55 wasiat rasul

Download 55 Wasiat Rasul

Post on 30-Dec-2015

19 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

wasiat rasul sangat berguna untuk meniti jalan bahagia

TRANSCRIPT

telah membangunkanku, dan segala puji bagi Allah yang telah memberiku makan dan memberiku minum, segala puji bagi Allah yang t

Judul Asli:

Judul Terjemah: 55 Wasiat Rasul

Penulis

:

Penerjemah: Eva Mushaffa, S.Ag

Halaman Terjemah: 69

DARI PENERBIT

Allah azza wajalla memerintahkan kita untuk mentaati perintah-perintah-Nya yang disampaikan melalui rasul-Nya Muhammad SAW, dan mengambil suri tauladan darinya serta meminta petunjuknya. Dan sunnah Rasulullah SAW baik dalam bentuk perkataan ataupun perbuatan adalah lampu corong yang bisa kita jadikan petunjuk dalam memahami tujuan-tujuan agama, dan mengatahui hukum-hukumnya secara terperinci. Semua sunnah Rasulullah SAW baik dalam bentuk perkataan maupun perbuatan- yang termasuk dalam kategori shahih dengan sendirinya memiliki landasan argumentatif, meskipun kandungan isinya tidak terdapat dalam al-Qur`an. Misalnya, perkataan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA: seorang wanita dan bibinya dari pihak bapak tidak boleh disatukan (dalam perkawinan-pent), dan seorang wanita dan bibinya (dari pihak ibu) juga tidak boleh disatukan. Hal itu, karena Allah Taaala telah berfirman dalam surat al-Hasyr: (...Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah! Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah...).

Dengan demikian, maka kewajiban kaum muslim adalah berpegang teguh pada sunnah-sunnah Nabi, mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari serta berusaha dengan gigih untuk menyebar-luaskannya di kalangan kaum muslim. Karena itu, ide dari penulis yang berisi wasiat-wasiat, petunjuk petunjuk nubuwwah yang sangat mulia adalah langkah yang sangat sesuai dengan konteks penyebar-luasan tersebut. wallhu al-muwfiq.

Ahmad Muhammad Thahn.

PENGANTAR

Segala puji bagi Allah dan salam sejahtera atas hamba-hamba-Nya yang terpilih dan Nabi terpilih yang paling utama Muhammad SAW yang telah mendapat kemuliaan dengan 2 ayat yang diturunkan oleh-Nya; Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (al-Anbiy: 107) Dan Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin(at Taubah: 128). Beliau adalah Rasulullah SAW yang memiliki petunjuk kebaikan dan peringatan dari segala keburukan dalam setiap perkataan dan perbuatannya. Di dalamnya juga terdapat seruan kepada Allah yang dengan izin-Nya bisa menjadi lentera yang terang benderang.

55 wasiat Rasulullah SAW telah dipilih oleh Syiekh Hamzah Muhammad Shlih Ajjj dari buku-buku hadits sebagai peringatan bagi kaum muslim. Semoga Allah memberi kebaikan bagi kaum muslim. Segala sesuatu dibalas sesuai dengan perbuatannya. Jika hal itu baik, maka akan dibalas dengan kebaikan. Dan jika buruk maka akan dibalas dengan keburukan. Karena itu, maka bacalah kitab Allah, dan renungkan!. Sesungguhnya Allah telah memberikan sepuluh wasiat dalam surat al-Anm, dan sepuluh wasiat dalam surat al-Isr serta banyak lagi wasiat-wasiat lain yang terdapat dalam surat-surat al-Quran yang tidak ada kebatilan di dalamnya, karena al-Qur`an memang benar-benar diturunkan oleh zat yang Maha Bijaksana dan Maha Terpuji. Bacalah wasiat-wasiat Rasulullah SAW dan renungkanlah serta peganglah erat-erat! Maka barang siapa yang berpegang teguh pada petunjuk Rasulullah SAW, pasti akan mendapat keberuntungan yang amat besar.

(...Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah...)

Allah telah menjadikan kita dan orang-orang yang mendengarkan perkataan rasul serta mengikuti kebaikan-kebaikan yang ada di dalamnya sebagai bagian dari golongan orang-orang yang telah lebih dahulu diberi kebaikan. Allah telah menempatkan mereka di dalam rumah yang dipenuhi keutamaan-Nya dan tidak ada pemisah antara mereka dengan-Nya. Jiwa mereka senantiasa dialiri olah dahaga dan kebahagian yanhg abadi. Salam sejahtera bagi para rasul yang telah diutus. Dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Madinah al-munawarrah

Hamba yang selalu mengharapkan Rahmat Tuhan yang maha Pemurah

Ahmad Abdul Jawwad

Bismillahrrahmanirrahim

Pendahulan

Segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam. Shalawat dan salam sejahtera semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, Utusan yang paling mulia. Dan semoga kesejahteraan juga tercurah kepada keluarganya dan sahabat-sahabatnya. Dan seterusnya.

Dari buku-buku hadits, Penulis telah membaca beberapa wasiat yang berasal Nabi Muhammad SAW dan ditujukan kepada sahabat-sahabatnya Ridhwnullahu Tala Alaihim. Hal itulah yang melatar-belakangi penulis untuk mengumpulkannnya dalam buku kecil ini. Penulis telah memilih 55 wasiat yang di sarikan dari kitab Shahih Bukhari dari Imam Bukhari, shahih Muslim dari Imam Muslim, Sunan Abi Dud dari Imam Abu Dud, at-Targhb wa at-Tarhb dari Imam al-Mundziri, Riydh as-Shlihin dari Imam Nawawi, at-tj al-Jmili al-Ushl dari Syeikh Manshr Ali Nshif dan taysr al-Wushl dari Ibnu dab as-Syaibni.

Wasiat-wasiat yang sangat mulia ini, meskipun ditujukan kepada para sahabat, akan tetapi juga ditujukan untuk setiap muuslim. Wasiat-wasiat ini berisi anjuran untuk beribadah secara ikhlas kepada Allah SWT, dan tidak menyekutukan-Nya. Sebagian wasiat ini juga mengupas keutamaan-keutamaan yang ada dalam kalimat-kalimat tahlil, keutamaan bersujud kepada Allah, keutamaan puasa dan shalat, Ibadah qiym al-lail, keutamaan menuntut ilmu, keutamaan bershadaqah dan bertasbh, anjuran untuk taat kepada kedua orang tua, berakhlak mulia, silaturrahmi, menjaga hubungan baik dengan tetangga, memberi makan dan mencintai orang miskin, dan banyak lagi amal-amal shlih lainnya. Dalam beberapa tema, penulis menyertakan beberapa hadits yang memiliki makna sama agar manfaatnya bisa bertambah.

Akhirnya kepada Allah penulis memohon agar Dia menjadikan seluruh perbuatan kita sebagai amal shalih yang diterima dan semata-mata hanya ditujukan untuk-Nya. Semoga Allah memberikan manfaat dari wasiat-wasiat ini, sehingga kita bisa mempraktekkannya. Dan hanya Allah-lah Pemberi petunjuk kepada jalan yang lurus. Shalawat dan salam semoga tercurah kpada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnnya.

Hamzah Muhammad Shalih Ujjj

Bismillhirrahmnirrahm

WASIAT PERTAMA

Keutamaan kalimat L ilha illa Allah

Dari AbU Hurairah RA, dia berkata: saya berkata: wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berbahagia menerima syafaatmu di hari kiamat nanti? Rasulullah SAW berkata: Aku telah menduganya wahai Abu Hurairah, pasti engkau yang pertama bertanya tentang hal ini sebelum orang lain. Karena aku melihat bahwa engkau memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar tentang hadits. Manusia yang paling berbahagia mendapatkan syafaatku di hari kiamat adalah orang yang mengucapan kalimat L ilha illa Allah dengan ikhlas dari hati dan jiwanya. (HR. Bukhari)

Dari Ubdah bin as-Shmit RA, dari Nabi SAW beliau berkata: barang siapa yang bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan tidak ada sekutu baginya serta Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya dan bahwa Isa adalah hamba Allah serta rasul-Nya dan bahwa kalimat yang disampaikan kepada Maryam dengan tiupan roh darinya adalah benar, dan bahwa syurga itu adalah benar, neraka adalah benar, dan Allah akan memasukkan seseorang ke dalam syurga sesuai dengan amal perbuatannya (HR. Bukhari Muslim dan Turmuzi)

Imam Jundah menambahkan: dari delapan pintu syurga manapun yang dia inginkan. (HR. Bukhari dan Muslim dengan redaksi dari Imam Bukhari)

Dalam sebuah hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim: Barang siapa yang bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah Rasulullah, maka Allah akan mengharamkannya dari api neraka.

WASIAT KEDUA

Wasiat Umum dalam Tauhid

Dari Ibnu Abbas RA, dia berkata: Suatu hari aku pernah duduk di belakang Rasulullah SAW (di atas onta-pent), kemudian beliau berkata: Wahai anak muda, sesungguhnya aku akan memberimu beberapa nasehat: Ingatlah Allah! maka Allah akan mengingatmu, ingatlah Allah! maka Dia akan selalu berada di hadapanmu. Ketika engkau membutuhkan sesuatu mintalah kepada Allah. Dan jika engkau membutuhkan pertolongan, maka mintalah kapada Allah. Dan ketahuilah bahwa jika sekelompok orang bersatu untuk mengajarkanmu beberapa hal yang bermanfaat, maka hal tersebut tidak akan terjadi kecuali dengan ketentuan Allah yang telah tetapkan untukmu. Dan jika mereka bersatu untuk berbuat jahat kepadamu, maka hal tersebut juga tidak akan terjadi kecuali dengan ketentuan Allah yang telah ditetapkan untukmu. Pena telah diangkat, dan kertas telah mengering (ketentuan Allah tidak bisa dirubah-pent).(HR. Turmuzi. Beliau mengatakan bahwa hadits ini hasan Shahih)

Dalam Riwayat selain Turmuzi: Ingatlah Allah, maka Allah akan senantiasa berada di depanmu. Carilah Allah di saat engkau bahagia, maka Allah akan mencarimu di saat engkau berada dalam kesulitan. Dan ketahuilah bahwa bahwa apa yang Allah takdirkan untukmu, pasti akan menimpamu, dan apa yang tidak ditakdirkan untukmu, maka hal itu tidak akan menimpamu. Ketahuilah bahwa kemenangan ada dalam kesabaran dan kelapangan ada dalam kesusahan. Dan dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan.

WASIAT KETIGA

Keutamaan Menuntut Ilmu

Dari Qabshah bin al-Mukhriq RA dia berkata: Saya mengunjungi Rasulullah SAW, kemudian beliau berkata: Wahai Qabshah apa gerangan yang membuatmu datang?. Kemudian aku berkata: Usiaku telah bertambah, dan aku telah menjadi tua renta. Maka aku datang agar engkau mengajarkanku hal yang bisa memberikan manfaat untukku di sisi Allah SWT. Kemudian beliau bersabda: Wahai Qabshah, sesungguhnya jika engkau melewati batu-batu, pepohonan dan tanah liat, maka mere