asuhan keperawatan keluarga tn

Click here to load reader

Post on 21-Jan-2016

23 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn. SDUSUN TEGAL HARJO RT. 02 RW. 05DESA KRIKILAN GLENMORE

DI SUSUN OLEH :

ANDRI KURNIAWAN(14.401.11.007) ARGANATA SURYA P.(14.401.11.009) DWI DESI SETIANINGTIAS(14.401.11.025) EDI HARTONO(14.401.11.027) EKO PRAYUGO SAPUTRO(14.401.11.029) ELIS IKA PRIMADIANTI(14.401.11.030)

AKADEMI KESEHATAN RUSTIDAPROGRAM STUDI D-III KEPERAWATANTAHUN AJARAN2012-2013

KATA PENGANTARSegala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ASUHAN KEPERAWATAN Tn.S DUSUN TEGAL HARJO RT. 02 RW. 05 DESA KRIKILAN-GLENMORE yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Krikilan, 22 Mei 2013

Penyusun

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL 1KATA PENGANTAR 2DAFTAR ISI 3BAB I PENDAHULUAN41.1 Latar Belakang41.2 Rumusan Masalah41.3 Tujuan5BAB II PEMBAHASAN62.1 Pengkajian Keluarga Tn. S62.2 Analisa Data Keluarga Tn. S212.3 Diagnosa Keperawatan Keluarga Tn. S222.4 Skala Prioritas Diagnosa Keperawatan Keluarga Tn. S242.5 Intervensi Keperawatan Keluarga Tn. S26BAB III PENUTUP303.1 Kesimpulan303.2 Saran30DAFTAR PUSTAKA31

26

BAB IPENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANGPengkajian adalah sekumpulan tindakan yang digunakan oleh perawat untuk mengukur keadaan klien ( keluarga ) dengan memakai norma-norma kesehatan keluarga maupun sosial, yang merupakan sistem yang terintegrasi dan kesanggupan keluarga untuk mengatasinya. Dasar pemikiran dari pengkajian adalah suatu perbandingan, suatu ukuran atau suatu penilaian mengenai keadaan keluarga dengan menggunakan norma-norma yang diambil dari kepercayaan, nilai-nilai, prinsip-prinsip, aturan-aturan dan harapan-harapan, teori, konsep yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi oleh keluarga.Pengkajian merupakan tahap pertama dari proses keperawatan yang merupakan langkah awal untuk mengetahui masalah keperawatan apa saja yang ditemukan pada keluarga. Dalam pengumpulan data dapat dilakukan melalui wawancara, pengamatan, studi dokumentasi dan pemeriksaan fisik. Pengkajian ini meliputi beberapa aspek yang harus dikaji antara lain data umum, riwayat dan tahap perkembangan keluarga, lingkungan, struktur keluarga, fungsi keluarga, stress dan koping keluarga, pemeriksaan fisik, dan harapan keluarga.

1.2 RUMUSAN MASALAHa. Bagaimana pengkajian yang dilakukan pada keluarga Tn. S?b. Bagaimana analisa data yang dilakukan pada keluarga Tn. S ?c. Apa saja diagnose keperawatan keluarga yang muncul pada keluarga Tn. S ?d. Bagaimana cara menentukan skala prioritas dari diagnose keperawatan keluarga yang muncul pada keluarga Tn. S ?e. Apa saja intervensi keperawatan yang dilakukan untuk menanggulangi masalah keperawatan yang muncul pada keluarga Tn. S ?

1.3 TUJUANa. Menjelaskan tentang cara pengkajian pada keluarga Tn. S b. Menjelaskan tentang cara menysusun analisa data yang dilakukan pada keluarga Tn. S c. Menjelaskan tentang diagnose keperawatan keluarga yang muncul pada keluarga Tn. S d. Menjelaskan tentang cara menentukan skala prioritas dari diagnose keperawatan keluarga yang muncul pada keluarga Tn. S e. Menjelaskan tentang intervensi keperawatan yang dilakukan untuk menanggulangi masalah keperawatan yang muncul pada keluarga Tn. S

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGADUSUN TEGAL HARJO RT. 02 RW. 05DESA KRIKILAN GLENMORE

A. PENGKAJIAN1. Data Umum : Nama KK: Tn. S Alamat & No. telp.: Dusun Tegal Harjo RT 02 RW 05 Pekerjaan KK: Wiraswasta Pendidikan KK: SMP Komposisi Keluarga: NONAMAJUNIS KELAMINHUB. KELUARGAUMURPENDIDIKANSTATUS IMUNISASIKET

H. BBCGPOLIODPTHEPATITISCAMPAK

1234123123

Tn. SNy. IAn. A

An. FLPL

LKKIstriAnak

Anak44 th44 th22 th

16 thSMPSMAMahasiawSMA

Genogram :

Keterangan :

: Laki laki : Perempuan : Laki laki meninggal: Perempuan meninggal: Perempuan lansia: Garis keturunan: Tinggal serumah

Type KeluargaType keluarga Tn. S termasuk dalam keluarga inti. Tidak ada kendala atau masalah dalam keluarga tersebut.

Suku BangsaKeluarga Tn. S beasal dari suku Jawa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa dan tidak ada pantangan tertentu dalam masyarakat mengenai makanan yang terkait dengan kesehatan. Keluarga Tn. S tidak memiliki kepercayaan tradisional asli dalam bidang kesehatan.

Agama Anggota keluarga Tn. S memiliki keyakinan yang sama. Agama yang dianut oleh keluarga Tn. S adalah agama Islam.

Status Sosial EkonomiSumber penghasilan keluarga berasal dari penghasilan Tn. S dan Ny. I yang berkerja sebagai penjual gorengan , dengan penghasilan setiap harinya kurang lebih dari Rp.50.000, dan pengeluaran keluarga tidak tentu tiap bulannya.

Aktivitas Rekreasi KeluargaKeluarga mengatakan aktifitas rekreasi keluarga tiap harinya hanya menonton TV dan mengobrol dengan tetangga, namun bila ada waktu senggang keluarga meluangkan waktunya untuk jalan-jalan ke rumah saudaranya di Banyuwangi.

2. Riwayat dan Tahap Perkembangan Keluarga Tahap Perkembangan Keluarga Saat iniSaat ini keluarga Tn. S memasuki tahap perkembangan keluarga dengan anak sekolah. Dalam hal ini tugas keluarga adalah bagaimana mendidik anak, mengajari anak untuk menyiapkan masa depannya, membiasakan anak untuk belajar secara teratur, mengontrol tugas tugas sekolah anak, dan meningkatkan pengetahuan umum anak.

Tahap Perkembangan Keluarga yang belum terpenuhi Membiasakan anak belajar secara teraturKendala : Orang tua kurang memperhatikan kebiasaan belajar anak karena kedua orang tua pada sore hari sampai malam hari bekerja, dan dirumah Tn S tidak ada tempat belajar khusus untuk anak.

Mengontrol tugas tugas anak sekolahKendala : Orang tua kurang memperhatikan kebiasaan belajar anak, kebiasaan belajar anak kurang teratur. Meningkatkan pengetahuan umum anak Kendala : Tingkat pengetahuan orang tua kurang karena Tn S dan istrinya hanya lulusan SMA.

Riwayat Keluarga Inti1. Riwayat penyakit keturunanKeluarga Tn. S mengatakan anggota keluarga tidak ada yang menderita penyakit keturunan / menular. Tetapi Ny I memiliki riwayat hipotensi2. Riwayat kesehatan anggota keluargaTn. S mengatakan tidak ada yang pernah sakit serius. Keluarga Tn. S yaitu Ny. I terkadang mengeluh pusing sepulang kerja atau bila kelelahan. 3. Status ImunisasiKeluarga Tn. S mengatakan bahwa anaknya yaitu An. A, dan An. I telah mendapat imunisasi lengkap yaitu imunisasi hepatitis B, BCG, polio, DPT, dan campak.4. Sumber pelayanan yang digunakanKeluarga Tn. S biasanya membeli obat diwarung apabila sakit yang dirasakan tidak terlalu parah, tetapi apabila sakit yang dirasakan oleh anggota keluarganya sudah mulai parah Tn S biasanya membawa anggota keluarganya yang sakit kepetugas kesehatan terdekat yaitu Perawat atau mantri yang ada di Kalibaru.

Riwayat Keluarga SebelumnyaKeluarga dari pihak suami dan istri tidak pernah mengalami penyakit keturunan (DM, HT) serta penyakit menular. Namun Ny I memiliki riwayat hipotensi yang sering kambuh apa bila Ny I kelelahan.

5. Pengkajian Lingkungan Karakteristik Rumaha. Keadaan Lingkungan dalam Rumah Penerangan: Menggunakan listrik

Luas: 6 M x 12 M= 72 M2

Ventilasi : Ventilasi baik, dan setiap hari jendela selalu di buka pada saat pagi sampai sore hari

Keadaan dapur: Cukup bersih, dan alat perabotan di dapur lengkap

Kebersihan : Kebersihan dalam rumah cukup bersih, terbukti di dalam rumah perabotan tertata rapi dan lantai rumah bersih. Tetapi di luar rumah terlihat tumpukan sampah yang belum dibuang atau belum dibakar pada kiri rumah Tn Srapi dan bersih, penataan rumah cukup baik.

Sumber air minum : Sumber air yang di dapat dari sumber PDAM

Pengolahan sampah : Tn. S tidak memiliki tempat pembuangan sampah dan biasanya sampah di buang di samping rumah lalu dibakar

Jenis septic tank : Mempunyai septik tank namun jarak dari sumber air sekitar 450 m dan mempunyai WC dan kamar mandi

Pembuangan limbah : Tn. S mengatakan biasa membuang limbah rumah tangganya ke sungai

Pemanfaatan lahan dan halaman rumah : Halaman di depan rumah di tanami seperti bunga-bunga, dan tumbuhan lainnya.

Lingkungan rumah : Lingkungan rumah Tn. S cukup bersih dan rapi Denah Rumah :

Kamar mandiRuang makan

U

Ruang keluarga

Kamar 1

B

dapur

Kamar 3Kamar 2

Ruang tamu

T

TUMPUKAN SAMPAH

B

Karakteristik Tetangga dan KomunitasHubungan keluarga dengan tetangga baik, terbukti dengan Tn. S mengikuti pengajian rutin. Mobilitas Geografis KeluargaKeluarga Tn. S tidak pernah berpindah pindah dari tempat tinggalnya saat ini setelah merantau dari Surabaya pada tahun 2008. Perkumpulan Keluarga dan Interaksi dengan MasyarakatKeluarga Tn. S mempunyai waktu untuk berkumpul dengan keluarga lain seperti berkunjung kerumah saudara-saudara terdekatnya, Tn. S dan Ny. I juga sering mengikuti pengajian rutin setiap malam jumat. Sistem Pendukung KeluargaSumber pendukung keluarga pada saat keluarga membutuhkan bantuan yaitu tetangga dan saudara terdekat.

b. Struktur Keluarga Pola Komunikasi KeluargaCara komunikasi keluarga dalam sehari-hari memakai bahasa jawa dan ketika semua anggota keluarga berkumpul digunakan untuk membicarakan masalah yang dihadapi oleh keluaga. Str