131234130 laporan kerja praktek fix

Download 131234130 Laporan Kerja Praktek Fix

If you can't read please download the document

Post on 24-Oct-2015

43 views

Category:

Documents

14 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

lkp

TRANSCRIPT

LAPORAN KERJA PRAKTEK DI PT.KALBE FARMA, Tbk

Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan untuk mata kuliah PKL pada smester V Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin.

Oleh:Dio Syahputra (101211010)Ridwan Wresni Katraprilana (101211026)

POLITEKNIK NEGERI BANDUNG2012LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Praktek Kerja Lapangan ini telah diterima dan disahkan pada hari ----, tanggal -- Desember, Tahun 2012.Disahkan Oleh:Pembimbing I: Pembimbing II:

Ir. Sutrimo, M.EngNIP.195807051984031004

Johannes Ricki H NIP.

Mengetahui:Kepala Program Studi Teknik MesinJurusan Teknik MesinPolban

Rudi Yuni W, B.Eng, M.Sc

NIP.19640626 1992203 1002

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Penguasa Alam, Yang menciptakan manusia dengan bentuk yang paling sempurna, Yang melengkapinya dengan segala fasilitas hidup sebagai jaminan secara adil dan bijaksana. Rahmat tadzim dan salam sejahtera teruntuk Nabi Muhammad SAW, seorang nabi dan rasul akhir zaman, tokoh revolusi dunia paling besar yang memperbaiki akhlak dan moral manusia yang semakin bobrok dan teruntuk pula kaum kerabatnya, seluruh sahabat setianya, dan seluruh umatnya.Atas selesainya Laporan Praktek Kerja Lapangan ini, dengan penuh rasa syukur penulis mengucapkan terima kasih kepada : Allah SWT, tuhan semesta alam atas kehendaknya telah menghendaki atas terselesaikannya laporan ini. Kedua Orang Tua yang tiada hentinya membimbing dan mendukung dengan penuh kasih sayang dalam menjalani hidup. Pembimbing penulis, Pak Sutrimo dan Pak Johannes Ricky Harrenby yang senantiasa membimbing dan memberikan arahan-arahan positif serta memberikan ilmu-ilmu baru kepada penulis selama pelaksanaan PKL. Mas Muadi, Pak Asep Permana, Pak Yoseph, Mas Junjum, Mas Asep, Pak Isnen, Mas Hanton, dan Wan Aries Renaldi, selaku mentor-mentor penulis yang senantiasa rela membagi pengalaman-pengalaman mereka selama bekerja kepada penulis selama pelaksanaan PKL. Bapak Ir. Ali Mahmudi, M.Eng, selaku ketua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung. Bapak Rudi Y. Widiatmoko, MSc, selaku ketua Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung. Rekan-rekan seperjuangan, Taufan, Pristian, Mulyadi, Yudhi, David, dan Pratama yang senantiasa solid dan membantu. Seluruh rekan-rekan workshop khususnya, dan departemen teknik pada umumnya. Dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan laporan ini. Walaupun penulis tidak bisa menyebutkan satu persatu. Tetapi, percayalah bahwa kontribusi Anda sekalian begitu berarti.Adapun isi dari Laporan inidi dasarkan dari hasil peraktek yang diperoleh selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. KALBE FARMA. Tbk. Selama 1bulan setengah terhitung dari tanggal 2 Juli 2012-16Agustus 2012, serta dari referensi yang penulis dapatkan baik dari buku sumber maupun internet.Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Menjadi sempurna adalah tidak mungkin, karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.Hanya Allah-lah Yang Maha Benar dan mengetahui segala kebenaran yang hakiki.Bagaimanapun manusia tidak luput dari lupa dan salah.Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa sempurna masih jauh dari pencapaian penulis selama ini.Yang bisa kita lakukan sebagai mahluk-Nya hanyalah berupaya untuk menyempurnakan kemungkinan itu.Kebenaran pasti berasal dari Allah SWT dan segala kesalahan semata-mata datang dari diri kita sendiri.Maka,penyusun memohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan dalam penulisan lapoan ini.Kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat penulis harapkan, demi mencapai jenjang kesempurnaan yang akanpenulis capai.

Bandung, Desember 2012,

Penyusun

ii

iii

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN2KATA PENGANTARiDAFTAR ISIiiiDAFTAR GAMBARvBAB I PENDAHULUANI-11.1Latar BelakangI-11.2Tujuan Pelaksanaan Praktek Kerja LapanganI-21.3Ruang Lingkup BahasanI-21.4Sistematika LaporanI-3BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAANII-12.1 Tinjauan Umum PT. Kalbe Farma , TbkII-12.1.1 SejarahII-12.1.2 Visi dan Misi PerusahaanII-52.1.3 Lokasi dan BangunanII-52.1.4 Struktur OrganisasiII-92.2Penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB)II-132.3 KepegawaianII-142.3.2 Waktu KerjaII-162.3.3 Cuti dan Perizinan SakitII-162.3.4 Disiplin KerjaII-17BAB III KEGIATAN KERJA PRAKTEKIII-13.1Pelaksanaan Kerja PraktekIII-13.2Attitude TrainingIII-23.3Initial TrainingIII-23.4Pembagian TugasIII-23.5Pengerjaan ModulIII-33.7RepairIII-93.8StudyLapanganIII-113.9Perencanaan Mesin Roll Pipa ManualIII-12BAB IV KESIMPULAN DAN SARANIV-14.1 KesimpulanIV-14.2 SaranIV-1DAFTAR PUSTAKA

iv

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Logo PT.Kalbe Farma, Tbk.II-5Gambar 2.2 Struktur Organisasi PT. Kalbe Farma, TbkII-10Gambar 2.3 Struktur Organisasi Departemen Quality AssuranceII-11Gambar 2.4 Stuktur Organisasi Quality MonitoringII-12Gambar 2.5 Struktur Organisasi Departement Teknik PT. Kalbe Farma, TbkII-13Gambar 3.1 Flow Chart Pelaksanaan Kerja PraktekIII-1Gambar 3.2 Mesin Las ListrikIII-3Gambar 3.3 Mesin Las ArgonIII-4Gambar 3.4 Macam-Macam Bentuk dan Permukaan KikirIII-5Gambar 3.5 Mesin Bor DudukIII-5Gambar 3.6 Gergaji TanganIII-6Gambar 3.7 Mesin Penekuk PelatIII-6Gambar 3.8 Mesin BubutIII-7Gambar 3.9 Tabel dan Spindle Kecepatan Pemakanan OtomatisIII-8Gambar 3.10 ValprobeIII-8Gambar 3.11 Tabel dan Spindle Kecepatan Pemakanan OtomatisIII-9Gambar 3.12 Seal TeflonIII-9Gambar 3.13 Mesin Vacum SimarIII-10Gambar 3.14 Mesin yang Dipenuhi oleh Serbuk HijauIII-10Gambar 3.15 Bagian Bawah Mesin yang Sudah Dilepas Base-nyaIII-11Gambar 3.16 Desain Mesin Roll Pipa ManualIII-13

DAFTAR LAMPIRAN

vi

BAB IPENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam tujuan pendidikan nasional dijelaskan bahwa Bangsa Indonesia diharapkan akan menjadi bangsa yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi disamping mempunyai kepribadian dan mental yang berkualitas. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, maka diperlukan adanya sarana pendukung yang salah satunya adalah lembaga pendidikan yang bertujuan membangun sumber daya manusia yang siap pakai dan profesional di bidangnya, sehingga diharapkan mampu meningkatkan wawasan serta pemahaman mengenai proses, kondisi dan masalah yang ada. Indonesia termasuk kedalam 50 negara paling sering terkena penyakit, dikarenakan kurangnya kesadaran pada individu masyarakat terhadap kesehatan. Menurut data yang didapat bahwa jumlah rumah sakit yang memenuhi standar ada 1.300 unit, sungguh angka yang kecil bila dibandingkan dengan jumlah penduduk indonesia saat ini, yang berjumlah 239.870.940 jiwa. Dengan biaya kesehatan yang tidak murah, maka tidak setiap masyarakat Indonesia mampu pergi ke dokter ataupun rumah sakit. Maka dari itu diperlukan inovasi untuk menangani masalah tersebut. Untuk itulah diciptakan obat-obatan tanpa resep dokter, atau lebih sering disebut obat warung, untuk beberapa jenis penyakit seperti batuk, flu, maag, sakit kepala dan sebagainya.Oleh karena itu DR.Boenjamin S bergagasan untuk membuat obat berupa gel untuk luka dengan merk Bioplasenton, dan membuat industri rumah pada tahun 1966. Dikarenakan pesatnya laju penjualan obat tersebut, beliau beserta rekannya bergagasan untuk membuat industri farmasi yang akhirnya dinamai PT.Kalbe Farma. Seiring waktu berjalan PT.Kalbe Farma terus berkembang dengan pengembangan obatnya untuk mengatasi berbagai penyakit lainnya. Selama proses produksi obat tentunya tidak lepas dari proses mekanik. Dengan disiplin ilmu yang penulis dapat di Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung, penulis berinisiatif untuk mengetahui lebih lanjut proses mekanik di PT.Kalbe Farma, dengan melaksanakan kerja praktek di PT.Kalbe Farma yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.Tujuan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan

Yang menjadi Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan adalah sebagai berikut :1. Melaksanakan dengan baik salah satu mata kuliah wajib yakni PKL pada smester V untuk mahasiswa spesialisasi produksi dan perawatan, Program Studi Teknik Mesin.2. Memberikan pengalaman nyata tentang kondisi industri secara kongkrit, sehingga memperluas wawasan mahasiswa tentang dunia kerja secara riil.3. Memupuk kemampuan beradaptasi, berkomunikasi dan memahami lebih dalam tentang tugas sebagai individu dan kelompok kerja.4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan masalah yang timbul didalam bekerja.

Ruang Lingkup BahasanCakupan bidang tempat kerja praktek cukup luas, akan tetapi pada prakteknya kami melakukan pekerjaan yang sama secara bergantian, maka dari itu dibatasi dengan suatu rumusan masalah dan mengangkat materi hanya beberapa bagian saja, yaitu mengenai:a) Kegiatan Kerja di PT.Kalbe Farma, Tbk di Departemen Teknik Bagian WorkshopSistematika LaporanDalam penulisan laporan ini, untuk memudahkan dalam hal penyusunan penulis membaginya ke dalam beberapa bab. Adapun sistematika penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :BAB I PENDAHULUANBerisikan latar belakang, tujuan, ruang lingkup bahasan, dan sistematika laporan.

BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAANSejarah singkat perusahaan, ruang lingkupkegiatan perusahaan, struktur organisasi, dan fasilitas perusahaan.

BAB III LAPORAN KERJA PRAKTEK DI PT.KALBE FARMABAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

I-3

II-1

BAB IITINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Tinjauan Umum PT. Kalbe Farma , Tbk2.1.1 Sejarah

PT. Kalbe Farma, Tbk didirikan pada tanggal 10 september 1966 di sebuah garasi rumah di jalan simpang I No. 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara oleh seorang farmakolog bernama Dr. Boejamin Setiawan. Nama Kalbe menunjuk pada nama para pemegang saham awal yaitu Khow SioeTjiang, Liem Lian Kiok, dan Boenjamin