cara penggunaan teleskop petunjuk penggunaan vixen

Download Cara Penggunaan Teleskop Petunjuk Penggunaan Vixen

Post on 16-Oct-2015

189 views

Category:

Documents

18 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

cara menggunakan teleskop vixen

TRANSCRIPT

BAB IPENGENALAN ALAT

1. Tabung teleskopSistem optik pada teleskop ini terdiri dari beberapa bagian yaitu:- Tabung optik utama (VMC 200L)Merupakan tempat terletaknya cermin utama dengan diameter 8 inci. Walaupun ada penutup tabung tetapi karena tidak ada kaca pelindung di bagian atas tabung maka cermin dapat terkontaminasi hal apa pun dengan sangat mudah, oleh karena itu tabung optik harus diperlakukan secara hati-hati. Sebagai pengaman ada penutup tabung teleskop. Pada bagian belakang tabung terdapat visual back untuk memasang flip mirror atau diagonal. Flip mirror dapat digunakan untuk dua situasi yaitu straight-thru viewing dimana eyepiece dipasang lurus terhadap tabung dan right-angled viewing dimana eyepiece dipasang dengan sudut 90 terhadap tabung. Kedua situasi ini dapat dilihat secara bergantian dengan cara memutar kenop di bagian samping flip mirror. Panjang fokus dapat diatur dengan menggunakan kenop pengatur fokus yang berada di bawah visual back.

- FinderscopeFinderscope adalah teleskop kecil yang terpasang pada tabung utama. Finderscope terpasang pada tabung melalui attachment finder. Posisi finderscope dapat diubah-ubah bergantung keperluan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengendurkan dan mengencangkan kembali sekrup pengunci finderscope. Biasanya pengubahan posisi finderscope hanya dilakukan ketika perlu melakukan alignment antara finderscope dan tabung utama.

- EyepieceEyepiece berfungsi sebagai lensa okuler pada sistem teleskop ini. Eyepiece dipasang pada ujung tabung melalui flip mirror atau diagonal. Agar posisi eyepiece aman terdapat sekrup pengunci eyepiece pada flip mirror dan diagonal. Kita harus memastikan bahwa pengunci eyepiece telah dipasang dengan kencang sebelum menggunakan teleskop. Hal ini perlu dilakukan agar eyepiece tidak jatuh selama pemakaian. Ada lima jenis eyepiece yang dapat digunakan dengan teleskop Vixen ini. Jenis eyepiece yang tersedia diberikan secara rinci pada sub-bagian peralatan lain2. MountingMounting Sphinx merupakan sistem penggerak utama pada teleskop ini. Tabung utama dipasang pada bagian atas mounting dengan bantuan dua buah sekrup pengunci tabung, yaitu sekrup pengunci utama dan sekrup pengaman.

Secara rinci bagian-bagian yang ada pada mounting adalah sebagai berikut:- Klem dan kenop pengatur lintang/altitudeMounting biasanya telah diatur dengan sudut ~6 yang sesuai dengan koordinat lintang setempat (Bandung). Jika perlu mengubah sudut lintang maka klem pengatur harus dikendurkan terlebih dahulu, kemudian ketinggian lintang dapat diatur dengan memutar kenop pengatur. Klem pengatur harus dikencangkan kembali setelah pengubahan selesai dilakukan.- Tutup sumbu polar (polar cap)Bagian ini merupakan tempat polar scope yang berfungsi untuk melihat arah utara-selatan- Skala ketinggian lintangMenunjukkan posisi lintang pengamat- Klem deklinasi dan sudut jamKedua klem ini digunakan ketika mengubah posisi teleskop pada arah deklinasi dan RA.

- Pemberat arah sudut jam (counterweight HA)Berguna sebagai penyeimbang pada arah sudut jam, terpasang pada batang pemberat (counterweight bar). Untuk teleskop Vixen ini digunakan dua buah pemberat dan masing-masing memiliki kenop pengunci. Agar pemberat aman terpasang ada sekrup pengaman pemberat di ujung batang pemberat. Untuk keamanan saat pemakaian teleskop mohon diingat untuk memastikan kenop dan sekrup telah terkunci dengan baik.- Port koneksiDi bagian port koneksi terdapat port koneksi AC, port koneksi Star Book dan saklar power untuk menyalakan teleskop- Klem pengunci sambungan mounting dengan half-pillar

3. Half-pillarFungsi half-pillar adalah untuk menaikkan posisi mounting agar instrumen yang terpasang pada tabung teleskop dan tiang pemberat tidak terbentur tripod ketika teleskop digunakan. Alat ini dipasang antara tripod dan mounting. Pada bagian dalam atas half-pillar terdapat pengunci utama untuk menjaga sambungan dengan mounting agar tidak bergeser. Selain itu pada bagian atas half-pillar terdapat silinder kuningan yang berguna sebagai tempat pengunci dari klem pengunci half-pillar pada mounting.

4. TripodTripod merupakan fondasi paling bawah dari sistem teleskop, oleh sebab itu harus dipastikan agar tripod ini berdiri kokoh sebelum memasang bagian yang lain di atas tripod. Tripod terhubung dengan half-pillar melalui dua buah klem pengunci, yaitu yang ada pada bagian bawah half-pillar dan pengunci pada bagian bawah tripod.5. Star BookTeleskop dapat digerakkan secara otomatis melalui Star Book jika power-nya telah dinyalakan. Star book terhubung ke teleskop melalui kabel yang dipasang ke port koneksi. Penggunaan Star book dapat dilihat pada bagian pengoperasian teleskop.

6. Peralatan lainPerlengkapan teleskop Vixen berupa adapter AC beserta kabel untuk menghubungkan teleskop dengan sumber AC. Selain itu ada satu buah koper perlengkapan yang berisi eyepiece dengan berbagai panjang fokus, diagonal, kotak baterai dan obeng serta kunci heksa. Eyepiece yang tersedia untuk teleskop ini adalah eyepiece dengan diameter lensa 5 mm, 9 mm, 15 mm, 20 mm, 25 mm dan 40 mm.

BAB IISETTING ALATPada prinsipnya, pemasangan teleskop dilakukan dalam beberapa bagian secara bertahapyakni ; Tahap pertama adalah memasang tripod. Yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah lokasi pemasangannya. Carilah lokasi yang datar, bersih, dan stabil agar teleskop dapat berdiri dengan stabil. Kemudian rentangkan kaki-kaki tripod hingga maksimal. Bila lokasi kurang datar, atur ketinggian ketiga kaki tripod (setelah mounting terpasang dan arahnya sudah benar) agar posisinya menjadi datar.

Tahap kedua adalah memasang mounting teleskop. Sebelum memasang mounting, pasang dahulu bagian half-pillar yang tersedia sebagai bagian dari mounting teleskop. Perhatikan letak sekrup pengunci yang terdapat pada bagian bawah. Setelah half-pillar terkunci dengan pas dan kuat, pasang juga batangan berwarna emas pendek, yang berfungsi sebagai tempat pengunci mounting, pada tempat yang telah disediakan di bagian atas half-pillar. Pasang mounting tepat di atas half-pillar. Perhatikan letak-letak sekrup penguncinya, bila sudah pas, kencangkan sekrup-sekrup pengunci agar mounting terkunci. Kemudian arahkan (bila belum benar) mounting pada orientasi arah yang benar.

Tahap ketiga adalah memasang pemberat. Setelah mounting terpasang dengan benar, turunkan batang pemberat yang sudah menjadi satu dengan mounting. Kencangkan klem yang mengunci batang pemberat. Lepaskan stopper dari ujung batang, pasang pemberat dan kencangkan sekrup penguncinya (tidak perlu melepaskan sekrup pengunci pemberat ketika memasang, menggeser, maupun melepasnya, cukup kendurkan saja), pasang kembali stopper. (Jangan sampai stopper ini hilang)

Setelah pemberat terpasang, tahap selanjutnya adalah memasang tabung teleskop. Terlebih dahulu periksa klem pengunci arah (klem HA dan DEC) pada mounting, pastikan semua klem pada posisi mengunci. Pasang tabung teleskop, perhatikan letak lapisan besi pada bagian yang akan dipasangkan pada mounting (Bagian yang memiliki lapisan besi merupakan bagian yang terkena sekrup pengunci dari mounting). Kencangkan sekrup pengunci (yang besar) terlebih dahulu, kemudian kencangkan sekrup pengaman (yang kecil) (ketika melepaskan, lepaskan sekrup pengaman terlebih dahulu). Kemudian periksa kembali sekrup pengunci dan pengamannya apakah masih kurang kencang atau sudah cukup kencang. Pasang pula finder scope pada tempat yang sudah tersedia pada tabung teleskop. Jangan lupa periksa baut-bautnya. Kemudian lepaskan penutup tabung teleskop dan penutup finder scope, dan simpan dengan baik.

Pasangkan instrumen pada okuler (eyepiece / diagonal / flip-mirror / dll.) dengan kencang. Jika eyepiece memiliki penutup, lepaskanlah terlebih dahulu dan simpan penutupnya dengan baik.

Tahap selanjutnya adalah memeriksa keseimbangan teleskop. Periksa keseimbangan teleskop (balancing). Pertama-tama cek keseimbangan pada arah pergerakan HA. Buka klem HA (klem Dec tetap terkunci) dan pelan-pelan gulingkan teleskop sehingga mencapai HA ~0h(HATIHATI! Harap pengguna berjaga-jaga menangkap teleskop jika tiba-tiba terjungkir).Setelah mencapai HA ~0h, rasakan apakah bagian tabung teleskop dan bagian pemberat sudah imbang. Jika belum, atur keseimbangan dengan terlebih dahulu mengunci klem HA dan kemudian menggeser pemberat. Uji kembali keseimbangan dengan membuka klem HA dan menimbang-nimbang berat tabung terhadap pemberat. Teleskop dikatakan seimbang dalam arah HA jika tidak berat sebelah antara bagian tabung dengan bagian pemberat. Kemudian periksa juga keseimbangan pada arah pergerakan Dec. Setelah teleskop seimbang dalam arah HA, posisikan pada HA = 0h lalu kunci klem HA. Bersiaplah menahan tabung teleskop jika tiba tiba terjungkir dengan menahan tabung pada posisi yang kuat, tetapi pasif (tidak menggerakkan tabung, hanya berjaga-jaga untuk menangkap). Kemudian bukalah klem Dec sambil tetap menahan teleskop. Jika tabung terjungkir ke depan, mundurkanlah, dan sebaliknya jika terjungkir ke belakang maka geserlah tabung ke depan. Menggeser tabung dilakukan dengan cara menegakkan kembali teleskop pada posisi awal, lalu mengendurkan kedua sekrup tabung-mounting sambil tetap bersiaga menahan teleskop, dan selanjutnya menggeser tabung maju atau mundur. Uji kembali keseimbangan pada arah ini. Teleskop dikatakan seimbang dalam arah Dec jika tidak berat sebelah antara bagian depan tabung dan belakang. Setelah teleskop seimbang, arahkan pada posisi home.

Tahap terakhir adalah pasang power supply dan star book, posisikan teleskop pada posisi istirahat, dan kemudian hidupkan teleskop dengan menekan tombol power pada mounting. Tahap pemasangan teleskop telah selesai. Perhatian : sebelum memasang kabel power yang telah dialiri listrik atau mengalirkan listrik ke teleskop, pastikan tombol power pada mounting berada dalam keadaan off.

BAB IIICARA PENGGUNAAN

Home

Star BookPada bagian muka star book terdapat chart dan tombol pengendali. Tombol pengendali akan bekerja sesuai dengan tampilan yang muncul pada chart (lihat gambar atas ). Sedangkan pada sisi bagian bawah star book terdapat beberapa port koneksi (lihat gambar bawah).

Port koneksiSetting Star Book Saat pertama kali menggunakan star book, yang perlu dilakukan adalah mengatur lokasi dan waktu pengamatan. Pada tampilan awal akan ada pengaturan konfigurasi yang muncul dengan menu sebagai beirikut:

Jika lokasi dan waktu pengamatn sudah diatur, pilih OK. Selanjutnya akan ada peringatan untuk tidak mengarahkan teleskop langsung ke Matahari pada pengamatan siang hari (kecuali menggunakan filter Matahari). Pilih confirm jika peringatan di atas memang tidak dilanggar. Selanjutnya untuk masuk ke mode teleskop pilih OK / Yes.

Setelah masuk mode teleskop, maka star book akan tampil seperti berikut

Pastikan posisi teleskop dalam keadaan Home Position bukan Rest Position. Mounting dalam arah utara selatan, dan tabung menghadap timur. Pilih menu -> Home Position -> Yes

Alignment Lakukan Alignment bintang sebelum pointing ke objek pengamatan. Pilih beberapa bintang (minimal 3) sebagai objek pointing. Usahakan bintang tersebut tidak dalam arah langit yang sama. Jika bintang tidak tampak dalam field maka gerakkan teleskop dengan menggunakan star book sampai bintang tersebut berada di tengah field. Untuk memperlambat/memperhalus gerakan, zoom in objek. Maka gerakan baik arah asinsiorekta maupun deklinasi akan lebih lambat. Untuk mempercepat gerakan, baik asinsiorekta maupun deklinasi, zoom out objek kembali. Jika objek sudah berada di tengah field, pencetlah tombol align. Lakukan langkah diatas untuk bintang bintang objek pointing lainnya. Indikator banyaknya bintang yang telah di align ada di bagian kanan bawah chart.

Pointing Objek Setelah alignment selesai, arahkan teleskop ke objek yang diinginkan. Untuk memilih objek, masuk ke menu chart terlebih dahulu kemudian pilih objek. Maka akan tampil beberapa kategori objek.

Jika objek sudah dipilih, maka pencet menu GOTO untuk mengarahkan teleskop ke objek yang kita pilih.

Saat ponting, perhatikan kabel atau instrumen yang menempel pada tabung optik. Pastikan tidak ada yang saling berbenturan.*semoga bermanfaat^

BAB IVPENYIMPANAN Sebelum membongkar teleskop, pastikan bahwa segala sistem eleketrik pada teleskop dan alat lain mati. Lepaskan aksesoris atau peralatan yang menempel pada belakang tabung optik (eyepiece, CCD, CFW 10, flip mirror dsb) Lepaskan tabung optik dari mounting (ingat! Saat melepas tabung longgarkan terlebih dahulu sekrup yang kecil kemudian yang besar). Kemudian letakkan tabung optik di tempat yang datar dan aman.

Lepaskan sekrup pengaman pada ujung batang pemberat, kemudian lepaskan pemberat. Pasang kembali sekrup pengaman seperti semula.

Lepaskan mounting dari tripod(half pilar) (pastikan terlebih dahulu kabel power dan star book sudah tidak terkoneksi dengan mounting). Lepaskan dua klem pengunci mounting yang masing masing ada di bagian bawah dan samping (lihat gambar).

Tubuh teleskop telah terbagi menjadi tiga bagian, yaitu tabung optik, mounting, tripod, serta pemberat. Dalam keadaan seperti teleskop boleh dipindahkan ke tempat penyimpanannya yang jaraknya cukup dekat tempat pengamatan. Pindahkan dahulu tripod dan mounting, kemudian pasang kembali tabung optik serta pemberat. Lakukan balancing Posisikan teleskop dalam posisi parkir. Pastikan tabung optik dan finder (bagian depan dan belakang) tertutup. Simpan segala kelengkapan teleskop dengan baik.Note : Jangan menyimpan teleskop dalam kondisi berembun! Jika teleskop berembun, setelah dibawa ke tempat penyimpanan bukalah tutup depan dan belakang tabung optik agar embun menghilang dahulu. Setelah embun hilang, parkirlah teleskop dengan semestinya.Penyimpanan TeleskopTeleskop VMC200L disimpan (di-parkir) dalam kondisi :- Posisi HA = 0h , tabung teleskop berada di barat (posisi sumbu polar mounting dianggap menghadap ke selatan) dan teleskop mengarah ke zenith.- Keadaan setimbang baik pada arah HA dan Dec.- Seluruh klem terkunci.- Tabung optik dan finderscope tertutup bagian muka dan belakangnya.- Pada bagian belakang atbung (okuler) tidak terpasang eyepiece, CCD, flip mirror, atau apapun kecuali tutup belakang tabung.- Teleskop tidak terhubung dengan listrik- Eyepiece disimpan dalam kotak eyepice dengan tutup depan dan belakang terpasang.- Flip Mirror disimpan dalam kotak seperti semula.