihasilkan. Sebelum memotret Anda merenung sejenak, dari mana kira-kira Anda akan memotret, karena Sudut pAndang memengaruhi komposisi foto dan juga akan memengaruhi pesan yang disampaikan. Sebuah tips, seorang fotografer daripada memotretnya dari sudut pAndang sejajar mata, cobalah sekali-kali memotret dari tempat tinggi, bawah sejajar tanah, dari samping, belakang, dari jarak jauh, dari sangat dekat, dan sebagainya.

    Fotografi Mendasar

    v

    #1 Semester Tentang Fotografi Bergerak

    AZINAR ISMAI