$2,017.64 dari adsense tanpa perlu update artikel

Upload: rizky-puji-raharja

Post on 06-Jul-2018

220 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    1/13

    [Studi Kasus] $2,017.64 Dari 17 Postingan, Passive Income

    an!a Per"u #!date rti%e"

    Ditulis oleh admin rohadiright.comDalam studi kasus kali ini saya akan membahas tentang bagaimana saya menghasilkan $2000lebih dengan hanya menggunakan 17 postingan (dalam 1 blog) dan tidak pernah melakukanupdate selama lebih dari 1 tahun.

    Disertai step by step dan data statistik dalam meraih $2k hanya dari 1 blog tersebut, saya harapstudi kasus ini bisa Anda jadikan salah bahan reerensi dalam pembuatan blog yang minim eorttapi tetap berpotensi menjadi sebuah passi!e in"ome yang menjanjikan.

    Dan satu lagi, blog ini sampai sekarang masih tetap menghasilkan meski sudah "ukup lama sayatelantarkan.

    So, Let’s get to the case !

    #de aal tulisan ini saya dapat setelah seorang teman di %& menanyakan kabar tentang blog'blogdi studi kasus small & yang saya tulis disini 2 tahun lalu.

    Dari sini saya merasa perlu mempublish postingan ini untuk menginormasikan perkembanganterakhir blog'blog yang ada di small &, mengingat report terakhir yang saya publish hanya

     berjarak * bulan dari aal & dibuat. +adi belum "ukup akurat untuk menentukan eekti!itasdari blog'blog tersebut.

    Apalagi beberapa bulan belakangan juga ada update algoritma dari oogle, jadi menarik untuk disimak apakah blog'blog tersebut selamat dari badai deinde- dan penalty atau tidak.

    a.. studi kasus ini adalah tentang salah satu blog (blog pertama) dari total * blog yang di small& saya dulu.

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    2/13

    &log ini dari mulai aal memang mempunyai traik paling tinggi jika dibandingkan dengansaudara'saudaranya.

    Disini saya akan men"oba untuk se'transparan mungkin dalam menyajikan data'data yang ada(ke"uali url blog) agar studi kasus ini "ukup a"tionable untuk Anda duplikasi (meskipun dengan

    ni"he yang tidak sama).

    /ntuk Anda yang belum mengikuti studi kasus small & saya, Anda bisa memba"a report pertama disini, report kedua disini, dan yang terakhir disini.

    Niche

    +ika di studi kasus sebelumnya saya tidak menyebutkan se"ara gamblang ni"he yang saya ambil,kali ini saya berikan bo"orannya. i"he untuk blog pertama di small & ini adalah tentangTutorial Hijab.

    enapa memilih ni"he tutorial hijab arena selain "ukup rele!an dengan toko online  saya(sesuai tujuan aal small &), ni"he ini juga termasuk ni"he abadi yang tidak membutuhkan banyak update.

    Riset Keyword

    +ika Anda bertanya'tanya bagaimana meng'"o!er seluruh keyord yang berhubungan dengantutorial hijab (yang tentu saja "ukup banyak jumlahnya) hanya dengan 17 post saja, berikut inisaya jelaskan "aranya.

    ertama'tama, riset keyord di eyord lanner   dan donload semua keyord yangdibutuhkan. emudian sortir berdasarkan pen"arian tertinggi.

    Cotoh gambar

    http://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-1.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-1.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-1.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-2.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-2.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-final-report.htmlhttp://www.rohadiright.com/toko-online.htmlhttps://adwords.google.com/KeywordPlannerhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-2.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-final-report.htmlhttp://www.rohadiright.com/toko-online.htmlhttps://adwords.google.com/KeywordPlannerhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-1.htmlhttp://www.rohadiright.com/studi-kasus-blog-small-pbn-report-1.html

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    3/13

    emudian, ambil keyord'keyord yang jumlah pen"ariannya paling banyak. +angan memilihyang commercial intent keywords  karena ini bukan blog olshop. ilih yang bertipetutorialpanduan dan inormasi.

    3etelah itu, gabungkan keyord'keyord tersebut menjadi keyord'keyord yang agak panjang(longtail keyord).

    4isal dari gambar diatas, saya akan menghapus keyord no. 2 (karena bisa digabungkan ke no.5 6 ), no. 8 (karena bisa digabungkan ke no. 21), no.* (karena bisa digabungkan ke no. 5), no. 7 9 12 (karena keyord terlalu pendek dan bisa di"o!er keyord lain), dst.

    Dari gambar diatas kemungkinan keyord utama yang akan saya pakai adalah :

    • "ara memakai jilbab segi empat

    • "ara memakai jilbab pashmina

    • "ara memakai jilbab modern

    • model jilbab segi empat

    • "ara memakai jilbab segitiga

    • dst..

    http://www.rohadiright.com/long-tail-keyword.htmlhttp://www.rohadiright.com/long-tail-keyword.html

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    4/13

    Dengan "ara tersebut biasanya "ukup dengan 10'20 artikel sudah bisa men"o!er keyord'keyord paling potensial yang ada.

    /ntuk keyord lokal saya jarang melakukan "ek kompetitor, jadi "ukup dengan riset keyordsederhana seperti diatas.

    Kote

    "rti#el

    3eperti judul postingan ini, total artikel ada 17 post.

    $umlah Kata %er "rti#el

    +umlah ata er Artikel ber!ariasi antara 500'800 kata.

    3aya tidak per"aya mitos makin panjang artikel makin bagus 3;

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    5/13

    enggunaan interlink saya usahakan senatural mungkin sehingga tidak mengganggu kenyamanan pemba"a. +ika di dalam artikel "ukup susah untuk dimasukkan internal link (karena tidak adakalimatkata'kata yang "o"ok) maka biasanya juga tidak saya paksakan.

    #nternal link juga hanya ke artikel lain di blog tersebut, tidak ada internal link ke artikel itu

    sendiri ataupun ke homepage.

    &eberapa kelebihan internal link dibanding idget related post menurut saya antara lain :

    • =ebih berkualitas dari segi 3;? karena terletak di dalam artikel

    • erms >agging 2 9 orden"e 3e"urity 9 3uper Ba"he 9 E4= 3itemaps (lebih re"ommended oogle E4= 3itemaps)

    https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/https://wordpress.org/plugins/contact-form-7/https://wordpress.org/plugins/si-contact-form/https://wordpress.org/plugins/si-contact-form/https://wordpress.org/plugins/link-manager/https://wordpress.org/plugins/link-manager/https://wordpress.org/plugins/login-lockdown/https://wordpress.org/plugins/quick-adsense/https://wordpress.org/plugins/wordfence/https://wordpress.org/plugins/wp-super-cache/https://wordpress.org/plugins/xml-sitemaps/https://wordpress.org/plugins/xml-sitemaps/https://wordpress.org/plugins/google-sitemap-generator/https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/https://wordpress.org/plugins/contact-form-7/https://wordpress.org/plugins/si-contact-form/https://wordpress.org/plugins/link-manager/https://wordpress.org/plugins/login-lockdown/https://wordpress.org/plugins/quick-adsense/https://wordpress.org/plugins/wordfence/https://wordpress.org/plugins/wp-super-cache/https://wordpress.org/plugins/xml-sitemaps/https://wordpress.org/plugins/google-sitemap-generator/

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    6/13

    /ntuk ungsi dan "ara pemakaian masing'masing plugin bisa di googling karena sudah banyak tersedia panduannya.

     

    +ac#li# 

    /ntuk ba"klink saya "ukup banyak menggunakan lo Fuality link seperti blog komen, sosial bookmark dan  rss eed. 3aya juga "ukup banyak menggunakan ba"klink dari 3A, yang tentusaja sebenarnya sangat beresiko.

    /ntuk manual blog komen (di blog doollo < tinggi), hampir semua artikel saya beri ba"klink, jadi bukan hanya homepage saja. >iap artikel saya beri kurang lebih 20'50 ba"klink komen.

    3aya juga menggunakan beberapa eb 2.0 yang menurut saya kualitasnya paling bagus dari

    semua ba"klink di blog ini, karena berupa kontekstual link dan di dalam artikel yang rele!an.

    3etelah * bulan berjalan (report small & ke'5), praktis saya hampir tidak pernah melakukanlinkbuilding lagi ke blog ini. +adi boleh di bilang sudah hampir 1 tahun ini saya tidak melakukanoptimasi.

    &erikut penampakan ba"klink di Ahre  :

    4ajesti" 3;? :

    http://www.rohadiright.com/backlink-gratis-rss-feed.htmlhttp://www.rohadiright.com/backlink-gratis-rss-feed.htmlhttp://www.rohadiright.com/cara-membuat-tier-1-tier-2-di-gsa-ser.htmlhttps://ahrefs.com/https://ahrefs.com/https://majestic.com/http://www.rohadiright.com/backlink-gratis-rss-feed.htmlhttp://www.rohadiright.com/cara-membuat-tier-1-tier-2-di-gsa-ser.htmlhttps://ahrefs.com/https://majestic.com/

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    7/13

    Bukup berantakan bukan :D

    ita lihat nanti apakah dengan proil ba"klink seamburadul ini blog tersebut akan terhindar dari penalty ataukah malah tersapu dari oogle 3;

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    8/13

    3epertinya tujuan mereka meng'"opy paste dan mempublish ulang di blog mereka adalah sebagaiarsip, jika seaktu'aktu mereka membutuhkannya sebagai tutorial untuk gaya hijab mereka.

    3aya tentu tidak keberatan dengan ini karena saya mendapat imbalan ba"klink doollo gratis(meskipun dari dupli"ate kontent). Dan menurut saya ini agak langka karena di ni"he lain kadangartikel yang di"opas tidak diberi link sumber (apalagi link doollo) yang menyebabkankerugian bagi pembuat konten aslinya.

    3aya juga tidak takut artikel'artikel "opas tersebut nantinya mengalahkan konten utama blogsaya (seperti kasus'kasus yang sudah sering terjadi) karena saya "ek blog'blog para peng"opaskebanyakan tidak terlalu teroptimasi dari segi 3;?. 4ungkin karena mereka tipe blogger' blogger diary, yang kebanyakan ngeblog "uma untuk mengeluarkan uneg'uneg, bukan untuk men"ari materi seperti saya (dan mungkin Anda) :D

     

    Trai# 

    &erikut traik dari aal membangun blog (o!ember 201) sampai sekarang. Data saya ambildari histats

    http://www.rohadiright.com/backlink-berkualitas.htmlhttp://www.rohadiright.com/backlink-berkualitas.html

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    9/13

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    10/13

    >otal /niFue !ies : 2.1.72 (2, juta u!)>otal age!ies : .22*.01 (,2 juta p!)

    &eberapa bulan belakangan memang traik "enderung menurun. >api saya rasa ini bukandisebabkan oogle penalty atau eek update algoritma oogle terbaru, tapi lebih disebabkankarena memang trend pen"arian untuk ni"he ini belum naik. >erbukti dari beberapa keyordutama yang saya "ek masih tetap bertahan di halaman 1'2 3;

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    11/13

    &iasa saja sebenarnya, banyak blog adsense lokal yang tentunya earning perbulannya lebih besar dari blog ini.

    >api mengingat konten artikel blog ini hanya 17 postingan, dan mengingat ini adalah sebagai proyek sampingan dengan optimasi o'page yang serampangan, tentunya blog ini layak untuk dijadikan sebuah studi kasus dan bahan pembelajaran.

     

    &onus :

    egua# %erila#u /aita ejelag Hari Raya

    3edikit out o topi", berikut ini data statistik pada malam takbir tahun kemaren, dimana traik melonjak drastis tepat sehari sebelum hari raya lebaran.

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    12/13

    hat itJs mean

    3elain Fuote'Fuote u"apan hari raya, inilah hal yang mungkin paling banyak di"ari para anita diinternet menjelang lebaran, yaitu "ara agar mereka bisa berhijab dengan benar dan "antik ketikamomen lebaran tiba.

    &isa dimaklumi, karena dihari itu mereka (termasuk kita semua yang beragama #slam) akan bersilaturahmi dengan banyak orang. Dan, momen tersebut hanya terjadi setahun sekali. +adi,umat #slam (terutama anita) tentunya tidak mau meleatkan momen penting seperti ini dengan berdandan ala kadarnya saja.

    +adi, jika istri atau pa"ar Anda asyik ber'hape ria sendiri ketika malam takbir tiba, jangan buru' buru komplain ya.. 4ungkin dia sedang sibuk men"ari "ara berhijab yang "antik untuk persiapanmomen penting bersama Anda besoknya K)

     

    Kesim*ula

    Dari studi kasus ini, bisa jadi aktor utama yang mendongkrak traik dan berimbas ke earning

     bukanlah ba"klinknya, melainkan kualitas artikel di blog. 3alah satu indikasinya adalah dari banyaknya jumlah artikel yang di "opas blog lain (karena jika artikelnya amburadulkemungkinan tidak ada yang mau "opas).

    3ebagai perbandingan, salah satu blog di small & yang ni"he nya sama persis, artikelnyahampir tidak ada yang di "opas blog lain. Dan traiknya, tidak sampai setengah dari traik blogyang ada di studi kasus ini.

  • 8/17/2019 $2,017.64 Dari Adsense Tanpa Perlu Update Artikel

    13/13

    4ungkin saja ba"klink spamming yang saya pakai diaal'aal bisa "ukup membantumendongkrak traik dengan instant, tapi tanpa adanya konten yang mumpuni, saya ragu blog iniakan mampu bertahan lama di 3;