1000 hari warsini 2 r

28
PERAYAAN EKARISTI Peringatan 1000 hari Bapak Agustinus Sukirman berpulang ke Rumah Bapa MAZMUR 34 : 5 Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku. 1 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

Upload: sona-pietbull

Post on 04-Dec-2015

324 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Buku Memule 1000 hari

TRANSCRIPT

PERAYAAN EKARISTIPeringatan 1000 hari Bapak Agustinus

Sukirman

berpulang ke Rumah Bapa

MAZMUR 34 : 5

Aku telah mencari TUHAN, lalu Ia menjawab aku, dan melepaskan aku dari segala kegentaranku.

1 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

Bersama : Rm. Ir. Prasetyo Handaya Wicaksana, Pr.

Lagu Pembukaan

RITUS PEMBUKA

Tanda Salib dan SalamI: († ) Dalam nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

U:Amin.

I : Allah yang telah membangkitkan Kristus dari alam maut melimpahkan penghBapakran iman kepada kita sekalian.

U:Sekarang dan selama-lamanya.

I: Saudara-saudari yang terkasih, rangkaian peringatan arwah untuk Bapak Agustinus Sukirman telah mencapai hari yang ke serBapak. Menurut tradisi budaya kita, peringatan arwah serBapak hari ini merupakan akhir dan puncak rangkaian peringatan arwah. Dalam pengertian ini, kita sebenarnya mau merayakan iman kita akan Allah, Sang Sumber dan Tujuan kehidupan segala sesuatu. Hidup kita berasal dari Allah, dan akhirnya juga menuju kepada Allah. Agustinus Sukirmantelah bersatu dengan Sang Sumber dan Tujuan Hidup. Kita mohon agar Bapak Agustinus Sukirman kini boleh menjadi berkat bagi kita yang masih mengembara di dunia ini, secara khusus bagi keluarga besar yang ditinggalkan.

Semoga Allah berkenan menyertai, melindungi dan memelihara keluarga, sanak saudara, serta kita semua dalam mengarungi suka duka kehidupan di dunia ini, sampai akhirnya boleh berjumpa kembali di tempat akhir tujuan peziarahan setiap insan, yakni Tuhan Allah di surga. Kita mohon belas kasih dan pengampunan atas dosa kita.

Tobat

I. Kasihanilah kami, ya Tuhan,

2 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

U. Sebab kami orang berdosa.I. Tunjukkanlah belas kasihMu kepada kami, U. Sebab kami orang berdosa.I. Anugerahkanlah keselamatan kepada kami dan hambaMu

Bapak Agustinus Sukirman yang telah Engkau panggil genap 1000 hari yang lalu, ya Tuhan,

U. Sebab kami orang berdosa.I. Semoga Allah yang maha kuasa mengasihani kita,

mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U. Amin.

Tuhan Kasihanilah Kami ( Di Lafalkan)Doa Pembuka

I: Marilah berdoa:

I+U :Allah Bapa yang mahabaik, Engkaulah Sumber dan Tujuan hidup kami. Kami bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau berkenan memberikan kedamaian abadi kepada orang tua kami Agustinus Sukirman yang telah seribu hari yang lalu menghadap-Mu. Kami menyadari bahwa kehidupan ini berasal dari-Mu dan bakan kembali kepada Dikau sendiri. Maka kami mohon, sertailah kami selalu dengan Roh-Mu agar kami hidup dalam damai sejahtera. Semoga kami selalu mengandalkan Engkau, Sang Sumber Hidup sejati dalam perjuangan hidup kami sehari-hari, sambil mengharapkan kedatangan kerajaan-Mu.

I: Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, allah sepanjang segala masa.

U: Amin.

LITURGI SABDA

Bacaan Pertama –Yes 25: 6a. 7-9)

“ Tuhan Allah akan meniadakan maut untuk seterusnya”

3 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

P: Pembacaan dari Kitab Nabi Yesaya.Di gunung Sion, Tuhan semesta alam akan

menghidangkan jamuan bagi segala bangsa. Dan di atas gunung itu Tuhan akan mengoyakkan kain kabung yang diselubungkan kepada segala suku dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa. Tuhan Allah akan meniadakan maut untuk seterusnya, dan Ia akan menghapuskan air mata dari wajah semua orang. Aib umat-Nya akan Ia jauhkan dari seluruh bumi, sebab Tuhan telah mengatakannya. Pada hari itu, orang akan berkata: “Sesungguhnya, inilah Allah kita, yang kita nanti-nantikan supaya menyelamatkan kita. Inilah Tuhan yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-nya!”

Demikianlah sabda Tuhan.

U: Syukur kepada Allah.

Lagu Antar Bacaan

Bait Pengantar Injil

Bacaan Injil –Yoh 17: 6 –11“ Bapa, permuliakanlah Anak-Mu “

I: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Yohanes.

Dalam perjamuan malam terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa: “Ya Bapa, Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku, dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang

4 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. Segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka, dan mereka telah menerimannya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. Dan Aku tidak lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama- Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita”.

Demikianlah Injil Tuhan.

U: Terpujilah Kristus.

Homili

Doa UmatI: Saudara-saudari terkasih, Allah Bapa kita adalah Sumber dan Tujuan kehidupan segala sesuatu. Hidup kita berasal dari Allah dan akhirnya juga menuju kepada Allah. Marilah dengan rendah hati kita panjatkan isi hati kita dalam rupa doa dan permohonan kepada Bapa:

L: Ya Bapa, peringatan bagi Bapak Agustinus Sukirman terasa begitu cepat. Rasa-rasanya baru saja Bapak kami ini masih bersama-sama dengan kami. Ungkapan perasaan ini memperkuat keyakinan kami bahwa Engkau telah menerima dan mempersatukan mereka dalam persekutuan para kudus. Untuk itu kami berseru:

U: Dimuliakanlah Engkau selama-lamanya.

L: Ya Bapa, sadarkanlah kami semua yang masih hidup di dunia ini. Perjuangan kami tidak akan berhasil tanpa penyertaan

5 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

dan kuasa-Mu sendiri. Engkaulah yang selalu mendorong dan menyemangati kami. Untuk itu kami berseru:

U: Dimuliakanlah Engkau selama-lamanya.

L: Ya Bapa, Engkau memberi anugerah hidup dan talenta kepada kami masing-masing. Perbedaan ini justru semakin memperkaya kami. Buatlah kami mampu menghargai satu sama lain, saling mendukung, dan rela bekerja sama, sehingga kami mampu menghadirkan kasih-Mu di tengah-tengah masyarakat dan keluarga kami. Untuk itu kami berseru:

U: Dimuliakanlah Engkau selama-lamanya.

L: Ya Bapa, kami juga berdoa bagi anggota keluarga, komunitas, dan saudara-saudari yang pada saat ini msih berjuang dalam hidup bersama. Semoga Engkau berkenan menyapa mereka dalam kasih- Mu sendiri lewat karya-karya yang Kaupercayakan kepada mereka.Untuk itu kami berseru:

U: Dimuliakanlah Engkau selama-lamanya.

I: Demikianlah, ya Bapa, ungkapan syukur dan doa kami atas penyertaan dan pendampingan-Mu kepada kami semua yang masih dalam peziarahan hidup ini. Anugerahilah kami semua dengan damai-Mu yang sejati. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.

U: Amin.

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan

Betapa Hatiku Betapa hatiku

6 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

Berterima kasih YesusKau mengasihikuKau memilikiku

Hanya ini Tuhan persembahankuSegenap hidupku jiwa dan ragakuS’bab tak kumiliki harta kekayaanYang cukup berartiTuk ku persembahkan

Hanya ini Tuhan permohonankuTerimalah Tuhan persembahankuPakailah hidupku sebagai alatMuSeumur hidupku.

Persiapan Persembahan

I: Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima roti yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari bumi dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi roti kehidupan.

U: Terpujilah Allah selama-lamanya.

I: Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu kami menerima anggur yang kami siapkan ini. Inilah hasil dari pohon anggur dan dari usaha manusia yang bagi kami akan menjadi minuman rohani.

U: Terpujilah Allah selama-lamanya.

I: Saudara–saudari marilah kita berdoa, supaya persembahanku dan persembahanmu ini berkenan pada Allah Bapa, yang mahakuasa.

U:Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.

Doa Persiapan Persembahan

7 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

I: Alllah Bapa sumber kekudusan, terimalah bahan persembahan roti dan anggur yang kami unjukkan untuk keselamatan kekal hamba-Mu Bapak Aguatinus Sukirman . Perkenankanlah dia memasuki Rumah-Mu di surga, dan anugerahilah kami semua ketekunan dalam pengharapan. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U: Amin.

Doa Syukur Agung III –PrefasiI: Tuhan sertamu.

U: Dan sertamu juga.

I: Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan.

U: Sudah kami arahkan.

I: Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita.

U: Sudah layak dan sepantasnya.

I: Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab, kami yang seharusnya binasa karena doa telah ditebus oleh kemenanangan Kristus atas maut, dan karena kemurahan serta kebaikan-Mu kami dipanggil untuk hidup bersama Dia, Tuhan dan pengantara kami. Maka, kami selalu meluhurkan Dikau bersama seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya memuji keagungan-Mu sembil bersukaria dan bernyanyi.

U:Kudus ( Dilafalkan) .

I: Sungguh kuduslah Engkau, ya Bapa. Segala ciptaan patut memuji Engkau. Sebab, dengan pengantaraan Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus, dan dengan daya kekuatan Roh Kudus, Engkau menghidupkan dan menguduskan segala sesuatu. Tak

8 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

henti-hentinya Engkau menghimpun umat-Mu sehingga dari terbitnya matahari sampai terbenamnya di seluruh bumi dipersembahankan kurban yang murni untuk memuliakan nama-Mu.

Maka kami mohon, ya Bapa, sudilah menguduskan persembahan ini dengan Roh-Mu, agar bagi kami menjadi Tubuh dan(†)Darah Putra- Mu terkasih, Tuhan kami, Yesus Kristus, yang menghendaki kami merayakan misteri ini. Sebab pada malam Ia dikhianati, Yesus mengambil roti. Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, memecah-mecahkan roti itu, dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, seraya berkata:

TERIMALAH DAN MAKANLAHINILAH TUBUHKUYANG DISERAHKAN BAGIMU

Demikian pula, sesudah perjamuan, Yesus mengambil piala. Sekali lagi Ia mengucap syukur dan memuji Dikau, lalu memberikan piala itu kepada murid-murid-Nya seraya berkata:

TERIMALAH DAN MINUMLAHINILAH PIALA DARAHKUDARAH PERJANJIAN BARU DAN KEKALYANG DITUMPAHKAN BAGIMUDAN BAGI SEMUA ORANGDEMI PENGAMPUNAN DOSALAKUKANLAH INIUNTUK MENGENANGKAN DAKU.I:Marilah mewartakan misteri iman.

U: Yesus, Tuhan kami, dengan wafat, Engkau menghancurkan kematian; dengan bangkit, Engkau memulihkan kehidupan. Datanglah dalam kemuliaan.

I: Bapa, kami mengenangkan sengsara Putra-Mu yang menyelamatkan, kebangkitan-Nya yang mengagumkan, dan kenaikan-Nya ke surga. Sambil mengharapkan kedatangan-Nya kembali, dengan penuh syukur kami mempersembahkan kepada-Mu kurban yang hidup dan kudus ini.

9 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

Kami mohon, pandanglah persembahan Gereja-Mu ini dan indahkanlah Kurban yang telah mendamaikan kami dengan Dikau ini. Kuatkanlah kami dengan Tubuh dan Darah-Nya, penuhilah kami dengan Roh Kudus-Nya, agar kami sehati dan sejiwa dalam Kristus. Semoga kami disempurnakan oleh-Nya menjadi suatu persembahan abadi bagi-Mu, agar kami pantas mewarisi kebahagiaan surgawi, bersama para pilihan-Mu, terutama bersama Santa Perawan Maria, Bunda Allah, para rasul-Mu yang kudus dan para martir-Mu yang jaya dan bersama semua orang kudus yang selalu mendampingi dan menolong kami.

Ya Bapa, semoga berkat kurban yang mendamaikan ini, damai sejahtera dan keselamatan semakin dirasakan di seluruh dunia. Kuatkanlah iman dan cinta kasih Gereja-Mu yang kini masih berziarah di bumi ini, bersama hamba-Mu, Paus kami Benediktus XVI, Uskup kami : Uskup Pujo Sumarto serta semua uskup, para imam, diakon, serta semua pelayan umat, dan seluruh umat kesayangan-Mu. Dengarkanlah doa-doa umat-Mu yang Engkau perkenankan berhimpun di sini. Demi kerahiman dan kasih setia-Mu, ya Bapa, persatukanlah semua anak-Mu di mana pun mereka berada. Ingatlah, ya Bapa, akan hamba-Mu Agustinus Sukirmanyang pada saat ini genap 1000 hari Engkau panggil menghadap hadirat-Mu. Ketika dibaptis mereka telah menjadi satu dengan Kristusdalam kematian; semoga kini mereka serupa pula dengan Dia dalam kebangkitan.Sebab Kristus akan membangkitkan orang mati dan mengubah badan yang fana menjadi serupa dengan Tubuh-Nya yang mulia.

Sudilah pula menganugerahkan kebahagiaan abadi kepada semua yang telah berpulang ke hadirat-Mu: saudara-saudari kami seiman, dan semua orang lain yang hidupnya berkenan pada-Mu. Pada waktu itu, Engkau menghapus setiap tetes air mata kami, karena dengan memandang Engkau, ya Bapa, kami akan serupa dengan Dikau sepanjang masa dan tak henti-hentinya memuji Dikau.

Kami berharap, agar bersama mereka kami pun menikmati kemuliaan- Mu selama-lamanya dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Sebab melalui Dialah Engkau melimpahkan segala yang baik kepada dunia. Dengan pengantaraan Kristus, bersama Dia dan dalam Dia, bagi-Mu, Allah Bapa yang

10 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

mahakuasa, dalam persekutuan dengan Roh Kudus, segala hormat dan kemuliaan sepanjang segala masa.U:Amin.

I:Atas petunjuk Penyelamat kita, dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa:

Bapa Kami (Kotabaru) Anak Domba Allah ( Dilafalkan)I: Saudara-saudari terkasih, Tuhan Yesus bersabda: “Datanglah kepada- Ku, kalian semua yang lelah memikul beban berat, maka Aku akan memberikan rasa lega kepadamu”. Beban dosa kita pun akan Ia hapus. Maka, berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan Tuhan.U : Ya Tuhan, saya tidak pantas Engka u datang pada saya, tetap bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Lagu Komuni

Sentuh Hatiku

Betapa kumencintaiMuSegala yang t’lah terjadiTak pernah sendiri jalani hidup iniSelalu menyertai

Betapa kumenyadari Di dalam hidupku iniKau s’lalu member rancangan terbaikOleh karena kasih

Reff:

Bapa, sentuh hatiku, ubah hidupkuMenjadi yang baruBagai, emas yang murniKau membentuk bejana hatiku

11 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

Bapa, ajarku mengerti sebuah kasihYang selalu memberBagai, air mengalirYang tiada pernah berhenti.Doa Sesudah Komuni

I: Marilah berdoa:Allah Bapa sumber kehidupan dan kekudusan, kami telah

Engkau segarkan dengan santapan kehidupan: Tubuh dan Darah Yesus Putra- Mu. Kehadiran-Nya memberi keteguhan bagi hidup kami sehari-hari dalam berusaha memenuhi kehendak-Mu melalui pelayanan dan pekerjaan kami. Semoga hamba-Mu Agustinus Sukirmanyang telah genap 1000 hari menghadap-Mu kini menikmati kebahagiaan bersama-Mu, dan persatukanlah kami kelak dengannya serta para kudus di surga. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami, kini dan sepanjang masa.U: Amin.

RITUS PENUTUPBerkat Penutup

I: Saudara-saudari terkasih, marilah kita mengakhiri perayaan Ekaristi dan doa kita untuk Bapak Agustinus Sukirmanini dengan mohon berkat Tuhan.

I: Tuhan sertamu.

U: Dan sertamu juga.

I: Semoga Allah Bapa, yang telah menciptakan dan mengasihi saudara- saudari sekalian memeliharanya dalam cinta kasih-Nya.

U: Amin.

I: Semoga Allah Putra, yang telah memberikan harapan sejati kepada saudara-saudari sekalian meneguhkan-nya dalam menghayati iman, harapan dan kasih yang sejati.

12 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

U: Amin.

I: Semoga Allah Roh Kudus, yang telah menyalakan api cinta kasih dalam hati para murid Kristus, memberikan ketabahan dan kekuatan hati dalam hidup saudara-saudari sekalian.

U: Amin.I: Semoga kita sekalian yang hadiri di sini dalam hidupnya dilindungi dan dibimbing oleh berkat Allah yang mahakuasa (†) Bapa, dan Putra dan Roh Kudus.

U :Amin.

I: Saudara-saudari sekalian, dengan ini perayaan Ekaristi dan doa peringatan arwah Agustinus Sukirmansudah selesai.

U: Syukur kepada Allah.

I: Marilah kita pergi, kita diutus untuk mewartakan damai Tuhan.

U: Amin.

Lagu Penutup

Reff: Hatiku kusembahkan padaMuKasih abadi Kaulimpahkan kepadaku

HatiMu slalu murah dan penyayangHatiku slalu cenderung berdosa

Namun cintaMu mengiring langkahkuYesus penebusku---Reff

KuasaMu slalu memeluk dirikuKuasaku slalu menentang hukumMuTapi cintaMu mengiring langkahku

Yesus penebusku---ReffJalanMU slalu mengarah ke Bapa

13 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

Jalanku sering diliput gulitaTapi cintaMu mengiring langkahku

Yesus penebusku---Reff

….†….

Ucapan Terima kasih kami haturkan kepada :

Romo Rm. Ir. Prasetyo Handaya Wicaksana, Pr. telah berkenan memimpin perayaan Ekaristi untuk memule 1000 hari Bapak

Agustinus Sukirmanmenghadap Bapa

Segenap pengurus Lingkungan Maria Magdalena yang telah menyiapkan perayaan Ekaristi ini.

Semua umat yang telah hadir di sini untuk mendukung perayaan Ekaristi ini.

Semoga berkat doa Bpk/Bapak dan Saudara–saudara sekalian Tuhan berkenan membersihkan segala dosa

dan kekurangannya,

sehingga jiwanya mendapat istirahat kekal di Surga

Amin

14 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

(1 Korintus 15:21-22).

"Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua

orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan

dengan Kristus”

15 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

16 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

17 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

18 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

19 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

20 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati

21 Lingkungan Maria Magdalena Mlati Wilayah Santo Markus Mlati