02.kebangkitan bangsa melayu

Click here to load reader

Post on 24-Jul-2015

410 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BAB II KEBANGKITAN BANGSA MELAYU..A. NEGARA ISLAM YANG BERSENTUHAN DENGAN MINANGKABAU.. 1. Budaya yang mempengaruhi Minangkabau sebelum Islam datang.. Seperti telah disampaikan pada Bab Minangkabau Tua, bangsa Minangkabau pertama itu, seperti kebanyakan kepercayaan tua, turun dari langit ke puncak gunung tertinggi yaitu gunung Merapi.. Ada cerita lain menyatakan bengsa Minangkabau pertama itu (lk4000-6000 SM) datang dari bangsa aad kedua mengikuti arus laut dan arus angin, mendarat di pantai barat Sumatera tengah, menetap di dataran tinggi, tiga gunung (Tri arga) Merapi, Singgalang dan Sago.. lk 2000-1000 SM datang suku Mee Nam mereka mengitari sungai Kampar, sungai mahat, menetap di Mahat berkembang di Kab 50 Koto.. Di Mahat dan kecamatan Guguak kabupaten 50 Koto, banyak diketemukan peninggalan mereka berupa menhir.. Di tahun 1982 salah satu menhir yang ada di Balubuih digali ahli purba kala dari Jakarta didapati belulang seorang perempuan tinggi 1,75M dan dikubur lk abad ke 10 SM.. Karena tulang itu telah mengkerut diperkirakan tingginya melebihi 2 m.. Pada abad 10 SM orang Minangkabau telah mengubur mayat nenek /kakek mereka dengan baik.. Abad ke 19 SM Ibrahim meninggalkan isterinya Hajar dan anaknya Ismail di Mekah negeri yang kering kersang.. Waktu itu Mekah tidak ditempati oleh seorang manusiapun.. Hajar mendapatkan sebuah sumber air dan menggali sebuah sumur.. Sampai sekarang sumur itu masih ada bernama Zam zam.. Dengan adanya air di Mekah kafilah dagang bani Jurhum yang lewat singgah, sebagiannya menetap di Mekkah.. Mereka menjadi kawan dan tetangga Hajar dan Ismail.. Karena adanya sumber air itu juga pengembala yang mendekat kesana bermukim di Mekah.. Penduduk Mekah menjadi bertambah banyak.. Jadi di abad ke 19 SM itu telah ada kafilah dagang Yaman Syam yang melewati Mekah.. Mereka membawa rempah rempah yang asalnya jauh di Timur (dari Minangkabau dan kepulauan Nusantara lainnya).. Perjalanan kafilah dagang antara Yaman dan Syam telah ada semenjak sebelum Ibrahim datang di Mekah.. Kafilah dagang itulah yang bermukim di Mekah sebagai teman Ismail sewaktu dia masih kecil.. Kafilah dagang ini membawa diantaranyaKesulthanan Minangkabau.. Kebangkitan bangsa Melayu..

59

Kampher dan lada hasil Sumatera tengah ini.. Dari cerita ini dapat disimpulkan di abad ke 19 SM orang Arab telah datang membeli kampher dan lada ke pulau Sumatera ini.. Abad ke 20-10 SM terjadi perpindahan bangsa Mee Nam (Mee selatan) dari Yunan Cina selatan secara besar besaran ke Selatan.. Mereka berlambangkan kepala dan tanduk kerbau.. Ada ahli sejarah yang menyatakan istilah Minangkabau berasal dari kata Meenam kerbau itu.. Mereka menetap di tengah Pulau Sumatera ini dan menyebar keseluruh Nusantara ke barat sampai Madagaskar dan ke Timur sampai ke pulau pulau di lautan Teduh mendekati pantai Amerika selatan.. Abad ke 5 SM terjadi lagi perpindahan bangsa dari Vit Nam (Vit Selatan) ke Nusantara ini.. Seperti bangsa dari Mee Nam mereka yang dari Hindia belakang ini menyebar luas diseluruh Nusantara.. Mereka dari HIndia belakang telah berbudaya perunggu dan keramik.. Campuran mereka dengan bangsa Melayu (penduduk asli) itulah yang disebut Melayu Melanesia.. Mereka menempati wilayah dari Madagaskar sampai ke pantai Barat Amerika.. Mereka dan bahasanya merupakan rumpun bahasa tersendiri yaitu rumpun bangsa dan bahasa Melanesia.. Abad ke 10 SM Sulaiman raja kerajaan Israil menikahi Balkis ratu kerajaan Saba di Yaman.. Raja Sulaiman itu raja yang banyak prestasinya, dibidang pertambangan, pengambilan hasil laut dan perdagangan, tidak akan dapat dicapai prestasinya itu oleh siapun sesudahnya .. Dia membuka jalur perdagangan dengan negeri Cina.. Perdagangan darat melalui Iran, Afganistan, Nam Lu Singkiang Cina yang disebut Silk road.. Jalur laut melalui, Yaman lautan Hindia, Selat Sumatera, Laut Cina Selatan Kanton (Kwang Chow) yang disebut dengan Searoutes.. Pelayaran ini dengan transit mengambil bahan bakar, air dan makanan di pulau Maldive (Maladewa) pantai utara Aceh kepulauan Riau.. Di kepulauan Riau mereka melakukan transaksi perdagangan, membeli rempah-rempah terutama kampher dan lada.. Kampher dan lada dihasilkan oleh tengah tengah pulau Sumatera.. Sering mereka langsung membeli rempah-rempah kepusat produksinya, dengan masuki sungai yang besar mengalir ke timur.. Sungai yang sering mereka pakai itu mereka namakan sungai Kampher.. Menurt ejaan masyarakat setempat menjadi sungai Kampar.. Perdagangan itu makin lama makin berkembang bukan saja kampher dan lada yang mereka beli di Sumatera ini meluas menjadi kemenyan, gading dan cula badak dan emas, di Kepulauan Riau mereka membeli cengkeh, kapulaga, kopi danKesulthanan Minangkabau.. Kebangkitan bangsa Melayu..

60

pala., Dari Yaman barang tersebut dibawa ke Gazza dan Libanon dengan kafilah unta melalui Mekah.. Begitulah pelayaran ini dilaksanakan sampai kedatangan bangsa Eropah di Indonesia ini.. Tahun 120 SM bendung Marib rubuh, kota Maarib dan daerah di hiliran bendung itu binasa, bangsa Yaman di daerah tersebut bercerai berai keutara , suplai kampher dan lada ke Mesir dan daerah sekitar Laut Tengah terhenti.. Bangsa Yunani Dinasty Ptolemy ini datang lansung mencari kampher dan lada kedaerah produsennya, sebagian mereka menetap disana.. Merekalah yang mengajar penduduk asli bersawah, berladang menetap, beternak dan menambang emas sebagaimana mereka di Mesir dan mengorganisir pemerintahan.. Mereka bentuk polis polis sebagaimana mereka di Yunani.. Setelah suasana Yaman pulih Searoutes Yaman Kanton di Cina pulih kembali.. Menurut disertasi P H Brans dengan judul Sumatera Benzoe, dari data yang diambilnya dalam catatan yang ada pada Iskandarian library di Iskandariah, dinasty Ptolemy (bangsa Yunani) mencari sendiri daerah penghasil kampher dan lada itu sebagian mereka menetap didaerah itu.. Buat selanjutnya dinasty Ptolemy itu pergi berdagang kedaerah tersebut.. Abu Saleh Al Armini ahli sejarah bangsa Arab menjelaskan abad ke 2 M orang Arab telah mempunyai perkampungan di Kanton.. Hubungan dagang Kanton Arab melalui selat Sumatera telah ramai.. Di Sumatera orang ashara aliran Monofisite.. Tahun ke 6 H (3 tahun sebelum Mekeah di Islamkan Himyar (Yaman) memeluk agama Islam.. Tahun 13 SH (Sebelum Hijrah) Muhammad menerima wahyu pertama, resmi beliau sebagai Rasullullah SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam).. Semenjak itu beliau berdakwah kepada seluruh manusia yang beliau temui, khususnya kepada kaum Quraisy dan kepada tamu yang berkunjung ke Mekah.. Diantara tamu itu orang Yatsrib dan orang Yaman lebih gampang menerima ajarannya, karena mereka sebelumnya telah mengenal ajaran ke Esaan Tuhan ajaran Isa.. Banyak diantara orang Yatsrib dan Yaman yang tertarik untuk menganutnya.. Diantara mereka ialah Saad bin Lubaid Al Habsyi mengimaninya dan dia menetap di Mekah.. Pada tahun 8 SH/614M shahabat hijrah pertama ke Etiopia, diikuti oleh - - - orang shahabat.. Pada tahun 6 SH/616 M para shahabat hijrah ke dua ke Habasyah diikuti oleh 83 sahabat diantaranya ikut Saad bin Lubaid Al Habsyi orang Yaman.. Karena merasa tidak serasi dengan Habasyah dia pulang kekampungnya Yaman.. Dia berdakwah diantara kaum dan teman temannya.. Dia dapat meyakinkan seorang temanKesulthanan Minangkabau.. Kebangkitan bangsa Melayu..

61

Yamannya yang bernama Yusuf atas kebenaran Islam.. Bersama pedagang Yaman kedua mereka berangkat ke Kanton di Tiongkok Selatan (04 SH/618M).. Tiongkok selatan.. Sewaktu Muhammad berdakwah, Yaman satu propinsi dari Parsi berada dibawah gubernur Yaman yang namanya Bazan..Pada Muharram 07 H /tahun 628 M sesudah perjanjian Hudaibiyah, Muhammad mengirim 6 utusan serentak, diantranya menemui Kisra Parsi Eparwis, Muhammad SAW mengirim Abdullah bin Zhuhafah as Suhami membawa surat seruan.. Eparwis memaki-maki utusan serta mengoyak-ngoyak surat Muhammad.. Suasana menjadi ribut, kesempatan ini dipergunakan oleh Abdullah bin Zuhafah meloloskan diri.. Setelah berita itu disampaikan kepada Muhammad, beliau berucap semoga Allah mengoyak-ngoyak kerajaannya.. Eparwis mengirim surat kepada Bazan agar Muhammad yang lancang itu ditangkap dan dikirimkan kepadanya.. Agar dikirim beberapa orang yang tangkas untuk menangkapnya.. Bazan mengutus dua orang kuat bernama Kharkhasrah dan Babawaihi, untuk mengambil Muhammad dan membawanya kehadapan Kisra Parsi.. Di Yatsrib utusan melihat pengikut Muhammad itu telah banyak, solid dan sangat setia kepada Muhammamd.. Dirasanya dia takkan mampu mengambil Muhammad dan membawanya kehadapan Eparwis.. Dia akan membujuk agar Muhammad bersedia membawanya menghadap Kisra Parsi.. Dia sampai kan kepada Muhammad, agar Muhammad berangkat dengannya menghadap Shahansyah Eparwis Kisra Parsi.. Akan menjadi bermamfaat bagi mu jika kamu pergi dengan sukarela, Bazan akan membantu pula dengan mengirim surat kepada Shahansyah.. Selanjutnya disampaikan, jika engkau enggan, engkau akan mengetahui siapa Kisra Parsi itu, dia akan membinasakanmu, kaummu dan negerimu.. Muhammad menjawab sebaiknya malam ini saudara istirahat, pembicaraan akan kita lanjutkan beresok.. Besoknya Muhammad menyampaikan, pada tengah malam tadi selasa tanggal 10 jumadil awal tahun 07 H Kisra Eparwis raja tuan itu telah dibunuh oleh Allah tuhan saya melalui tangan anaknya Surawaihi, tidak berapa lama lagi Surawaihi akan dibunuh pula oleh tuhan saya melalui tangan orang lain.. Jawab utusan itu, sungguh kami tidak dapat memaafkan engkau atas ucapannmu itu.. Apakah akan kami tulis jawabanmu itu akan kami sampaikan kepada Bazan..Kesulthanan Minangkabau.. Kebangkitan bangsa Melayu..

62

Jawab Muhammad, tulislah dan sampaikan juga kepada Bazan, bahwa agama dan kekuasaan kami akan meliputi kekuasaan Bazan dan Kisra itu.. Jika Bazan memasuki Islam kami akan menetapkan kekuasannya atas Yaman.. Muhammad menghadiahi Kharkhasrah ikat pinggang berlapis emas yang pernah dihadiahi seorang raja kepadanya.. Kedua utusan itu melaporkan apa yang didengar dan dilihatnya di Yatsrib, diantar