benda perkakas-tangan

Click here to load reader

Post on 27-Sep-2015

239 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

BENGKEL TANGAN

TRANSCRIPT

  • PERKAKAS TANGANYUSRON SUGIARTO

  • RAGUM berfungsi untuk

    menjepit benda kerjasecara kuat dan benar, artinya penjepitan olehragum tidak bolehmerusak benda kerja

    Untuk menghasilkanpenjepitan yang kuatmaka pada mulutragum/rahangnyadipasangkan baja berigisehingga benda kerjadapat dijepit dengan kuat

  • RAGUMCARA KERJA

    Rahang-rahang ragumdigerakkan oleh batangulir yang dipasangkanpada rumah ulir

    Apabila batang ulirdigerakkan/diputar searahjarum jam, maka rahangragum akan menutup, tetapi bila diputarberlawanan dengan arahjarum jam maka rahangragum akan membuka.

  • RAGUMPEMASANGAN

    Pemasangan ragum pada meja kerja harus disesuaikan dengan tinggi pekerja yang akan bekerja.

    Sebagai patokan adalahapabila ragum dipasang padameja kerja, maka tinggi mulutragum harus sebatas siku daripekerja pada posisi berdirisempurna

  • RAGUMPELAPISAN RAHANG RAGUM

    Guna mengatasi hal itu, maka pada saat melakukan penjepitan benda kerja dengan ragum hendaknya rahang ragum dilapisi dengan pelapis.

    Pelapis tersebut terbuatdari bahan yang lunakseperti baja lunak, pelattembaga, karet pejaldan pelat seng yang tebal.

  • RAGUM

    PENGIKATAN BENDA KERJA POSISI PENJEPITAN BENDA KERJA

  • PALU (HAMMER)

    PALU KERAS PALU LUNAK

    Palu keras adalah palu yang kepalanyaterbuat dari baja dengan kadar karbonsekitar 0,6%.

    permukaan kepala palu terbuat daribahan lunak seperti plastik, karet, kayu, tembaga, timah hitam, dan kulit.

  • PALU (HAMMER)

    PALU KERAS PALU LUNAK

    Pemakaian palu keras pada bengkel kerjabangku atau bengkel kerja mesin adalahsebagai pemukul pada kerja memotongdengan pahat, menempa dingin, padapekerjaan assembling/perakitan, membengkokkan benda kerja, membuattanda dan pekerjaan pemukulan lainnya.

    Palu lunak biasanya digunakan sebagai alatbantu pada pekerjaan pemasangan bendakerja pada mesin frais, skrap dan merakitbenda kerja pada bengkel perakitan. Di samping itu juga banyak digunakan padabengkel kerja pelat, bengkel listrik danbengkel pipa.

  • TANG (PLIER)

    TANG KOMBINASI TANG POTONG

    digunakan untuk memotong, membengkokkan dan menarik ataumemegang benda kerja.

    untuk memotong bahan bahan kawat bajaukuran diameter yang kecil. Di samping itujuga dapat digunakan sebagai pemotongkabel

  • TANG (PLIER)

    TANG PEMBULAT TANG PIPA

    digunakan untuk membuat lingkaranatau radius pada benda kerja yang tipis atau kawat dengan diameter yang kecil. Bentuk rahang-rahang dari tang ini adalah bulat, halus dan tirus.

    digunakan untuk pemegang benda kerjayang berpenampang bulat. Pembukaanrahangnya dapat diperbesar sesuai dengankebutuhan pekerjaan.

  • KIKIR

    pada bengkel kerja bangku adalah untuk menyayatpermukaan bahan benda kerja sedikit demi sedikit, sehingga dapat dihasilkan permukaan benda kerjayang halus.

  • KIKIR

    BERDASARKAN PADA JENIS GIGI PEMOTONGNYA

    KIKIR BERGIGI TUNGGAL KIKIR BERGIGI KEMBAR

    Kikir dengan gigi potong tunggal digunakanuntuk pemotongan benda kerja secara halus. Artinya pemotongan tidak dapatdilaksanakan secara tepat, tetapi hasilpengikiran pada permukaan benda kerjamenjadi lebih halus

    Kikir dengan dua gigi pemotong yang saling bersilangan dapat melakukanpemotongan secara cepat, tetapi hasilpengikirannya kasar

  • GERGAJI TANGAN

    fungsi alat ini adalah untuk mempersiapkan bahan bakal yang akandikerjakan atau dibuat benda kerja. Prinsip kerja dari gergaji tangan adalahlangkah pemotongan ke arah depan, sedang langkah mundur mata gergajitidak melakukan pemotongan.

  • PAHAT TANGAN

    Pahat tangan juga disebut dengan pahat dingin, karena pahat inidigunakan untuk melakukan pemotongan benda kerja dalamkeadaan dingin.

  • PAHAT TANGAN

    Makin keras bahan yang dipotong makin besar sudut mata potongnya. Dengan makin besar sudutnya, berarti makin kuat mata potong pahatuntuk melakukan pemotongan.