belajar ke luar negeri

Click here to load reader

Post on 11-Jul-2016

130 views

Category:

Documents

16 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Belajar Ke Luar Negeri

TRANSCRIPT

  • Buku ini bisa jadi pedoman setiap mahasiswa yang akan belajar ke luar negeri. Jelas, multi aspek dan menghilangkan berbagai kegamangan.

    Prof. Dr. H. M Amien Rais, MA

    buku

    BELAJAR KE LUAR NEGERIseri 1

  • buku

    BELAJAR KE LUAR NEGERIseri 1

    2012 Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)

    Pengarah :Zulham Effendi (Koord. Presidium PPI Dunia)A. Rohim Boy Berawi (Koord. PPI Kawasan Eropa dan Amerika)

    Koordinator Program :Hery Dian Septama

    Desain Sampul :Bondhan Kimbalazani

    Tata Letak :Aradhea Dwi Narendra

    Penyunting :Akhir Febriansyah, Khomaini Hasan, Heru Pranoto, Ardian UlvanJamaluddin Al Anshori

    Pemeriksa Aksara :Riswanti Sigalingging, Mahayu Firsty Ramadhani

  • PPI AustriaHary Febriansyah

    PPI CekoAkhir Pebriansyah, Heru Pranoto, Ardian Ulvan, Melvi UlvanJamaluddin Al Anshori, Hery Dian Septama

    PPI PortugalWulan Nur Jatmika, Siti Nur Azizah F. Rahma

    PPI PrancisHalim Dedi Perdana, Refi Kunaefi

    PPI Rusia/PermiraArief Setiawan, Ofando Ditron R. Napitupulu

    PPI SwediaArradi Nur Rizal, Erwin Adi Hartono, Garniasih,Dimas Bayu Endrayana, Ibrahim Kholilul Rohman, Muhammad Dimas Saudian,Laili Aidi, Muhammad Mufti Azis, Randy Remigius, Vira Wulandari, Muhammad Tsani Annafari

    PENYUSUN

    buku

    BELAJAR KE LUAR NEGERIseri 1

  • Prakata .........................................................................................................

    Austria ........................................................................................................

    Ceko .............................................................................................................

    Portugal ......................................................................................................

    Prancis .........................................................................................................

    Rusia .............................................................................................................

    Swedia .........................................................................................................

    i

    1

    13

    50

    72

    131

    152

    Daftar isi

  • Sambutan Koordinator Presidium

    Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se-Dunia

    Assalamualaikum wr wbSalam PPI Untuk Indonesia, Sinergi Untuk Indonesia Bagus

    Bravo!!! Taniah kepada kawan-kawan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Kawasan Eropa dan Amerika.

    Spirit PPI untuk Indonesia terus bergelora dalam sanubari PPI. Bergerak perlahan tapi pasti, satu demi satu mulai dapat dilihat kontribusi nyata yang dapat diberikan PPI negara di seluruh dunia. Buku Belajar ke Luar Negeri Seri - 1 yang disusun oleh PPI Rep. Ceko, PPI Rep. Portugal, PPI Swedia, PPI Austria, PPI Rusia (PERMIRA), dan PPI Perancis merupakan bagian dari resolusi bagi seluruh stake holder PPI yang berminat melanjutkan studi ke luar negeri khususnya Kawasan Eropa dan Amerika. Buku ini dapat merubah stigma pembaca tentang bagaimana sebenarnya belajar di luar negeri. Keta-kutan, kecemasan dan kebimbangan tentang seluk beluk belajar luar negeri terjawab dalam buku ini.

    Karya nyata ini nantinya dapat mendorong serta memotivasi Pelajar-Pelajar Indonesia di dalam negeri untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri. Sebagai-mana diketahui bersama, bangkitnya Jepang dikarenakan pemerintahnya mewajibkan para pemudanya untuk melanjutkan ke luar negeri dan setelah selesai diminta untuk kembali membangun negeri. Ini dikenal dengan Resto-rasi Meiji. Hal ini bisa juga dilakukan oleh Bangsa Indonesia agar Indonesia bangkit menuju kejayaan. PPI telah melakukannya dengan cara yang khas PPI yaitu dengan buku. PPI memberikan informasi yang lugas, cermat dan cerdas tentang bagaimana belajar di luar negeri.

  • Kontribusi kawan-kawan PPI Kawasan Eropa dan Amerika merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Ditengah kesibukan aktifitas akademis dan organisasi, kawan-kawan PPI Kawasana Eropa dan Amerika masih meluang-kan waktu untuk karya nyata ini. PPI Se-Dunia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kawan-kawan PPI Kawasan Eropa dan Amerika atas jerih upaya yang telah dilakukan. Harapannya kedepan dapat diikuti oleh PPI negera lain yang ada dikawasan Eropa dan Amerika serta dapat di duplikasi oleh PPI Kawasan yang lain. Mohon dukungan dari semua pihak agar buku ini dapat dibaca semua Pelajar Indonesia di dalam negeri.

    PPI Untuk Indonesia, Sinergi Untuk Indonesia Bagus.

    Waalaikumsalam wr wb

    6 Desember 2012 Koordinator Presidium Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) se-Dunia

    Zulham Effendi

  • Pengantar Penyusun

    Laporan dengan judul The archipelago economy: Unleashing Indonesias potential yang dirilis oleh salah satu kantor konsultan manajemen terbaik di dunia, McKinsey, pada bulan September 2012 sedikit banyak membang-kitkan optimisme kita untuk menjadi bangsa yang besar. Pada tahun 2030, Indonesia diprediksikan menjadi kekutan ekonomi nomor 7 terbesar di dunia mengalahkan Jerman dan juga United Kingdom. Pun demikian, kita selaku generasi muda, tidak boleh lalai dengan segala bentuk ramalan seperti itu. Peningkatan kapasitas diri, salah satunya melalui pendidikan, untuk men-dukung pembangunan nasional dimasa depan mutlak diperlukan.

    Sampai saat ini, meskipun anggaran pendidikan di Indonesia sudah mencapai 20% dari APBN sejak 2007, cerita tentang terhambatnya seorang pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena masalah keuangan masih jamak terdengar. Permasalahan ini lebih banyak terjadi un-tuk pendidikan tinggi setingkat Sarjana (S1) atau Master (S2). Pelajar yang melanjutkan pendidikannya diluar negeri dengan beasiswa tentu merasa-kan betapa susahnya hidup dan belajar diluar negeri jika tanpa ada bantuan beasiswa. Meskipun sebenarnya banyak peluang beasiswa untuk melanjut-kan pendidikan tinggi, khusunya di Eropa, namun disayangkan masih banyak rekan-rekan calon mahasiswa yang belum mempunyai informasi cukup men-genai hal tersebut.

    Buku berjudul Buku Belajar ke Luar Negeri Seri I, yang digagas PPI Kawasan Eropa dan Amerika ini mencoba menjadi salah satu alternatif informasi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Buku hasil kerja beberapa PPI di Eropa ini bercerita secara gamblang bagaimana proses belajar & beasiswa yang tersedia di enam negara Eropa; Republik Ceko, Portugal, Swedia, Austria, Rusia dan Prancis.

    Selain mengupas tentang beasiswa, proses kedatangan dan tinggal di Eropa, buku ini juga berisi cerita dan pengalaman dari beberapa mahasiswa pene-rima beasiswa yang saat ini sedang melanjutkan proses studi-nya di negara-negara tersebut. Diharapkan, dimasa mendatang dapat terbit lagi seri-seri selanjutnya yang memuat negara-negara tidak hanya di Eropa namun nega-ra-negara lain yang menjadi alternatif tujuan melanjutkan pendidikan bagi putera-puteri Indonesia.

  • Buku singkat ini tentu masih belum bisa merangkum semua detil beasiswa dan roses yang ada. Namun, semoga buku ini memberikan banyak manfaat dan inspirasi bagi pembaca, khususnya pagi para pemburu beasiswa. Semo-ga semakin banyak putera-puteri Indonesia yang dapat merasakan pendidikan tinggi ditempat terbaik melalui berbagai program beasiswa yang ada. Setelah itu, sumbangkanlah kembali ke Indonesia ilmu yang sudah didapat untuk In-donesia. Semoga ikhtiar kecil bersama untuk bangsa ini berbuah kebaikan di masa depan.

    6 Desember 2012

    Penyusun

  • Pesan

    TOKOH

    Saya berani menyatakan bahwa siapa saja yang sukses ketika belajar di luar negeri, Insya al lah nanti

    akan sukses mengembangkan karirnya di tanah air. Kesempatan belajar di Luar Negeri adalah

    kesempatan emas. Jangan di sia-siakan!

    Prof. Dr. H. M Amien Rais, MA

  • REPUBLIK AUSTRIA

  • Sambutan PPI Austria

    Assalamualaikum Wr.Wb dan salam sejahtera bagi kita semua

    Sungguh, merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan untuk kami, PPI Austria, yang telah diberikan ruang dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembuatan buku panduan belajar di luar negeri ke Eropa, bagian ne-gara Austria. Kami mempersembahkan karya kecil ini, sebagai suatu ben-tuk tanda cinta dan pengabdian diri, sebagai anak bangsa Republik Indonesia dalam hal berbagi pengetahuan dan pengalaman selama menempuh pen-didikan di Austria. Negara Austria, tidaklah dipungkiri merupakan salah satu negara di Eropa dan dunia yang sangat layak untuk ditiru dan diaplikasikan konsep dan aplikasinya, bagi negara tercinta, Indonesia.

    Karya kecil ini, merupakan sepenggal kisah dan bukti nyata, betapa pendidikan di Austria adalah suatu hal yang menjadi hak bagi setiap warga negaranya tanpa dibatasi oleh demographi, usia, ras, agama dan tingkat ekonomi. Pera-nan negara terasa sangat menyejukkan dan mendukung, bagi terpenuhinya hak ini bagi setiap warga negaranya. Dengan metode subsidi penuh untuk pe-nyelenggaraan pendidikan sehingga terjangkau untuk semua kalangan, terbu-ka bagi internasionalisasi, sistem kontrol mutu yang ketat dan terjaga secara kontinyu dan system pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur jangka panjang yang sangat komit serta konsisten, merupakan kunci utama dalam keberhasilan pendidikan di Austria.

  • Akhir kata, semoga karya kecil dari PPI Austria ini, tidak akan lekang dan terkikis oleh masa, waktu dan cuaca sampai kapan juga. Dan dapat berman-faat bagi semua pihak yang membacanya. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan dan pembangunan secara utuh buku panduan studi luar negeri untuk negara-negara Eropa.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    Austria, 6 Desember 2012

    Hary Febriansyah Ketua PPI Austria Periode