cara merujuk dan menulis daftar rujukan/ daftar pustaka

of 20 /20
CARA MERUJUK DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN/ DAFTAR PUSTAKA Matakuliah Bahasa Indonesia

Author: daphne-craig

Post on 03-Jan-2016

151 views

Category:

Documents


1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

CARA MERUJUK DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN/ DAFTAR PUSTAKA. Matakuliah Bahasa Indonesia. Cara Merujuk. Dilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung, misalnya Diah Ayu Puspita menjadi Puspita, Diah Ayu . - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

  • CARA MERUJUK DAN MENULIS DAFTAR RUJUKAN/ DAFTAR PUSTAKAMatakuliah Bahasa Indonesia

    Sosialisasi KTSP

    Cara MerujukDilakukan dengan menggunakan nama akhir dan tahun di antara tanda kurung, misalnya Diah Ayu Puspita menjadi Puspita, Diah Ayu. Jika ada dua penulis, perujukan dilakukan dengan cara menyebut nama akhir kedua penulis. Jika penulisnya lebih dari dua orang, disebutkan penulis pertama dan diikuti dengan dkk, misalnya Rais, Mohammad Amin, dkk.Jika nama penulis tidak disebutkan, yang dicantumkan adalah nama lembaga yang menerbitkan, nama dokumen yang diterbitkan atau nama koranUntuk karya terjemahan, dicantumkan nama penulis aslinyaRujukan dari dua sumber atau lebih yang ditulis oleh penulis yang berbeda dicantumkan dalam satu tanda kurung dengan titik koma sebagai tanda pemisahnya

    Sosialisasi KTSP

    Kutipan Kurang dari 40 Kata: Kutipan berada dalam tanda kutipcontoh:Soebronto (1990:123) menyimpulkan ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar.Kutipan 40 Kata atau Lebih: Kutipan ditulis dengan baris yang berbeda dari uraian, menjorok ke dalam, jarak satu spas, fon lebih kecil.contoh:Taufik (1990:276) menarik kesimpulan sebagai berikut. Gerak manipulatif adalah ketrampilan yang memerlukan koordinasi anatara mata, tangan, atau bagian tubuh laion . Yang termasuk gerak manipulatif antara lain menangkap bola, menendang bola, dan melempar bola. . Kutipan yang Sebagian Dihilangkancontoh:semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru. (Manan, 1995:278)Cara Merujuk Kutipan Langsung

    Sosialisasi KTSP

    Nama penulis disebut terpadu dalam teks, kutipan tidak berada dalam tanda kutip. Nama penulis disebutkan bagian belakang saja jika namanya terdiri atas dua kata atau lebih. contoh:Salimin (2007:13) tidak menduga bahwa mahasiswa tahun ketiga lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat.

    Nama penulis disebut dalam kurung bnersama tahun penerbitannya.]Contoh:Mahasiswa tahun ketiga ternyata lebih baik daripada tahun keempat (Salimin, 1990:13).Nama Salimin berasal dari Ahmad Salimin.

    Cara Merujuk Kutipan Tidak Langsung

    Sosialisasi KTSP

    Cara Menulis Daftar RujukanNama penulis ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, dan nama tengah tanpa gelar akademik.Tahun penerbitan.Judul, termasuk anak judul (subjudul) dicetak miring.Kota tempat penerbitan:Nama penerbit.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Buku

    Seorang penulis dengan satu bukuContoh:

    Dekker, N. 1992. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa: dari Pilihan Satu- satunya ke Satu-satunya Azas. Malang: FPIPS IKIP MALANG.

    Seorang penulis dengan banyak bukuContoh:

    Cornet, L. & Weeks, K. 1985a. Career Ladder Plans: Trends and Emerging Issues -1985.Atlanta, GA: Career Ladder Clearinghouse.

    Cornet, L. & Weeks, K. 1985b. Planning Career Ladders: Lessons from the state.Atlanta, GA: Career Ladder Clearinghouse.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Buku yang Berisi Kumpulan Artikel (Ada Editornya)/Bunga RampaiContoh:

    Letheridge, S. & Cannon, C.R. (Eds.). 1980. Billingual Education: Teaching English as a Second Language. New York: Praeger.

    Aminuddin (Ed.). 19990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam bidang Bahasa dan Sastra. Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3.

    Eds= Editornya lebih dari satuEd= editornya hanya satu orang

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Artikel dalam buku Kumpulan Artikel (ada Editornya) Contoh:

    Hartley, J.T., Harker, J.O. & Walsh, D.A. 1980. Contemporary Issues and New Directions in Adult Development of Learning and Memory. Dalam L.W. Poon (Ed.), Aging in the 1980s: Psychological Issues (hlm. 239-252). Washington, D.C.: American Psychological Association.

    Hasan, M.Z. 1990. Karakteristik Penelitian Kualitatif. Dalam Aminudin (Ed.), Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra (hlm. 12-25). Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Artikel dalam JurnalContoh:

    Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan pengadopsian Inovasi. Forum penelitian, 1(1): 33-47.

    Sosialisasi KTSP

    ContohKrashen, S.,Longh, M.& Scracella,R. 1979. Age, Rate and Eventual Attainment in Second Language Acquistion. TESOL Quaterly, 13:537-82(CD-ROM:TESOL Quarterly,Digital,1997)Rujukan dari Artikel dalam Jurnal dari CD-ROM

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Arikel dalam Majalah atau KoranContoh:Gardener, H. 1981. Do Babies Sing Universal Song? Psychology Today, hlm.70-76.

    Suryadarma, S.V.c 1990. Prosesir dan interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4):46-48.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Koran Tanpa Penulis Contoh:

    Jawa Pos. 22 April, 1955. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm 3.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Dokumen Resmi Pemerintah yang Diterbitkan oleh Suatu PenerbitTanpa Penulis dan Tanpa LembagaContoh

    Undang Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990.Jakarta:PT Armas Duta Jaya.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan Berupa Karya TerjemahanContoh:Ary, D.,Jacobs, L.C & Razavieh, A. Tanpa Tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan Berupa Skripsi, Tesis, atau DisertasiContoh:Pangaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di LPTK. Disertasi tidak di terbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP MALANG.

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Internet Berupa jurnal Contoh:

    Hitchock, S., L. & Hall, W . 1996. A Survey Df STM Online Jour- nals, 1990-1995: The Calm be fore the storm,(Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html, diakses pada 12 Juni 1996).

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Internet Berupa Artikel dari JurnalContoh:Griffith, A.I 1995. Coordinating Family and School: Mothering for Schooling. Eduation plicy Analysis Arcxhivesa,(Online), Vol3, NO. 1, (http://olam.ed.esu/epaa/,diakses 12 Februari 1997).

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Internet Berupa Bahan DiskusiContoh:Wilson,D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet cites. NETTRAIN Discussion List, (Online), ([email protected]alo.edu, diakses 22 Nopember 1995).

    Sosialisasi KTSP

    Rujukan dari Internet berupa E-mail PribadiContoh:Davis, A.([email protected]). 10 Juni 1996. Learning to Use Web Authoring Tools E-mail kepada Alison Hunter ([email protected]).

    Sosialisasi KTSP

    Terima kasihSelesai