sistem pernapasan pada manusia.,

Post on 05-Dec-2015

282 Views

Category:

Documents

9 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

kelas 8 smt 1

TRANSCRIPT

Nama Kelompok :Fatimah Roihanah A. (12)Fitria Khojanni (14)Jeanny Lucky S. (17)Siti Istiqoamh (24)

ORGAN PERNAFASAN

HIDUNG TENGGOROKAN PARU-PARU

Tujuan proses pernapasan adalah untuk memperoleh energi. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengadung karbon dioksida dan uap air. Pernapasan dibagi menjadi tiga proses dasar pernapasan yaitu:

1. Proses pertama adalah inspirasi(udara masuk) dan ekspirasi(udara keluar) antara paru-paru dan atmosfer. 2. Proses kedua respirasi adalah pertukaran gas antara paru-paru dan darah. 3. Proses ketiga adalah respirasi internal atau respirasi jaringan yang merupakan pertukaran gas antara darah dengan sel-sel tubuh.

Menurut tempat terjadinya pertukaran gas, maka pernapasan dapat dibedakan atas dua jenis yaitu pernapasan luar dan pernapasan dalam 1. Pernapasan luar 2. Pernapasan dalam

Mekanisme Pernafasan Dada

Mekanisme Pernafasan Perut

Kapasitas Paru-paru

1. Udara tidal atau udara pernapasan, yaitu udara yang keluar masuk normal ke dalam paru-paru (± 1,5 liter).2. Udara komplementer/udara pelengkap, yaitu udara yang dapat masuk ke paru-paru setelah inspirasi sekuat-kuuatnya (± 1,5 liter).3. Udara seplementer, yaitu udara yag dikeluarkan lagi setelah ekspirasi sekuat-kuatnya (± 1,5 liter).4. Udara residu atau udara sisa, yaitu udara yanv tertinggal di paru-paru setelah mengadakan ekspirasi sejkuat-kuatnya (± 1,5 liter).5. Kapasitas vital paru-paru = volume udara tidal + volume udara komplementer + volume udara suplementer (± 4 liter).6. Kapasitas total paru-paru + kapsaitas vital + volume udara residu (±5 liter).

Penyakit Pernapasan ASMA BRONKITIS

INFLUENZA KANKER PARU-PARU

PNEUMONIA SINUSITIS

EMFISEMA

ISPADIPTERISARS

top related